TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti Kita ketahui penggunaan Mesin di MotoGP untuk Pabrikan pabrikan Yang tidak memiliki konsesi ( Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki ) adalah terbatas, hanya 7 mesin sob dan dibekukan pengembangannya. Sedangkan Untuk Aprilia dan KTM masih diperbolehkan menggunakan 9 mesin yang pengembangannnya dibebaskan asal sesuai koridor regulasi FIM oleh sebab itu bisa kita lihat di Seri ke 4 ini KTM Bisa menggunakan mesin dengan update Firing order baru Big Bang . . . Nah seperti apa Update penggunaan mesin MotoGP sampai MotoGP Jerez 2017 ? . . Berikut data data Official Yang diperoleh para Media / Journo terakreditasi resmi di gelaran MotoGP langsung dari Dorna sport . . Cekidot  . .

Kita Mulai dari Pebalap dari pabrikan yang masih berstatus Konsesi dimana mereka memperoleh kemudahan penggunaan maksimal 9 mesin yang bebas dikembangkan sesuai dengan koridor regulasi ya sob . . yakni KTM dan Aprilia

Aleix Espargaro sebenarnya telah sempat menggunakan mesin ke 3 Aprilia RS-GP di austin, namun di Jerez ia kembali menggunakan mesin No#1 dan No#2 saat di Latihan, Kualifikasi dan Balap . . Bahkan sobat bisa lihat smeenjak Q1 sampai race  ia konsisten pakai Mesin No#2

Data di atas Juga bisa dijadikan Bukti bahwa memang benar adanya bahwa KTM menggunakan mesin Baru KTM RC16 Mulai Seri motoGP Jerez 2017 ini yakni mesin V4 dengan firing order Big Bang . . baik Bradley Smith maupun Pol Espargaro sama sama telah membuka dua mesin baru Yakni Mesin No#3 dan Mesin No#4 di Jerez . . Biasannya memang dalam satu weekend race dipakai dua mesin secara bergantian . .

Nah sekarang Kita akan Mulai masuk ke Pabrikan Pabrikan Tanpa Konsesi dimana hanya ada maksimum 7 mesin dengan pembekuan pengembangan . . mereka adalah Suzuki, Ducati, Yamaha, Dan Honda . .

Andrea Iannone masih menggunakan 2 mesin Inline 4 Big Bang Suzuki GSX-RR sampai di Race Jerez 2017, namun Alex Rins Yang di jerez digantikan oleh Takuya Tsuda sudah membuka Mesin No#3 Suzuki GSX-RR bahkan semenjak FP3 di Austin . .

Dikubu team factory Ducati Team, Andrea Dovizioso Masih menggunakan dua mesin V4 ( L4 ) GP17 sampai di MotoGP Jerez 2017, namun Jorge Lorenzo semenjak race di Austin texas dua pekan yang lalu sudah membuka Mesin No#3 Ducati Desmosedici GP17nya sob dan sepertinya terlihat dia agak gumana gitu sama mesin No#2 karena semenjak dua Race awal hanya digunakan di Latihan bebas doang . .

Valentino Rossi termasuk Rider Factory – Non Concession team yang apik dan imbang dalam penggunaan Mesin . . sampai Di jerez 2017 ia baru buka dua mesin Inline 4 Un-Even Firing Order Yamaha YZR-M1 dengan keseimbangan pemakaian mesin No#1 dan No#2 yang cukup sesuai . .

Mungkin karena berasa suffer karena kehilangan Grip baik depan maupun belakang dari M1 Maverick Vinales mulai memakai mesin No#3 Inline 4 Un-Even Firing Order Yamaha YZR-M1 di jerez Mulai hari sabtu saat FP3  . . Infact ia terlihat cukup sering menggunakan mesin No#3 ini  di Jerez sampai sampai race Pun menggunakan mesin ke tiga ini

Cal Crutchlow walau berstatus rider Independent / satelit, namun ia kena regulasi non konsesi dimana hanya maksimum 7 mesin saja yang bsia dipakai ..  dan sampai di race Jerez kemarin, Cal sudah membuka pemakaian mesin No#3 Honda RC213V bermesin V4 firing order Big Bang Mulai di FP2 sampai Race.

Sama seperti valentino Rossi, Duo pebalap Repsol Honda yang finish 1-2 di race Day baru menggunakan dua mesin Honda RC213V bermesin V4 firing order Big Bang yakni No#1 dan No#2 sampai di race Jerez 2017 . . Mengenai penggunaan Mesin saat race, Marc Marquez sedikit lebih imbang dari Dani Pedrosa, Dimana Dani dalam 4 Race menggunakan Mesin No#2 dalam tiga Race , sedangkan Marc Menggunakan masing masing dua kali untuk Mesin No31 dan No#2 . .  semoga Sobat sekalian sudah nggak kepo lagi sekarang . . Semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

71 COMMENTS

    • di hemat di hemat, hehehhe ..

      l
      l
      V

      Daripada pusing,
      Yang mau kredit Daihatsu, Nissan dan Datsun sini ane bantu, Datsun angsuran mulai 1,7jt’n nih
      Atau yang mau kredit mobil bekas bisa pilih sendiri unitnya nti ane bantu prosesnya (usia kendaraan maksimal 10 tahun yaa)
      Info lebih lengkap cek di kreditmobildepok.blogspot.com

      Guest
    • bicara mesin paling knceng , paling super ttp m1 dan desmo.
      di sirkuit butuh power akselerasi dan top speed spt qatar philip island dan austria bkl muncul ngerinya.
      untuk sirkuit lmbt alias btuh mtr lemot , kekuatan m1 tdk terpakai, hasilnya mtr lemot plus cm modal ban lah yg juara yakni si rcv. sekian.terima kasih.

      Guest
    • maklim kalau M1 kan gen SOHC 5 speed yg olinya suka bocor terus gampang jebol jadi mesinya cepet abis hihihi

      Guest
  1. Big bang ini membantu honda jdi kompetitif ya wak,disatu sisi ecu seragam ini membuat saya sedih,krn ga canggih,ga akan ada mesin screamer lgi d motogp hehe

    Guest
    • setuju bro,,,puncaknya tehnology …sedikit terhambat bukan hilang,,,,jadi masih ada kemungkinan ada yang baru ntah apa…

      Guest
    • M1 bisa-bisa diketawain para SDK nih , the SportDangaK, motor sport Dangak-dangak, motornya Bapak-bapak, cari aman

      Guest
    • Motor sport dsngan itu yamaha R25 yg sebulan cuma laku 100 unit nasional itu ya bro?

      Guest
    • aurannya ya sama dengan tean factorynya . . 7 mesin development freeze

      Administrator
    • aturannya ya sama dengan team factorynya . . 7 mesin development freeze*

      Guest
  2. Tim yg masuk non konsesi hanya berhemat mesin dan elektronik dibatasi, maka peluang cuma di setup chasis aja lagi yg bisa dilakukan….HRC sudah mendahului disisi ini,Fik.

    Guest
    • ohh iya, bener Juga, saya dah dapet bocorannya nih dari Insider honda dari spanyol Mi soal update sasis RC213V kenapa jadi anteng di jerez 😀

      Administrator
    • brarti sekarang udah bisa move on dari sasis 2014,kirain ada elektronik/teknologi baru.
      Ditunggu artikel pembahasan mendalam tentang nyungsepnya m1 dan impressive nya RC213V di jerez wak!

      Guest
  3. Wak mau nanya nih, pabrikan yang tanpa konsesi itu apkah hanya berlaku untuk rider factory ny atau seluruh yang menggunakan mesin tsb, contoh kyak ducati, apkah tim satelit ny macam avintia, octo pramac dan aspar juga d jatah 7 mesin + pembekuan pengembangan wak?

    Guest
    • semua, baik team factory maupun satelitnya bro
      contoh Yamaha Movistar dan tech3 dua duanya kena regulasi 7 mesin development freeze

      Administrator
    • berlaku baik di tim factory maupun tim satelitnya
      contoh Ducati team dan Aspar dan pramac semua regulasi 7 mesin development freezenya sama

      Administrator
    • Kyak ducati kan tim satelitny ada yang make gp16 dan gp15, itu motor ny benar2 bekas tim pabrikan tahun yg lewat atau hnya basic ny aj gp15/gp16 wak? Trus kayak tim pramac kedua rider nya beda spek motor, satu spek gp16 dan satu lgi spek gp17, apkah bisa kyak gitu wak? Soalny wak haji kan pernah behas tentang tim repsol honda dimna gaya blap dp ma mm sangat berbeda tapi spek motor ny harus sama

      Guest
    • wah itu saya nggak tahu, bisa jadi rekondisi sih, tapi tetap aja powerfull rekondisi racing dep

      Administrator
  4. Klo tech 3 yamaha masih pake M1 2016 kn wak? Jd peraturany apakh sama hanya 7 mesin? apakah tengah musim misaly bisa pake mesin M1 2017?,?

    Guest
    • Nggak bisa ganti ke mesin 2017 kalo memang benar yang dipake sekarang mesin Valencia 2016 . . kecuali yang diganti minor dan hanya update di elektronik

      Administrator
  5. Wah wak haji lg bnyk waktu luang buat bales komen pengunjung warung…

    Ngopi dulu wak…

    Guest
  6. Blom dpt bocoran soal yamaha factory wak, knpa bsa melorot gtu performa nya di jerez..??
    Malah kesalip sma team satelit yamaha..

    Guest
    • Mungkin setting dam pemilihan ban om..
      Zero lw gak salah pilih ban medium dan belakang
      Rossi :H-M

      Guest
  7. beh.. Dani ama Marc masih aja pake mesin #1 sampai round 4 di jerez kemaren. durabilitas mesinnya boleh lah.. well, masih ada 14 ( cmiiw ) seri lagi…

    Guest
  8. Wak, coba di bahas dunk upde RCV ktanya ada new anti wheely ya, seru tuh wak,
    Sxian bahas update sasis rcv knapa kk nampol banget di sirkuit “milik” yamaha

    Guest
  9. beuhh banyak yg penasaran update rcv nih wak kenapa bisa superior di sirkuit cepat milik yamaha.

    Guest
  10. jossss…
    suzuki josss…lanjutkan.
    raih hasil maksimal seperti ini di seri berikut.nya..joss..polddd
    #nyalakannyali…#beranilawan??…#realDOHC

    Guest
  11. wak, kalo firing order itu bisa ganti ditengah musim gak sih….dari screamer ke bigbang…balik lagi kescremer….kali aja honda dah sukses utak atik sasis tiba2 pengen make screamer lagi….

    Guest
    • nggak bisa, kan mengubah part mesin, seperti mungkin profil cam dll, cmiiw

      Administrator
  12. pnyakit ymaha d grip ban dr musim lalu msh kbawa. d bbrapa kondisi sprti pralihan dr wet k dry race, jika gnti ban slick dbilang sprti mlncur d prmkaan es. mkanya rossi slalu telat msuk pitbox wktu flag to flag. nunggu lintasan bnr kring n suhu lntasan ok. d jeres kmren rossi sm vnales trkndla grip bn dpn sblh kiri. ntah krna komposisi ban nya ntah krn setup suspensi. ban muchelin ini emg hboh, bnyk isu, trmasuk black campaign tntg menganak emaskan rossi tntg isu carcas ban, nmun pada akhrnya mayoritas smblap stuju sm rossi. pmblap dgn postur tinggi sprtinya yg prtma mrasakan ketidakkonsistenan ban michelin… ymha hrus brbnah sasis, krn sprtinya musim ini emg upgrade power. bnyk spin di ban..

    Guest
  13. bicara mesin paling knceng super ttp m1 dan desmo.
    di sirkuit butuh power akselerasi dan top speed spt qatar philip island dan austria bkl muncul ngerinya.
    untuk sirkuit lmbt alias btuh mtr lemot , kekuatan m1 tdk terpakai, hasilnya mtr lemot plus modal ban yg juara yakni si rcv. sekian.terima kasih.

    Guest
    • YayaYA betul banget..rcv masih lemot diakselerasi felksibel di pemilihan ban

      Guest
    • iya kok bisa ya motor rcv yg katanya “lemot” bisa juara 1-2 di sirkuit favorite yamaha, tolong bantu mikir gimana kok bisa mo

      Guest
    • Kayanya si jimoo ini bkn niat puji m1 tp lebih ke merendahkan nya setiap kali ane baca kata”a lebih ke merendahkan yah hmmmm….. ko bisa moo km kaya gtu heran ane😧

      Guest
  14. wak. pembedaan karakter di setiap mesin boleh nggak wak. misal di mesin #1 karakternya top speed. #2 akselerasi
    boleh gak wak kaya gitu…??

    Guest
  15. Thanks wak request an ane kemaren tentang update pemakaian mesin setelah race jerez, ntar setelah paruh kedua diupdate lagi ya wak heuheu

    Guest
    • lha iya mas, kalo isinya komentar perang fansboy saya juga jadi males nanggapinnya

      Administrator
  16. Jimoo ngeles lagi

    muehehehe

    Katanya RCV lemot tpi ko bisa juara di Sirkuit Stop n go ???

    Saking lemotnya Bisa Podium 1-2 gitu ???

    Guest
  17. wak haji,
    saran aja nih, di excelnya “view grid” nya di ilangin (di uncheck) biar lebih clear gitu. 😀

    Guest
  18. Wak ap bedanya Un-Even Firing Order yamaha dengan big bang firing order honda? Bukannya yamaha juga pakai big bang firing order?

    Guest
  19. maunya sih tak jawab. cuma sayang. hal seperti ini tidak diajarkan di kuliah.( anak otomotif). yang diajarkan di kuliah matakuliah 80an. masa sampe sekarang masih aja praktek pakai mesin 3k

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here