TMCBlog.com – Bro sekalian, sudah bukan wacana lagi jika memang saat ini perusahaan manufaktur otomotif berlomba lomba mencari solusi pengganti saat energi yang berasal dari bahan bakar fosil berkurang nanti. Yap penggunaan Kendaraan berenergi listrik adalah salah satunya, dan tentunya sumber listriknya juga berasal dari pembangkit listrik tenaga sumberdaya terbarukan ( Non Fosil ). Nah ngbek ngubek Situs Patent tmcblog cukup tertarik sama sebuah Desain patent Motor listrik dari Yamaha. Bentuknya adlaah motor Trail atau Motocross, cekidot deh . .

Dari Gambar pertama dan Gambar kedua sendiri sudah dapat sobat lihat  bahwa bagian tengah dari desain Motocross di atas digunakan bukan sebagai tempat mesin, namun sebagai tempat baterai penyimpan sumber energi listrik. Hampir semua desain Sepeda motor menempatkan baterai di posisi ini. Bisa jadi alasannya adalah membuat CoG ( Centre of Grafity ) menajdi di tengah yang muaranya adalah membuat motor lebih stabil.

Gambar di atas  boleh dibilang merupakan ‘ motor listrik ‘ dari Motor trail listrik/ eCross ini . . Full satu sistem motor diposisikan di samping bagian kiri dari ban belakang. Motor Listriknya ‘dilekatkan’ ke sebuah ‘swing arm ‘ yang di buat menggunakan model Tralis turbular. Di Motor listrik ini lah sang ‘dinamo’ dari motorlistrik di aktifkan dan langsung di salurkan ke Ban belakang .. . Detail penyaluran energi geraknya seperti apa ? Cekidot sob . .

Yang bisa tmcblog kunyah kunyah dari Gambar penampang slice melintang diatas adalah dari mesin / Motor Listrik No 32 . . . energi gerak dilanjutkan oleh sebuah sistem transmisi gigi gigi / gear sampai ke poros dari Ban di No 42 .  jadi Nggak langsung gitu sob . . . bagi sobat sobat yang biasa bergelut di desain penampang melintang seperti gambar diatas pasti paham dimana letak gigi gigi/ gearnya . .

Dan gambar di atas adalah  desain jika terlihat dari belakang. Dapat diketahui bahwa suspensi belakang dari Motor Trail Listrik/ eCross ini menggunakan single side monoshock suspension . .. posisi suspensi beakangnya malah mirip dengan suspensi dari skutik skutik sekarang yang hanya satu, namun berada di sisi kiri belakang dari Motor . hmmm Mungkin sudah ada desain realnya yah, kalau sobat sudah mengetahuinya, Monggo silahkan share di Kolom komentar. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

39 COMMENTS

    • tinggal menghapus pltu y menggunakan batubara/minyak diganti dngn nuklir ; jd benar2 bebas dr energi fosil

      Guest
    • Yap penggunaan Kendaraan berenergi listrik adalah salah satunya, dan tentunya sumber listriknya juga berasal dari pembangkit listrik tenaga sumberdaya terbarukan ( Non Fosil )

      kenyataannya listrik dihasilkan dr batubara….n bakar solar!!
      sami mawon…klo dihasilkan dr angin( kincir angin) plta air waduk …matahari..( kenyataannya porsi kecil) …..boleh tuh!!

      Guest
  1. jgn mtr listrik,sayang ga bakal berkembang kl di indo,lha wong di eropah wae ora berkembang,bnyk kendala,dr regulasi,infrastruktur,pengolaan limbah baterai,dll,mending kembangin mtr hibrid wae,,juossss.

    Guest
  2. sebenernya bahan bakar itu bukan dri fosil deh…cma sudah salah kaprah dri org2 barat..yaa mirip2 evolusi manusia yg ktnya dri monyet…

    Guest
  3. ini baru bner bkin mtr listrik..
    ngpain hybrid..ujungnya klo kepksa jg make bhn bkr fosil lg..

    lbh bgus lg..klo tiap rumh bkin solar pnel khusus untuk ngecharger kndraan ini..ato ada spbu yg energi dr solar pnel….free energy.
    ini br joss..

    Guest
    • ngimpi bgt,udah dibilang kendale sa abrek2,eropah wae ora berkembang,ya okelah kl cm buat studi/lomba,tpi utk bisnis massal,oh….ngimpi bgt..

      Guest
    • di acara years of living pernah d ulas..
      kndala utma bkn infrastruktur dan alih teknologinya..semua sbnrnya sdh ada..dan tesla motor..perusahaan kndraan electric..mngtakn cm bth 10 mega factory kyk d sini untuk !mbuat amerika bebas tenaga fosil…kndala cm di pemain d balik layar yg berpntingn di bisnis minyk bumi…mereka bisa meloby pmrinth untuk mbkin aturan yg mmpersulit pmkaian kndraan electric..dg tax, dg pncabutan bntuan ke perusahaan yg bisnisnya electric energi..
      mngkin kelak klo mnyak bumi tnggl sdkit..br bkl kepksa pke kndraan electric..

      Guest
    • Betulkata jimoo kendalany ada di mafia migas sebenarnya. Klo semua mulai pakai energi listrik mereka makan apa cuy..
      Kita sebenarny sudah sangat bisa mengolah minyak bumi sendiri, tp ga boleh ama mafia migas international.

      Guest
  4. Kya motor matic yg pake shock depan teleskopik full wak. Kalo liat rodanya lbh ke arah supermoto nih wak

    Guest
  5. Motor listrik lebih pas buat scooter kli ya. Tapi kalau nanti harus pke listrik srmua ya lumayan udah punya paten desain trail wkwk. imho

    Guest
  6. Sekedar opini saya, ini motor kayanya bukan buat dewasa deh dilihat dari shock depan sama belakang, sertampemakaian pelk yg palang seperti itu, kayanya ini motor penerus pw50 motor trail buat anak2

    Guest
  7. … ‘ ayooo … secepatnya di era motor listrik dan di semisalnya ? Wwaaa … bakal udara lebih segaaarrr … dan seger ! He he …

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here