GSX-R150 Community

TMCBlog.com – Ahad kemarin tanggal 7 Mei 2017 Saya (Nugi) hadir dalam acara E Event Fun Race seri pertama tahun 2017 ini. Jujur saja pada awalnya saya bukan datang untuk meliput jalannya acara setaraf club event tersebut, melainkan jadi team peserta balap (pakai motor underbone). Nah, tepat di sebelah paddock ala ala team saya (soalnya di pelataran belakang paddock Sentul), ada banyak puluhan teman-teman dari GSX Community yang memang pada Ahad kemarin dibuka kelas OMR GSX khusus untuk komunitas mereka. Riuh ramainya temen-temen GSX Community jadi seperti orang piknik di sirkuit, soalnya banyak juga yang bawa pacar dan anak istri ke Sentul kemarin, so sifatnya memang kekeluargaan banget seperti halnya saat kopdar-an klub/komunitas. Seperti apa keseruan mereka, sedikit yang bisa Saya share tentang OMR GSX di gelaran E Event fun race hari Ahad kemarin, check it out..!

Teman-teman GSX Community E Event 2017

Bro Johan selaku pengurus komunitas GSX yang saya hubungi, berkata bahwa tujuan diadakannya agenda OMR tersebut adalah untuk mewadahi temen-temen yang punya hasrat ngegaspol motornya untuk disalurkan pada tempat dan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab. Yah kita​ sudah banyak lihat dan dengar berita tentang kecelakaan rider di jalan raya baru-baru ini. Ini baru benar, memang motor tipe sport itu enak buat digaspol apalagi anak muda masih banyak yang suka ngebut entah merasa seperti pebalap idolanya ataupun ingin menyalurkan hobi. Silahkan saja tapi harus dilakukan di tempat yang benar,, Yaitu wajib di sirkuit masbro!

GSX Community E Event 2017

Selanjutnya, info dari bro Johan adalah agenda tersebut direncanakan supaya bisa diadakan 2-3 bulan sekali supaya bisa meng-edukasi anggota GSX Community soal safety riding dan juga cara balapan yang benar dalam upaya mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya. “Pendaftaran kelas OMR GSX ini sebenarnya 350 ribu tapi adanya support lebih dari anggota yang juga kenal dengan pihak penyelenggara (mas Doedy Goenawan), akhirnya cukup bayar uang pendaftaran 250 ribu saja” Ungkap singkat dari bro Johan.

Jalannya OMR GSX di Sentul kemarin berlangsung baik, lancar dan temen-temen anggota sebanyak 19 orang starter yang berasal dari berbagai chapter seperti Jakarta, Depok,  Bekasi dan Tangerang terlihat senang, juga tanpa ada yang mengalami crash dan hasrat ngebut mereka tersalurkan selama 5 laps di tempat yang aman. Motornya pun juga banyak GSX R150 yang masih dalam kondisi standar ting ting, tanpa banyak ubahan. Laah wong cuma fun race kan yah, tapi yang penting kan having fun, terus bisa belajar balap bareng-bareng, siapa tau nantinya ada anggita yang serius ikut ke balapan resmi,, siapa yang tau kan?

Peserta yang finish pertama OMR GSX adalah kang Yudhi Maleha, yang seorang jurnalis juga. Pakai GSX R150 merah dengan sedikit ubahan, namun motornya sudah terlihat lebih racy ketimbang temen-temen lainnya. Kondisi mesin full standar; camshaft, piston, mapping ECU pun standar, suspensi standar semua. Hanya ubah velg pakai Racing One, ban FDR MP27 dan FR75, cakram depan, lalu ganti knalpot, footstep, dan lever guard yang semua pakai produk dari BPro Racing.

GSX R150 kang Yudhi Maleha
GSX R150 kang Yudhi Maleha
GSX R150 kang Yudhi Maleha

Menurut saya pribadi, agenda seperti ini harusnya ditindak-lanjuti oleh PT. Suzuki Indomobil Salses selaku APM Suzuki motor di Indonesia supaya bisa menampung dan mewadahi keinginan pengguna GSX yang suka kecepatan. Jadi bisa menggelar event yang lebih besar seperti halnya garapan dari pihak pabrikan pada umumnya. Produk mereka, GSX ini banyak peminatnya dan juga punya potensi cukup besar di ajang balap, mana tau dengan digelarnya banyak agenda seperti ini juga bisa menjadi ajang riset bengkel-bengkel balap untuk membawa GSX R150 mencapai ke tingkat kompetitif dengan pabrikan lain yang sudah lebih dulu bermain di ajang kejurnas sport 150 4 tak Indonesia.

GSX Community E Event 2017

So, buat sobat pembaca pengguna GSX juga, silahkan hubungi pengurus GSX Community chapter kotamu untuk info lebih lanjut. Asik loh masbro ngebut di sirkuit, beda feel nya ketimbang ngebut di jalan raya, BAHAYA! Dan kalau ngegas di sirkuit kalian bisa belajar banyak​ seperti membaca racing line trek dan mempertahankan titik pengereman dan open throttle saat masuk keluar tikungan.. Semoga berguna!

Nugie TMCBlog

Pict by: Johan- GSX Community

GSX Community E Event 2017
GSX Community E Event 2017
GSX Community E Event 2017
GSX Community E Event 2017

51 COMMENTS

    • Ternyata dalam posting berita, gaya bahasa tulisan wak haji dan bro nugi ada bedanya

      Guest
    • wak haji calm dan menghanyutkan, kalo om nugi seperti berapi2 dan seru…heheheh…good work lah kalian…

      Guest
    • real 19 ps pasti kencang, tapi kalo 19 ps cuma di brosur, wkkkkk ………. jadi ingat edisi sunatan massal, yang akhirnya laku cuma buat motor test untuk SIM, WKKKKK

      Guest
  1. seru ya ,…

    https://dayakuda.com/2017/05/08/4-pilihan-warna-yamaha-x-max-250-mana-pilihanmu/

    Guest
  2. Bangga cakkkk, bangga tenan motor suzuki jet cooled masih awet nih bero. RC Bravo gitu loch

    Guest
  3. bagus, bloger, media & komunitas ikut mengkampanyekan ” ngebut di sirkuit !”.
    sangat positif.

    Guest
  4. Karena ini artikel suzuki jadi komen adem.

    Coba kalo Ini Honda ..welahdalah bisa kebakarr angus.. :
    *Berani nya OMR
    *Gak usah bertele tele ditunggu di IRS
    *Motor Dagelan

    ejekekekek….

    Guest
    • mas, R15 kan motor juara dan superior. raihan cbr150 cuma peringkat 13 dan 14, kenapa r155 jadi tambah CC, padahal mesin lama cukup mengalahkan GSX dan CBR. emangnya beda produksi massal dengan untuk balapan ?????

      Guest
    • Video gak ada, saya sudah tulis diawal memang gak niat liputan jadi gak bawa alat2. Yg namanya fun race itu balapan kurang serius, sesama anggota komunitas aja masbro. Gak cari duit gak cari nama just pure for fun.

      Author
  5. si gepeng mah alergi wak sama sentul
    bisa-bisa baru 1 lap udah mbeldos duluan

    Guest
  6. naik sport piring kok 17ps di guyu bekicot broo

    ngahhh ngahhhhh

    Guest
    • Yaelah, kagak ada hubungannya motogp sama cibi gepeng cung… sa ae lu mecin !

      Guest
    • R155 juga nggak ada hubungannya broo.. motogp itu motor prototype, beda sama motor masspro.. apalagi dibandingin sama kelas entry level.. duh, jauuuuuhhh…

      Guest
  7. Saya beli motorsport bukan utk ke sirkuit tapi utk kencang dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Jalan raya lebih sulit menghadapi angkot dsbnya.

    Guest
  8. Saya acungin jempol nih buat sdr” GSX
    nyalurin hoby dengan wadah yang tepat( bukan di jalan umum)

    Tapi ngomong” ada semacam training kilat ga tuh( edukasi safety riding) ….buat mbesut motor 19 hp…..?

    Kalo yang udah biasa no problem,tpi klo yang pertama pake pasti beda( yg sebelumnya pake cub/ matic

    Guest
  9. Suzuki di lawan….Ianone aja jatoh di sirkuit walau jatuh kan ga nyusahin orang lain yg ga ada hubungannya sama dia, jadi klo di Sirkuit buat gaspoll memang tempatnya bukan dijalan umum yg akhirnya nabrak APV dan Innova yang sedang jalan sesuai aturan, klo dijalan umum itu nyalurin hobi tapi nyusahin orang lain

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here