pict : TWMR Photo

TMCblog.com – Bro sekalian, Seperti Kita ketahui pekan kemarin FIM Asia dan TWMR merilis amandemen baru mengenai Regulasi Balap Kelas AP250 ARRC yang berlaku imediately Effect mulai di seri ke 4 Sentul Indonesia nanti. Pada dasarnya di amandemen tersebut, baik CBR300R Satu silinder, R25 Maupun Ninja 250 memperoleh update Pengurangan Bobot untuk bisa / memiliki potensi Performa yang menyamai Honda CBR250RR. Yang pertama tmcblog tangkap adanya amandemen ini bagaikan sebuah ‘ pengakuan ‘ terselubung dari Pihak penyelenggara ARRC bahwa CBR250RR walaupun notabenenya memiliki platform mesin sama sama Twin Inline 180 deg dengan R25 dan Ninja 250 namun secara Potensi performa di atas R25 dan Ninja 250 dengan kondisi oprekan mesin yang lebih ‘standar ‘ bila dibandingkan dengan regulasi balap lain seperti misalnya Sport 250 IRS . .

Mengenai hal ini, Logis memang CBR250RR punya kelebihan potensi performa . . Sebagai Motor yang hadir paling akhir memang Honda CBR250R memiliki referensi R25 dan Ninja 250 dan tentunya dalam proses pendesainan, patokannya harus berada di atas atau selangkah lebih maju dari R25 dan Ninja 250.

TMCblog mencoba bertanya tanya mengenai hal ini ke berbagai praktisi balap mengenai Hal ini . . dan mereka bilang kebanyakan adalah, secara umum, dan di atas kertas apa yang dilakukan Oleh penyelengara memang secara teori memang membidik tujuan untuk  menyama ratakan kekuatan performa R25, Ninja 250, CBR300R dan CBR250RR di Track . ..  teorinya pun mudah  ..  Power to weight ratio (PWR ) bro . . So , Weight ( bobot ) diturunin  maka otomatis nilai PWR meningkat.

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan oleh Penyelenggara berkaitan dengan Power to weight ratio ini  . . yakni  .  . yang pertama Menaikkan PWR R25, NInja 250 dan CBR300R dengan menurunkan bobot ketiganya untuk menyamai potensi performanya dengan CBR250RR atau yang kedua, menurunkan PWR dari Honda CBR250RR dengan menaikkan bobot CBR250RR untuk menyamai potensi performanya dengan R25, NInja 250 dan CBR300R . . .

Namun Yang menarik adalah opsi yang dipilih oleh Penyelenggara ARRC adalah menurunkan Bobot CBR300R, R25 dan Ninja 250 ketimbang menggunakan perubahan regulasi spek jeroan seperti Ukuran valve yang bebas dan atau Menaikkan Bobot Motor yang menurut Penyelenggara kadung ‘terlalu perkasa’ – Honda CBR250RR . . atau dalam arti kata Secara umum yang dilakukan Oleh penyelenggara bukan Men-downGrade CBR250RR, namun Mengupgrade R25 dan Ninja 250 . ..

Mendownrade CBR250RR sih sepertinya lebih gampang, tinggal siapin aja balast dan ditempatkan di posisi yang sesuai dengan CoG dari Motor, Bobot pun nambah, PWR dan Performa pun berkurang. Namun IOpsi mengupgrade R25 dan Ninja 250 dengan menurunkan Bobot keduannya ini lah yang menurut tmcblog tidak semudah opsi menambah Bobot CBR250RR . . .

Ini udah kayak mature Man  . . Abis Puasa masuk ke lebaran berat badan naik mah gampang . . tinggal makan Karbohidrat yang banyak kayak lontong, ketupat, coklat dan lain lain . . Niscaya nambah deh tuh berat badan . . Lha Kalo nurunin berat badan . . ampyuuun deh susahnya bukan main harus diet, puasa, pantangan makan ini itu, olahraga, Yoga dan lain lain ..  Pokoke effort banget . .  ilustrasi ini sebenarnya menurut tmcblog nggak jauh beda di situasi motor balap.

Begitu Pula R25 dan Ninja 250 dimana mereka memperoleh kesempatan Nurunin bobot sampai 5 kilogram ( dari 135 kg ke 130 kg ) . . dengan kondisi Motor yang ada sekarang saja, nurunin 1 kg aja sudah effort banget, pakai part part dengan material eksotis seperti alumunium, titanium dan lain lain yang sudah barang tentu nggak murah . . Lha ini dituntut bisa nurunin sampai 5 kg coba . . itupun Frame sebagai salah satu faktor bobot nggak boleh diubah, harus Original ( lihat SC regulasi di atas ) . . Mumet mumet deh

Terlebih lagi penggunaan Fairing dari Karbon maupun kevlar yang notabenenya bisa ringan dilarang di AP250 ARRC  . .  apa mau sasis dibolong bolongin kayak motor motor drag ? tentu nggak safety . . velg? alaupun boleh diganti alumunium, Namun menurut regulasi VELG AP250 nggak boleh pakai magnesium dan Carbon. masih belum Puas? CrankCase dan Cover mesin pun harus standar Original . . . jadi Nggak ada celah buat memperingan Bobot dari sisi Crank case . . . tmcblog sendiri bisa ngebayangin para mekanik kebagian tugas dan Mumet berfikir buat mencari solusi nurunin bobot 5 kg . . Nggak percaya ? Silahkan tanya deh ke Salah satu begawan kilik Motor balap Indonesia, Pak De Ibnu Sambodo Yang nanganin Ninja 250 Kawasaki Manual Tech

Yap walaupun tetap saja sangat ditunggu penjelasan logis dari TWMR dan FIM Asia mengenai pengurangan berat / Bobot  Motor R25, Ninja 250 dan CBR300R di AP250 ARRC 2017, namun kalau dipikir pikir, Lumayan Tricky juga keputusan Penyelenggara ini, kesannya bikin Yamaha, Dan Kawasaki terbantu dengan penurunan bobot . . namun bantuan ini bukan bantuan instant yang bisa langsung dipraktekan. Butuh riset mendalam mengenai material, posisi part dan berbagai hal lain agar bobot bisa turun 5 kg namun Motor tetap balance . ..

Atau dalam kata lain, walaupun R25 dan Ninja 250 seperti ‘dibantu’ regulasi, Namun keduanya harus bekerja dan berikhtiar untuk memaksimalkan ‘bantuan’ tersebut. Bisa dibayangkan kalo opsinya naikin bobot CBR250RR maka jauh lebih enak buat R25 dan Ninja 250. Ibarat kata udah ‘dibantu’  nggak kerja apa apa, malah CBR250RR yang puter otak riset nempatin balast biat CoG motor tetap sama / balance sesuai setingan awal . . . silahkan dikunyah kunyah, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

185 COMMENTS

    • cbr250rr udah ngalah….suruh pusing2 nambah berat…..!!!!

      la yang dikasih keuntungan pwr meningkat…..dia yg kerja keras!!!
      betoel?????

      Guest
    • Semua mengakui kalo CBR250RR lebih segalanya dibanding kompetitor.
      Bahkan utk menandingi CBR250RR standar kompetitor harus diupgrade segala rupa..
      Salut buat Honda AHM..

      Guest
    • Yg masih aneh, kalo patokannya dari power mesin standar, knp bobot R25 dan Ninja 250 disamain ya?
      Power Ninja lebih rendah daripada dibanding R25, tapi bobot disamakan.
      Padahal dalil ini yg dipake Yamaha utk Oprek regulasi biar bobot R25 dikurangi.
      Apa ini ga akal2an Yamaha aja ya?
      Segala cara dipake utk menang, kalo msh kalah juga apa ga malu2in ya…

      Guest
    • @kobay.. dibaca mas..artikelnya br komeng…
      Biar ga kliatan kebanyak makan ketupat…
      Ini ga nambah barbel buat ngondah.. tapi yahmama ama kaossapi boleh menurunkan berat motor..sampai maks 5 kg,
      Sehat mas kobay..??

      Guest
    • @Al14nd0 ga aneh lah bro..
      Ini balapannya bukan superstock.
      Artinya masih bisa dioprek tapi dengan part standar. Ukuran klep ninja standar itu lebih besar dibanding r25. Artinya punya potensi yang lebih besar untuk dioprek.seharusnya ninja yang untung. Cuma untuk nurunin berat ninja yang besar itu susah.
      Adil sih nurutku

      Guest
    • yg gw maksud ini bro……

      Atau dalam kata lain, walaupun R25 dan Ninja 250 seperti ‘dibantu’ regulasi, Namun keduanya harus bekerja dan berikhtiar untuk memaksimalkan ‘bantuan’ tersebut. Bisa dibayangkan kalo opsinya naikin bobot CBR250RR maka jauh lebih enak buat R25 dan Ninja 250. Ibarat kata udah ‘dibantu’ nggak kerja apa apa, malah CBR250RR yang puter otak riset nempatin balast biat CoG motor tetap sama / balance sesuai setingan awal . . .

      Guest
    • salah sndri dr awal bkin rule ukuran klep harus stndard..

      enak bkin sj mtr klep gede..plus usd biar mkin jos d tikungn..

      ikut klo regulasi mndukung gk ikut klo gk cocok.

      mntal tempe pnyetan mmg…kita leat klo klh pling ahrt kbur lg.hhhh..dg kroni fbh yg mnylhkn rule…

      Guest
    • Agak aneh nih,ga ksatria,balapan koq diakalin biar sama powernya,kalau kalah ya terima saja.keluarkan produk baru yg lebih bagus,kan katanya balapan produk standaran.Dominasi cbr kan hasil kerja keras,produk standartnya memang bagus.kalau cbr mesinnya diatas 250 cc ya gpp ada kompensasi,tapi kalau cc sama tapi bisa lebih kencang ya terima saja,berarti honda memang lebih bagus dan kencang.

      Guest
    • Kalau dulu masih CBR250 single cylinder, ninja 250 dan R25 disuruh pakai barbel supaya tambah bobot-nya. Koq waktunya CBR250RR lebih superior perlakuannya koq sebaliknya? Bagaimana ini Om?
      Harusnya batasan spesifikasi motor lebih profesional dikit lah. Sama rata itu bukan prinsip keadilan. Betul?

      Guest
    • @Ian
      dari dulu patokannya bobot minimum juga lho
      Dan bobot minimum ini CBR yg 1 silinder beda 10 kg dari R25 dan Ninja 250 yg 2 silinder.
      Beda 10 kg itu yg sering dikoar2kan blogger ningrat dan kroni2nya klo R25 dan Ninja “BAWA BARBEL”
      Padahal regulasinya sama2 pake bobot minimum semua.

      Guest
    • Assalamualaikum wak, sekedar ikut beropini, kenapa yg dibuat regulasi bobot minimum motor bukan bobot minimum motor + rider (+ perlengkapan balap)? Coba dengar pendapatnya Gerry Salim, dia bilang ngga masalah pesaing dapat keringanan motor 5 kg, pebalap bisa diet untuk mengimbangi motor yg lebih berat, cmiiw…

      Guest
    • @Ian

      Bobot asli R25 166kg, bobot minimum ARRC 130kg
      Bobot asli Ninja 250 172kg, bobot minimum ARRC 130kg
      Bobot asli CBR jomblo 164kg, bobot minimum ARRC 125kg
      Bobot asli CBR250RR 165kg, bobot minimum ARRC 135kg

      Bobot ARRC itu jauh lebih ringan dari standarnya, dari mana barbelnya?

      Jgn kemakan penggiringan opini blogger ningrat stress sebelah bro..

      Bahaya…

      Hahahaaaa…

      Guest
    • Yg di untungkan ya anupab sarmoon. Yamaha Indo tetep aja melempem…
      Aneh ya harusnya tahun ini Indonesia kesempatan menang ARRC lebih besar, tapi sebagian kecil manusia di Indonesia yang buta dengan merk malah seneng dengan regulasi ini.

      Ngga ada nasionalisme apa buat menenentang regulasi ini #boikotyamaha

      Guest
  1. Itulah hasil para pemikir handal…..gak cuma bantuan namun harus liat juga yang bantuan tersebut harus mampu di pake yang di bantu, bahasa planetnya mah
    Bukan cuma ikan yang di kasih, tapi kail nya

    Heheheh

    Guest
    • knp hrus yg lain boleh dkrngi bobotnya??

      dl sj rule yg laen bawa barbel balast..yg singgle mono d untungkn tdk ush mikir ngurangi bobot..

      hrusnya yg pnya klep lbh lebar dr yg lain yg bobot d tmbh…!!!

      Guest
    • @jimmo:
      “dl sj rule yg laen bawa barbel balast..yg singgle mono d untungkn tdk ush mikir ngurangi bobot..” >>> diberlakukan utk mayoritas: DULU kawsakiti & yamama

      Sama dengan sekarang, mayoritas (kawinsaiki & yasama) + cbr300 masih jadi mayoritas

      Dari “Dulu” kebijakan/bantuan diterima si mayoritas

      Kayaknya belum sarapan nih baca artikelnya

      Guest
  2. Absen Abah haji..

    Nanya nih Abah, kalo rangka, body fairing, dll (kecuali mesin) boleh di ganti donk bah bahan material nya, meskipun modelnya sama untuk mengurangi 5kg itu..???

    Guest
    • jawabannya sudah saya tambahkan di artikel ya mengenai beberapa part yang dilarang diganti di AP250

      Administrator
  3. Cerdas wak 👍 emang cuma wak haji dah.. yang bisa analisis dan nulis sampe kek gini 👍
    Mantap jiwaa 👏

    Guest
  4. Dengan kata lain CBR250RR “dibantu” regulasi.

    Memang sudah cukup fair sih dalam artian gak ada yang di rugiin. Krn penggunaan ballast itu sangat terkesan tidak fair. “hey gw mnk basic nya uda kenceng, masa di bikin lemot?”. Nah yg lemot lah yg nyesuain. Tp dmn2 mmng yg lemot nyesuain yg kenceng mah butuh efforts luar biasa dan habis2an. Goodluck deh buat R25 & Ninja… Di tunggu versi All New nya yg lbh kencang dan ringan.

    Guest
    • dulu sj r25 dan ninja nmbh bobot sj fair kok…
      yg cbr enak gk mkir ngurangi bobot..
      fair dan ok sj..

      Guest
    • Sbr mang dr dl ngondah emang plng diuntngkn regulsi, sjak IRS JAMAN CBR JOMBLO YG LAIN SURUH BW BARBEL, SEKARANG JAMAN ARRC SELAIN NGONDAH HARUS JUNJUNG BARBEL,GT AJ KAN PENJELASANYA,

      Guest
    • @jimoo

      Bobot asli R25 166kg, bobot minimum ARRC 130kg
      Bobot asli Ninja 250 172kg, bobot minimum ARRC 130kg
      Bobot asli CBR jomblo 164kg, bobot minimum ARRC 125kg
      Bobot asli CBR250RR 165kg, bobot minimum ARRC 135kg

      Bobot ARRC itu jauh lebih ringan dari standarnya, dari mana barbelnya?

      Ente kebanyakan kemakan penggiringan opini blogger ningrat stress sebelah bro..

      Bahaya…

      Motor lemot kok ikut balapan, jadi pusing sendiri kan..

      Udah dibantu regulasi aja masih pusing

      Makanya jgn bikin motor lemot biar ga bikin pusing..

      Hahahaaaa…

      Guest
    • pemikiran simpel kok di buat susah..

      klo tolok ukur versi standard org bego yaa tw gk da bllast mlh berkurang.

      yg jd tolok ukur kn versi race..dmn dl cbr jomblo lbh ringn 20 kg!!! klo gk slh ingt!! hhhh

      jd mw cbr jomblo ktkn bobot 250 kg..ninja r25 ya 270 kg.

      klo cbr 125 kg ya ninja r25 145 kg.

      phm?? bos? hhh

      Guest
  5. Harusnya gak perlu update regulasi bgni. Justru kedigdayaan CBR 250rr bakal menjadi perangsang motor lain agar cepet cepet update performa (standarnya). Skrg klw R25 dan ninja 250 udah pada update dan ternyata potensinya bisa di atas CBR 250rr apa iya mesti di-update lagi regulasinya?

    Guest
  6. Asal endingnya mampu bersaing! Jangan sampe kaya motogp. Ducati dah di kasih kemudahan macem2 masih aja keok sama pabrikan jepang, gak mampu bersaing sampe akhirnya pabrikan jepang suruh downgrade ECU semua!! Parah parah…anak sekolah yg bodoh harusnya belajar lebih giat, jangan sampe koq yg pinter suruh bodoh…

    Guest
    • Dengan sumberdaya yang dimiliki H dan Y dimotogp, tetep aja yang bodoh belum bisa menyamai yang disuruh bodoh.

      Guest
    • ecu sm itu gk untuk ducati sj..picik bgt ni org, untuk suzuki aprilia, ktm, biar bs kompeten….ohh iyaa dan gr gr ecu sama , insinyur ducati mutar otak bkin winglet..dan bodohnya jpan ngikut krg berhasil ( terutama hrc) , , akhirnya d bnned rame rame krna alasan safety…perang itu antara kubu ducati vs onda..hhhh..
      ymha mah santai mw ecu pbrikn ato unified ecu ttp jd top 1 pbrikn ..

      Guest
    • Udah minum obat penenang jiwa gak lu mo?
      Taun kemarin adlh taun kli pertma menggunakan ecu yg sma, dan hasilny honda yg juara kontrukstor bahkan tim satelitny pun 3 x juara seri,…
      Yamha itu hanya jgo d bidang “melirik pemblap dari tim lain yg sedang naik daun”,,, gak percya???
      Buktiny sekarang duo rider yamha faktory hasil kudeta dari tim lain

      Guest
    • Jimmo: Ducati bikin winglet tuh karena motor nya susah belok, pabrikan jepun bikin winglet karena ban depan michelin kurang grip nya. Jd bukan semata factor ecu.

      Guest
    • Si jimoo kaga baca oot ente bkn hnya honda yamaha suzuki juga aprillia pun menolak krn kurang nya safty dri winglet . Ente blg yamaha santai ya iyalah org mereka udah tau ecu yg disamaratakan plus software yg bkn lg pabrikan tp hrc dari nol coba ente baca lagi berita2 terdahulu yg paling di rugikan dgn regulasi motogp terbaru tu siapa klau ente baca dgn smart jwbn nya HONDA krn ecu dn software yg bkn pabrikan jelas susah buat ngimbangin rc213v krn tuh motor piranti nya hnya cocok dgn ecu dn software bawaan pabrikan bkn ecu dn software majapahit sprti yg skrg tp honda males debat so ikutin aja toh 2016 marquez msh bisa juara meskipun byk rintangan yg dilakukan dari dorna.coba lo bygin seandainya ecu dn software msh hrc yg punya mau situ liat blp omr kaya jaman rossi yg pesaing nya cuma gibernau itupun satu merk honda yg punya hny bikin jenuh sajah. Skrg balapn seru yamaha pun bisa di atas honda aplgi krn jass rossi yg teramat byk ke yfr akhir bangkit juga garputala dari ketidak berdayaan coba andai wktu itu rossi msh ttp pke rc211v gw yakin rossi krg kejar ke sebelas bkn kesepuluh utk champions

      Guest
    • era ecu pbrikn nih 2002-2015

      2004
      2005
      2008
      2009
      2010
      2012
      2015

      itu thn ymha juara dunia…

      ecu honda yg super duper kmn ya di thun itu??
      hhh
      ecu honda kok tdk mendominasi ktnya gmpng .hhh

      mmg blp klo ecu super bisa mnang? hhhh

      yg inovasi paket komplet mtr yg juara!

      ymha pioner arm terbaliknya.

      ducati winglet..

      blpn prototipe yg d tunggu ya inovasi.

      yg gk d banned bkl di tiru ma semua pbrikn..sdh biasa.
      cntoh arm terbalik..dr moto3 ke motogp pke semua!!
      ya cm winglet ini ducati nemu resep bgus untuk mtrnya yg lain blm bs ngikut ya bnned laah jln tnghnya..terutama hrc yg krg riset ttg ini.

      Guest
    • Dari tahun 1993-2003, ke mana yamaha ???? Menang tahun 2004 karena vr46 pindah ke yamehek, sekalian dengan mekaniknya. 11 tahun ZONKKKKK

      Guest
  7. Pasca scrutineering di thailand kemarin “mereka” sudah tahu bahwa CBR250RR versi indonesia itu sudah full tuning/lbh advance makanya “mereka” membuat aturan itu hanya untuk meredam pihak² yg merasa dicurangi.

    Bicara mesin 2 silinder :
    1, Apalah artinya lebih ringan 5kg, berat segitu dibearing roda ngak berasa.

    2, yakin dgn lebih ringan 5kg bisa menang?

    3, Apakah mungkin mesin yang “hanya mentok” 14rban rpm mengalahkan mesin yg mampu berkitir 16-20rb rpm.

    4, benang merahnya dari sini bro, Kikuo Yamazaki, Large Project Leader Honda R&D Co.,Ltd Motorcycle Center Japan mengungkap alasan kenapa motor yang digarap di Indonesia ini kental dengan unsur balap.
    http://www.gilamotor.com/2014/09/cbr150r-lokal-lebih-baik-dari-versi-cbu-thailand/

    Guest
  8. Kalo performa motor sudah hampir sama rata2, bisa lebih mudah untuk melihat skill dan potensi pembalap.

    Oh iya untuk Mas Taufik dan Mas Nugie, Minal Aidzin walfa idzin ya.
    Mohon maaf lahir batin.

    dan untuk semuanya, ane dari….TADI,
    menyampaikan mohon maaf bila ada kata2 ane yang bikin kalian pada geram ya.

    Guest
    Guest
  9. Harusnya yamaha atau kawaskaki bikin special edition aja buat homologasi balap sambil sabar nunggu versi facelift nya. Nurunin 5 kilo buat yamaha mah ga susah wong minta regulasi dirubah aja bisa. Sekelas wsbk aja honda sama suzuki ditolak mentah2 minta kompensasi agar bisa kompetitif. Malah disuruh upgrade motor nya. Nah seharusnya ini juga berlaku dong sama2 nginduk ke FIM ini. Nanti kalo r25 atau ninja 250 facelift terus performa nya lebih bagus dari cbr250rr apakah akan melakukan revisi juga buat ngebantu honda?

    Guest
  10. Waktu dulu r24 merajai tdk ada yang NGOPREK REGULASI.
    Tapi mengapa skr pas CBR250RR merajai, yamaha minta OPREK REGULASI…?
    kan aneh sekali…
    Dulu spek r24 juga diatas ninja dan r24 selalu menang tetapi tdk ada yg minta OPREK REGULASI.

    Guest
    • dulu persaingan sengit ymamoto dg ninja dan aphiwat dg r25..regulasi fair untuk semua pihak dan blpn seru…pihk ninja dan ymha oke oke sj..honda jg diem udh dpt bbt ringn..

      skr? gr gr effek usd plus klep gede milik cbr blpn jd kyk dagelan…
      otomatis pihk pnitia mikir klo gini trz , blpn jd gk seru?

      Guest
    • lah nyalahin USD lagi, kemaren-kemaren bilang USD cuman gimmick sekarang jadi inti permasalahan…?

      nyalahin klep gede pula..

      kan namanya motor massprod dibalapin (meski dikasih bumbu balap dikit), ya buat motor massprod yang setara bukan merengek regulasi donk….

      Guest
    • Klep beda satu mili doank ngaruh juga bro…mbokya dipikiiirr..
      Kayak di road race klep semua sama ukurannya..ini beda sendiri ya ibaratnya kalah sebelum balap bro…
      Kayaknya situ gak pernah ngikutin road race ya…

      Guest
    • ya kalo merasa klepnya inferior ya mayor change donk terus massprod, bukan merengek ganti sana-sini tapi yang dijual beda sama yang dibalapin…

      paham….

      Guest
    • intinya cbr gak boleh menang..
      lgian apa pernah yamaha indonesia mngumandangkan indonesia raya di ARRC ??? mgkin bukan motornya..tapi pembalapnya kualitas syampah…

      Guest
    • Wah kelewatan kalo ngatain pembalap Indonesia Sampah, mereka berjuang mati2an demi Indonesia juga. Lha situ emang siapa ngatain pembalap sampah?

      Guest
    • Ni mimpi otak nya kebanyakan NGAYAL ,GAK PERNAH GAUL SM MEKANIK,PANTAS OTAKNYA DANGKAL ,ENTE TAU APA SOAL MESIN TONG, PERBEDAAN 1 mm tu besar tong, USD JG BERPENGARUH DI TINGKAT KERIGIDTAN ditikungan,sana banyak2 minum susu biar cerdas

      Guest
    • terus nyalahin regulasi dan yang datang terakhir gitu..?

      intinya salah sendiri dulu kenapa bikin klep kecil sama shock belum USD…

      facelift donk, atau pakai shock si xableng yang gagal dipasar, toh cukup buat nutupin biaya…

      Guest
    • Nah lo…
      Ninja aja bedanya 2 mili…bro..si ibnu sambodo bahkan protes keras atas perbedaan spek standar klep ninjanya. Major change, lu pikir gampang apa dikit2 major change..
      Gaul ke bengkel, jangan ke pasar doank ekekek..

      Guest
    • Miko##__ mayor change, lu pikir gampang apa dikit2 mayor change….
      Gaul ke bengkel, jangan ke pasar doank ekekek…_________________________________________________________________
      Betul bro,,, memang gak gampang melakukan mayor change terhdap satu produk itu, tpi itu lah yang d lakukan honda ketika andalanny “cbr jombl0” dapat keringanan karena saingan ny yg udah pada 2cly d suru bawa barbel 10kg tapi para heters honda(baca fby) langsung membuli cbr jomblo, menang ataupun klah sama saja bullyan demi bullyan terus d lemparkan para heters honda dan fby dan mungkin lu juga slah stu yg membully nya,,,,,, sampe2 ahrt ogah turun d klas ap250 dan lebih memilih menurunkan pmblap mudany sperti gerry salim d ajang arrc ss600 pdahal sebelumny doi hanya balapan d kelas omr (cbr250 dream cup dan atc),,,, namun pada akhirny langkah yg lu bilang “mayor change itu gak gampang” itulah langkah yg dpilih honda bro bukan oprek tegulasi, meriset dari nol baik mesin, sasis/rangka, kaki semuanya mereka riset dari nol (0) dan muncullah all new cbr250rr dan langsung merajai kelas ap250 taun ini, mereka ikut tahun ini mengikuti regulasi yang sudah d terapkan sejak tahun lalu(sblm cbr250rr nongol) dan masih aj lu bilang honda oprek regulasi,,,, dan sekarang dengan umur motor r25 mencpai 3 tahun d suruh bikin versis major change mlah bilang “lu pikir gampang ap dikit2 major change” pdhal belum pernah sekalipun r25 itu d mayor change oleh ymha,….

      Klau sunat massal(baca: mengkebiri power) dan double recall sudah pernah d alami r25

      Guest
    • @Sakimo,
      Cuma mau bilang,
      Bener bgt bre penjelasan lu, setuju,
      Coba liat masih dbantah gmn lg ya, seru nih, siapin nastar ahhh,,,

      Guest
  11. Begini ini kalo panitianya dipimpin negara sebelah yg notabene pembalap kalah mulu akhirnya drama pun dilakukan:
    * scrut mesin siBONEX gery salim padahal besoknya masih ada balapan sehingga motor CBR250RR gery bermasalah.
    * OPREK REGULASI supaya pebalap negaranya bisa podium

    Guest
  12. nurunin 5kg gampang itu mah… tinggal kurangin bensin nya aja sudah…
    beratnya pasti kagak nambah.. HAHAHAHAHA

    yaHAMA SEMPAKin didepan!

    Guest
  13. R2lusin paling diuntungkan, power 36ps tapi berat disamain dg ninja yg cuma 32ps. Perbedaan standart 4ps, beda antara R2lusin vs cebong knalpot rumah susun yg beda cuma 3ps.

    Guest
    • Ini dah bukan standar om, tapi oprek
      Ninja itu kalo dioprek kenceng bro, peningkatannya banyak dibandingkan kompetitor
      Kalo R25 dah semi race, kalo cbr250rr dah spek race
      Nah disini sesuai spek AARC, cuma disini kasusnya cbr250rr sesuai standarnya yg kenceng tapi dibuat lebih kenceng lg dengan part yg lebih sedikit dibanding kompetitor

      Kembali ke topik
      Pengurangan maksimal 5kg agaknya susah, tapi tidak mustahil
      Misalnya penggunaan baut dikurangi diganti atau pake bahan yg ringan atau pake kabel ties kalo urusan safety tidak masalah misal di body2 atau pake klem pokoknya yg ringan2, bobot rider bisa dikurangi, atau swing arm di lubang2i, rubah desain fairing (kalo boleh), meminimkan body alias mengurangi di bagian2 tertentu yg tidak menghambat areodinamis atau apalah pasti mereka bisa putar otak dengan keringanan sampai 5kg
      Semangat buat para tim, biar lebih seru

      Guest
  14. Regulasi yg sebenarnya setengah hati.
    Kenapa harus y dan k yg pikir otak secara mereka dah duluan masuk.
    Masih ingat wakt itu k dan y harus ada tambahan barbel 10 kg cuma untuk membantu honda biar bersaing..
    La sekarang keadaan dgn situasi yg hampir sama malah y dan k yg di korbankan..
    Regulasi waras….??
    Honda masuk memang merusak aturan..
    Honda cari gampangnya…

    Guest
    • Aneh ya ente
      Ini kan hasil mewek Yamaha yg cuma jadi bulan2an di ARRC.
      Honda masuk udah sesuai regulasi yg udah berjalan tahun lalu.
      Begitu Honda mendominasi pabrikan sembahlah ente yg banci itu yg minta regulasi diubah biar motor sembahan ente yg lemot abis itu bisa bersaing..

      Guest
    • @linson
      Masih ingat wakt itu k dan y harus ada tambahan barbel 10 kg cuma untuk membantu honda biar bersaing..
      ——–
      ya elah kagak pinter2 dari jaman majapahit, itu cbr250 gen awal masih satu silinder, beda ama kawasaki ninja yang udah dua silinder, paham? coba lu pikir, di wsbk kenapa ducati pake yang 1200cc sementara hyks pake yang 1000cc?

      Guest
    • iyaa skr dua slinder dg klep gede plus effek usd..

      yg lain msih mtr jmn mjphit.

      hhh.

      honda ikut klo regulasi !ndukung klo gk ya cabut..tipikal khasnya..

      TAKE EASY WAYYYYY

      Guest
    • dulu sebelum balap USD cuman gmmick doank….

      sesudah diasepin 6x race USD biang dari permasalahan….

      by jimo.

      Guest
  15. Pasti pusing teknisinya biar ninja n r25 ttp balance dikurangi bobotnya…
    Mudah mudahan motor yg lain bisa kompetitif biar tiap seri gonta ganti yg menang …

    Guest
  16. salah sendiri cbr pke usd..la kok enak yg lain masih shock jadul…

    regulasi dl mmg dagelan…

    giliran di buat gini cbr dan fbh protes?? hhh.

    Guest
    • lho kemaren kan lu bilangnya USD cuman gimmick doank, masa lu lupa sih…?

      sekarang malah nyalahin USD..

      fix ente masih belum cukup umur

      Guest
    • jimoo jimoo.. murid klo mau lulus ujian yaa harus belajar bar pinter.. bukan ujiannya yg dibikin mudah…

      Guest
    • cbr sangat d untungkan bos, salah satunya adalah ukuran klep yg paling besar… ada itu d artikel…

      Guest
    • @gempo
      Namanya jg produk standart yg bagus ya semua partnya bagus.kalau mau kompetitif ya keluarkan dong produk barunya yg bisa bersaing dgn cbr

      Guest
  17. Apa susahnya mengeluarkan update motor dengan upside down dan tuning kecil lainnya? Lha wong secara basic engine sudah 2 cylinder, jadi ga perlu diubah, tinggal update kecil2an aja susah.
    Gimana kalo kasusnya CBR 1 cylinder dulu, berubah total aja bisa.
    Apalagi kawasaki, umur motor sudah 7 tahun lebih ko betah ga diupdate.

    Guest
  18. sasis motor 250 mana bisa dibolongin orang pake tubular semua,apalagi sasis cbr jomblo,ninja sama r25 yg minim banget bisa ambrol langsung

    Intermezzo:kita aja yg puasa bukannya turun malah gembul gegara puasa buka ama yg manis mulu apalagi ketambahan jajanan hari raya

    Guest
  19. Kalo nurunin berat motor mungkin ganti tangki alumunium, kecilin body(fairing), pake knalpot full titanium, pake velg jari² alumunium kalo boleh, gir sama rante pake titanium, segitiga sama stang ganti titanium

    Guest
  20. Ini sih event balapan goblok. Balapan kok spek standar.
    Logikanya udah pasti yang muncul belakangan yang menang. Ntar ninja facelift, gantian ninja yang menang. Nanti R25 facelift ya R25 yang menang.

    Kalo kayak gini ngapain lo balapan. Kagak ada riset yang bisa dikembangkan buat nantinya dijual sebagai performance part kek konsumen. Hwehwehwe.

    Guest
    • Ini buat membuktikan motor produksi masal mana yg terbaik.
      Jadi konsumen bener2 tau, karena yg dipake mesin msh standar.
      Bukan kayak IRS, motor yg aslinya ( yg dijual ke konsumen) lemot dan rompal aja bisa dibuat kenceng kalo mesin, rangka, body dan part2 lainnya diganti.

      Ente pengen dpt motor yg bagus yg udah ready to race atau motor yg lemot kualitas abal2 gampang rompal?

      Hayoooo??

      Guest
    • Logikanya udah pasti yang muncul belakangan yang menang….
      ============================
      Waktu R2lusin pertama ikut AP250 langsung menang ??? Coba cek lagi, dari 8 starter R2lusin yg ikut balapan. 6 DNF, 2 cuma finish. Logika elu ga terbukti alias ZONKKKK

      Guest
    • ente yang goblog… mau aja di goblogin pabrikan… kan enak lw banyak produk baru yang di update pabrikan… konsumen juga yg untung

      Guest
    • konsumen untung???

      ngimpi ..

      mtr 63 jutaan yg power sm sj 11 12 beda tifis dg mtr 53 jutaan..hhhh..

      Guest
    • nah bilangnya lagi power beda tifis, oke saya inget kata-kata ente…

      terus di balap gimana nih, fix ente ngetek thai bukan ngetek yri…

      Guest
    • @jimoo
      konsumen untung???

      ngimpi ..

      mtr 63 jutaan yg power sm sj 11 12 beda tifis dg mtr 53 jutaan..hhhh..
      ——————–
      ente kemana aja, di artikel amandeman regulasi bobot ap250 yang terdahulu kata dharmo balapan dagelan karena cbr250rr surplus 8 dk, sekarang kata jimoo power cbr ama kompetitior cuma 11 12, jadi mana yang bener?

      #makanya lain kali kalo ada briefing bc, jangan sampe terlambat ya anak anak! untuk jatah kuota seperti biasa minta ama satpam di depan kantor!

      Guest
  21. Ya iyalah wak aji msa udah di kasih keringanan mau nya enak doank hrs berusaha lah buat apa punya mekanik klau cuma sekedar pajangan smw nya perlu usaha liat honda di motogp 😆😆😆 dari motor yg jauh dari kata lemot apalgi lawan nya yamaha tp skrg dgn peraturan yg super duper sunat teknologi akhirnya honda hrs riset dari nol itupun dgn mengorbankan engine rcv yg dri scrmr ke bing bang dn hasil nya luar biasa kekuatan honda skrg di bwh yamha 😆😆😆😆 tp apkah hrc ngeluh engga kan 😊😊😊😊 meka akan ttp riset dn menyempurnakan bing bang hingga akan sprti nsr digdaya dibera gp500 so utk fb gk usah keluh kesah klau cbr250rr lebih baik dari r25 dn ninja krn cbr250rr memang di tugaskan utk membunuh r25recall dn ninja 250 mogelook😆😆😆😆😆😆

    Guest
  22. Yg masih aneh, kalo patokannya dari power mesin standar, knp bobot R25 dan Ninja 250 disamain ya?
    Power Ninja lebih rendah daripada dibanding R25, tapi bobot disamakan.
    Padahal dalil ini yg dipake Yamaha utk Oprek regulasi biar bobot R25 dikurangi.
    Apa ini ga akal2an Yamaha aja ya?
    Segala cara dipake utk menang, kalo msh kalah juga apa ga malu2in ya…
    Harusnya bikin motor produksi massal yg kamu kompetitif bukan mewek Oprek regulasinya..
    Aneh…

    Guest
    • @Al14nd0 ga aneh lah bro..
      Ini balapannya bukan superstock. Guoblookkk..
      Artinya masih bisa dioprek tapi dengan part standar. Ukuran klep ninja standar itu lebih besar dibanding r25. Artinya punya potensi yang lebih besar untuk dioprek.seharusnya ninja yang untung. Cuma untuk nurunin berat ninja yang besar itu susah.
      Adil sih nurutku

      Guest
    • @Buat paijo,

      eh goblok bore ninja jg lbh gede daripada r25, r25 bore paling rendah dikelasnya, masih mau pake klep gede tolol namanya,

      Yg jd kelebihan overbore tuh bisa pake klep gede dibanding overstruk yg cuma masuk klep kecil,

      Belajar ruang bakar dulu sana baru berkoar disini,

      Spek mesin kontruksi ninja ama cbr itu identik bore x strokenya, lha r25 bore x strokenya lbh long stroke

      Guest
  23. Pada mewek sm new cebong ubah regulasi sana sini kemaren kemaren waktu sarmon juara terus dgn r25 kgk pernah beginian kunciny ya biar skill pembalap itu sendiri wak sm keberuntungam gk mungkin bs podium terus beberapa faktor cuaca teknis ban dll..intiny biarkan seri ini berlalu tahun depan dgn seiirig dgn keluarnya R25 sm ninja 250 diharap bs menyaingin kedikdayaan new cebong 250rr .. Ngah..ngah..ngah..

    Guest
  24. dulu r25 menang terus.. ninja gk ngeluh tuh dengan berat yg lebih berat …sekarang r25 kog ngeluh.. mental tempe

    Guest
  25. Turunin beban 5 KG susahnya minta ampun,mesin harus standar,fairing ngga boleh karbon/di bikin bolong bolong,velg ngga boleh magnesium & carbon,terus apaan yg di turunin,,,

    Guest
  26. Setuju dengan Juragan Taufik.
    Perubahan regulasi menurunkan bobot itu cuma basa-basi & kesia2an kalau part lainnya gak bisa diutak-atik.
    Darimana bisa diperoleh pengurangan bobotnya?

    Gak bakal ada efeknya, CBR250RR ttp akan dominan sampai ada upgrade R25 & Ninja versi jualan.

    Mending ikut regulasi Superstock yg diselenggarakan WSBK.

    Engine tdk boleh dimodifikasi tapi exhaust bebas.
    Suspensi hanya boleh ubah dalemannya tapi rem bebas.
    Bodywork bebas.

    Guest
  27. Setuju dengan Juragan Taufik.
    Perubahan regulasi menurunkan bobot itu cuma basa-basi & kesia2an kalau part lainnya gak bisa diutak-atik.
    Darimana bisa diperoleh pengurangan bobotnya?

    Gak bakal ada efeknya, CBR250RR ttp akan dominan sampai ada upgrade R25 & Ninja versi jualan.

    Mending ikut regulasi Superstock yg diselenggarakan WSBK.

    Engine tdk boleh dimodifikasi tapi exhaust bebas.
    Suspensi hanya boleh ubah dalemannya tapi rem bebas.
    Bodywork bebas.

    Guest
  28. Setuju dengan Juragan Taufik.
    Perubahan regulasi menurunkan bobot itu cuma basa-basi & kesia2an kalau part lainnya gak bisa diutak-atik.
    Darimana bisa diperoleh pengurangan bobotnya?

    Gak bakal ada efeknya, CBR250RR ttp akan dominan sampai ada upgrade R25 & Ninja versi jualan.

    Mending ikut regulasi Superstock yg diselenggarakan WSBK.

    Engine tdk boleh dimodifikasi tapi exhaust bebas.
    Suspensi hanya boleh ubah dalemannya tapi rem bebas.
    Bodywork bebas.

    Guest
    Guest
  29. Setuju dengan Juragan Taufik.
    Perubahan regulasi menurunkan bobot itu cuma basa-basi & kesia2an kalau part lainnya gak bisa diutak-atik.
    Darimana bisa diperoleh pengurangan bobotnya?

    Gak bakal ada efeknya, CBR250RR ttp akan dominan sampai ada upgrade R25 & Ninja versi jualan.

    Mending ikut regulasi Superstock yg diselenggarakan WSBK.

    Engine tdk boleh dimodifikasi tapi exhaust bebas.
    Suspensi hanya boleh ubah dalemannya tapi rem bebas.
    Bodywork bebas.

    Guest
  30. kenapa harus ada perubahan regulasi ditengah musim ya? jadi kurang greget nih ARRC sebagai penyelenggara.
    saya rasa kalau bukan karena masalah keamanan gak ada alasan untuk ganti regulasi tengah musim. Harusnya tahun ini mereka evaluasi agar musim depan bisa merumuskan regulasi yang adil bagi semua.
    kalau tahun ini terlanjur ga adil ya biarin aja.

    Guest
  31. Pesan yg saya tangkap dr wak haji.
    Perubahan regulasi ini SEOLAH-OLAH untuk membantu y & k agar bisa bersaing dengan pendatang. Tp sebenarnya bantuan ini hanyalah kosong. Dngan kata lain hanya omong kosong krn sangat sulit untuk diwujudkan. Dan seandainya bisa pun tidak akan banyak berpengaruh.
    Begitu !!

    Guest
    • Itu cara penyelenggara arrc buat nyadarin para tim2 yg “mewek”bahwa dengan menurunin bobot 5 kg sja dengan aturan beberapa part tidak boleh d ganti membutuhkan riset dan biaya mhal aplagi dengan mesin yg full oprek, apa bisa tim dengan biaya terbatas mampu ikut membuat tim ?? Padahal kebanyakan tim d ap250 bukanlah tim dengan dana yg melimpah( bisa d lihat dari banyakny tulisan2 sponsor d body motor dengan ukuran yg kecil)

      Guest
  32. Setuju dengan Juragan Taufik.
    Perubahan regulasi menurunkan bobot itu cuma basa-basi & kesia2an kalau part lainnya gak bisa diutak-atik.
    Darimana bisa diperoleh pengurangan bobotnya?

    Gak bakal ada efeknya, CBR250RR ttp akan dominan sampai ada upgrade R25 & Ninja versi jualan.

    Mending ikut regulasi Superstock yg diselenggarakan WSBK.

    Engine tdk boleh dimodifikasi tapi exhaust bebas.
    Suspensi hanya boleh ubah dalemannya tapi rem bebas.
    Bodywork bebas.

    Guest
    Guest
  33. namanya balapan ya ada bobot minimum …. pusingnya kalo nantinya ada pabrikan yg bikin motor 250 cc bobot standarnya 130kgan ato kembali ke jaman dulu…. gmn klo dipake balap? bobotnya bisa 100 kgan.

    Guest
  34. enak ya jd honda apa aja di turutin klo blp.

    hhh.

    dl yg lain pke pmberat oke deal..

    skr?
    ogah lah saya pke pmberat..mtr sy sdh super klep, duper kaki kaki.ringn lg..hhh

    yg lain sj wat meres otak biar berkurang bobotnya!!!!

    Guest
    • bukannya itu pemikiran ngabidin yang minta regulasi diubah, cuman ya gitu tiba-tiba beritanya ngilang…

      entah dari motorplus sampe kang iwan, maklum bosnya baperan apalagi anak buahnya…

      Guest
    • lho kemaren kan lu bilangnya USD cuman gimmick doank, masa lu lupa sih…?

      sekarang malah nyalahin USD..

      fix ente masih belum cukup umur

      Guest
    • Ini org super guoblog atau gmn sih mooo moooo….

      Inikan bobot MINIMAL..!!

      Buat bantu motor sembahan ente yg super duper lemot itu moooo…

      Biar PTWR-nya naik R25 boleh ngurangin bobot sampai 5 kg.

      Kalo ga ngurangin ya gpp.., bobot R25 ditambah juga boleh kok

      Ente blm paham kata “MINIMAL” ya?

      SD lulus kan?

      Guest
    • sapa jg blg bobot maksimal.hhh

      mngkin situ ggl phm kata kata saya…??

      “yg lain meres otak ngurangi bobot”

      artinya regulasi yg bolehin ngurangin bobot dg cttn ini itu gk boleh gnti itu sm sj blg,, ” km boleh gk kerja, tp nanti gk dpt duit wat mkn” !!!!

      Guest
    • Jimooo.. jimooo…

      Biar si lemot kebanggan ente bisa bersaing dgn ALL NEW CBR250RR Si lemot R25 boleh ngurangin bobotnya sampai 5 kg.

      Biar si lemot kebanggan ente bisa sedikit bersaing, maka dibantu dgn regulasi.

      Sekarang tinggal tugas mekanik utk mengaplikasikan bantuan itu biar R25 yg lemot itu ga kelihatan lemot banget.

      Mosok udah dibantu, msh ga mau mikir juga??

      Makanya bikin motor yg kenceng dan bagus, jgn bikin motor asal jadi.

      Udah dibantu regulasi suruh yg lain pusing juga…

      Guest
    • regulasi bntu yg gk iklas ya gini..nyusahin yg d bntu….

      coba yg di bntu honda..
      beda crita..yg lain srh bwa barbel..mikir pontang pnting bkin blnce…
      skr? pusing bobot boleh krg 5 kg..dg cttn gk boleh gnti part eksotis.hhhh…mampusss

      honda duduk manis tnggl ngegas .hhhh..

      Guest
    • regulasi yg gk iklas ya gini..nyusahin yg d bntu….

      coba yg di bntu honda..
      beda crita..yg lain srh bwa barbel..mikir pontang pnting bkin blnce…
      skr? pusing bobot boleh krg 5 kg..dg cttn gk boleh gnti part eksotis.hhhh…mampusss

      honda duduk manis tnggl ngegas .hhhh…

      Guest
    • regulasi yg gk iklas ya gini..nyusahin yg d bntu….

      coba yg di bntu honda..
      beda crita..yg lain srh bwa barbel..mikir pontang pnting bkin blnce…
      skr? pusing bobot boleh krg 5 kg..dg cttn gk boleh gnti part eksotis.hhhh…mampusss

      honda duduk manis tnggl ngegas .hhhh…..

      Guest
  35. Mumet juga akhirnya mwngurangi bobot ya …
    Prediksi rider Asia yang naik motogp
    https://dwiautoblog.wordpress.com/2017/06/27/opini-rider-asia-yang-akan-tampil-di-motogp-2018/

    Guest
  36. kalo kata gw mah, yang penting pebalap indonesia (gerry, reza, rey, galang) atau siapapun “as long as he’s indonesian” & bisa bawa merah putih juara ndak jadi masalah.. daripada yg di debatin malah soal honda vs yamaha, pfffttt…
    Ada regulasi yg nguntungin pabrikan tertentu? Selama ada pebalap indonesia di dalamnya (honda yamaha kawasaki) dan bisa juara, why not..? Ini yg diributin malah belain merk motornya.. 😩
    Detail teknis engineeringnya mah gw cuma nyimak aja dah, gak paham juga soale

    Guest
  37. Aturan seperti ini yang saya tidak suka wak, motor baru selalu lebih unggul.

    Balapan harusnya All Out, regulasi cukup Bobot minimun dan limit power.
    Biarkan mekanik berkreasi untuk meningkatkan power dan menurunkan bobot kendaraan.
    Shock harusnya bebas atau disamakan modelnya, tidak lucu jika ada motor limitid ikut balap dengan ditunjang part wahid.

    Guest
    • Kan udah jelas judul blapan ny bro ASIA PRODUCTION 250, Klau regulasiny seperti yg anda bilang nma blpan harus d ganti mnjadi ASIA PROTOTYPE 250 bro,,,

      Guest
    • asia prototipe 250???? ngimpiiii…

      guyon ini..

      duit mbah mu yaa wat modal riset .hhhh..testing bkin upgrade motor tiap tahun…

      ckup. di bkin kaki kaki sama, bobot sm, jmlh slinder sm…ukuran dan bhn klep sama…bore stroke bebas!!

      cm bebasin sj kreasi body work..biar tim bs kreatif dikit

      Guest
    • kalo mintanya klep mesin sama besar berarti ” klep mesin” yang dijual ke konsumen musti sama dari AP250…

      pertanyaannya, yang dijual massal aja g ada perubahan spek ngapain minta persamaan ukuran klep..?
      ya musti facelift dulu lah..

      Guest
  38. si jimoo lagi2 cari kambing hitam, setelah USD klep gede sekarang jdi kambing hitam. dulu r25 menguasai ngalahin cbr300 dan ninja 250 kok lu gak cari kmbing hitam mo ? ekekeke.. dah beda jumlah cylinder loh, klep, limiter engine juga beda jauh dibanding r25 si cbr300, tp apa yg dilakukan honda saat itu ? mereka gak mewek main jeroan mesin tu.. dan hal yg dilakukan penyelenggara sm dengan sekarang, yaitu menyamakan/membuat seimbang PWR setiap motor tnpa ubah daleman mesin.
    kan dulu cbr kebantu cc nya yg 300 cc ?? bullshit, kalok yg bilang cbr300 itu cc nya murni 300cc berarti baru bocah kemarin sore yg barungerti motor. cbr300 cc nya cm 287cc murninya, dengan klep, limiter, bahkan cm 1 cylinder, cbr300/ cbr287 masih bisa beberapa kali ngimbangin r25 karna apa ?? karna risetnya. mereka dah terjun lbh dulu dan otomatis data untuk meriset motor lbh kencang lagi jelas lbh banyak.. dan kondisi ini sekarang dialami oleh cbr250rr vs r25.. r25 cm kalah dikit jika dibanding dulu cbr300 dengan segala kekurangannya saat vs r25.. limiter mirip2, sm2 twin cyl, data banyakan r25, cm kalah uk. klep, tp r25 menang data lbh banyak karna dah ikut AP250 lbh dulu.. coba lah inget2 kasus kalahnya spek teknis cbr300/cbr287 vs r25.. cbr300 kalah aja dulu gak pernah ngubek2 spek teknis, mainnya ya cm bobot dan mengandalkan risetnya selama bertahun2 untuk berusaha membuat motor kompetitif serta mengimbangi r25, padahal jelas spek teknis kalah telak.. tp gak semewek smpai minta ganti jeroan mesin.. ekekek.. ini r25 vs cbr250rr spek teknis betis aja r25 mewek minta ganti jeroan.. ekekeke malu cuuyyy sm cbr300 ekekeke

    Guest
    • Wajar donk jimoo ngeles org dia cari makan dari bc so qta mahh santai aj liat koment dia yg sok pintar 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂 dn yg bikin geli lg dia nyalahin ahm krn buat motor limited yg serba wahid heran yah apa emang fby doyan motor recall ketimbang motor sehat dn cepat ahk saya pusing 😂😂😂😂😂😂

      Guest
  39. Kenapa bobot yg dirubah Wak, kenapa gak batas RPM CBR saja yg dibatasi? WSS 300 bisa kompetitif bukannya mengadopsi regulasi RPM ya Wak?

    Guest
    • Wssp300 selain mengatur batas RPM masing2 motor, bobotny juga d bedain bro,,,,dan d wssp300 rpm cbr500 rpm max nya d 10500rpm dan bobotny d set lebih berat dri kompetitor itu wajar bro mengiat cc-ny d banding r3 bebanya sekitar 150an cc bro,,,,

      Lha ini arrc ap250 cc ny sama, jumlah silinder sama hnya deba d ukuran klep dan shock depan aj masak mau membtasi rpm cbr250rr d bawah kompetitor,,,,,
      Jlan terbaik buat ymha dan kawasaki adalah lupkan kipas2 dollar, lupakan mindsed konsumen terhadap ninja masih ok, karna sudah saatny r25 dan ninja 250fi di facelift (all new/mayor change) dengan spek minimal setara dengan cbr250rr yg ada saat ini

      Guest
    • Maksudnya dr pd repot2 mikirin pengurangan bobot yg harus riset mendalam, mending bikin pembatasan RPM aja tapi ya gak smp kaya CBR500 yg cm 10500rpm. Mungkin bisa disesuaikan smp ketemu power yg sebanding dg R25/ Ninja.

      Solusi untuk upgrade Maspro nya memang bagus, tp perlu diingat. Produk baru pasti gak mau kalah dg produk existing, nanti ujung2nya CBR jd inferior klo R25/ Ninja upgrade lebih tinggi. Kalau memang mau balap dg Spek standar seperti ARRC, regulasi untuk mensetarakan tunggangan tetap diperlukan.

      Guest
    • Betul bro, tpi saya rasa spek mesin milik cbr250rr sekarang boleh d bilang sudah mendekati limit untuk ukuran 250 cc 2cly versi maspro, aplgi dengan adanya regulasi EURO 4,… Sekarang hnya bermain d segi fitur doang spti sasis deltabox(aluminium), swim arm banana, usd, TC, slippery cluth, riding mode, tbw,,,,, klau powerny sekalipun d set lebih tinggi dari cbr250rr tapi bedany gak nyampe 1hp, mungkin bisa baik power maupun ukuran klep d set jauh lebih tinggi dari s RR tpi dengan menambah cc(d indo motor dengan cc lebih dari 250 sudah masuk pajak barang mewah) atau memakai part2 kelas wahid tpi kompensasinya harga bakal melambung tinggi

      Guest
  40. Katanya mau ngospek anak baru eh ternyata diospek sama anak baru, eh ternyata mewek, ekekekek ngah ngah ngah garpu karat jimoo, bone, miko, rdy, klotok, sadar n mbah darmo

    Guest
  41. Mana tadi komen ane kok hilang …. Xixixixi
    Ini kan kubikasi mesinnya sama² 125cc/silinder.
    Mesin yg borenya lbh besar maka valve nya juga lbh besar, sedangkan reduksi totalnya lbh ringan karena torsinya lbh kecil.
    semua mesin high performa yg kubikasinya sama ya begitu bro.

    Guest
    • Fbh mah balap kelas recehan oke kelas motogp tau sendiri kan taun kemarin yg menang mana 😆😆😆 yg gk tau malu mah udah blg king kong king kong arrc tp ujung”a mewek minta regulasi 😂😂😂😂😂😂😂 honda mah ahk santai aj motogp aj lanjut trs tinggal liat aj di akhir race siapa yg juara dunia nya yah jgn

      Guest
    • Fbh mah balap kelas recehan oke kelas motogp tau sendiri kan taun kemarin yg menang mana 😆😆😆 yg gk tau malu mah udah blg king kong king kong arrc tp ujung”a mewek minta regulasi 😂😂😂😂😂😂😂 honda mah ahk santai aj motogp aj lanjut trs tinggal liat aj di akhir race siapa yg juara dunia nya yah jgn nyerocos kya mu juara ujung”a ampas 😂😂😂😂

      Guest
    • Blum balik modal kali bro r24nya yamehe, soalny keuntungan penjualanny slma ini buat menutupi biaya double recall r24 dan r32 bro,,,,,

      Guest
  42. Bro semua usahakan jgn menggunakan kata2 kasar macam g*bl*k , beg* dll
    Gak enak dibacanya bro…ayolah hare gene bro…

    Guest
  43. Solusi yg paling adil dari saya yg awam adalah dgn selisih harga jual OTR Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 dibelikan part mendekati Honda CBR250RR. 🙂 🙂

    Guest
  44. Drpd ribut gk trima sana sini mending mesin motornya pd di copot ajh trus motor biar d tarik kuda.
    Kan mlah makin joss tuh…
    Jadi pendukung bebas teriak teriak ngasih semangat kuda penarik y, h, s atau k…
    Ekekeke

    Guest
    • Nanti kalo masih ttep ada yang ngrasa kurang adil misalnya bs mrotolin roda motor atau nambah beban isi karung beras.
      Kalo masih ada yang kurang puas lagi, mekanik atau joki suruh ikutan balap motor tarik kuda plus balap karung joki dan mekaniknya.
      Kalo masih ada yang ngrasa kurang adil adu jotos dimulai.
      Atau pecahkan saja kacanya, biar rame. Kayak lagu Ariel peterpan.
      Ekekeke…

      Guest
  45. DUlu ada yang dg GAGAHnya bilang:
    1. USD gak penting
    2. TBW gak penting
    3. RIDING MODE cuma gimmick

    Sekarang pada merengek-rengek NGEMIS SOGOK SANA SOGOK SINI, BC sana BC sini, OPREK sana OPREK sini, siapin METERAI sana siapin MATERAI sini 🙂

    Guest
  46. Assalamualaikum wak, sekedar ikut beropini, kenapa yg dibuat regulasi bobot minimum motor bukan bobot minimum motor + rider (+ perlengkapan balap)? Coba dengar pendapatnya Gerry Salim, dia bilang ngga masalah pesaing dapat keringanan motor 5 kg, pebalap bisa diet untuk mengimbangi motor yg lebih berat, cmiiw…

    Guest
  47. saya jadi inget ada petinggi salah 1 pabrikan ada yang bilang. kalo emang berat sebelah kenapa pas awal musim disetujuin ? ini kan ada hitam diatas putih, dirapatkan terlebih dahulu. INGET REGULASI MESIN 2016 SAMA 2017 ITU SAMA GAK ADA PERUBAHAN.
    yang jadi pertanyaan adalah : kawasaki sama yamaha yang kepedean ? karena 2016 ninja yamamoto sama r25 aphiwat mendominasi.
    apa emang yamaha sama kawasaki yang meremehkan si cbr250rr ?
    KARENA TAHUN PERTAMA, BUTUH RISET, GAK ADA DATA.

    Guest
    • Makjleb…..
      Balapan mo ganti total mesinnya, biar menang untuk pencitraan. Tapi yang dijual abal2. Persis Rompal 15 untuk versi balapan, riset sampai milyaran. Tapi yg dijual versi ngebul, Rompal dan protol. Btw. Standar pabrik selalu jadi bulan2an di jalan, akhirnya tambah CC biar bisa menang.

      Guest
  48. Apapun rule nya..
    Arrc tidak kompeten dalam menyusun regulasi biar bisa adil untuk semua.
    Klo memakai kata standar dalam sebuah regulasi berarti tidak ada patokan ukuran, teknologinya dan berat. Contoh di ukuran klep, nanti setiap motor baru akan dijejali dgn klep yg lebih besar yg lebih advance lg lalu bagaimana dgn kompetitor yg memakai klep lebih kecil? Ya ga adil buat yg memakai klep kecil

    Guest
  49. Kenapa komen nya pada nyalahin cbr 1 silinder padahal kan dia udah ga di pake lagi dan dulu waktu 2016 juga selisih berat nya cuma 5kg kok bisa2nya ada yg bilang r25 sama ninja bawa barbel yah coba bayangin aja kalo besok ap honda racing thailand balik lagi pake cbr 300 yg cuma 125kg apa ya ga bikin tim ahrt susah inget dulu waktu 2015 saat berat nya selisih 10kg dari yg lain tim ap honda racing thailand bisa rebut semua podium 1 2 3 di sepang

    Guest
  50. ymh dan kawasaki cepat upgrade mesin dan keluarkan produk baru 250cc nya, jangan sampai kesalip sama new suzuki gsxr250.

    Guest
  51. AHM udah saatnya balapan di wss300, mental balap Gerry sama Rheza udah bagus kok skill juga bisa dibilang diatas Galang sama Imanuel putra.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here