TMCBlog.com – Bro seklaian, ada hal Yang menarik dari Jorge Lorenzo yang sempat diutarakan pengunjung tmcblog di artikel Yang lalu  . . Bukan apa apa , Jorge Lorenzo memang layaknya seperti menjawab berbagai pendangan under-estimate kepada dirinya dengan tampil finish di Podium Ke 3 pada race MotoGP Jerez 2017 . . . Di artikel sebelumnya yang dikupas oleh manuel Pecino Jorge Lorenzo sudah menyampaikan benar bahwa Dengan Ducati ia mengembangkan teknik pengereman yang dikombinasi dengan rem belakang . . Hal yang tidak pernah ia gunakan sama sekali di Yamaha 8 tahun kebelakang . ..  namun selain itu menurut pengunjung tmcblog ada sinyalemen tambahan bahwa Selain Rem belakang, ada kemungkinan Jorge Lorenzo Maksimalkan engine Brake . . apa benar begitu . .

Jadi Gini di Kolom Komentar bro akan bisa membaca testimoni pengunjung tmcblog bernama pena Testaja : ” Yang lain klo mau lihat juga, bisa dilihat dr rekaman ulang motogp jerez 2017, pada saat kamera menyorot punggung lorenzo SAAT race tersisa lagi 3 lap (tepatnya terlihat saat Lorenzo mulai masuk tikungan 3, 4, 5 dan 6 di jerez). Di masing2 tikungan tersebut Lorenzo terlihat banyak sekali memainkan Gear (naik turun) kecuali pada tikungan 4.

Cara lorenzo pindah pindah gear shift …

A post shared by tmcblog (@tmcblog) on

Lorenzo pada saat masuk dan keluar tikungan 3 ke kiri, memainkan gear : 3-4-3-2-1-2-3.
Pada tikungan 4 kekiri hanya menggunakan gear 3 saja. Pada saat masuk dan keluar tikungan panjang kekanan yakni tikungan 5 Lorenzo memainkan gear : 4-3-2-1-3-4-3-4-3.
Pada saat berada di trek lurus terpanjang jerez dan sebelum masuk tikungan 6, Lorenzo terlihat memainkan gear naik turun SAAT gaspol beberapa detik sebelum ngerem, yakni gear : 6-5-4-5-6. Dan terakhir terlihat pada saat masuk dan keluar tikungan 5 memainkan gear : 6-5-4-3-2-3-2.

jadi begitu bro . . memang jika kita bisa lihat di Video seperti Videonya yang hadir di instagram tmcblog ( silahkan lihat Dan follow IG @tmcblog ) , maka apa yang diutarakan oleh bro Testaja ada benarnya kejadian . . . Untuk di motor harian biasa, menurunkan gear biasannya akan disertai back torque  . . Namun kan di MotoGP ada Seamles Gearbox yang meminimalkan back Torque, Ada Kali ya rasa engine Brake nya walau tidak nggak sebanyak feel di motor biasa  . . . yang jadi pertanyaan, apakah hal ini merupakan salah satu upaya Jorge Lorenzo untuk lebih bisa mengerti cara bawa Ducati Desmosedici GP17 ?

Nugie, salah Seorang penulis racing tmcblog berpendapat bahwa Cara  Yang dilakukan Lorenzo di atas di mana menurunKan gear adalah untuk memancing  engine brake sehingga arah Dari motor terkoreksi secara Ducati punya nature yang understeer dan JL berusaha mengeliminasinya … Lalu upaya upshift sedikit dilakukan agar Jorge nggak kedodoran di speed corner … Kalo bener gitu, cepet juga adaptasinya nih JL99 … Silahkan dikunyah kunyah oleh sobat sekalian sekaligus didiskusikan  . .

Taufik of BuitenZorg

119 COMMENTS

    • Kemana sunday rider,berat mau jurdun bila kualifikasi mlempem terus.

      😆😆😆😆😆

      Guest
      Guest
    • Wih capek ya…setiap tikungan harus naikin turunin gigi blom liat ke depan lagi…salah gigibmalah buang2 waktu…beresiko ini tindakan lorenzo…wkwk

      Guest
    • Jorge Lorenzo menunjukkan skill nya. Naik turun gear sembari libas tikungan alias keplex miring itu butuh skill Dewa. Markonah klo naik Ducati belom tentu bisa. Tapi kedepan Ducati akan lincah kek Yamaha, tapi kencengnya Ducati tetep dapet. Berkat hadirnya Lorenzo yg memberi data maksimal pada pengembangan Ducati.

      Guest
    • Pada heboh haha.. wajar aja podium. Kan di kandangnya spanyol. Spanyolan semua. Ga bisa buat patokan. Pembalap spanyol udah paham banget sirkuitnya.
      Kemaren jg lagi beruntung kerna sasis yamaha lg ga berkutik. Ban nya lg ga nurut sama sasisnya..haha

      Guest
    • Dgn resiko akan cepat habis jatah motor …….buruk buat kesehatan motor soal nya ….kewkwkwkw

      Guest
  1. kmren wkt nntn live ane kirain itu agk error di aplikasi data onboard camnya,, soalnya cepet bgt shifting naik turunnya bhkan di mid corner, dimana bisanya rider lain stabil pd gear terentu..

    Guest
    • Saya juga berpikiran kalo aplikasi data onboardnya error. Soalnya agak ga masuk akal kalo miring ekstrim ke kiri kaki pembalap bisa neken dan congkel perseneling secepet itu, biasanya kaki pembalap jinjit di footstep. Tapi kalo kondisinya pas in corner dan JL99 pake style itu berarti dia masuk tikungan dengan cara rearwheel steering, bener2 perubahan gaya balap yg signifikan di JL99. Imho

      Guest
  2. Keren nih jorge.. bisa cepet adaptasinya.. yg mana gk didapet waktu jamannya abah rossi dulu (beda karakter desmo jg sih)

    Guest
  3. waktu cornering jg keliatan ban belakang agak di sliding yg mana ga pernah saya liat waktu di yamaha

    Guest
    • Jebolan yamaha dong juara dunia

      Emang dani pedro26 zonk terus eekekekekek

      Guest
      Guest
    • Pedrosa Kelamaan di Honda. Harusnya menuntut ilmu dulu di Yamaha biar belajar gimana cara balap kalem dan cepat.

      Guest
    • Goblok raimu cok, colin edwards ben spies malah wis mundur numpak yamaha. Cuman rossi karo lorenzo, lha liyane gk mbok itung sing gk juara? Goblok ojo suwe2

      Guest
  4. Dulu itu yg salah satu pekerjaan ECU “asimo” HRC untuk mengkoreksi rcv marqez di musim 2013-2014…jadi seliar dan seberantakan racing line marqez (rookie pada saat itu). Motor tetep presisi masuk dan keluar tikungan..

    Guest
    • Ini mah permainan politik di MotoGP. agar tayangan menarik dan rating tv meningkat, diciptakanlah sosok markonah yg jadi penggebrak alian idola baru. Jadi menangnya marquez itu emang disengaja oleh pihak penyelenggara. Contohnya aturan Rookie yg harus masuk team satelit dahulu, eh markonah langsung masuk team pabrikan, ini pelanggaran aturan kan. Ya wajar aja marc menang, disengaja cuyy

      Guest
    • hahaha.. di atas ane lg kumat amnesianya… kalo memang disengaja oleh penyelenggara MotoGP, Liat tuh Alex Rins rookie baru masuk tim P.A.B.R.I.K.A.N Suzuki udah cedera parah !. Sam Lowes rookie juga di Aprilia, ga ada juga masuk podium sampai round 4 kemaren. Ga ada yang disengaja gara2 Marquez baru masuk kelas MOTOGP 2013 udah jurdun aja..

      Guest
  5. Lorenzo adaptasi nya memang agak lambat, waktu awal” gabung yamaha, lorenzo juga bolak balik dlosor……
    tapi klo udah klop dengan motornya, ya… tau sendiri lah…….

    Guest
  6. jadi kalo belok kanan si hohe ngerem pake engine brake, sedangkan kalo belok kiri pake rem belakang…

    soalnya pernah baca disebuah artikel, kalo rem belakang ducati nya lorenzo dikembalikan lagi ke kaki kanan, bukan di jempol kiri lagi. alasannya agar lebih natural.

    Guest
    Guest
  7. dovi pake cara itu juga nggak ya?,Ane rasa pasti ada campur tangan stoner dengan gaya adaptasi Lorenzo,mungkin disela2 balap mereka chattingan terus

    Guest
    • malah mungkin si cs yang ikut ngendaliin bro…jarak jauh pake remot….wakakakaka

      Guest
  8. Ini lah pintarnya JL, tau gimana maksimalin kinerja motor dengan tingkat tenaga yg luar biasa. sederhana, seperti naik sepeda yang ga ada remnya lewat turunan lanjut belokan mau ga mau si pengendara harus membalikkan arah pedal supaya sepeda bisa belok walau ban belakang sedikit sliding.

    Guest
  9. buset,, sakti jg nih orang,,
    27 laps tiap tikungan ganti gigi terus gt?
    astaga,, saik dah,, salut d,,

    Guest
  10. Semoga lorenzo bisa bersinar di ducati, dan semua rider masa depan di tim lain, biar ga dominasi repsol honda mulu.
    Kan seru andai vinales, marquez, lorenzo dan iannone bisa dog fight tiap seri.
    Skrg waktu nya rider muda yg bersinar..

    Guest
    • Dominasi dani pedrosa26 kok nggak ada ?

      Malah zonk terus ekekekekek

      Guest
      Guest
    • Susah emang klau pgn runtuhin dominasi honda jgn kan ducati yamaha pun klau dulu bkn krn rossi heeee…… ane yakin butuh beberapa taun lg utk bisa setara dgn honda saat grand prix beralih engine ke 4tk. Skrg aja byk regulasi sunat teknologi sana sini buat ap coba cuma buat runtuhin kedigdayaan nya hrc 😆😆😆😆😆😆

      Guest
  11. … ‘ Mungkin : ini sebab, dampak ‘renungan yang mendalaaammm … ‘ dari si akang Jorge. L … yo ! Ho ho … 119 X !!! ( akhirnya )

    Guest
    Guest
  12. Wah lama2 moto gp bukan lomba balap lagi. Tapi lomba jinakin si Desmo,
    para pebalap udah gak tertarik podium n berlomba2 siapa paling jago diatas ducati.
    Wah seru.

    Guest
  13. JL memang pembalap berbakat, punya skill bagus dan bisa juga develop. Hanya sifat perfeksionisnya yang membuat performa gak menentu, kalo setting cocok cepat banget, kalo gak ya lambat banget

    Guest
  14. Motor jepang seperti motor mainan terlalu mudah dikendarai, beda dengan ducati khas motor sebenarnya sulit-sulit ngecrit

    Guest
  15. Sa suka jk jl 99 kompetitif dgn desmonya biar seru gitu msak cm y dan h saja yg d dpan walau s jgterkdang bs nyodok

    Guest
  16. pebalap josss…polllddd..
    walo agak sombong…semoga kedepan dapat meningkat,minimal konsisten lah…
    josss….vinangeles ma mana bisa naik ducati,ekekeke

    Guest
  17. tapi benarkah Lorenzo melakukan urutan perpindahan gear yg persis sama untuk masing2 tikungan pada tiap2 lap ? (Klo bener kyk gini, berarti Lorenzo berkendara bak robot yg presisi)
    Atau bersifat dinamis, berdasarkan Feeling ? (klo bener kyk gini, berarti Lorenzo feelingnya terhadap mesin bener2 bagus banget atau ini cuma suatu “kebetulan” karena dia hapal banget ama seluk beluk trek jerez – wong “kandangnya” sendiri)
    ??

    #kepo

    Guest
    • kemungkinan besar, instingnya bermain. macem bikers yang udah hafal “feel” tiap tarikan gear.

      Guest
    • Gue bosen campur ngenest, yg laen bisa nonton wsbk segala, gue cuma motogepe, tivinys kemepyur lagi.

      Guest
  18. Detil sekali laporannya wak,
    Sip Jos Pold
    Sukses selalu n tambah berkah wak Taufik

    jilat mpunya warung

    Guest
  19. ya engine brake perlu d lakukan klo motornya susah belok biar gk melebar.. klo ngandelin rem doang mh bkal mlebar trus.. kn kliatannya ug kern saat nikung smbil ngesot” ban blakang..

    Guest
    Guest
    • Dani pedrosa26 sudah di honda repsol lama
      Kok zonk terus ? Ekekekekekek

      Guest
      Guest
  20. Satu pertanyaan wak haji, dengan style baru ala JL efek terhadap mesin dan gearbox desmo kuat digeber sampai berapa lama? Apakah mulai start sampai last lap? Setiap race? Maturnuwun

    Guest
    • di Video instagram di atas, JL99 melakukannya di sekitar lap 22-23-24 . . dan Kalau memang ia sudah gunakan semenjek Lap pertama,a rtinya mesin desmo bener2 durable

      Administrator
  21. saya juga liat ini kemarin wak haji waktu jorge dishoot on board camera.
    main2in gigi di menjelang dan di tengah tikungan
    cuma gak berpikir sampe segini.
    canggih juga ya JL99

    Guest
  22. Sistim perpindahan gear nya mirip ane, waktu SD pake mode simulation, wkwk giginya naik turun, bedanya ane ga jelas haha

    Guest
    • mode simulation palingan main gear naik turun abis itu racingline mu berantakan daaaaan nyusruk di gravel. hahaha

      Guest
  23. Ane mah gak percaya s Loren selama di Yamaha gak pernah gunain rem belakang.. karena tuh M1 pernah kebakar rem belakangnya.. ntah motor s Rossi/s Loren ane lupa hh…

    Guest
  24. Artikel terpisah yang ditunggu akhirnya datang juga walaupun berantakan tulisnya wkwkkwkwkwkwkwk… Makasih Wak!

    Ternyata benar dugaan saya waktu nonton GP kemarin di Jerez, Lorenzo kelihatan seperti bermain gigi setiap kali mau masuk ke tikungan, keliatan banget naik turun naik turun, alamak itu capek bukan main pasti kakinya.

    IMO, Lorenzo membuktikan bahwa dia bukan pembalap medioker yang cuma unggul dengan 1 merek motor tertentu.
    Terlalu dini sebetulnya untuk bilang Lorenzo bisa menjuarai GP musim ini, karena doi pun masih adaptasi sebetulnya.

    Namun yang pasti, Lorenzo punya kecerdasan luar biasa, gigih dan konsisten tingkat dewa tentunya.
    Kalau mau nonton ulang, liat aja deh di tikungan berapa dia pindahin giginya sama persis setiap lap, walaupun ada yang berbeda juga..

    Sekarang PR buat Ducati Corse, bikinlah handle rem belakang, biar kaki nya ga capek2 injek rem belakang..
    Dan rumor untuk memutus kontrak Lorenzo lebih dini, baiknya dipertimbangkan ulang, karena Lorenzo bukan pembalap medioker.
    (walaupun saya masih benci karena doi sombong, tapi ya nikmatin aja sebagai penonton hehe)

    Guest
  25. klau gaya lorenjo dlm naik-turunin gigi d race jerez kemarin d terapin ma motor m1, mka jerez mendadak jdi gudang rongsok, pasti protol semua tuh part2ny

    Guest
  26. Dulu jaman Rossi Seamless Gearbox Ducati gagal dan belum sebagus sekarang. Itupun atas permintaan Rossi makanya Ducati ngembangin seamless, jadi wajar kalo rossi tidak pakai teknik lorenzo yg sekarang. Disamping Ducati yg sekarang makin lembut, tapi salud buat JL yang mampu konsisten mainin gearbox selama 27 laps.

    Guest
  27. yes…pertamaxxx..akhirnya setelah bertapa 8 th di gua selarong bisa pertamax…

    Guest
  28. Memang skillnya lorenzo gak di raguin dh, walau nampak arogan tapi sebanding lah sma omong, kemampuan dan usahanya.

    Guest
  29. Akhirnya dibuat artikelnya. Wak haji mau tanya kalau seandainya belum ada ssg, mainin gigi upshift-downshift gitu pake kopling ya? apakah kopling bisa cepet abis?

    Guest
    • Kebakar bro kalo gak pake SSG apalagi yg suka main setengah kopling. Contoh nyata naik motor pas nanjak downshift tahan setengah kopling lama” bakal kecium bau hangus dan selamat kopling sukses terbakar. Kecuali pake slipper clutch bisa lebih awet walaupun ujung”nya kebakar juga kalo berlebih

      Guest
    • kalau ke kopling menurut saya tidak banyak berpengaruh, yang mungkin adalah ambrol di gearbox nya. Gear transmisi bisa rontok, kalau gak as gigi primer patah kalau keseringan up/down shift gak pakai kopling.

      Guest
    • plat kopling pasti ada yg aus bro kalo motor biasa sih kalo motogp kayaknya sih tahan lama, apalagi kopling basah pake oli jelek niscaya hangus salah satu plat kopling

      Guest
  30. Wak haji.. mau nanya, mungkin agak gak nyambung maklum ga paham mesin..
    Kalo pake enggine brake terus apa ada pengaruhnya pada ketahanan mesin motogp?

    Guest
    • ada dong bro. mesin kan dibebani . dipaksa berputar, naik turunkan piston.dll. tapi enggine brake bagus buat inreyen

      Guest
  31. Keren Jorge, mungkin sama kyk waktu awal adaptasi di Yamaha, bahkan di Shanghai sampai ke banting banting, patah tulang di beberapa bagian. Benar-benar seorang Spartan RESECT

    Guest
  32. klo dari kacamata awam saya wak, downshift dipake supaya speed dan mtr terkendali, upshift supaya speed mtr bertambah(lebih ngeloyor). Jadi JL downshift untuk koreksi masuk tikungan,dan setelah masuk tikungan trus dapat racing line, Jorge naik gear supaya mtr ngeloyor dan speed bertambah, gtu bukan wak intinya??

    Guest
  33. Kalo menurut pendapat ane, itu bukan factor kebetulan saja atau merubah gaya balap, karna ducati team yg melahap banyak kilometer di jeres di tahun 2017, karna setelah race qtar ducati privat di jeres, jadi kita lihat saja race berikutnya apa si jorge bisa podium kembali,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here