TMCBlog.com . . Bro seklaian, 2 Motor Suzuki DR650, 41 negara,   345 hari Kemping, 981 hari bermalam di perjalanan, 81.859 kilometer total perjalanan , adalah beberapa catatan angka yang menghiasi petualangan Pasutri asal Seatle Amerika Serikat Mike Mills dan Shannon Mills . ..  dan akhirnnya Indoenesia adalah negara Yang dipilih keduanya untuk mengakhiri rangkaian Turing yang membawa Misi kampanye humanitas dan keramahan beragam penduduk yang berbeda negara dan budaya ini  . .

Saat ini, Mike Mills dan Shannon Mills, sepasang suami istri yang berasal dari Amerika Serikat sedang berkunjung ke Indonesia setelah melakukan perjalanan panjang melintasi 41 negara dan lintas benua menggunakan 2 unit Suzuki DR650 sejak tahun 2014.

Anggapan lama melakukan perjalanan keliling dunia membutuhkan dana finansial yang besar atau memerlukan sponsor yang banyak berusaha mereka tepis. Bermodalkan motor penjelajah Suzuki DR650 tahun 2009 (Mike) dan Suzuki DR650 1996 (Shannon) dan keberanian untuk kelar dari rasa takut, mereka memanfaatkan kesempatan unik tersebut untuk mencatatkan sejarah sebagai orang biasa pun mampu sukses menciptakan perjalanan keliling dunia versi mereka sendiri dan dengan kocek pribadi.

“Kita bisa melangkah keluar dari pintu kita, mengendarai sepeda motor dan menjadi Christopher Columbus, National Geographic, dan Sir Ernest Shackleton. Hidup itu terbatas dan berharga. Kita tidak bisa menerima kenyataan bahwa kita tidak memanfaatkan sepenuhnya impian kita saat kesempatan itu muncul dengan sendirinya.” Ungkap Shannon yang sangat terkesan melakukan perjalanan dengan Suaminya.

View from camp. Sunrise over lake Toba, Sumatra.

A post shared by Mike & Shannon Mills (@smboilerworks) on

Mike dan Shannon memulai perjalanan menakjubkan ini sejak 6 September 2014 dari kediamannya di Seattle, Amerika Serikat dan langsung melakukan perjalanan ke arah selatan lalu kemudian menyebrang ke Eropa dan dilanjutkan hingga Asia Tenggara. Total jarak tempuh perjalanan mereka hingga saat ini sekitar 81.859 kilometer,dengan total bermalam di perjalanan sebanyak 981 hari dan melakukan camping sebanyak 345 hari. Perjalanan mereka telah melewati 41 negara yaitu Amerika Serikat, Meksiko, Belize, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Cile, Argentina, Uruguay, Belgia, Inggris, Prancis, Spanyol, Andorra, Lichtenstein, Swiss, Austria, Italia, Slovenia, Kroasia, Serbia, Rumania, Montenegro, Bulgaria, Maroko, Turki, Nepal, India, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Malaysia, dan saat ini telah sampai di Indonesia.

Setibanya di Indonesia, mereka masuk melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara lalu berkendara ke utara menuju Banda Aceh dan Pulau Weh, kemudian bergerak ke selatan menyusuri pantai barat menuju Bandar Lampung. Namun ketika di Bandar Lampung, mereka harus naik kapal ke Pelabuhan Tanjung Priok, karena sepeda motor Shannon mengalami sedikit kendala dan harus diperbaiki. Beruntungnya bengkel resmi Suzuki Sejahtera Motor Gemilang yang berada di Sunter, Jakarta Utara siap siaga menangani perbaikan hingga tuntas.

Rencananya mereka selanjutnya akan terbang ke Sumbawa, Nusa Tenggara Barat untuk menghadiri pertemuan tahunan bertajuk Horizons Unlimited Indonesia (18 – 21 Mei 2017) yang diselenggarakan oleh Jeffry Polnaja (orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan sepeda motor selama tujuh tahun). Yang menarik, mereka akan menjadi pembicara tamu pada pertemuan tersebut dan akan menunjukkan sebuah film yang dibuat tentang perjalanan selama di Amerika Latin. Setelah itu mereka berencana akan kembali ke Jakarta dan kemudian mulai mengendarai sepeda motor lagi ke Bali. Mereka akan menghabiskan sekitar tiga minggu berkendara di Pulau Jawa. Target akhirnya mereka akan menuntaskan perjalanan di indonesia dan berlayar ke Vancouver, Kanada.

Riding in North Sumatra is a dream come true, until the afternoon rains set in.

A post shared by Mike & Shannon Mills (@smboilerworks) on

Ketika Mike ditanya mengapa menggunakan sepeda motor Suzuki, Mike pun menjawab “Kami pikir motor Suzuki DR650 kami telah menjadi pilihan tepat untuk kendaraan di seluruh dunia. Mereka telah bertahan dengan baik dan hanya motor yang lebih tua (motor Shannon) yang mengalami kerusakan karena motor dia sudah lebih berumur. Suzuki DR650 bagus di lintasan aspal dan di jalan tanah yang kotor. Dengan penggunaan ban yang tepat kedua motor kami bisa berjalan ke mana saja. Mereka kuat, bisa diandalkan dan mudah dipelihara. Jika saya bisa memulai perjalanan ini lagi, saya akan menggunakan motor yang sama, Suzuki DR650.”

Good roads, cool mountain air and no traffic. Thailand is soothing our road weary selves.

A post shared by Mike & Shannon Mills (@smboilerworks) on

Kedatangan Mike juga tidak disia-siakan oleh tim bengkel resmi Suzuki Sejahtera Motor Gemilang Sunter, Jakarta Utara untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Didukung peralatan yang lengkap dan ketersediaan komponen suku cadang untuk motor besar Suzuki, Mike pun senang dan puas bisa meremajakan kembali kondisi motor Istrinya yang telah menempuh perjalanan jauh.

Time to dab a little more red paint on the map so Cambodia is rightfully represented.

A post shared by Mike & Shannon Mills (@smboilerworks) on

“Layanan dan keterampilan bengkel di Suzuki Sunter lebih baik dan lebih cepat daripada yang bisa saya temukan di Amerika Serikat. Mekanik yang bekerja di motor saya sangat terampil dan berbakat, dan dia bekerja sangat keras untuk memastikan motornya diperbaiki dengan benar. Kami menikmati berteman dengan staf di sana. Mike mengatakan jika dia menjadi warga negara Indonesia, dia menginginkan pekerjaan sebagai mekanik di Suzuki.” Tutup Shannon menceritakan kisah perjalanannya bersama Mike di Indonesia. Kisah perjalanan Mike dan Shannon dapat terus diikuti  melalui website mereka yaitu www.smboilerworks.com

Based on SIS Press release

52 COMMENTS

    • Wak itu motor bule ada plat nomer nya gak ya?
      Trus stnk dan pajak nya piye?
      #takutnyabodongtrusditilangpolisi

      Guest
  1. ekekekekek

    SUZUKI kasih bukti bukan kayak sebelah koar koar motor Adventure ehh rally ehh apa yaa namanya ngundagg sini ngundang sana

    hayayayayyaaya

    Guest
    • banyak omong, klo ga tau apa” diem aja.. tourer asal indonesia si mario yg jadi brand ambasador RESPIRO keliling dunia pake Benneli,, terus yg sekarang pake Honda CB500X yg touring ke 5 benua .. klo ga tau informasi diem aja, dasar otak udang.

      Guest
    • dri 2016 udah rame mario iroth pkk cb500x. Entah sekarang udah nyampe mana. Baru 1 berita aja lgsg dibilang rame wkwkwk

      Guest
  2. Pake DR650 tangguh jga tu motor bsa sampe 41 negara,,smoga DR200 bsa cpet masspro versi civil di indonesia.

    Guest
  3. Saalluuutttt… ini baru namanya biker sejati..! gk kayak anak klub2 alay dgn strobo, toa geber2 arogan.. tapi mewekan..! padahal turing aja nggak.. ckckck..!
    #Semoga DR 200 juga dipasarkan di indonesia.. pengeennn!!

    Guest
  4. ternyata, lebih banyak jarak tempuh mio soul 2007 yang sehari hari dipakai….. odo lewat 99999 km, balik ke 0 km 😂

    Guest
  5. Bang Haji, ada info gak kira2 DR200 diJual di pasar indonesia oleh SUZUKI?
    Pernah liat DR200 Punya Om Brimob, Asli Gagah banget.. 😀

    Guest
  6. Suzuki realybilitasnya tinggi, terbukti 80 rb km motor mesinnya awet. Beda dengan yamaha r15 baru 1 tahun pakai minim kilometer kiproknya soak kebakar , alhasil mesin stall ditengah2 jalan. Ngeriii cuy hamir disruduk dari belakang.

    Guest
  7. Mantaaff wak……dompet sndiri alias tanpa sponsor……
    Salut deh….

    Tapi kok lebih nekat yang pake supra dari bali ke belanda ya wak…karna motor standar

    Guest
  8. Thumbs up. Dr650 ini sejenis trail kan wak? Apa gak panas tu pantat jok kecil keliling dunia. hebat

    Guest
  9. Kwkwk itu motor udah keliling dunia tapi bawaannya biasa ..
    ada yg cuma luar kota tapi box nya luar biasa lebay ..

    motor fairing ane pernah diceletuk “mau touring kok gapake box ?”
    please deh ane orang jatim klo ke bromo itungan jam .. ransel backpac aja cukup kwkwk
    #gaterima #virusboxalay #alasantouring

    Guest
  10. Wih lewat takengon juga? Mantap. Rindu suasana sejuk takengon, gayo highland. Sempet nyeruput arabica gayo kah? Kopinya juara!!

    Guest
  11. Andai tidak punya buntut ……kangen rasa nya touring lagi …kepingin dari Makasar ke menado ……… Sulawesi road

    Guest
  12. … ‘ enaknya : kalo status suami – istri ? Bisa melakukan ‘ hubungan ‘ bebas … ! He he … ( halal )

    Guest
  13. Buat orang-orang yang suka melakukan perjalanan keliling dunia gini. Problem terkait penggunaan plat nomor bagaimana ya? Masa iya Polisi ngelihat mereka gak pakai plat nomor diam saja.
    Apa ada surat izin kendaraan bermotor yang umur-nya cuma beberapa bulan. Jadi cukup bawa kertas izin kalau ditilang?

    Guest
  14. motor joss ya di ksh bukti sama seperti vixion udah ngrasain keliling dunia
    g seperti sebelah cma gimick doank yg aslix bosok

    Guest
    • http://www.motorcycle.com/features/ed-march-around-the-world-on-a-30-year-old-honda-c90.html

      https://coconuts.co/bali/news/bule-rides-motorbike-all-way-bali-netherlands/

      http://www.autoblog.com/2016/10/06/south-korean-rides-honda-scooter-to-nurburgring/

      itu cc kecil motor tua.

      Guest
  15. Pada ky setan?menyanjung sesembahannya yg paling bagus.teslah motor ente masing2 di sentul,non stop seminggu.jgn bekoar2.lo kira turing ga butuh fisik prima,jgn lo samain sm motor lo yg 99.999 km tp dlm waktu 4 tahun.
    Hari gini masih menyembah merk.
    Lo dpt apa cung,klo mo jd blogger.biar dapat transferan bank.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here