TMCBlog.com – Bro sekalian, Setelah kita sedikit kupas detail dan kajian sedikit teknis dari Honda Rebel 500 yang ternyata memang Basic Banget . . Kalo Boleh diIbaratkan pesawat Ponsel, Rebel ini Ini Ponsel Powerfull Namun bukan smart phone, Fungsinya basic banget, ya cuma bisa dipake riding, Lihat aja Dashboard spedometernya, Rebel 500 nggak menyediakan informasi yang melimpah . . Bahkan Takometer saja Nggak ada, so butuh komunikasi telepati antara kita dan motor untuk menentukan gerungan mesin yang sesuai untuk saat perpindahan gear  . . Ya cuma itu doang cuma bisa kita rasakan dan dengarkan . ..  Tapi itu sepertinya bukan kelemahan, kayaknya sih Rebel 500 memang sengaja dibuat seperti itu . . . Honda mengincar orang orang yang nggak Mau ribet, Pokoke tinggal Pencet Start, cruising, hati senang . .

Selain di bawa short touring naik ke Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Honda Rebel 500 tmcblog bawa city Riding di seputaran Kota BuitenZorg ( Bogor ) ditengah hari bolong . . Pengen Tahu apa bener sebongkah  Mesin dua silinder yang posisinya hanya beberapa puluh cm di depan Paha bisa bikin Paha Panas ? tenyata Nggak sob, Nggak ada aliran panas yang terasa tersemburkan ke daerah Paha maupun tungkai kaki, sepertinya ada pola semburan udara khusus dari Fan sehingga arah buangan udara panasnya terbuang tanpa mengenai kaki.

Cuma ya itu dia desain Muffler Aftermarket R9 sepertinya masih prototipe sehingga dibagian dekat Footpeg Kanan menonjol, Dan ini membutuhkan riding dengan sepatu yang tahan panas Plus celana Panjang karena terkadang bagian dari leher knalpot nempel dengan bagian belakang sepatu atau bagian dari betis saat berhenti ( lihat gambar bawah ) . . Pake sendal ? Nggak direkomendasikan 😀

Dilihat dari Seat heightnya, rendah banget sekitar 60 cm-an sehingga untuk rider mungil sekalipun yang berjangkauan kaki 75 cm, ini motor nyaman banget dipake dan bikin PeDe tentunya.

Riding Possition alias Ergonomi memang nyaman, Namun tangan jadi nggak bisa nekuk, terutama yang panjang jangkauan tangannya mirip dengan tmcblog ( sekitar 50 cm ) . . So Luruss kedepan gitu . . Kalo Nggak pake Jaket Lengan Panjang dijamin ketiak mu akan Kering mas bro ! . . Setelah dipake city riding sekitar 1,5 jam nonstop dengan kondisi Jalanan yang lancar lancar padet badan Nggak terasa capek.

Namun ergonomi Rebel 500 yang bergaya Cruiser begini plus rake Yang centang, wheelbase panjang tentu Bikin Rebel 500 kalah agile/ Lincah/ gesit saat menaklukan tikungan tikungan dan celah celah sempit di bagian jalan Yang rapat dan padat  . . terutama kalo dibandingkan dengan skutik – skutik Mungil, so angkat tangan bila dibandingkan dengan kegesitan mereka 😀 . . ini pun Harus menjadi perhatian mas bro saat mau speeding di jalan umum Dengan rebel 500 atau Motor dengan riding possition/ ergonomi serupa, karena Harus mengetahui dengan tepat karakter berbelok Rebel 500 ini dengan tepat yang akan digunakan untuk menghindar jika satu saat menemukan kejadian / handycap tak terduga di depan.

Bobot 200 Kg jadi Handycap? Nggak terasa mas bro asli . . silahkan dicoba sendiri . . entah karena tmcblog terbiasa pake ER6N yang bobotnya mirip mirip atau karena memang desain CG nya yang rendah dan karena kaki menapak sempurna sehinga setelah duduk di atas sadel Jok Rebel 500 . . Beda Banget sama ER6N dimana Bobot beratnya terasa membebani, Untuk Rebel 500 nggak ada sama sekali angka 200 kg menggelayut di pikiran . .  Langsung start engine, bablas !

Di jalan Umum tmcblg tidak mencoba Aspek Performa dari Rebel 500 ini seperti berapa top speed dan akselerasi . . karena fokus utama dari mengendarai rebel tmcblog yakin  adalah kenyamanan dan sisi life style . . Namun Bukan berarti ini motor lemot, Lari 120-140 km/jam memang nggak sulit Buat Rebel 500 . . Yap mesin Potensi 471 cc twin DOHC nggak bohong sob, lumayan banget untuk bisa me-rebel-kan diri lah 😀

Pengereman ? Untuk kelas Big Bike, Pengereman depan belakang Cakran dari Rebel 500 menurut tmcblog terasa cukup safety . . performa pengeremannya nggak sehebat motor motor sport bike, Namun buat Cruising cukup saja. Mengenai Keiritan tmcblog nggak ukur dan MID nya pun tidak memperlihatkan informasi Fuel Consumption, Namun perkiraan dengan Muffler R9 kayak begini plus speed di angka 60-80 an km/jam konsumsi bbm Rebel 500 berada di kisaran 20-an km/liter. . . . Kayak apa saat Rebel 500 ini dipakai Naik naik ke puncak Gunung tinggi tinggi sekali ? Nantikan cerita review selanjutnya ya . . Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

30 COMMENTS

    • kaoskaki kliatan bgt…pengen buat motor seperti ini….kelas 250… liat aja estrella dah mo stop produksi…

      Guest
    • ekekekekek

      nyontek ???? apa gak salah tuh
      tipe Cruiser
      Kawasaki dah lebih dulu mengedarkan KAWASAKi Vulcan dan YAMAHA dengan VMAX nyaaa
      sekarang nongol tuh si Sebel sebel ahhhhh

      hayayayayay

      Guest
  1. Fun bike
    Sayangnya ga terjangkau ni motor
    Tiger ato scorpio klo reborn bisa ni bikin dua opsi buat yg doyan cruising di weakend jadi ada pilihan

    Guest
  2. cocok Wak Haji … buat ganti ER6N ato malah buat temennya di garasi

    stang ganti yg lebih nekukbke dalam biar posisi lengan lebih santai

    Guest
    • ekekekekek

      jarak jangkauan kejauhan, posisi kaki juga kurang nekuk ataupun ke depan
      lebih enaknya pada saat diam /berhenti untuk menapak tanah dr pada buat riding harian/jalan

      hayayayayaya

      Guest
  3. “ada vixion, dia hampir nabrak” katanya. Hahahaha…
    Tendang aja pake kaki kiri supaya sekalian nyium aspal.

    Guest
  4. mungkin lagi hujan kali mas?
    jd ga kerasa panas,, hehe,,
    di bogor sekarang siang2 bawa motor matic biasa aja panas koq..
    panas udaranya,, macet jg,, hehe..

    Guest
  5. gimana impresinya wheeliee stoppie atau kneedwon pake rebel wak?
    abaikan saja komentar ini <<
    wkwkwk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here