TMCblog.com – bro sekalian, dalam Buku regulasi MotoGP 2017 setiap Pebalap ( note tiap pebalap bukan tiap team ) diperbolehkan mengdaftarkan / Menghomologasikan maksimum Desain Front Fairing yang akan dipakai oleh mereka dalam satu musim ini . . dan Pada Latihan bebas hari pertama di MotoGP Austin Texas, KTM memperkenalkan dan mencoba secara resmi Satu lagi Desain front Fairing dengan desain ‘ winglet ‘ selain fairing ‘normal’ RC16 . . . cekidot deh . .

Yang menarik adalah Desain winglet dari KTM ini lebih ke arah External winglet dibanding sebuah Internal Winglet . . . apakah ini legal ? coba deh cek desainnya lebih lanjut dari Foto foto berikut ini :

pict : @MCNSport
pict : @MCNSport
pict : @MCNSport

Berikut ini tmcblog nukil dari regulasi MotoGP pasal 2.4.4.7 ayat 8Β  sob :

Atau jika diartikan secara bebas artinya adalah : Perangkat atau bentuk yang menonjol dari fairing atau bodywork dan tidak terintegrasi dalam pelurusan tubuh (misalnya sayap, sirip, tonjolan, dll.) Yang dapat memberikan efek aerodinamis (misalnya menyediakan downforce, mengganggu bangun aerodinamis, dll.) Tidak diperbolehkan. . Direktur Teknik akan menjadi hakim tunggal apakah desain perangkat atau fairing termasuk dalam definisi di atas

Nahhh, Kan kalo desain KTM di atas boleh dibilang memipih dan menonjol kesamping, walaupun mungkin amsih dalam ukuran lebar maksimal yang ditentukan regulasiΒ  . . . atau ada sudut pandang desain lain mungkin ya sehingga diperbolehkan oleh technical Director ? kalo menurutmu gimana sob ?

So sampai saat ini sudah banyak sekali Fairing dicoba oleh Pabrikan peserta MotoGP 2017 . . namun untuk fairing dengan winglet sejatinya baru tiga pabrikan yang memakainya di weekend Race sampai hari pertama seri 3 MotoGP Austin 2017 yakni Yamaha dengan side Inner winglet, SUzuki dengan Front Inner winglet dan Juga tentunya KTM dengan fairing depan pipih yang diperkenalkan pertama Kali di FP2 MotoGP Austin 2017 di Track CoTAΒ  . .

Taufik of BuitenZorg

23 COMMENTS

  1. Ini lebih ke bentuk luar fairing, ketimbang winglet….

    Kmaren ducati hammerhead yg kliatan ekstrim aja, di kasih ijin…..

    Guest
  2. unik.
    imho, untuk masalah fairing dengan inner winglet, kok kayaknya lebih pantes punya RCV ya.

    Guest
  3. Akhirnya luntur juga ego KTM,yg dulu katanya nggak perlu winglet karna nggak butuh dan nggak punya data winglet.
    Abis ini mungkin kalo screamer udah mentok pindah ke bigbang

    Guest
  4. Kmarin pas FP1 liat motor KTM bner” susah buat di ajak manuver, kesannya berat banget, pasti efek sasis yg kurang rigid mungkin ya.

    Guest
  5. Maaf Wak,..”Body streamlining” itu menurutku lebih tepat artinya “body ramping” sementara “aerodynamic wake” itu adalah satu istilah semisal “downforce”. “Wake” sendiri artinya “Lintasan gelombang yang ditinggalkan oleh kapal atau benda lain yang bergerak melalui air atau udara” dan ada juga yang mengartikan “Jejak air atau udara yang kacau yang ditinggalkan oleh kapal atau pesawat terbang”.

    Guest
  6. Coba sistem elektronic kembali pabrikan yg punya dn riset hmmmm…. kayanya masalah pda rcv atau ducati bisa terselesaikan aplgi honda psti enak wak aji melenggang di dpn di ikutin yamaha di belakang wiiihhh enak tuh kembali kejaman rc212v πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here