TMCBlog.com – Sobat sekalian, kalau tidak salah sejak kemarin marak beredar di media sosial tentang video yang disebut-sebut anggota gangster yang (maaf) membacok sembarangan orang yang lewat di jalan sepi pada malam hari. Beredar info bahwa mereka adalaah rekrutan baru yang bisa dibilang sedang “diospek” sebelum sah dianggap sebagai anggota geng. Entah alasannya apa, yang pasti itu adalah tindakan kriminal berat yang harus dihentikan. Semoga pihak berwajib bisa sigap dan tuntas memberantas aksi gila tersebut. Nah, sore tadi saya baca tweet Mat Oxley yang me-retweet foto harian Evening Standard London dengan headline berita yang menurut saya mirip-mirip situasinya dengan yang pernah terjadi di Indonesia. Pembegalan motor! 

Nah menarik melihat berita seperti itu karena tingkat kriminalitas pencurian sepeda motor juga sangat tinggi di negara-negara Eropa, dalam artikel ini khusus menyorot negara Inggris yang beberapa hari lalu ada kejadian pembegalan dengan modus menyemprotkan fire extinguisher (atau di Indonesia dikenal dengan hydrant portable) kepada rider untuk melemahkan dan merampas motornya. Sableng!

Mat Oxley yang mantan pebalap MotoGP dan juga seorang jurnalis senior MotoGP dalam tweetnya sedikit memberikan tips bagaimana menghadapi situasi mengerikan tersebut. Dia berkata lebih baik menyerahkan sepeda motor kita dan segera menjauh dari TKP, demi keamanan diri kita sendiri.

 

 

Okey, saya mau coba sedikit membahas kejadian di London sekitar 5 hari lalu. Seperti dilansir oleh Daily Mail UK, geng pencuri yang melakukan aksinya itu masih tergolong remaja. Dalam rekaman video action cam yang diletakkan di helm korban memperlihatkan sebelum proses perampasan, para remaja tersebut secara berkelompok mengepung lalu mengitari korban.

Setelah korban terlihat panik dan berhenti, barulah salah seorang dari pelaku menyemprotkan langsung hydrant tersebut yang isinya berjenis powder (jenis hydrant ada banyak seperti foam/busa, powder dan lain-lain).

Sontak saja korban pasti lemas dan mengalami sedikit cidera karena sejatinya powder tersebut untuk memadamkan api, dengan cara mengkebiri jumlah oksigen disekitarnya. Setelah terus disemprot oleh hydrant, korban pun seperti lemas dan terjatuh ke tanah dengan pelaku yang langsung mengambil motor korban lalu pergi.

 

Pada laman Daily Mail tersebut dijelaskan gambaran tentang tingkat kriminalitas yang terjadi di daerah London. Komandan Julian Bennett, yang bertanggung jawab atas operasi untuk mengatasi ancaman seperti itu mengatakan: “Kejadian seperti ini setidaknya mencapai angka 50.000 kejahatan dalam setahun sehingga ini adalah masalah yang signifikan. “Ini adalah kejahatan serius karena risiko bagi semua orang yang terlibat, termasuk pebalap, pejalan kaki dan pesepeda. Ini benar-benar tidak dapat diterima. ‘Banyak dari 1.500 motor skuter dan sepeda motor jenisnlain telah dicuri di dan sekitar London setiap bulan yang setelahnya sering digunakan oleh para pencuri untuk melakukan lebih banyak pelanggaran lagi. Mesinnya relatif murah dan mudah untuk dicuri saat diparkir di pinggiran jalan.” Lalu Inspektur Mark Payne mengatakan: “Pencuri rata-rata bisa mencuri skuter dalam waktu kurang dari 40 detik”

Sebagian besar pembaca TMCBlog adalah rider, termasuk saya yang rutin bolak-balik rumah ke kantor dengan sepeda motor. Himbauan selalu waspada mungkin sudah sering dan agaknya beberapa sudah bosan mendengarnya​. Tapi memang seperti itulah yang bisa kita sampaikan, waspada, hati-hati, setelah kita berdoa sebelum memulai perjalanan ke tempat tujuan. Dan bagi pihak berwajib, kami mohon untuk bekerja sedikit ekstra untuk membantu memberikan rasa aman bagi masyarakat. Semoga bermanfaat.

Nugie TMCBlog

60 COMMENTS

    • Tinggal operasi Petrus saja.
      Lah, bunuh org qo ky bunuh serangga

      Guest
  1. Yah msh mending kan?
    Drpd di bacok tuh yg deket lenteng agung atw pocin? Ya daerah2 situ lah..
    Naek motor di begal, naek busway ada bom bunuh diri..
    Makin ga bener..
    Stay safe..

    Guest
    • Tinggal operasi Petrus saja brohh 😎👍

      Guest
  2. ,,,Mungkin gk tau ato gk pernah belajar tentang hukum,,,kita lupakan dulu tentang FBY dan FBH sekalian juga wereng dan sejenisnya,,,kita tundukan kepala sejenak,,,

    Guest
  3. D bakar ja pelaku begal nya. Negara ini tidak membutuhkan orang” seperti itu,nyawa orang yang ngak salah di anggep main main,,#musnahkan sampah masyarakat

    Guest
    • Bener tu,bakar aja…..
      Biar tau nyawa orang d buat mainan tu seperti apa….. Orang gak slah main tebas aja….

      Guest
    • minggu kemarin di daerah ane begal mati semua,1 di bakar dan 1 lagi di gebukin mati.daerah ane kalo nangkep begal pasti di matiin,daerah bekasi perbatasan karawang

      Guest
    • Klau menurut saya sih klau begal ny ketangkap jangan langsung d matiin, soal ny begal itu tidak bermain sendirian,mereka itu punya bos “buat nampung hasil curian” jdi klo begal nya langsung kita matiin tpi bos ny tetap ketawa2 dsana ya percuma, lebih baik jika ada begal yang tertangkap “disiksa” aj sampe dia mau ngasih tau siapa2 saja yang terlibat dlm aksiny tsb,,,,,, kulit ny d gores pake silet dikit trus kasih air jeruk nipis+cabai pasti ngaku tu begalny

      Guest
    • Betul brohh 😎👍
      Diris2 dlu ky bkin ikan goreng…

      Abis itu baru bosnya digantung di Monas😂😂

      Guest
    • Situ kayak gak tau negeri ini seperti apa, begal dikasih polisi ya bakal dilepas lagi.

      Guest
  4. “Banyak dari 1.500 motor skuter dan sepeda motor jenisnlain telah dicuri di dan sekitar London setiap bulan”

    Di UK negara yg kliatannya aman2 aja bs smpe segitu tindak kriminal pencurian sepeda motornya? Bujug daaah

    Guest
  5. Emosi saya liat video anak2 remaja main bacok bìkers di pinggir jalan.. seandai nya saya atau orang lain lagi bawa mobil kebeeran liat hal seperti itu pengen rasa nya nabrakin mobil ke kerumunan baj*ngan2 itu.. bikin malu aja. Masalah nya itu gegster menurut info dari daerah saya di tambun, bekasi.. bener2 bikin malu

    Guest
  6. Lagi lagi sampah masyarakat bikin ulah. mereka cuma jadi benalu bagi masyarakat .manusia manusia gak guna. harus diberantas

    Guest
  7. ane pikir di negara maju kagak ada aksi begal begalan…

    kata orang mental inlander kalau membahas kayak gini, langsung deh bilang cuman di indonesia yang gini. luar negeri mah kagak ada.

    Guest
  8. Kalo liat yg baru baru ini bocah main bacok aja..

    pengen langsung tabrak aja kalo pas bawa mobil…!!!!

    Sampahhh

    Guest
  9. Mau bikin kapok nyiksa bocah main-main pake golok..??

    *telanjangi
    *iket di tiang listrik/pohon
    *Siram air gula

    Guest
  10. Di sana lebih canggih ya tekniknya. Agak OOT, Kalau baca twitnya Mamat Oxley dia gak setuju scooter disebut moped, menurut dia moped itu motor-pedal, sepeda motor yang digowes itu loh tau kan.

    Guest
  11. Ini jaringan om, ada bekingnya… Oknum petugas yg jarang disorot. Bukan Tni bukan polisi. Markas daerah bekasi, jual senpi.

    Guest
  12. Dilemanya adalah pada saat kita mencoba share kejadian seperti yg mas Taufik sampaikan, tapi malah menjadi ide baru bagi para penjahat. Mngkn tidak dengan alat yg sama. So sad to hear that..😥😞

    Guest
    Guest
  13. Dilemanya pada saat men share berita ini. Tapi buat para pelaku malah menjadi inspirasi baru. Damn, so sad to hear that

    Guest
  14. Klo ketemu begal sm teroris selesaikan ditempat ja, jgn nunggu polisi percuma ujung2nya masuk penjara, ujung2nya keluar penjara lbh sadis, ujung2nya diri kita/keluarga teman kita jadi korban berikutnya, begal dipenjara ketawa ketiwi…kita korban nangis darah…duit dia cm buat hura2 judi cabul maen cewek, kita cari duit banting tulanh buat keluarga l, jadi berharga mana nyawa kita/ dia, kita mati satu kelurga ikut mati krn kepala rumah tangga, begal mati satu ribuan nyawa terselamatkan atas aksinya, jadi hukuman buat begal yg pas selesaikan ditempat / dihukum pancung sm hakim…

    Guest
  15. next time nagkep orang jahat kaya gini, gak perlu serahin ke polizei, sama mereka paling semingguan di bebasin klo gak ada uang jaminan (pengalaman nyerahin maling, 2 minggu dilepas karna ga dak yg ngasih duid jaminan). dilema juga sih klo mau pake hukum alam, potong tangan.

    Guest
  16. Tapi disana pakenya motor muahal. Malah ada geng moge segala.
    Lha disini pake motor kreditan hasil ngemis orangtuanya.
    Alias kismin nggak modal.
    Udah tolol, nggak modal lagi. Ngoahahaha.

    Guest
  17. modus begal kalau ketangkep akan ada teman begal yang mendekat dan memprovokasi masa agar membakarnya ,menurut mereka lebih baik satu begal mati dibakar daripada jaringan terbongkar, uups maaf . . .

    Guest
  18. Mirip krn sama” begal motor. Tp SOP nya beda, msh mending di Inggris dikepung dulu, baru “sekedar” dilumpuhkan dng pemadam api. Lha di sini lg jalan tau” dibacok..mau nyelametin diri gmn??

    Guest
  19. Klo saya mah pake mode ngebut aja klo pas ketemu jalan sepi yg rawan begal, klo udah ketemu rombongan motor atau mobil yg rame baru nyempil ditengah2 ngikutin arus…

    Guest
  20. hehehehe…. motor pembegal di Inggris modal, bo…. SYM Joyride 200 cc dan Honda PCX. Kalo begal sini culun-culun 😀

    Guest
  21. Kenapa kalau masyarakat yang dibacok, atas nama HAM tidak ada suaranya, tetapi kalau begal ditembak atau dihakimi massa, atas nama HAM berkoar-koar.
    Sebenarnya KOMNASHAM itu tujuannya apa ya ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.