TMCBlog.com – Bro sekalian, nah setelah kita sempat lihat sosok Motor Honda CBR250RR spek AP 250 untuk team AHRT dan Yuzy Honda, sekarang saatnya kita lihat seperti apa Motor Yamaha R25 terkuat di dua seri kelas AP250  ..  Yakni Yamaha R25 Milik Yamaha Racing Thailand tunggangan ANupab Sarmoon, Peerapong Loiboonpeng dan Peerapong Boonlert . ..  Secara Umum memang di daerah mesin, Motor R25 Tunggangan ketiganya mengikuti regualsi 2017 dari AP250 Dimana diperbolehkan porting polish dengan casting head silinder yang mesti standar, Camshaft, Crankshaft, Piston, ring piston, Pin Piston, Crasnkcase Pun harus standar.

ada stiker GBRacing di CrankCase motor anupab . .. Ini adalah sebuah perusahaan pembuat alat alat crash protector . . Mungkin engine Covernya dibuat GBracing namun dengan bentuk Craankcase yang tidak berubah dari standarnya ya sob . .

Lubang depan Air ram boleh dibilang besar banget bro, ukurannya sih sama dengan R25 AP250 Yamaha racing Indoensia, namun di Motornya anupab, dimensinya lebih besar . . dari tengah ini udara dialirkan melalui sebuah funnel menuju ke kanan dari motor sebelum amsuk ke air Box filter yang letaknya di bawah Jok

secara shape bentukan fisik fairiang . . umumnya sudah berubah banget dari R25 versi standar/ produksi massal, baik dari front cowl, tangki bahan bakar, buritan . . completely different . . namun sasis dan Part part lain tidak sob . . .

Ini adalah bentuk setang kemudi anupab Sarmoon . . . T atasnya boleh dibilang berbeda bila dibandingkan dengan T atas yang dipakai oleh dua team matenya Peerapong Loiboonpeng dan Boonlert . . perubahan bentuk T atas/ Yoke Ini diperbolehkan oleh regulasi dimana regulasi mengatakan ( pasal 2.2.5) Top Bridge/Yoke May be replaced/ Modified  . . . coba deh bedakan  nih . .

Nahhh beda kan dimana T atas Motor Anupab bolong bolong dibanding punyanya  peerapong. Jika dilihat tutup atas suspensi  depan ( fork Cap )  dari anupab dan Peerapong pun berbeda  . . Minimal berbeda warna . .walaupun sudah sama sama ubahan

Selang selang rem diganti pakei performance part dan itu diperbilehkan regulasi . . lalu tetap pakai Steering damper sob

Bagian panel kanan sudah berubah total bila dibadningkan versi Prduksi massal dari R25 . . baik bagian throttle maupun panel saklar starter dan horn sedikit diganti sob

Edannya anupab adalah, handle rem depannya nggak pakai yang namanya adjuster jarak kerenggangan . ..  cuma gitu aja bro . . memang sih handle remnya sudah menggunakan merk aftermarket Active

regulasi AP250 di bagian suspensi, bagian terluar musti standar bawaan Pabrik, jadi deh pipa luar Sok KYB dibranding Ohlins karena internal dari springnya sudah menggunakan Ohlins. Oh ya Motornya anupab ini nggak pakai stroke sensor untuk mendeteksi behaviour dari gerakan suspensi baik untuk depan maupun belakang . ..  Orang Ohlins yang tmcblog tanyakan di Paddock Pit yamaha Thailand mengatakan bahwa Team Belum merasa perlu memakai sensor strike untuk suspensi di motor anupab ..  ediiyan

Suspensi depan teleskopik gabungan KYB (luar) dan Ohlins ( jeroan ) yang dipakai di R25 AP250 yamaha Thailand ini punya setingan dimana setingan Pre-Load ada di kanan dan setingan Rebound plus damping ada di sok sebelah kiri . . yaaa nggak jauh berbeda dengan suspensi Showa nya CBR250RR sih

Suspensi belakang menggunakna Suspensi Ohlins khusuus buat Yamaha R25 AP250 . . . sudah memiliki setingan preload, compression dan juga damping . . belum elektronik dan nggak pakai link . . karena regulasi memang tidak memperbolehkan perubahan  . . harus sama seperti versi Produksi massal.

Roda/ Velg menggunakna galeSpeed . . sama Juga dengan CBR250RR AHRT sob . . ringan, kuat

Muffler Yamaha R25, team Yamaha Thailand menggunakan brand Sakura . . letaknya di sisi kanan dari Motor . . nanti pas di artikel tematik kupas Yamaha R25 Yamaha Indoensia bro akan melkhat bahwa muffler sakuranya berbeda dengan mereka sob . .

Footpeg jelas sudah diganti sob, Model racing . . lalu Quick Shifter Juga digunakan oleh Yamaha R25 Anupab sarmoon ini sob. Mengenai Transmisinya sendiri regulsasi AP250 menyebutkan bahwa nggak boleh ada modifikasi dari Transmisi dan gearboxnya .. Gimana jika dibandingkan dengan team Yamaha racing indonesia . . staytuned di artikel ertikel khas kayak ginian ala TMCblog ya sob . . .

Taufik of BuitenZorg

galeri Foto :

 

 

58 COMMENTS

    • riding mode katanya fitur mubazir……

      skrg bilangnya curang… yg lain ga pake makanya.. cbr bisa menang terus!!!

      Guest
  1. Wak haji, mode riding nya tidak ada ya ? Kalo tidak ada berarti hanya CBR250RR milik AHRT yang punya mode riding sampe 6, dan terbukti kencang !

    Guest
  2. Bahas speck Kejurnas IRS250cc juga kang katanya lebih tinggi.
    Apakah bener untuk seri ke 2 permintaan Honda rubah regulasi ditengah Jalan dikabulkan pake speck standar ARRC untuk Kejurnas biar Honda ngak Kabur kaya seri 1.

    Guest
    • sudah jelas bro. IRS250 CBR ga ikut karena jadwal rancu bentrok ama ARRC. ga ada istilah minta rubah regulasi.
      AHRT bakal turun gunung bwt IRS seri 2..

      Guest
    • Setuju. Mohon diulas Wak. Supaya tdk ada dusta dikalangan para penboy2 itu, yg katanya gini katanya gitu. Biar penboy kalo nyangkem punya referensi terpercaya, bukan cuma hayalan dan gosip.

      Guest
    • g mnta rubah regulasi kok smpe pihak pnyelenggara mengakomodir maunya ahm buat pmkaian magnet standar dll?? gitu jg msh minggat? msh mnding kl alesane ecu blm siap..

      Guest
    • Irs balap kampung itu ???? Ah ga penting punya gak kepake di international sampe kiamat……gua juga bisa bikin bemo kenceng mesinnya di pake ferrari geto lho…regulasi kampung

      Guest
  3. gimana bisa branding motornya kalo bentukannya jauh banget ama yg di jual dipasaran,CBR jomblo aja mau ngempos kek mau didepan kek masih tetep dipertahankan bentuknya.

    Kalo ini yg ada malah RACE TODAY,SALE??NGGAK TAU DAH LAKUNYA KAPAN

    Guest
  4. Comment:
    usul wak!
    Yg namay balapan produksi masal ,harusy tu motor bener2 baru keluar dari pabrik . . Bener2 standar tinting tanpa ubahan secuil apapn bhkn lampu msh nyala,knalpot msh bwaan pabrik,ampe spion jg msh ada.
    Nah. . . Itu aja suruh buat balap.
    Siapakah yg mesiny kuat buat harian+balapan.
    Kalo sperti apa yg dijabarkn wk haji, itu mah bkn asli keluar dr pabrik

    Guest
    • Bagus itu. Tar pabrik bikin motor sekualitas ama motor prototype mereka, pas brojol udah full bolt on, ban slick, usd, delta box, full system muffler, air ram dll..

      Ya sama kyk motogp tar tp motor bisa dijual massal
      Makanya perlu regulasi, klo motor standar pabrik, pabrik bisa suka2 bikin kek apa.
      Emang standar pabrik itu kyk apa dikepala ente ??

      Guest
  5. ternyata aturan fairing motor lebih ketat di WSBK y…bentuk fairing harus sesuai dg standarnya bahkan sampai kudu pasang striker bergampar lampu depan biar mirip aslinya…mungkin kedepan aturan WSBK diterapkan aja di ARRC…toh ini balap motor produksi massal bukan balap prototype…

    Guest
  6. Wah, ternyata motornya anupab beda sendiri dibanding motor rekannya sendiri..

    Yri mustinya protes juga untuk melawan pada ketidakadilan tahiland, begitu pula fbnya yg musti dukung yri (kalo g mau dukung nasionalis penuh) bukan malah ngetek mulu sama anupab..😆

    Guest
  7. bentuknya udah bukan menggambarkan bentuk asli r25.
    padahal saat 2016 kemarin pas yamaha indonesia r25nya bentuknya udah gak standar, yamaha thailand bentuknya masih jelas bgt r25 nya dengan air ram memakai lobang lampu yg dibutakan 1. nah sekarang kenapa jadi berubah extreme dan air ram jadi kaya M1. apakah permintaan dari yamaha iwata ?

    Guest
  8. Dgn regulasi seperti itu sangat menguntungkan cbr250rr yg udah lebih advance dari r25 dan ninfi. Sudah memiliki perangkat elektronik riding mode, USD, TBW dll pas brojol dari pabrik.

    Guest
  9. Menurut saya Pebedaan AP dan IRS hanya sedikit.
    1. AP adalah ajang perang Pabrikan, hannya pabrikan yang all out terhadap prodaknya yang bisa mendominasi. peran mekanik dalam AP tidak terlalu besar, spek mesin yang masih standar dan berbagai hambatan dalam pengembangan akan sulit untuk motor tahun tua dapat kompetitif.
    2.IRS adalah ajang perang gengsi Mekanik, disini kita bisa melihat mana mekanik yang handal dalam meracik motor mana yang tidak. di IRS Motor tahun muda belum tentu bisa mengalahkan motor tahun tua dengan gampang. Riset yang mahal dan waktu yang lama yang membuat motor semakin kompetitif.

    sekarang tinggal dibalikin lagi ke penggemar, suka balap standar seperti AP atau suka balap motor yang sudah bukan standaran seperti IRS.

    kalau ditanya mana yang paling kenceng jelas IRS, dan kalau ditanya mana balapan yang paling hemat ke dana ya AP.

    Guest
  10. Lengkap infonya wak, tinggal nunggu tim yamaha indonesia dan kawasaki nih. Brarti keunggulan HP standar CBR dengan adanya riding mode yg bisa di improve memang berpengarus sma performa cbr yg luar biasa kenceng

    Guest
  11. Sedikit koreksi Wak,
    Hendel rem Active itu ada setelan kerenggangannya.
    Posisi nya ada di depan kiri, mirip seperti setelannya Brembo RCS

    Guest
    Guest
  12. Wak haji, aerodinamikanya body kan udah berubah bntuk dri produk massal….?
    Apa boleh?

    Shock kayaba tpi daleman ohlins….?

    Kayaba cuma buat casing aja

    Kayaknya ada yang kurang ya wak…kan darmo cs suka produk POSH…asli thailand….
    Harusnya tempelin kek salah satu part POSH biar mrotolin…..

    Guest
  13. nahh untuk 2017 ini ada rubahan di IRS diwajibkan memakai velg standar dar. you know lah beberapa tim papan atas ada yang sudah ganti velg yg harganya puluhan juta bahkan ada yg mesen khusus tuh velg ke italia dengan harga 60jt sepasang. nahh tim privater apa kabarnya ? riset mesin 250cc berapa duit yakan ? org bebek aja bisa tembus 30jt. nah kalo regulasi gak dirubah mah bukan perang skill pembalap atau mekanik tapi perang duit. siapa yg banyak duit yah dia yg menang. makanya jgn heran kalo irs dia lagi” yg menang. yah karena itu tadi ada kesenjangan yg cukup jauh, duit gak bohong. velg 60jt yg bobotnya kaya velg sepeda dilawan pake velg yg puluhan kilo yak ngaruh banget.

    Guest
    • Coba anda sebutkan olahraga apa saja yg tidak berlaku kejadian kyk gitu.
      Itu sudah hukum alam nya, yg banyak sarana prasarana dan banyak duit pasti akan lebih kompetitif. Sebuah pertandingan itu biayanya mahal cuy. Apapun itu olahraganya, atlit tinju contohnya siapa yg memiliki sasana dan pelatih yg bagus pasti berprestasi. dalam balapan juga gitu, siapa yg berduit pasti lebih cepat. Di motogp jg gitu ada tim pabrikan dan privatir, apa anda tau bedanya dimana?? Di F1 juga gitu, di wsbk juga gitu, yg juara juga dari tim itu2 aja. anda sebut aja dah semua olahraga.

      Klo mau adil bikin balapan OMR aja satu merek, regulasi standar, ga bakal perlu mekanik handal ga perlu banyak dana. Klo dah balapan beda2 merek gmn matokin regulasi standar sedangkan setiap produk dari beda2 pabrik itu ga sama, ga bakal pernah sama.

      Guest
    • Ini sama halnya motor//mobiil/kendaraan2 di Bali jg sama masbro dikasih janur2 gitu sama ada irisan pandan n bunga2 n arom khas dupa Bali 😁😁😁

      Guest
  14. yang cukup membingungkan, mengapa Yamaha tdk tiru itu fairing dsbnya di versi Januari 2017 R25?
    Saya jadi bingung, ini berarti tdk ada sama sekali komunikasi antara pabrikan dgn tim balapnya. Jadi tim Yamaha Racing di ARRC bukanlah tim pabrikan!!

    Guest
  15. Gak mirip R25 Buatan si [email protected]

    hmm.. …Klo mau beli yang bentuk fairingnya gitu dimana??.di tukang fiberglass yaa..??

    Semoga Gak pernah Juara Lagi nih motoor biru bluwek…. .. rusuh.. main kotor juga sama reza Dhanica.. Norak..!!!!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here