TMCBlog.com – Selamat malam mas bro dan sister (bila ada yang memantau TMCBlog) tidak terasa sekitar 4 bulan dari balapan terakhir MotoGP Valencia 2016, kini hanya menghitung jam kita akan menyaksikan race weekend MotoGP seri perdana musim 2017 di Losail, Qatar. Seperti yang sudah-sudah kalau race di Qatar akan berlangsung malam hari waktu setempat atau dini hari waktu Indonesia. So, jangan pada lupa untuk pasang alarm dan tips tidur lebih awal juga patut untuk diterapkan supaya tidak ngantuk pagi harinya, Hehehe.. Lebih nikmat sambil menunggu deretan sesi free practice pada esok lusa, Saya punya beberapa data statistik beserta fakta-fakta yang cukup menarik untuk disimak oleh para penggemar MotoGP seantero Indonesia tentang kelas premier yang selalu kita tunggu-tunggu. Check it out..!!!

Pada musim 2017 ini, grid di kelas utama MotoGP diisi oleh 19 pebalap yang musim kemarin juga berkompetisi di MotoGP, dengan 4 rider tambahan sebagai Rookie tahun ini. Ada yang masuk pasti ada yang keluar, karena bersamaan tidak adanya tambahan team sebagai kontestan di MotoGP, mereka adalah Eugene Laverty yang kini membela Aprilia WSBK, lalu ada Stefan Bradl yang juga ke World SBK dan terakhir Yonny Hernandez yang turun kasta ke kelas Moto2 tahun ini.

Pada tabel dibawah ini, menunjukkan urutan pebalap yang terdaftar sebagai pebalap reguler MotoGP 2017, yang berdasarkan kemenangan seri dan juga titel juara dunia yang mereka capai.

Peta kekuatan pebalap di MotoGP 2017 bisa dijabarkan dengan fakta-fakta dan juga statistik lainnya berkaitan dengan Losail, Qatar sebagai berikut;

  1. Pada list pebalap MotoGP 2017 terdapat setidaknya 10 rider yang memegang gelar juara dunia selama karir mereka di Grand Prix. Ke-sepuluh rider tersebut jika di-total gelar juara dunia mereka, menjadi sebuah rekor baru untuk jumlah pemegang Juara Dunia Grand Prix terbanyak dalam semusim, yaitu dengan total 29 gelar juara dunia dari seluruh entry list pebalap.
  2. Setidaknya ada 9 pebalap yang memenangi juara seri kelas MotoGP/premier class yang jika diakumulasikan totalnya sebanyak 197 gelar juara seri dari 9 pebalap. Terbanyak sepanjang sejarah MotoGP loh.
  3. Pebalap tertua di starting grid musim ini adalah Valentino Rossi dengan umur 38 tahun pada Februari lalu. Sedangkan pebalap termuda adalah Alex Rins yang berumur 21 tahun 108 hari saat GP Qatar digelar hari Ahad nanti.
  4. GP Qatar tahun ini menjadi grand prix yang ke 14 menggelar MotoGP dan merupakan kesempatan yang ke 10 Losail Qatar menggelar balapan MotoGP malam hari. Pada tahun 2017 ini Qatar telah sukses menjadi sirkuit pembuka ke 11 kalinya dalam kalender MotoGP.
  5. Yamaha menjadi pabrikan paling sukses di Qatar dengan koleksi 7 kemenangan termasuk didalamnya 4 kali menang selama 5 tahun kebelakang. Honda mengantongi 3 kemenangan Qatar yang kemenangan terakhir disumbang oleh Marc Marquez pada musim 2014. Ducati juga punya 3 piala tertinggi di Qatar lewat Casey Stoner sejak 2007-2009 secara berturut-turut
  6. Pebalap paling sukses di Losail Qatar adalah Jorge Lorenzo dengan total 6 kemenangan. 3 Γ— MotoGP, 2 Γ— GP250 dan 1 Γ— GP125.
  7. Diantara 4 pebalap rookie MotoGP musim ini, hanya Jonas Folger yang pernah memenangi GP Qatar yaitu saat di Moto2 2015.
  8. Maverick Vinales tampil kuat sepanjang pre-season test, jika ia mampu memenangi GP Qatar 2017 setelah sebelumnya menang di GP Silverstone 2016, otomatis menjadikan Maverick sebagai rider termuda kedua sepanjang sejarah yang memenangkan dua juara seri menggunakan dua pabrikan motor yang berbeda. Pemegang rekor tersebut diisi oleh Mike Hailwood dengan Norton dan MV Agusta.
  9. Hasil podium posisi kedua Marc Marquez di musim 2016 lalu, membuat Marc mengoleksi 51 podium selama karirnya di premier class. Bersanding bersama Alex Criville dan Kevin Schwantz pada era GP500. Apabila Marc juga finish di podium Ahad nanti, ia akan sejajar dengan rekor podium milik Wayne Gardner.
  10. Apabila Valentino Rossi finish di tiga besar musim 2017 ini, di umur ke-38 tahunnya ia akan menjadi pebalap tertua sepanjang sejarah yang mampu finish di podium kelas utama. Sebelumnya ada pebalap tua (saat itu) Jack Findlay yang memenangi GP Austria tahun 1977 yang balapan tersebut langsung di boikot banyak pebalap lain karena dianggap membahayakan.
  11. Jorge Lorenzo (kini dengan Ducati) yang pada seri penutup MotoGP 2016 kemarin menjadi pemenang seri dengan Yamaha, memiliki kesempatan untuk menyamai statistik Valentino Rossi di tahun 2003-2004 sebagai pebalap yang berhasil menang balapan premier class back to back dengan pabrikan yang berbeda. Vale saat itu menang di Valencia 2003 (seri penutup) dengan Repsol Honda, dan menang di seri pembuka MotoGP 2004 bersama Yamaha dengan menyajikan salah satu pertunjukan terbaiknya melawan Max Biaggi dari Pramac Honda sepanjang balapan.

MotoGP memang akan selalu membuat kita penasaran dan selalu menanti-nanti mulainya balapan di setiap bulannya dan pada setiap musimnya akan ada saja sesuatu yang baru mulai masalah teknologi, pebalap yang baru masuk, keluar ataupun pindah pabrikan dan team. Terkait siapa yang akan keluar sebagai juara dunia, masih jadi hal yang sulit masbro untuk ditebak. Namun kita bisa melihat Mavercik Vinales begitu digdaya selama sesi test, sedangkan Marc Marquez selalu membuat kejutan ditiap seai test. Masih ada juga Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Cal Crutchlow dan Valentino Rossi untuk meratakan peta persaingan merebut titel juara dunia. Kita tengok sampai FP3 nanti ya masbro, biasanya akan kelihata mana pebalap yang hanya bagus untuk single lap dan mana yang hebat bertahan dalam long run alias saat balapan. Semoga berguna, salam!

Nugie TMCBlog

30 COMMENTS

  1. Paris Hilton tetap bangga dengan pencapaianmu,Mack…akan lebih sering kesorot di siaran TV nanti berkibar bendera kuning dengan angka 25 yg ada lambang bintang.

    Guest
  2. Liat sejarah bung yamaha 7 kali menang di Qatar sdngkn honda 3 kali… ekekekek πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚
    Catet Omongan ane jagoan ane marquez bakal Crash Nyari batu akik di seri pembuka Qatar nnti…
    1.Maverick Vinales
    2.rossi
    3.iannone πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Guest
    • 7x juara di qatar, rosidin 1 biji + Lorenzonk 6 biji
      Skrng ditinggal Lorenzo tinggal zonk nya doang
      Berarti prediksi juaranya=
      1 M marcuez
      2 Dovisioso
      3 D pedrosa

      Catat omongan gua

      Yamehehehek……?
      MuuUUUuuuehehehehe………

      Guest
    • Kalo jagoan ente yg nyari batu akik jgan mewek yah,
      Masa doain pembalap ndolosor, napa gk doain aja sxian smua pembalap absen, cm jagoan lo aja yg balapan biar bsa gmpang menangnya

      Guest
  3. Moga2 montor VR46 gk fogging lg..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Dan MV 25 vs MM93 duel 😎

    Guest
  4. moga nggak hujan aja…

    tak terasa runner up musim 2016 udah masuk 39 thn… dan masih kompetitif.
    wish you have many luck VR46

    Guest
  5. kalo race mah masih itungan hari bro nug,, hehe..
    kalo free practice c emang tinggal itungan jam.. πŸ˜€
    masih lama.. -_-

    Guest
  6. tetap jangan remehkan VR46 dan MV25, kali ini MM93 takan bisa mudah menang masih ada AI29 dll. Semoga MotoGp 2017 semakin seru dan fair play

    Guest
  7. Klo say prediksi hasil race qatar 1. Vinales 2. Doviozo 3. Marquez, tp sy berharap ttp marquez juaranya klo rcv udh nyetel motornya…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here