TMCBlog.com – Bro sekalian, Sudah Kayak nggak ada capeknya, akhir pekan ini kita akan kembali berjumpa dengan seri ke tujuh dari Gelaran MotoGP . . . Yap MotoGP Catalunya 2017 di Barcelona Catalan. Gelaran ini menarik karena untuk pertama Kalinya Pebalap akan mencoba secara bersama Track baru dari Sirkuit Catalunya ini setelah ada perubahan jalur dengan sudut pandang safety di Sektor terakhir pasca berpulangnya secara Tragis Luis Salom Tahun lalu di daerah tersebut . ..  Mengenai pembahasan dari Tracknya sendiri silahkan sobat sekalian simak di artikel Khusus track baru Catalunya yang pekan lalu sudah tmcblog tulis . ..  Nah  ..  timbul pertanyaan, ada apa dengan judul dari artikel ini, kenapa Tiba tiba tmcblog fokus ke test privat/ test sebelumnya ?

Jadi Gini, Jika Kita Tracing ke belakang ..  Race MotoGP 2017 . . MotoGP Pembuka Qatar Maverick Juaranya, jelas semua team dan pebalap sudah mencoba Tarck ini sebelumnya di test Pramusim IRTA, Langsung menuju dua Track di benua amerika Argentina ( Vinales Juara ) dan Austin texas ( Marquez Juara ) , jelas semua Pebalap tidak memiliki waktu test sebelumnya di dua Track ini . . Setelah itu Masuk ke Jerez yang biasannya merupakan sirkuitnya yamaha,  tapi Yang menang malah Honda ( Pedrosa P1 dan Marquez P2 ) ini nggak umum . .

Setelah jerez Hadir MotoGP Le Mans di mana Maverick Vinales finish P1 dan Rossi Juga hampir Podium kalo nggak Crash di Lap akhir, belum lagi zarco P2 dan membuat yamaha hampir sapu bersih Podium. Setelah le-Mans hadir Mugello dimana Dovizioso Juara  . .

  • MotoGP Jerez | Juara Repsol Honda | test privat repsol Honda
  • MotoGP Le-Mans | Juara Yamaha Movistar | test Privat Yamaha Movistar
  • MotoGP Mugello | Juara Ducati | Sirkuit test Ducati

Sobat Bisa lihat apa Specialnya dari 3 race di Track terakhir, Jerez, Le-Mans dan Mugello . ..  ketiganya merupakan tempat test baik dari Honda ( Jerez ), le-Mans ( Yamaha ) dan Mugello ( Circuit test Ducati )  . . . So Honda, Yamaha dan Ducati menang di sirkuit dimana mereka banyak melakukan test sebelumnya . ..  apakah ini sebuah kebetulan ? ataukah pertanyaannya bisa lebih digeneralisasikan jadi  . . Akankah test privat Berperan besar di Race MotoGP berikutnya?

Bukan apa apa sob . . Menyambut Sirkuit catalunya yang sudah update sedikit di Sektor terakhir dari awalnya fast Sector  ( Long Corner )  jadi slow sector ( tight Corner ) . . . Seperti Kita ketahui sebelum ini ada 3 Pabrikan yang sudah melakukan Ujicoba Privat di Track ini . . mereka itu adalah Ducati ( sebagai penyewa Track ) lalu ikut pula Aprilia dan Honda . . Silvano Galbuserra Crew Chief dari valentino Rossi sempat menilai bahwa Honda memiliki karakter bagus di Tight Corner, sedangkan Yamaha Bagus di Long Corner . .

Ada satu lagi sob yang cukup jadi perhatian dan jadi bahan pre-analisis buat Yamaha . . . Track Circuit of Barcelona itu Slippery alias Licin, Khas banget sirkuit sirkuit gaya aristokrat eropa dan M1 terbukti sempat struggle di sirkuit jenis ini sebelumya sob ( Jerez ) . . so akan kah Yamaha Menemukan solusi ? . ..  Nggak sabar menunggu FP1 nya nih sob

Taufik of BUitenZorg

29 COMMENTS

  1. Well, yah saya juga sempet berpikir seperti itu, apakah kebetulan atau memang tim diuntungkan dengan lebih dulu tahu kondisi medan jadi punya lebih banyak waktu untuk mempelajari settingan

  2. Honda wajib juara di catalunya selain demi mengejar poin apa kata dunia uda private test kok salah satunya gak podium 1, harus podium.

  3. kynya c gara2 lebih banyak test private d,,
    sy jg sepemikiran nih,,
    abis test private bisa langsung joss,,
    ducati kalo ga test private di mugelo belom tentu p1,, cmiiw

    • pemilihan ban saat race sangat tergantung dari test bro. jadi secara logika ujung2nya tetep ada kaitannya test sama hasil lomba (tanpa mendahului takdir tuhan)

  4. kebanyakan bergantung sama Ban nya
    kayaknya sih michelin punya andil menentukan siapa yg akan dijadikan pemenang tiap seri

  5. bukannya durasinya lebih banyak ducati ya yg test catalan kemaren,ducati & LCR 2hari,repsol cuma sehari.

    Menurut ane ban masih jadi kunci kesuksesan,karna michelin masih ganti2 karkas atau apalah,jadi tim masih meraba2 walopun nggak separah taun kemaren,dilain sisi independent tim bisa dapet keuntungan dari setragelnya factory tim kalo mau gambling ban yg beda dari yg lain kayak taun kemaren

  6. Motogp = moto michellin balapan kok pa kata ban, gmn mesin mau beringas laptime mau nambah banya geal geol trus…

  7. Private Test sangat berguna himpun data buat weekend race, semakin banyak data semakin besar peluang menang.

  8. Kalo menilik motogp tahun lalu.. Repsol private test si austria… Waktu race?
    Mentok posisi 5.
    Masih belum tahu lah siapa pemenang disini… Tapi mengingat moment yg deket, bisa jadi mirip dr hasil race mugello. kmrn.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here