CBR250RR Ultraspeed

TMCBlog.com – Bro semua, setelah beberapa hari lalu kita membahas CBR250RR dari kejurnas IRS, kali ini TMCBlog.com mau coba untuk sedikit membahas satu paket body balapnya saja. Motor sport yang sedang digandrungi para speedlovers dan juga mulai banyak dijadikan senjata balap kelas sport 250 cc oleh team-team besar, team menengah ataupun juga di kalangan pebalap fun race. Nah untuk itu saya langsung menyambangi MM Custom di daerah Pondok Kelapa Jakarta Timur, yang juga gak jauh dari rumah saya, untuk bertemu dengan Bro Ucok selaku owner dari MM Custom yang spesialis membuat body motor balap. Bro Ucok MM Custom sudah lama menekuni bidang ini, dengan berbekal pengalaman yang banyak dan network yang luas, MM Custom rajin membuat body motor balap. Customer-nya pun bukan sembarangan, sebut saja Astra Honda Racing Team, Honda Trijaya team, Tunggal Jaya Motor, HDS Hawadis racing, Sidrap Racing, Bien Racing, Ultraspeed racing, Kawahara Racing dan team besar lainnya mempercayakan pengerjaan body motor-motor balap mereka ke MM Custom.

Body balap CBR250RR MM Custom
Body balap untuk motor rakitan massal memang sekilas akan tampak seperti bentuk aslinya, meskipun ada juga beberapa yang dimodifikasi bentuknya sesuai kebutuhan dan selera, tapi kalau sobat perhatikan di WSBK atau WSS pasti akan lebih banyak menemukan bentuk body balap yang identik dengan rupa standarnya.
Untuk Honda CBR250RR kali ini body kit persis dengan bentuk standar pabrik. Yang membedakan adalah potongan bagian body yang sengaja dibuat untuk mempermudah bongkar pasang. Selain itu dibuat dengan bahan fiberglass​ yang elastis tapi kuat. Saya sendiri saksinya kalau body kit ini cukup elastis, kuat tapi bobotnya enteng, beneran untuk kebutuhan balap banget kan? Diklaim bobot akan jadi lebih ringan 4-5 kilogram dibanding pakai body aslinya. Cakep!
Fairing atas CBR250RR MM Custom

Bagian fairing depan atas dibuat serupa dengan part standarnya namun untuk lubang tempat lampu kecil sudah dihilangkan. Posisi headlamp juga sudah jadi lubang besar untuk air duct/air ram/air funnel supaya supply angin segar bisa masuk banyak ke air box filter.

Detail sampingnya tidak jauh berubah, dimensinya pun sama persis dengan part standarnya, tidak lebih ramping.

Sisi bawahnya sudah disiapkan lubang dan mur untuk mengikat kedua part fairing body atas dan bawah.

Fairing bawah CBR250RR MM Custom

Lanjut ke bagian fairing bawah, masih serupa dengan bentuk orisinilnya namun sudah dibuat memanjang dan tidak ada lagi rongga body untuk standar samping. Murni untuk balapan sob! Dengan demikian, fairing depan hanya 2 pieces yakni bagian atas dan bawah guna memudahkan mekanik dalam bongkar pasang saat balapan berlangsung.

Windscreen CBR250RR MM Custom

Windscreen yang dibuat oleh MM Custom masih serupa dengan bentuk aslinya, tapi ada bedanya. Ketebalan windscreen balap buatan MM Custom ini lebih tebal 0,5 mm. Asli dari Honda CBR250RR adalah berkisar 1,5 mm sedangkan buatan MM Custom memiliki tebal 2 mm. “Memang sengaja windshield-nya kita buat tebal. Dan proses sudah pakai oven, bukan digoreng kayak jaman-jaman dulu” ujar Bro Ucok.

Dudukan lubang belum ada, biasanya mekanik dari team yang meng-order yang bikin lubang sendiri pakai alat solder.

Air funnel CBR250RR MM Custom

Nah yang keren adalah MM Custom sudah jual body kit sepaket dengan air funnel nya.

Ketika saya tanya, kenapa permukaan bagian dalam tidak mulus halus, bro Ucok menerangkan; “Awal-awal saya bikin body CBR250RR itu halus, tapi dapet info dari Sena Ponda, dengan permukaan yang agak kasar seperti itu justru bikin angin lebih deras masuk ke air box. Analoginya kayak sungai, yang banyak batunya kan lebih deras dan kuat arusnya ketimbang arus sungai yang gak beriak”

Spatbor depan CBR250RR MM Custom

Dalam satu paket juga termasuk spatbor depan. Masih sama dengan bentuk aslinya, dengan bahan fiber yang lentur dan kuat.

Cover tangki CBR250RR MM Custom

Disediakan cover tangki, meskipun CBR250RR bukan pakai kondom tangki seperti Yamaha. Hal ini karena panel plastik standar yang ada pada tangki CBR250RR itu sering dikeluhkan para pebalap.

Sebabnya pasti mengganjal lengan waktu posisi tuck in di straight, banyak yang dilepas tapi MM Custom memberikan solusi menarik dengan bentuk cover tersebut yang dijamin gak akan mengganjal lagi di tangan.

Body sub-frame CBR250RR MM Custom

Berlanjut ke bagian belakang ada body yang menyatu dengan jok. Eitss, jok sudah gak bisa pakai yang standar sob, maklum body kit ini sudah untuk balapan. So pebalap sudah membuang jauh-jauh jok yang empuk itu dan mengganti dengan sejenis foam/busa untuk seat nya.

Penggantian tersebut dimaksudkan agar pebalap bisa lebih sensitif terhadap pergerakan motor lewat ban belakang. Juga supaya lebih sempurna feeling-nya dalam me-setup suspensi. Setelah tidak memakai seat bawaan, agar ‘jok’ gak ambles, dibagian bawah-dalam diberikan ganjalan yang langsung memegang sasis dan body luar yang masih terbuat dari bahan fiberglass.

Ganjalan ‘jok’ CBR250RR MM Custom
Body belakang CBR250RR MM Custom

Untuk body belakang bagian bawah memang tidak dibuat custom, jadi masih pakai standar pabrik karena di bagian tersebut tempatnya kiprok serta pegangan aki dan kabel-kabel, jadi akan lebih praktis dan aman kalau masih pakai yang standar pabrik.

Rear Hugger CBR250RR MM Custom

Rear hugger yang nenyatu dengan cover rantai juga termasuk dalam paket body kit dari MM Custom.

Pict by Kawahara Racing

Soal harganya saya rasa dengan uang 2 juta rupiah untuk menebus semua bagian body diatas itu sangat terjangkau. MM Custom terkenal dengan presisi sambungan per bagian body, lagipula bahan yang kuat dan finishing yang halus jadi nilai plus plus. Sebut saja body balap CBR250RR geberan Gerry Salim, Reza Danica, Nico Julian dan lain-lain yang kita saksikan di balap kejurnas IRS Sentul kemarin adalah made in MM Custom. Hehehe… Oh iya, dengan harga segitu kalian sudah terima body dengan cat dasar yang bisa di-request mau hitam atau putih. Kalau mau sampai cat final bro Ucok mematok harga sampai 3 juta rupiah dengan jaminan cat yang rapih. Monggo yang penasaran bisa contact bro Ucok di 0817-836-639 atau bisa sambangi langsung ke markas MM Custom di Jl. Haji naman No.1, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Lokasi bengkel deket TPU (kuburan) Pondok Kelapa.

Nugie TMCBlog

 

57 COMMENTS

    • ekekekek

      bahan fairing zaza kek gini
      makanya gak lolos eksport

      😂😂😂

      Guest
    • mbah darmo kan sales yamaha, jd jgn di salahkan kl dia mncela produk lain, dia kan ad target R25 trjual, produk kl scara kualitas kalah ya hrs BC buat jatuhin pruduk lawan.. jd mau ga mau mbah darmo hrs BC pruduk lain.. jd kita ga ush trllu di anggap comment dr mbah darmo.. smua orng dh tau kok siapa mbah darmo, ksian mbah darmo lah hrs masarin produk’y yg ga laku..

      Guest
  1. muraahh itu..drpda pke yg asli di pke jatuh beli “,Ori mahall.”.stok jg jrg ada di ahm..inden pulaakkk…

    Guest
  2. ekekekek

    percuma kasih fairing racing
    kalo mesinnya ogah dioprek

    ngahh… ngahh…

    😂😂😂

    Guest
    • btul mbah saat balapan cbr250rr ogah di oprek, tp malah bikin sakit hati mbah krn bsa ngalahin r25 yg full racing..

      Guest
  3. di IRS boleh pake body kit carbon nggak?,di ARRC kan nggak boleh.
    Kan lumayan bisa ringanin bobot 1-2 kg lagi

    Guest
  4. Apa gak keliru nulis harganya cak Nugie?
    Masa sih harganya cuma 2jt…? Kok murah amat ya…
    Saya rasa kalo full body harganya ya seharusnya sekitar 5jt – 5,8jt masih masuk akal karena saya liat hasilnya sangat rapi sekali.
    Tapi kalo memang brneran cuma 2jt… saya yakin kalo saja para penunggang cbr250rr tahu akan artikel ini sudah pasti 80% akan beli dan yg fairing aslinya dicopotin. Karena eman2 kalo fairing aslinya dicustom dg ditempelin scotlite ato dicat ulang.
    Mending beli yg beginian untuk dicustom dan yg asli dicopot.

    Guest
    • Hahahaa… Murah ya? Kalo penasaran langsung kontak bro Ucok MM Custom 0817836639 Jl. Haji Naman No. 1 Pondok Kelapa Jaktim, lokasi deket kuburan.

      Author
    • Sama penasaran juga. Bila membandingkan motor naked vs versi fairing biasanya slisih harga 5 jt up. Ini klo 2 smp 3 juta komplit ya murmer. Make motornya agar ogros bisa lah pake fairing ini.

      Guest
    • ini khusus fairing balap, sampai saat ini kayaknya om ucok belum ada niatan bikin untuk yg standar

      Guest
  5. ad rumah modifikasi serupa pahan sama kerapian mirip tp lbh mahal harga fairing custome untuk motor batangan 150 di buat ala CBR250RR berkisar 4jtan lebih ini 2 jt yg bnr aj murah amat. mngkin tanpa mika lampu dan kali ya jd murah..

    yg di garis bawahi bobot berkurang 4kg itu termasuk braket fairing.. lampu lampu .. spion juga?

    Guest
  6. bagusnya motor balap CBR250RR walau udah pake fairing Racing custom tapi masih keliatan bentuk STANDAR Fairing ORI.. (kecuali Sidrap Racing Yamamoto Lebay) Bagus buat Branding cbr tsb.. macam wsbk/wss. .. Tak lain tujuan nya branding Motor tsb di masspro.

    Ninja Juga begitu masih 11/12 sama bentuk ORI

    R25..??? Hilang jati diri Muke Aslinya.. ..Macam di make Up biar cantik.. tapi gtu diliat aslinya jeeh..Joree…

    Fakta Loh cung.. jangan Kojel kojel

    Guest
    • Padahal klau untuk balap bentuk body asli r25 itu lebih bagus d banding bentuk yg d pakai glang hendra dkk sekarang, tempat lampu ny yg dangak cocok buat tempat lubang air funnel nya

      Guest
    • nahh itu dia dulu aphiwat superior r25nya bentuk fairingnya standar dan air ram mengandalkan rumah lampunya. sayang permintaan yamaha pusat tim factory harus dirubah begitu biar mirip m1 mungkin hahahaha

      Guest
    • Cbr250rr basic ny sudah mendekati “ready to race”, tinggal assit and slippercluth ny nih yg kurang,…
      Btw,.. Tanki r25 sudah pake kondom plastik, swim armnya lebih kecil d bandingkan cbr250rr, knalpot ny jauh lebih mungil dari pda cbr250rr, rangka r25 juga lebih “sedikit” d banding cbr250rr, tpi kok masih lebih berat r25 yah bobot ny???,..
      Efek USD kahhhh

      Guest
    • arm r25 masih dr besi.
      jg velg mngkin lbh berat r25.

      pnya data berat cbr dg r25,?
      beda paling brp kg?

      klo untuk race ttp paling ngefek itu usd..

      Guest
  7. Berarti Bentuk Asli CBR250RR masspro udah PAS banget buat balap.. Gak usah banyak rubah bentuk Utak atik fiber fairing..

    Yang aneh dikejuaraan ARRC R25 berubah TOTAl Muke nya…kalo ini mah terindikasi banyak akal akalan doang khas Orang Asia… (why?)
    Yeah.. R3 yang notabene 11/12 sama R25 plus berkecimpung di WSSP300 dengan aturan bentuk fairing standar aslinya.. tetep bisa Keunceeng ngacirr di sikuit Eropa Internasional berbarengan dengan Wsbk/wss600. . . . .

    fakta loh..jangan kojel kojel

    Guest
  8. Pas lg IIMS kemarin saya sempat mengobrol dengan Toshiyuki Inuma, beliau menanyakan kepada saya yg sedang mencoba riding position CBR 250RR di stand tentang impresi dari saya. Saya ceritakan kelebihan dan kekurangannya secara umum/awam. Saat saya bilang kalau desain bagian samping atas tangki yg dari plastik itu nampak mengganggu rider, Mr. Inuma lgsg mengajak saya ke stand CBR 250RR versi ARRC yg ada dibelakang CBR standar. Doi (sepertinya) bilang kalau nantinya Honda bakal bikin performance part untuk CBR250RR salah satunya plastik tangki tsb diganti dengan yg lebih rata dan slim dgn material karbon. Tinggal nunggu aja nih launchingnya

    Guest
    • Iya mas, saya kaget lg duduk tuck in diatas motor lgsg ditepuk pundaknya sama beliau, saya awalnya ga kenal, dan bahasa Inggrisnya orang jepang emang agak beda pengucapannya. Alhamdulillah bisa ngobrol lumayan lama sama beliau ngebahas sedikit teknis CBR 250RR

      Guest
  9. ekekekek

    jualan makin anjlok kok
    bikin pairing KW ..
    trus buat apa kira2

    😂😂😂

    Guest
    • ejejekek…

      Tabiat FbY katrok.. lari ke MS dipikir ini zaman mazapahit kalee..

      Yang Anjlook nyungsep kan Yg cuma 2 lusin.. !!!? whats 2 lusin saza lawan Ribuan buat lokal. .. ekspor ribuan juga buat berapa ratus negara??? mosok bangga? ?berarti satu negara dapet berapa ekor R25-R3…? ckck

      Baca artikel pelan pelan makanya biar gak kesedak..ini lagi artikel penjelasan Fairing khusus balap from MM custom.. ..

      Guest
    • iya btul jga ya mbah..ngapain bkin pairing KW.. kyk r25 krn cm laku 2 lusin maka’y ga gaya2an bkin pairing kw ya mbah..

      Guest
    • Belom sahur yaa???

      ngapain komen motogp dsini..??

      Cari di artikel motogp sna..
      .Fbh komen juga tuh…tp gak kojel” disco dangdut macam fby

      Guest
    • fby jga pd ngambek gara2 si cbr250rr yg motor kmaren sore tp langsung nabokin r25,,

      Guest
  10. FBY mau pesen juga tapi fairing model R25…

    Tapi buat custom di Vixion wannabe R25

    Anyeeng..!!!!

    Guest
  11. Mantabz

    http://bikermendowan.id/2017/06/04/hasil-race-dan-klasmen-motogp-mugello-2017-dominasi-desmodovi/

    Guest
    • iya bro balapan dagelan ga mutu yg mnang cbr250rr trs pdhl part standard, tr kl dh pake part racing tmbah jd dagelan lg ya bro, krn pst r25 di over lap,,cb skli2 r25 mnang jd bukan dagelan lg ya bro..

      Guest
  12. wah kalo buatan bang ucok mah rapihnya TOP dah, ane dari dulu langganan ama doi buat body custom motor ane, dari tempatnya masih di radin inten sampe pindah deket pondok kelapa.. buat finishing bisa dibilang buatan bang ucok aftermarket handmade terapih yang pernah ada, bukan nya lebay , tapi ane sendiri udah beberapa kali beli sama doi hasilnya memuaskan. orangnya juga ramah abis

    Guest
  13. Murah yo… Rapi neh…
    La kayaknya dulu ada yang custom fairing lebih dari itu harganya…

    Warna Keren Yamaha Aerox 155 dari Negara lain: http://wp.me/p7LBn5-2N7

    Guest
  14. Mntap memang mah bang Ucok, saya aja pengguna CBR 150R facelift sering order part custom di mmucok, selain murah finishingnya jg bagus.

    Guest
  15. Asli murmer fairing alternatif buat New CBR250RR. Monggo dibeli…
    Btw, permisi gan… titip lapak. Matur nuwun.

    https://motorbloginfo.wordpress.com/2017/06/05/maverick-vinales-paling-konsisten-finish-di-podium-peluang-juara-dunia-semakin-kuat/

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here