TMCBlog.com – Bro sekalian, setelah Honda RC213V tidak lagi mempertahankan konfigurasi firing order Screamer yang memiliki karakter pengapian lebih kontinyu di 2017 ini dan beralih ke Mesin V4 berkarakter lebih diskrit yakni BigBang, maka satu lagi Pabrikan yang juga memnggunakan mesin V4 akan beralih dari Screamer ke Big bag  . . mereka adalah KTM . .

Yap Baik Bradley Smith, Pol Espargaro maupun test Rider Mika Kalio akan hadir di Sirkuit le Mans pada 5 Mai 2017 nanti guna melakukan test privat KTM RC16 dengan konfigurasi firing order Big Bang . . . sebagai reminding, walaupun hanya memiliki kesempatan menggunakan 9 mesin per rider, namun sebagai team dengan konsesi KTM emmiliki keleluasaan membingkar mesin mengubah ubah jeroan Mesin asal sesuai dengan regulasi . . atau dalam kata lain mesin KTM RC16 bisa di develop sepanjang Musim.

Dari 3 race Seri terakhir juga ketahuan bahwa kekuatan dan durabilitas dari Mesin RC16 saat dipakai di Track adalah berkisar antara 2000 sampai 2500 km . . Jika Pol Espargaro menggunakan engine no#1 di dua Race awal dan 1 engine No#2 di race Seri ketiga ( dimana mesinnya jebol, keluar asap )  . . maka Bradley smith lebih ekstreem lagi . . 3 seri race semuanya pakai engine No #2 . .

Taufik of bUitenZorg

93 COMMENTS

  1. sebenarnya deluan katem yg mengumumkan akan ke bigbang. Honda ngikut setelah itu lalu deluan develop. Ya kembali ke masalah dana doi lebih kencang, sekencang motornya.

    • big bang dr sejak nsr doohan, bukan vale. doohan begitu mendominasi, yamaha wkt itu kayak kuda poni.
      yg tau sebarah, yamaha cuma pengekor gak pernah menemukan teknology baru

    • Sebelum era rainey ama schwantz, yamaha cuma siput di banding honda ama MV,
      Inget inline 6 honda ngancurin MV agusta?

    • @Moge

      Klo gw jabarin pst panjang yg jelas dikelas 50 n 80cc Honda takluk ama suzuki n mencabut semua pendanaan dikelas itu.

      Dikelas 500cc justru Yamaha yg juara dunia pertama x, sedang Honda pernah mengundurkan diri dr ajang GP500 krn 4tak buatan nya takluk a 500cc 2 tak.

      Di MX GP jg sama, makanya KTM paling gak suka ama yg namanya HONDA

      Wekekeke

  2. udah ganti sasis twinsparr sama suspensi öhlins biar kompetitif …
    masih yakin pake tangkringan pitek sama wp ???

  3. tuh kan ego factory nya diturunin lagi,tinggal trallis nih identitas KTM sendiri berani diganti apa nggak nih.
    Hilang sudah suara mlengking ala jeritan mak Lampir di MotoGP

  4. kalo ducati pake screamer apa bigbang atau FO lain wak..kalo pake bigbang mungkin bisa lebih jinak.apa liarnya karena konfigurasi L .sampai sampai lorenzo bilang susah belok

  5. wak, emang sopwer bawaan dorna ga ada apdet di 2017?
    misalnya punya opsi anti wili tambahan utk screamer.

  6. klo lebih spesifiknya, menggunakan Bing-Bang Front Rotating atau Backward Rotating Wak ?
    Screamer jadi “punah” di motogp semenjak penerapan unifikasi ECU

  7. Hmmmm.. dengan Pol Espargaro dan Bradley Smith yang pernah membela tim Yamaha Tech 3 dengan konfigurasi fo big bang, mudah2an bisa memberikan development pada mesin big bang nya KTM nih. Semoga bisa memberikan perlawanan di race selanjutnya.

    • Yups, klo mau juara 2 pabrikan beda ini urutanya
      1.ducati (stoner)(rosi,lorenzo zonk)
      2.honda (stoner) (rosi)
      3.yamaha (rosi)
      Survey mmbuktikan pakai motor yamaha paling mudah dikendarai tp begitu pindah pabrikan laen dijamin zonk krn skill dah luntur, jadi jika ingin mencoba hal yg baru sebaiknya opsi yamaha adlh paling blakang/ udah berumur kyk rosi…

    • Cal crutchlow? Pernah juara seri, cukup sering podium, Aleix espargaro yang debut bersama aprilia cukup mengesankan?

    • @kwz-r76 @tigor93

      Ada… Eddie Lawson juara dunia diatas Rothman Kanemoto Honda, dimana waktu itu pembalap Honda memble semua.

      Carl itu pembalap test Honda, dimana semua part Honda di pakai oleh dia terlebih dahulu. Status Carl bukan pembalap pencari gelar tp pembalap test rider jadi wajar juara dunia bukan target dia.

  8. yang pasti tinggal nunggu gimana kinerja dari chassis teralis pagar nya apakah mampu memberikan performa yg baik di lintasan balap motoGP

  9. “Pemblap alumni ymaha belum pernah jurdun dengan pabrikan yang lain, tanya kenapa??”
    Karena motor Yamaha itu “mudah dikendarai” sehingga begitu pindah ke motor brand lain pembalap alumninya jadi kaget lantaran berbeda jauh karakternya, mungkin bisa saja akan lebih baik kalau pembalap yg Zonk Jurdu 11 musim a.k.a 11 tahun itu next coba pindah dan pakai motor Yamaha, siapa tau nasib hidupnya bisa berubah, siapa tau!

    • Eddie Lawson itu lulusan Yamaha n juara di Honda diatas Kanemoto Honda, diatas motor dimana kata Wayne Gardner ketika itu LIAR karena SCREAMER Engine dr 2 tak yg tembus 190hp ketika itu berat sekitar 130kg

  10. nahh tinggal kesombongan ktm tntng sasis teralisnya nih bakal luntur apa kagak ?
    inget bgt pas ktm belom ikut di wawancarain.
    apakah tidak ikut menggunakan sasis twin spar mengingat ducati pernah gagal menggunakan sasis teralis ?
    ktm : sasis punya kita berbeda dibanding pabrikan lain, kita yakin bakal kompetitif dengan sasis ini. karena kita punya data tentang sasis ini.
    (padahal ktm baru turun dimotogp dan mesinnya pun baru dibuat setelah memutuskan ikut motogp, data dari mana yak ? ? dari motor produksi massal mah atuh beda, dari moto3 ? yak jauh juga)

  11. ini pabrikan lg babak belur sama honda di motogp. dari seri 1 sampe 3 kemarin podium honda mulu, ktm tembus 5 besar aja sulit banget kayanya.
    miller, oliviera, binder. setelah mereka naik kelas ktm cuma ngandelin antonelli sama anak buahnya rossi migno and bullega.

  12. yang komennya sok pinter apalagi sok tau silahkan buktikan di sircuit, kita latihan bareng dengan motor masing2 biar lebih enak kalo komen

  13. Ktm tahun ini gregetnya apa coba..?
    Masa cuma oliveira sbg penyelamat muka..?

    G lihat kelas atas dulu, udah pasti miris lihatnya..
    Liat kelas capung aja pos diatas 5 syukur banget, bahkan ktm yg di depan cuma bulega sama ottl doank, sisanya pada ngopi bareng rookie..

  14. Seharus nya pabrik besar sekelas ktm jangan sombong dlu sebelum di mulai .. padahal mereka baru turun di kelas motogp.. mereka harus bnyak belajar dari team lain .. gak usah mentingin ego.. yg pentin brand ktm bisa naik aja itu udah penting

  15. Perbedaan paling besar Honda dan Yamaha.

    Yamaha : Menutupi kekurangan pembalap, pembalap biasapun bisa jadi juara.

    Honda : Butuh pembalap luar biasa untuk menutupi segala kekurangannya.

    Bisa diartikan jika Pembalap Honda bawa yamaha pasti Juara Dunia, dan sebaliknya jika Pembalap Yamaha bawa Honda belum tentu Podium.

    Mesin V hanya cocok untuk isi angin,
    Mesin segaris memang fenomenal, lihat angkot lincahnya gimana, salip kanan kiri memecah kemacetan.

    • Ya ampun hari gini masih ngejek model mesin
      Mau mesin V, L, W, atau Inline, bisa dibilang sama bagusnya cuma beda karakteristik.
      Dengan ngejek model mesin V , berarti situ sama ngejek mesin mobil2 sport kencang & terkenal macam Ferrari Maranello, Chevrolet Cammaro, Porche Panamera, Lamborgini Huracan, Nissan GTR, Mercedes Benz CLK GTR, Ford Mustang Shelby GT500, bahkan mobil termahal macam Koenigsegg Trevita; semuanya (klo ga salah) pake mesin model V-Engine lho

    • Maklum Mas_Bero,,.
      Atas ente’ itu FBY Marjinal minim wawasan atau sebut saja Alay Kampungan,
      Gag tau kali dia F1 yg disebut jet darat juga pakai mesin konfigurasi V,,,

      Hahahaha,,,

      Kasihan sekali ente’,,.

    • Asyiiik….orang (merasa) terpandai n terkayah seantero blogsphere nongol (Baca : ALEX (masih jadi kacung)).

      Salam kenal ALEX (tetep masih jadi kacung), ane mau tanya pertanyaan gampang aja. Bisa jelasin, lebih signifikan mana pengaruh sasis ke mesin di mobil F1 dibandingkan sasis motor ke mesin di Moto GP buat aktifitas belok berbelok?
      Tahu kan perbedaan jumlah roda Mobil F1 sama Motor di GP? Ini soal efisiensi sama keseimbangan cung. Keputusan pemilihan mesin di balap motor nggak segampang di balap mobil cung terutama di balap Formula.

      Bahlul ngaku smart = ALEX ???

    • @Keyless_
      Ente’ golongan sumbu pendek ternyata,,,

      eeekkkeeekkk
      Jaman masih 2-Tak Yamaha juga pakai mesin V Mas_Bero,,
      YZR 500,,
      Jadi gag usah diributin,
      Pointnya disini saya hanya share knowledge buat newbie komentator yg masih awam soal balap Grand_Prix biar gag asal mangap saja,,
      Soal kesimbangan jelas R4 punya downforce lebih kuat dibanding R2 dampaknya mobil lebih berani melakukan hard-braking sedekat mungkin didepan tikungan, gag heran saat ini meski topspeed masih unggul MotoGP tapi soal laptime di race-track F-1 masih unggul,,

      Kamu juga kacung kok,,
      Kelihatan banget dari gaya komen ente’
      Fix ente golongan sumbu pendek,,

      eeeekkkkeeeekkkkk

    • ini juga salah satu member sumbu pendek,,
      @Connoco ,

      Si Keyless udah 10jam lebih gag bales komen Ai,
      Berarti fix,_ komen Ai lugas dan tepat,,

      Ai maklum kok ente gag mudeng’__
      Karna Level you masih jauh dibawah ane’__
      ini fakta lho,,,
      Dasar bocah Marjinal,,,

      hahahahahaa,,

    • @Alex

      Yamaha awalnya pake Inline, ketika Honda pindah dr V3 ke V4, gak lama Yamaha berubah dr inline ke V termasuk YZR 250 itu inline sblm gnt ke V. Dalam artian Yamaha lbih suka Inline, cm pembalap sekaliber Lawson n Rainey yg bisa naklukin Yamaha V4.

    • Bukan motor Hondanya yang kurang om. Sejak jaman Honda masih newbie emang dah terkenal pilih2 pembalap om. Mesinnya terlalu liar om. Kalau terlalu cepat ya hasilnya Ndlosor semua seperti 2015. Cal aja bilang 2016 Honda lebih lemot dari 2015. tapi kok bisa banyak yang podium ya? Buktinya Cal bisa juara serie pakek Honda, tapi zonk dengan merk lain.

    • #addicz

      Yups terlalu liar dimana gardner and Doohan aja nyungsep mulu malah Lawson yg juara diatas Screamer Honda, pembalap lulusan Yamaha. Wekekekeke

      Bukan terlalu liar tp emg sassis nya jelek motor maunya lurusan gak mw belok udh gitu geter2 kek vibrator -kata gardner

  16. “Dari 3 race Seri terakhir juga ketahuan bahwa kekuatan dan durabilitas dari Mesin RC16 saat dipakai di Track adalah berkisar antara 2000 sampai 2500 km . . Jika Pol Espargaro menggunakan engine no#1 di dua Race awal dan 1 engine No#2 di race Seri ketiga ( dimana mesinnya jebol, keluar asap ) . . maka Bradley smith lebih ekstreem lagi . . 3 seri race semuanya pakai engine No #2 . .”

    beda gaya berkendara apa beda kualitas mesin nih? sptnya smith lebih alon ya bawa motornya ketimbang pol.

  17. durabilitas KTM engine sekitar 2000-2500 km ane kira ya cukup wajarlah mengingat ini motor prototype yg di tune guna menghasilkan power yg besar sekali. Kalo Honda bisa

  18. kalo honda bisa bikin engine motoGP yg awet ya ane ngga heran karena sejak awal pabrikan ini didirikan Soichiro Honda adalah pakar metalurgi yg katanya desain piston atau apalah itu ditolak oleh Toyota, CMIIW

  19. Mlihat konvigurasi mesin (V) KTM, mungkin belum cukup hanya dengan (Big Bang) saja jika ingin kompeten.

    Lintasan Motogp bukan hanya sekedar lintasan lurus seperti halnya Drag Race yang mengutamakan Power.

    Bukan suatu hal yang tidak mungkin nanti kedepannya KTM akan menggunakan rangka Twinspar/ (Deltabox – Paten YAMAHA), bahkan menggunakan Back Counter Cranckshaft/ (Crossplane Crankshaft – Paten YAMAHA).

    • Jgn pake istilah paten2 mas bero tar fansboy cap sayap patah bisa terguncang, soale merek H itu penemu semua teknologi dan inovasi di dunia

    • Baru tahu ai kalau Yamaha penemu Crossplane Crankshaft.
      Connoco@Ngapain terguncyang om, selama juara title terbanyak masih dipegang Honda fansboynya kagak bingung om.

  20. disatu sisi ECU Dorna ini positif buat kejuaraan,disatu sisi negatif buat penikmat balap yng first love dgn lengkingan indah screamer,tapi faktor ktm ga punya data yng bikin susah berkembang,ane jdi penasaran,klo rossi dikasih mesin screamer,apa dia punya solusi ya biar screamer bisa kompetitif walaupun pke ECU Usang/jadul,,yng kalah canggih sm punyanya HRC contohnya hmm….

  21. Wak haji,qlo mesin dgn konfigurasi big bang sama screamer sebenernya secara teori lebih irit mana ya bahan bakarnya? Trus qlo dari sisi durabilitas mana yg lebih baik? Nah saat deselerasi type mana yang lebih gede deselerasinya (engine brake)? Mohon pencerahan buat pengetahuan..:)

  22. Efek dari seriusnya KTM di motogp, motor mereka di moto3 kurang kompetitif di race awal tahun ini, Team pabrikan asuhan Aki Ajo, KTM RedBull, hanya masuk papan tengah, tim2 yg pake KTM RC250 susah ngeladenin kecepatan Honda NSF250RW

  23. Maunya kemarin itu ktm ambil Aleix sama naikin kallio jadi rider nya.. jgn si pol/Smith.. Gw yakin, seenggak nya mereka masih bisa ngejar poin… Liat aja sekarang, tuh aprilia lumayan kan sejak ditangani sama Aleix (ya walaupun baru 3 seri) dan juga kallio pastinya lebih tau KTM dibandingkan pol/Smith secara dia test rider..

    • Dan juga, basic Aleix dulunya naik ke motogp toh pake mesin konfigurasi V, seenggaknya udh paham lah gimana jinakin KTM.. IMHO…

    • Dan juga, basic Aleix dulunya naik ke motogp toh pake mesin konfigurasi V (Ducati) seenggaknya udh paham lah gimana jinakin KTM.. IMHO…

  24. Roy@Ya jelas mundurlah. lha wong dah kebanyakan title juara. Kalau ai justru kagum ma honda. Berani lawan 2 tak yang superior pake 4 tak. Patut diacungin jempol dong.
    Memang dah mimpi KTM menjadi the next Honda.

    • @addicz

      ente ngelawak? Mundur karena emang kalah ama 2 tak, cuma waktu itu blm bisa mewek kek sekarang (karena banyak pabrikan ikut waktu itu) dan teknologi 2 tak Honda itu meniru Suzuki dan MZ.

      wakakakaka

    • Tiru meniru itu lumrah. Yang penting itu siapa yang paling advance dalam inovasinya. Ai juga tahu chasisnya juga niru punya Suzuki. Sekarang tinggal siapa yang sering jadi juara dengan teknologi tsb.Yang jelas bukan Sijuki atau yang lainnya. Berani lawan 2 tak atau Rotary engine macam punya mazda pake mesin 4 tak itu yang bikin seru. Ya kayak slogannya Honda. Always take the harder way.
      Walau sempat mundur kan juga balik lagi. Come back with a BANG.
      Kalau Yamaha paling cium ketek Toyota dulu minta duit. Suzuki ma Aprillia emang Bonek.
      Kawasaki? Namanya doang Ninja. Ujung2nya tetep pecundang

    • @addicz

      Wekekeke, kawasaki sekarang raja wsbk, cbr memble lawan zx10. Lawan ducati aja niru jd vtwin.

      Ente sbg mbek apa lupa klo yamaha di ejek niru honda pas rossi pindah? Padahal jauh2 hari honda niru suzuki n yamaha dr sassis n swingarm nya. Klo mw liat take the hard way cb cek pas Yamaha pindah dr yzr 500 ke 950cc or suzuki dr 500cc ke 990cc.

      Wekekeke

      Mbek sotoy kek alex diatas, yamaha dr era 2 tak pake V…

      Kliatan sotoy nya…

      Wakakakakakakka

  25. @addicz

    Dr V3 ke V4, Honda dominasi ketika Rainey n Schwantz pensiun. Doohan gak ada lawan klo cm Barros or Sete. Apalg cm criville. Karena era 90 an ada bnyk juara dunia. Buat apa hard way klo keok? Emg lu pikir Yamaha n Suzuki gak hardway? Dr inline ke V4? Atau suzuki dr square ke V4?

    Apalg Yamaha wkt ubah sassis dr double craddle ke twinspar. Emg bukan hardway itu? Atau Suzuki skrg dr V ke Inline dimana base power GSX cm 160hp on crank…

    @Alex

    Ente mw ngomong apa? Mw ngomong V engine Yamaha niru Honda? Yamaha dr era 2 tak pk V engine.

    Sotoy…

    Wekekekeke

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here