TMCBlog.com – Bro sekalian, Jonas Folger memang Hanya seorang Pebalap Satelit, Seorang Rookie di Musim 2017 ini, Namun melihat datanya di Balapan Kampung halaman sendiri bikin kita ternganga sob . . . Boleh dibilang di race Day, walau Marc Marquez menjuarainya namun Jonas Folgerlah yang menorehkan Laptime Tercepat sepanjang 30 Lap Race tersebut dengan angka 1:21,442 dan Torehan ini sekaligus menorehkan rekor Baru laptimeΒ  saat race Day di Sirkuit Sachsenring . . dan Jonas Pun menerima Penyematan RING ( Cincin ) yang menandakan ia adalah pebalap Sepedamotor dengan laptime tercepat saat race day.

Bicara Top Speed, Jonas Folger Hanya berada di Posisi 12 ( 290 km/jam ) dan Bahkan Juara seri Marc Marquez ( 288 km/jam ) hanya berada di posisi 17 soal tinggi tinggian Top Speed. Sementara top SPeed dikuasai pebalap Ducati Alvaro Bautista di atas Desmosedici GP16 ( 293,1 km/jam ) . . disusulΒ  . . wew . . KTM RC16 oleh Pol Espargaro . . top 3 top speed mesin V-4 / L-4 semua nih?

Fakta di atas Track Gimana ? Boleh dibilang pack terdepan Sachsenring 2017 hanya milik dua nomor start #93 dan #94Β  . . Keduanya sempat bertukar posisi dimana Marc Marquez #93 mayoritas memimpin race dengan menjadi Pimpinan race selama 25 Lap, sedangkan Folger sempat memimpin Race sepanjang 5 Lap di Lap 6 sampai 10 . . .

Fight Jarak dekat hampir sepanjang race ini Kalo Boleh dibilang ini mirip seperti pengulangan race 11 tahun yang lalu antara Marc Marquez dan Jonas Folger ( cew video twitter di atas sob )

Bro sekalian pengunjung tmcblog dapat melihat di Grafik atas . . walaupun notabenenya Folger Kalah dari Marquez. . namun di sepanjang awal dan pertengahan race Jonas Folger beberapa kali ( sektar 12 kali ) menorehkan Laptime yang lebih cepat dari Marc Marquez.

Dan bahkan secara fakta Laptime, Pace Folger itu bisa nempel kayak perangko sama Marc Marquez . . Folger seperti Tidak mau melepas dengan Mudah Marc Marquez menguasai Sachsenring . . . Mulai Lap 28 saja setelah Outwide di T1 Laptime Folger mulai mengembang jauh dari Marquez . . . Folger mengatakan bahwa Ban Michelinnya sudah menyerah kala itu.

Jelas Kepo . . Di sektor mana sih kekuatan Folger dan Marquez sebenarnya ? . . tmcblog nggak mau bikin sobat kepo terlalu lamaΒ  . ..Β  kita lihat by data sektor per sektor sajaΒ  . . Cekidot sob.

Sektor 1 Sachsenring 2017

Sektor 1 sachsenring dimulai dari straight 700 meter yang berujung tikungan ke kanan T1 . . . di T1 rider akan menurunkan speed dari sekitar 296 km/jam ke sekitar 99 km/jam dalam 6 detik sehingga mengalami G force sebesar 1,5 G untuk selanjutkan di T2 merupakan speed corner untuk selanjutnya masuk ke T3 . ..

Bro Bisa lihat di Grafik atas, Secara umum Marc Marquez Unggul tipis dari Jonas Folger di sektor 1 Sachsenring . ..Β  di mana strong point Marquez ? . .Β  yang pasti Bukan Di top speed secara top speed RC213V Big Bang 2017 kalah dibanding Yamaha M1 MY 2016 besutan Folger . ..Β  perkiraan tmcbloga keunggulan Marquez ada di Tight Corner T1 . . Honda Dan Marquez memang istimewa di Tight Corner.

Sektor 2 Sachsenring 2017

Sektor dua boleh dibilang sektor tricky yang penuh tikungan dimulai dari tikungan sempit T3 namun setelah itu Baik di T4, T5 sampai T7 tikungan tidak terlalu sempit cenderung speed corner/ long corner , namun karena Bagian daerah antar tikungan sangat dekat maka speed tidak terlalu berkembang oleh disini, sangat sangat tricky butuh Motor yang memiliki sasis yang mumpun.

Di sektor dua ini Boleh dibilang pace Marquez dan Folger cukup imbang. Keduanya sempat lebih cepat satu sama lain di Sektor ini . . Folger 12 kali lebih cepat laptimenya dari Marquez dan Marquez 18 kali laptimenya lebih cepat dari folger. . . . menurut tmcblog Honda tidak terlalu kalah di sini walau ada beberapa speed corner karena speednya sendiri nggak terlalu tinggi

Sektor 3 Sachsenring 2017

Menurut data yang tmcblog terima Sektor tiga dari 4 tikungan T8 sampai T11 semuanya boleh dibilang hampir memiliki karakter speed corner. T8 misalnya Rider hanya akan ngerem dari sekitar keepatan 283 km/jam sampai hanya 172 km/jam . .. bisa bayangin . . . nikung dengan kecepatan 172 km/jam . . . what a speed corner . . . butuh kestabilan dan juga butuh ban dengan karakter asimetrik di sini

Speed Corner = YAMAHAΒ  . .Β  itu merupakan Kata kata Yang pantas dan sudah dapat mewakili data di atas sob . . . Perpaduan Power M1 dan Sasis Yamaha M1 tahun 2016 yang aduhay, bahkan dibesut pebalap baruPun nurut sehinggga Boleh dibilangΒ  Jonas Folger mayoritas unggul dari Marc Marquez di sektor 3 iniΒ  . .

Sektor 4 Sachsenring 2017

Sektor 4 Sachsenring dimulai dari sebuah awal turunan waterfall dan di ujung tikungan ke kiri T12 Sachsen itu kecepatan rider yang bisa mencapai top speed 290 km/jam dan akan turun sampai 115 km/jam sehingga rider akan mengalamai G force pengereman sampai sekitar 1.4 G . . . dari T12 rider akan masuk ke straight kecil menuju tikungan hotspot Overtake T13 untuk selanjutnya kembali nikung ke kiri menuju daerah straight utama /podium.

Melihat data di atas,Β  Di awal dan Pertengahan race Jonas Folger bisa menempel dengan ketat Pace dari Marq Marquez . . . Namun itu dia Mulai lap ke 22 Pace Jonas Mulai sedikit kendor di daerah sektor ke empat ini sampai paling parah di 3 lap terakhirΒ  . . .

Namun Overall, AKAMSI Sachsenring – Jonas Folger menurut tmcblogΒ  layak disebut Man Of The Match race day itu . . determenasinya tinggi, semangat Pantang menyerah diperlihatkan . . . dan sebenarnya Folger sendiri saat race sangat yakin dapat mengalahkan Marc Marquez . . namun Ya faktanya Marc Marquez memperpanjang Titel sebagai raja Sachsenring untuk yang ke 8 kalinya sepanjang karir GrandPrix pemuda Catalan tersebut. Apresiasi tersendiri Buat Tech 3 yang membuat Race Musim 2017 ini terasa lebih bergairah dan tidak hanya dikuasai itu itu sajaΒ  .. .Β  sampai race ke 9 ini Tech3 best team kalo menurut pribadi tmcblog . . . Kalau menurutmu Gimana sob ?

Taufik of BuitenZorg

 

 

 

tmcblog youtube channel
TMC ADS

118 COMMENTS

    • folger memang cepat…. tp ga sekonsisten mm93… dia beberapa kali melebar….itulah balapan!! bkn cm sgt cepat tp jg cepat n konsisten sepanjang race…… butuh pengalaman mtr bagus… tim yg bagus!!!

      Guest
    • @kobay, maklum bro masih rookie. yg gak kedengeran gaungnya itu alex ring,, ada apa dengan suzuki ya?

      Tayangan Ulang GP Sachsenring: https://goo.gl/w8YCb2

      Guest
    • Tidak salah Tech3 rekrut Folger. Bakal saingan nih Zarco vs Folger buat title Rookie of The Year.

      Guest
  1. Motornya Tch3 sebenarnya mendukung untuk juara sayangnya Folger cuma kalah mental karena belum pernah podium dan doi baru naik kelas motogp apalagi dinegara sendiri selain tambah semangat tapi kalau sampai jatuh di lap terakhir karena fight sama MM93 peluang podium pertamanya bisa hilang. Jadi mental juara disini penting

    Guest
  2. Man of the match Folgar ya saya setuju karna di sini Folgar bisa meng overtake marq tapi tidak dengan marq karna folgar melakukan kesalahan Sampai melebar beberapa kali

    Guest
    Guest
    • Emang folger bisa nyusul lg marc?faktanya lebih banyak nguntit marc saja.biasa aja lah,baru sgitu aja udah kyk juara.tim satelit honda tahun kemarin beberapa kali jadi podium 1 jg biasa aja.

      Guest
    • wah siapa nih yang bakaln ke marc VDS….miller pgn motor yang lebih liar ternyata

      Guest
    • gamau perpanjang kontrak sama marc vds ?
      sama HRC kali, si miller kan dikontrak langsung sama HRC dia di mrc vds cuma dititipin doank. kalo masalah kontrak langsung ke honda dia

      Guest
    • sebenernya dia mau perpanjang langsung sama HRC tapi dia nggak mau ditaroh di VDS,kabarnya malah aki ajo managernya sampe deketin aprilia,suzuki(kalo ianone pecah sama suzuki),tapi ducati yg lebih tertarik ama dia.
      Kalo bener kejadian gitu VDS bingung nih apa taun depan cuma nurunin 1 rider Morbidelli,gantian sama LCR yg taun depan 2 rider.tapi kayaknya keakuratannya masih diragukan
      Sumber: https://www.gpone.com/en/2017/07/03/motogp/the-miller-case-blows-up-honda-bids-him-farewell.html

      Guest
  3. Ternyata bukan saya aja yang berfikir tim satellit terbaik untuk saat ini (dari Race 1-8) ya Monster Yamaha Tech 3..
    Malah tim Factory Yamahannya kedodoran..

    Tapi MV perlu di apresiasi juga kang, dari posisi 10 apa 11 ya? merangsek naik ke 4. Pretty impressive, but man of the match kemarin ya Folger hehehe…

    Kapan bisa liat dogfight antara MV dan MM? πŸ™

    Guest
    • Jangan berharap, karena pinamex masih mental tempe.
      Kalo markez ama folger dah REAL DOG FIGHT ato…
      Markez ama roji juga joss karena sama2 INTERTAINMENT mrotolgp

      Guest
    • mntal tempe itu ya mm lah..cm dia pmblp yg ngendon di satu tim kunyit,, blm nyoba mtr lain..klo mv rosssi ,lorenzo, dovi, cc, dan rata2 pmblp mtgp lain sdh terbukti pmblp yg bermental baja…

      Guest
    • @jimoo tim pujaanmu wani piro buat minang mm93, berani lebih tinggi dari kontrak hrc ga? Seperti vr46 dulu digaet yfr dari hrc dengan nilai kontrak setinggi langit.

      Guest
    • Jbat##### maaf bro, taun kemarin sebelum ymha mengontrak vinales, ymha sudah mencoba menggaet marquez dengan gaji jauh lebih tinggi(sya lupa nominal nya) dari rossi d ymha sekrang tpi rencana ymha untuk menggaet marques d gagalkan oleh rossi yg protes (menghalangi) marques masuk ke ymha

      Guest
    • Wah serius gan? Marq masuk yamaha jadi gimana ya itu.. tp emang waktu itu lg kress ya si mm dan vr..
      Nice info gan, ane baru tau

      Guest
    • bkn wani piro?? mm wani pindah oraaa soonnn

      mm yg gk brni pndah tim…gk da urusan ma rossi..ngakakk…si mm udah tenang2 sj di zona aman..cemen ah gk mw cr tntangn..gt kok next vlntino rossi??? rossi..di tawar ymha oke, ducati oke…mntal tempe ah .hhh

      Guest
    • Jimoo goblok malah nyuruh MM pindah tim, gawe opo blog goblok? Trus nek pindah koyok sembahanmu rossi ngono hebat? Legend? Pindah ng ducati yo gk iso jurdun malah ngongkon pindah MM, alesan goblok mending raimu bunuh diri ae Mooo

      Guest
  4. Wak serius mau tanya, sach harusnya makanan buat yfr
    1. Dry race
    2. Temperatur aspal ideal buat m1 (gak panas)
    3. Mega Grip (baru diaspal)
    4. Banyak Long Speed corner

    Kok bisa kalah ama tech3? Dulu di jerez, barcelona alesannya suhu panas

    Guest
  5. ternyata folger dan mm seangkatan…sayang nasib beda…ternyata jaman bocah dah kudu agresive, lincah biar shinning jadi keliatan ama promotor…

    Guest
    • Paijo#harus runner up pedrosa motor lebih powerfull dr pd pnya folger dan lebih pengalaman kok bisa kalah ?

      Guest
  6. Nah siapa yang sejak belum dimulainya mrotolgp pengen liat dogfight antara marqez n pinaloss bisa rada lega akan race jerman kmren walaupun yg terjadi adalah antara markez n folger

    Guest
  7. cuman perlu waktu yg gak terlalu lama tuk membuat duo tech3 jadi sekelas pembalap factory, zarco dgn segala kelebihan perhitungan strateginya dan si jonas dgn tekat pantang menyerahnya..
    semoga keduanya lebih konsisten di tiap lap race berikutnya pasti akan ada warna hitam yg mewarnai podium selain orange, biru dan merah..
    langkah tech3 buat memperpanjang kontrak sebelum pertengahan musim adalah sangat tepat..
    musim MotoGP yg sangat menarik..

    Guest
  8. Wak..rumornya sasis terbaru m1 itu malah cuma sasis 2016. Bener itu wak? Vinales kayanya ga begitu suka ma sasis barunya ini.

    Guest
    • Vinales memang tak suka dengan sasis bru ymha itu, tpi kata rossi klau seandainy mereka ttap memakai sasis m1 spek qatar d jerman kmarin, merka(ymha factory) akan finis d posisi 10an seperti jerez dan catalan

      Guest
    • Ga tau juga sih..
      Di sirkuit yang grip nya kuat,,tebukti vinales juara dan sirkuit sach baru diaspal.

      Guest
    • Sasis 2016 yg di modifikasi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† katanya sih πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† hnya rossi yg tau

      Guest
  9. Marc tipikalnya sudah dewasa. Tidak ngejar laptime tercepat krn dia ingin save tyres. Beda dgn folger.
    Buktinya di 5 lap terakir marc pushing his bike. Sementara folger 2 lap menjelang finish udah habis ban nya. Pushing 5 lap akhir ini gak mgkn klo manajemen ban tidak dlakukan oleh marc.

    Guest
    • seperti yg dia bilang seusai lomba. pada saat diovertake folger marquez kaget folger sangat cepat tp disitu marquez gak langsung overtake untuk melihat kondisi ban folger. menurut prediksi marquez, ban folger bakalan cepet abis makanya marquez sempet lama di belakang folger buat menghemat ban dan persiapan fight dengan folger. tp ternyata sesuai prediksi ban folger cepet abis dan menjelang last lap baru marquez pushing pushing makanya jaraknya langsung melebar sama folger.

      Guest
  10. itu foto yg jaman cev buckler dari zaman jebot si marquez udah punya sponsor pribadi yaitu repsol. makanya agak sulit kalo dia bakalan kabur dari repsol secara repsol udah berjasa dari masih kecil sampe sekarang ke motogp.

    si folger dari masih kecil udah disponsorin redbull dan bertahan sampe 2016 di moto2. sayang pas naik ke motogp malah jadi ke monster energy.

    Guest
    • anak manja , cm gr gr repsol, dpt fasilitas, dan kualitas mtr yg lbh dr yg lain..gini kok next rossi????

      Guest
    • Sampe segitunya sakit hati mo sm si mm, biar yamaha bisa juara gitu kl ga ada mm d honda???

      Eh iya, prediksi kmaren soal race tepat banget tuh….πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Mo vinales pindah dri suzuki ke ymha gara2 ap coba?? Karna motor ymha lebih baik dri suzuki, fasilitas jg lebih ok mkanya dia mau pindah,…..dan lebih baik “anak manja” kyak mm93 daripda “anak durhaka” kyak luu jimo

      Guest
    • wih Marquez dikatai anak manja katanya si Jimmo.
      Harus seperti apa agar tidak dikatai anak manja Mooo??
      Klo kamu anak apa Mooo??

      Apakah bukannya normal klo rider yg sdh punya gelar jurdun / peringkat tinggi akan bertahan di tim yg dia merasa paling nyaman serta meraih tawaran gaji yg lebih tinggi ?? dibanding pindah ke tim lain (selain Ducati dan Yamaha) yg gajinya lebih kecil dengan motor yg barangkali lebih buruk ??? hanya untuk sekedar menyenangkan komentator macam situ.
      Menurut situ kenapa Vinalez pindah ke Yamaha ? Klo memang merasa hebat kenapa ga bertahan aja di Suzuki ampe Jurdun pake Suzuki baru pindah ke Yamaha biar dikatai mirip Rossi ??? Ya pasti karena tawaran gaji serta kemungkinan jurdun lebih tinggi di tim Yamaha.

      Ingat di saat di Moto3 Si Vinalez sempat ngambek ga mau ikut race di Sepang 2012 karena minta ganti tim hanya gara-gara merasa motornya lambat (saat di tim avintia klo ga salah). Itu bukannya aksi anak manja namanya ???

      Logika aja masa kamu mau pindah ke tim yg hanya mampu ngasi kamu gaji lebih kecil dengan tingkat stress lebih tinggi ??? Inget, klo pindah tim, bukan berarti semua Mekanik juga ikut diboyong pindah lho.

      Ohya Bukannya (untuk sementara ini) RCV-nya Honda bukanlah motor terbaik tahun ini ?
      Jangan maen gampang aja klo komen. mentang2 pake akun anonim.

      Guest
    • Mungkin dia takut selama marques d honda ymha akan sulit buat menang(jurdun) seperti era mick dohan dan rossi sewaktu d honda,……. Kan klau marc pindah tim misal ke ducati trus juara kan dia bisa ngumpet d ketekny mm93 atau ducati lalu koar2 honda motor lemot

      Guest
    • jimoo elu tuh aneh komenya gak nyambung…dilain waktu bilang rcv 2017 adalah motor yg plg lemot diantara kompetitor…tpi giliran ngomentari marquez elu bilang motor terbaik…gimana sih lu?

      Guest
    • wahh jimo jgn kebanyakan keramas pake oli, jadinya otak ente ketutup kebencian mo.

      marquez pembalap manja ???
      mo repsol bukan perusahaan bodoh mo kalo marquez pembalap biasa, mana mau itu repsol sponsorin marquez dari masih kecil ? berarti kan ada sesuatu kelebihan yang dimilikinya.
      mo kalo marquez manja mah doi udah pindah tim, lo tau kan honda 2015-2017 ini kaya gimana ? jauh dari kata sempurna dibanding 2014. tapi marquez ttp yakin balapan dan bisa fight kalo dia manja mah udah pindah ke tim lain atau mungkin ngambek gamau balapan kaya pembalap idola lo tuh si vinales.

      Guest
    • 1. saya gk skit ati ma mm93..saya masih normal bkn LGBT.hhh

      2. krna mv sdh bosen mrasakn pnderitaan mtr krg kompettf suzuki. bndingkn dg mm yg dpt kmudhn di 2013, dpt honda dg ssg dmn yg lain msih mngmbngkn..terlalu d manja mtr kl itu.

      3. mm sdh 4 thn di honda, klo di total dr career udah 9 thnan di honda, dg suport repsol..klo pngn gk d blg anak karbitan, mnding pndah ke mtr lain…bnyk legenda gp itu dhrgai bs membawa minim dua brand juara…

      4. pmblp yg pnya fans luar biasa besar hrus melakukn hl yg besar pula..bkn cm gede khayalan fansnya, (next rossi???)),, krna setingn , oprek regulasi rookies,, contoh itu stoner..dr ducati pndah honda bs juara…
      rossi jg dr kenymnanan d hrc 2003 pndah ke tim ymha 2004, dg gaji yg lbh kcl…mtr lbh buruk…memulai dr nol..krna dia rossi di hina mnang cm krna mtr…ini si mm di ktain media gt ..mlah ngendon di tim kunyit.hhhh

      5. 2013 2014 itu era ssg br muncul..yg lain masih berusha mke mnyempurnkn..br era 2015 2016 ymha pke full ssg…dpt lwn mtr sepadan,, plus 2016 ada aturan ecu,, sm plus thn ini ,, kompooor dr pbrikn tertentu yg pngn bgt banned wing let..( aksi bls dendam)

      Guest
    • Sebenernya yg bilang marquez anak karbitan anak manja itu cuma lo doank moo gw gk liat tuh di komentar para rider macam rossi atau dovi atau lorenzo dn yg lain nya bilang marquez anak manja karbitan pdhl mereka klau di liat dari skill serta pemikiran gw yakin lebih pintar ketimbang ente bhkn bisa aja jauh lebih pintar jd atas dasar apa ente blg karbitan ingat moo jgn menjustice se”org klau emang situ blm mampu setara dgn org yg lo mksd krn itu akn sangat terlihat bodoh di mata org lain πŸ˜† maf moo cuma memperingatkan kecuali situ emang pgn ngebully cuma syg gk masuk ama pemahaman gw mahh….

      Guest
    • 1. Yakin situ ga ada sakit ati ama si Marquez, lalu mengapa dalam beberapa komen situ seperti tidak ada respek dengan memelesetkan nama si Marquez & bahkan Pedrosa juga.

      2. Marquez 2013 dimanja motor ??, ya di satu sisi mungkin saja, tp ingat saat itu dia minim pengalaman dan minim data. Anggap RCV-2013 adalah motor terbaik motogp musim 2013, mengapa Pedrosa dengan segudang pengalamannya dan menang data ternyata bisa kalah dengan cukup telak dengan anak baru dengan motor yg sama. Mengapa Marquez bisa lgs cocok dengan RCV, ya pasti ada hubungannya dengan riding stylenya yg unik.

      3. Dari mana situ dapat info Marquez sudah berkarir 9 thn pake Honda ?? Ingat saat di kelas 125CC (2 tak), dia menggunakan mesin KTM dan Derbi lho. Tentang hal ini aja situ udah salah info, tapi sok ngebacot.
      Dari mana situ dapat standar penilaian klo legend MotoGP HARUS minimal menang bawa 2 brand untuk dihargai?? Apakah Doohan tidak dihargai sebagai salah satu Legend MotoGP ?

      4. Situ kan tau Marquez itu dulunya penggemarnya Rossi yg punya 9x gelar Jurdun. Target si Marquez tentu salah satunya adalah menyamai atau melewati semua raihan rekor rossi tersebut. Mengingat lawan2nya sangat banyak yg hebat2 sekarang, tentunya dia akan memilih untuk bertahan, mungkin hingga rekor tersebut disamai baru dia akan pindah tim (jika umur mendukung juga sih). Ingat saat ini performa Honda-Marquez bukan diatas angin semacam jamannya Honda-Rossi. Masih ada tantangannya jika menang pake Honda mengingat RCV musim ini masih ada banyak kekurangannya terutama ditrek lurus panjang.

      Situ bilang Rossi pindah ke tim Yamaha 2004 itu dapat gaji lebih kecil, Rossi 2004 dapat kontrak 6juta dollar semusim (total 12 juta dollar untuk 2 tahun). Itu kontrak yg sangat besar saat itu dan Honda pun ga berani ngontrak sebesar itu saat itu. Disinipun situ sudah salah komen lagi.

      Oh iya situ pasti berpikir saat 2004 hanya Yamaha yg nawarin Rossi untuk pindah, Ducati juga sempat tapi Rossi ga mau karena tau Ducati saat itu kondisinya lebih buruk dr Yamaha, dan Yamaha nawar kontrak besar pula bahkan dibanding tawaran Ducati saat itu.

      Momen 2004 itu adalah momen kesombongan dan prinsip antara Honda melawan kesombongan & prinsipnya Rossi, dan berakhir dengan Rossi yg menang (prinsip Rossi saat itu : “pembalap lebih utama/berperan dibanding mesin” walau akhirnya kesombongan/prinsip itu mentah juga saat nunggang Ducati). Harusnya pembalap dan mesin itu balance/seimbang perananya. Tanpa rider, motor itu hanya benda mati yg tak berarti. Tanpa motor (apalagi klo motornya ngebul / mogok ampe 2x berturut-turut) ya rider itu akan cuma jadi pejalan kaki.

      ingat juga saat Rossi pindah ke Yamaha, Rossi tidak pindah sendiri tp juga memboyong krew mekanik hebat Honda macam si Burgess (yg sebenarnya bekas Chief mekanik Doohan). Rossi tidak benar2 memulai dari Nol, klo memang berani memulai dari nol dia ga akan memboyong Burgess dan berani lgs pindah ke Ducati di 2004 dengan tim lebih buruk dan dengan tawaran gaji lebih kecil dr yg ditawarkan Yamaha. Situ ga percaya?? silakan baca Autobiography-nya Rossi.
      Percuma ngaku2 fans-nya Rossi tapi Buku Autobiography-nya pun ga punya.

      Oh iya Rossi juga saat itu prefer memilih tim yg bisa dia stir/atur, dimana Rider yg setim dengan Rossi statusnya TIDAK boleh setara dengan dia. Begitu Lorenzo statusnya dikasi setara ama Rossi, Rossi ngambek dan memilih menerima pinangan Ducati.

      5. Ga banyak komen dah tentang hal ini. Soalnya mungkin ada bagusnya membanned Winglet agar ke depannya Design Motor MotoGP tidak mendekati F1. Lebih baik cari pengembangan di sektor lain atau cara lain. Buktinya Ducati bisa dikatakan cukup berhasil tuh sementara ini & relatif kompetitif tanpa perlu bantuan winglet sama sekali.

      Sori klo kepanjangan ya guys
      ga ada kerjaan menuh menuhi kolom komentar hehehe

      Guest
    • 1. krna fans mm yg blgu kpedean dan suka imaginatif atau pnya delusi berlebihan, next rossi??? masih jauuuhhh..

      2. riding syle unik mngkin sj,, pling kerasa di tim hrc itu team order tinggi…hayden mrasakn ketika setim dg rossi dan pedrosa,, smpai mngubah dimensi mtr khusus agar ccok dg pedro,, dan untuk kasus skr, pemilihn mesin oleh markues slalu d bnrkn hrc pdhl pedro 2013 krg setuju…hsl nya tau sndri..smpai blg di press conference mesin yg di pilih mm hnya cocok untuk dia…mslh itu masih berlnjut.

      3. doohan di hrgai lbh terkenl cm sebtas ambasador brand honda…dan kesan dr fans blp mnang di satu mtr itu krg berkesan…negatif thinking pasti ada knp dia gk bs d mtr lain??!!
      sudahlaah gk usah bacoot jg….

      4. waah klo blng performa honda 2013 2014 yg full ssg tdk di atas angin spt era rossi..itu slh besar…pnya full video 2013 2014, silhkn di analisa gap jrak finish klo honda mnang???
      ingt dl rcv 5 slinder!!! sm sj…dpt yg lbh..
      dan satu lg..rossi itu tdk mengaggap markues itu fans sejak kjadian sepang clash..klo situ nonton assen di podium tw yg sy maksd..si rossi tdk mrangkul markues untuk foto podium…dan sdh bnyk gerak gerik krg bersahabt..di seri sblmnya..
      dan soal rekor…mmg bnyk yg di pecahkn..namun bukan itu poinnya..ada bbrp hal ttg attitude markues yg scra gmblang mustahil mngmbil hati fans blp..gk sy sebut mlh jd penghinaan…

      5. hhh…atobiografy rossi…maaf..pertama terbit yg versi indonesia sdh pnya…saya fbr. klo situ mau pnya edisi video full dr 2002, 2003 ,2004.jg ada..

      6. situ slh ttg ke
      setaraan rossi dan lorenzo..ini bukti situ gk mngikuti perkmbngn..rossi pindah lbh kpda prinsip ymha yg akan mmberikn lorenzo porsi lbh besar…bkn kesteraan…ymha berfikir masa dpn ymha ada di lorenzo yg lbh muda..dia merasa terhina krena rossi mrasa dia yg berjasa mengembangkn m1 dr titik nol…tdk mndpt jasa yg pntas..terlbh ketika si ben spies dpt mtr yg suport dr pbrikn di akhir thn 2010..dia tmbh kesal..dan di ujung di ymha dia sbnrnta berar..smpai mnulis surat untuk mtrnya…
      mngkin rossi di ducati nasibnya spt ianone di suzuki…

      Guest
    • ya elah Jimmo-Jimmo, benar sakit situ, Kayak bocah tua nakal tingkahmu

      1. Jadi maksudhnya situ memelesetkan nama Marquez untuk menyindir fansnya MM, lalu mengapa nama Pedrosa kamu plesetkan juga??? kamu kira ada bagusnya memelesetkan nama orang yg ada masalah ama kamu ?? Klo situ FBR itu aneh namanya karena Rossi tidak ada masalah ama Pedrosa. Tapi klo kamu ternyata FBY juga berarti ya (mungkin) wajar barangkali.
      Terkesan miris aja sih sama orang2 yg nyari kepuasan batin dr memelesetkan nama orang lain.

      2. Honda team order, memang saya akui pernah terjadi saat Era Pedrosa menjadi rider no1 dimana desain motor terlihat sekali dibuat untuk mendukung ukuran tubuh Pedrosa. Tapi itu ternyata tidak membantu banyak. Fisik Pedrosa yg mungil dan lebih ringkih itu menurut saya cenderung merupakan Kerugian dibanding Keuntungan.
      Marquez 2013 memangnya siapa ???? koq lgs bisa “menguasai” tim Repsol 2013 ? seolah lgs jadi rider no1. Marquez 2013 statusnya masih rider 2 lho, mirip Rins musim ini di Suzuki. Tapi Marquez saat itu sdh bisa menunjukkan diri lebih baik dari Pedrosa 2013 yg udah lebih kaya pengalaman.
      Situ bilang Marquez anak manja ?? klo gitu mana yg lebih manja, si Marquez yg belum mau pindah tim walau motor makin banyak masalah atau Vinalez yg sempat ngambek karena dapat motor lambat di tim Avintia ? Atau Rossi yg ngambek pindah ke Ducati ketika Lorenzo dinaikkan tingkat posisinya di tim Yamaha

      3. Kamu belum menjawab pertanyaan saya mengenai dimana kamu dapat info marquez sudah berkarir 9 tahun pake Honda, kamu pikir Marquez pake Honda saat di kelas 125CC??? Tentang hal yg simple ini aja kamu udah salah jawab tapi ngebacot.
      “Doohan di hrgai lbh terkenl cm sebtas ambasador brand honda” Itukan cuma penilaian SUBYEKTIFnya kamu sebagai FBY dan FBR. Coba kamu ngomong gitu lgs didepan fansnya Doohan, berani ga ? (tapi susah juga ini kan anonim hehehe).
      Doohan itu sudah diakui & dihargai Dorna sebagai legend MotoGP lho.

      4 Baca dengan jelas kalimat saya tulis sebelumnya, saya ga ada bilang Honda 2013 tidak diatas angin, saya bilang Honda SAAT INI (2017) yg tidak dalam kondisi diatas angin. Jadi klo bisa menang lagi dengan motor banyak masalah tahun ini jelas merupakan tantangan (setidaknya menurut saya). Sekali lagi Anggap RCV2013, Marquez menang mudah karena kedigdayaan motor, Sekarang (2017) RCV tidak sedang digdaya kan ?? dan menangnya Marquez pun relatif tipis
      Ingat juga, Motor RCV2017 ini motor yg pengembangan mesinnya dibantu inputnya Cruthclow juga. HRC saat ini sudah BERUSAHA mencari masukan lain dr rider non Repsol agar bisa seperti Yamaha M1 yg lebih “easy ride” berkat input si Rossi semenjak 2004.

      “Rossi itu tdk mengaggap markues itu fans sejak kjadian sepang clash..” itu memang benar, keliatan koq gesture-nya Rossi ampe sekarang saat di podium atau saat konferensi pers. Rossi kan mirip Lorenzo, Stoner serta Vinalez serta beberapa rider lain yg memang “pendendam lama” orangnya. Itu manusiawi koq. Tapi sebelum Sepang class kan tidak, terutama musim 2013 dan 2014. Saat itu Marquez-Rossi masih bersahabat baik. Target Marquez dr awal karir ya memang untuk menyamai/melewati rekornya Rossi walau mungkin tidak semua tercapai.
      Situ sebagai FBR ya silakan2 saja menilai negatif semua musuhnya Rossi. Tapi INGAT, Tidak Ada Hal Baik yg bisa situ dapatkan dari menghina orang yg bahkan tidak ada masalah dengan situ.

      5 Wao kamu punya juga rupanya, tapi mengapa pada komen sebelumnya kamu mengatakan Rossi pindah ke Yamaha pada 2004 cuma dapat gaji kecil. 6 juta dollar semusim saat 2004 itu adalah nominal kontrak paling besar saat itu. Beneran Autobiography-nya nih kamu baca ?? ato cuma pajangan doang ??
      Katanya FBR tapi hal seperti ini pun kamu ga tau. Mau di baca ulang ?? klo gitu baca yg edisi 2005 dengan judul “What If I’d Never Tried It?”
      Baca disana alasan dia lebih memilih pinangan Yamaha dibanding Ducati (padahal sama2 Itali), Rossi ga berani ke Ducati karena lebih buruk dr Yamaha dan mindsetnya Ducati saat itu mirip Honda (mindset motor lebih utama drpada rider). Jadi Ducati 2004 tidak bisa di setir oleh input satu rider doang. Tim Honda 2004 dan Ducati 2004 punya mindset yg tidak ingin ada 1 rider yg “menguasai” tim.
      5 Wah padahal mengenai kesetaraan itu Rossi yg bilang sendiri lho. Nah untuk membuktikannya saya kasi nih linknya (untung masih bisa nemu bukti fisik omongannya si Rossi, biar ga dibilang asal bacot).
      Begini kalimat yg dilontarkan oleh Rossi :
      β€œMaybe I did a mistake in 2010 to move from Yamaha because I wanted to be the number one rider and when Jorge arrived HE WAS TREATED EQUALLY TO ME,” he said. So I didn’t like this [and left for Ducati]. But it was a mistake.”
      Silakan baca di situs Crash.net yakni (…../motogp/news/210304/1/rossi-mistake-to-leave-yamaha-over-no1-status.html) (copy paste aja linknya)

      Guest
    • lu kalo komeng udah kaya bikin 1 artikel testaja wkwkw
      dari bahasa lu kayanya tau banyak gp 500 cc dan moto gp hehhe

      Guest
  11. Sama wak menurut ane juga tech 3 emang paling konsisten dn oke team satellit yg paling sering di depan kaya lcr taun 2016 . Terlalu banyak ngpush akhirnya ban keburu abis dn marquez keliatan tdk terlalu terburu” di race santai penuh perhitungan dn akhirnya menang 😊😊😊

    Guest
    • Cruthlow full support HRC 2017 spt pnya mm dan dp beda ma tech3 M1 zarco&folger 2016 …kemenangan yamaha tech3 berbau keberuntungan karena yamaha banyak trouble th ini…

      Guest
    • mungkin kamu yang kelewatan baca : http://tmcblog.com/2017/06/28/keputusan-smart-untuk-tidak-ganti-ban-rain-analisis-pasca-race-motogp-assen-2017-ala-tmcblog/

      Administrator
    • Paling mvk25kolortop ame si jimoo cs nya yg tak bisa menerima kenyataan brow πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  12. Semakin bermental dewasa si Marquez, semoga tetap bermental seperti ini seterusnya agar tidak crash (membuang-buang poin).
    Juara di kandang sendiri memang hebat tapi bisa jadi itu hal biasa karena Atlit Tuan Rumah biasanya yg paling diuntungkan.
    Tapi juara beruntun berulang kali di negara asing itu (menurut saya) lebih luar biasa lagi. 8X menang beruntun di Sachsenring dan 5x beruntun di Texas pertanda rider tersebut menang bukan secara kebetulan.

    Oh iya Marquez terlihat seringkali cukup lambat di sektor 3 Sachsenring ini apakah ada hubungannya dengan problem yg dialami Marquez saat Warming Up Practice ya ??? soalnya saat warming-up practice dia terlihat sampe 2x melebar ke gravel pada sektor 3 saat mencoba time-attack. Mungkin karena hal tersebut membuat Marquez berpikir untuk lebih berhati-hati ketika melewati sektor 3.

    Btw…dengan gejala ban belakang seringkali spinning, ternyata si Pedrosa masih bisa meraih fastest lap posisi ke 3. Pantesan aja tidak dapat didekati ama rider posisi 4-5-6 sampe akhir lap. Mungkin juga karena rider posisi 4-5-6 terlalu lama sibuk dog-fight ya.

    Guest
    • Saya nonton siaran langsungny ketika sudah 15 lap to finish … Saya kirain pedrosa crash atau diluar 15 besar krna gak pernah ke sorot kamera ehhhk tau2nya podium 3

      Guest
  13. Maaf ott,…. Dengan prestasi dovi04 dengan ducatiny tahun ini yg boleh d bilang gemilang,…. dia membuat rekor satu2ny pemblap motogp era modern yg bisa juara di itali dengan tim dan motor itali plus riderny juga itali,….. Blum lagi rekor ” rider dan motor satu negara yg bisa juata seri 2x berturut-turut” Kira2 butuh berapa tahun ya trio pabrikan jepang (honda,ymha,suzuki) buat menyamai rekor desmoDovi????? Dan pabrikan mnakah d antra trio pabrikan jepun yg pertma yg bisa membuat rider jepun dengan motor jepun menang d jepun???? Time till wel ajlah,…. Ciaooooo

    Guest
    • iya juga,rider jepang paling mentok jurdu 250cc,terakhir kali hiroshi aoyama tapi pake KTM,mungkin yg bisa jurdu pake motor jepang(rs250),helm jepang(shoei) ya mendiang daijiro kato
      Cmiiw

      Guest
    • Klau d moto3/gp125 atau moto2/gp250 rekorny gak terlalu fantastis, beda klo d motogp,….
      Mungkin (klau saya tidak slah) satu-satuny rider yg bisa juara dunia mgp500/motogp dengan rider dan motor satu negara cuma mbah giacomo agustini dengan mv agusta-nya,……
      itupun udah luaaama bangettt,… Ortu sya blum nikah pda waktu itu malahannnπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Guest
    • tapi kalo motor n rider jepang podium 1 di GP terakhir kali kalo nggak salah,Tohru Ukawa pake Honda Camel 2002 di South Africa

      Guest
    • Klau ada org jepu kaya mendiang dojiro kato ane yakin bisa tp utk skrg ini sprti nya rider eropa lebih mendominasi terutama italyano dn spanyol 😊😊😊

      Guest
    • bro jangan bahas rekor dovi gitu donk bisa juara pake motor italia terus dia juga orang italia.
      kan saya jadi keinget pembalap pabrikan tertentu yang impian terbesarnya adalah juara pake motor italia atau bahkan juara dunia secara dia orang italia pasti ada suatu rekor tersendiri dan kenikmatan tersendiri. sayang pas pembalap tersebut ke ducati motornya malah gak mendukung dan akhirnya balik lg ke yamaha.

      Guest
  14. Maaf wak oot maningπŸ˜€πŸ˜€
    Honda wsbk sudah punya pengganti mendiang NH69 ya,… Wong amerika serikat juga ykni Jake Gagne tpi sya gak tau apkah dia cuman memblap via wild card doang d seri amerika atau sduh mnjadi pemblap reguler honda d wsbk

    Guest
    • Mngkin wild card jake gagne mantan juara supersport amerika 2016 dg yamaha R6 semoga jd pembalap permanen di honda wsbk 2017 …

      Guest
  15. kalo yang bahas juara / peringkat atas biasa…, mumpung tech3 lagi hapening, coba dibahas komparasi lap time folger vs zarco di jerman, secara biasanya zarco yang lebih unggul dari folger, kecuali di qatar zarco dnf, cmiiw. motor sama, trek dry, pilihan ban??

    Guest
  16. disini ane amati satu per satu yg berkomentar, kemudian ane bisa simpulkan banyakan yang pada komen itu adalah rata2 :
    1. Pendukung Tim Honda
    2. Fans Boy MM93
    3. VR46 Haters
    4. Yamaha Haters
    5. MVK25 Haters

    *benar atau tidaknya, itu hanya sekedar analisa ngawur semata*

    Guest
  17. Semoga pas Marc_Marquez pindah team buat menyempurnakan gelarnya, ente masih hidup Mo_Jimo aka Triatmomo secara umur ente’ kan udah kepala_4 mendekat kepala_5, ,,

    hahahaha

    Dasar Manusia Sampah,,

    eeeekkkkeeeekkkk

    Guest
  18. Shiro July 4, 2017 at 13:33
    iya juga,rider jepang paling mentok jurdu 250cc,terakhir kali hiroshi aoyama tapi pake KTM,mungkin yg bisa jurdu pake motor jepang(rs250),helm jepang(shoei) ya mendiang daijiro kato
    Cmiw
    ———————-

    Aoyama juara gp250cc pake Honda bro

    Guest
    • Dn sprtinya bibit bibit sprti mendiang blm ada dn blm ane liat tuh broww daijiro kato rival rossi di msa muda…
      Mdh”an akan ada sosok yg bisa membawa nama baik rider asia tentunya org asia itu sendiri ☺ amin..

      Guest
    • Untuk saat ini Tatsuki suzuki adlh pemblap jepang sekaligus pemblap asia yg paling menjajikan d antara pemblap asia lain buat bertarung melawan dominasi eropa,… Cuman doi satu2ny pemblap asia yg konsisten finis 10 besar d moto3 beberapa seri belakangan ini

      Guest
  19. Pada tahun 2001, dia bergabung dgn tim Telefonica Movistar Honda dan mengendarai Honda NSR 250 pembalap bernomor 74 ini, meraih gelar juara dunia GP 250 cc. Ia meraih 11 kemenangan dari 16 seri yang dilombakan dan merebut 322 poin. Thn 2002 ia pindah ke kelas MotoGP, bergabung dengan tim Fortuna Honda Gresini dan mengendarai Honda NSR 500 ia mampu menyaingi pembalap pabrikan Honda dan pabrikan lainnya yang menggunakan motor 4 tak 990 cc. Di pertengahan musim ia mendapat jatah Honda RC211V 4 tak 990 cc, dan langsung meraih posisi kedua di sirkuit Brno GP Ceko namun syg’a kato hrs menghembuskan nafas terakhirnya di sirkuit tanah kelahiran nya sendiri dn di depan fans nya 😒 kato adalah sala satu pembalap paling berbakat yg dimiliki asia umum nya dn jepang tentunya hmmmm….. memorial 74 blm ada yg punya catatn terbaik utk rider jepun yg bisa menyaingi daijiro kato utk saat ini ☺

    Guest
    • Klau pemeritah tanah air ini serius menggarap bakat pra rider muda indonesia, bukan tidak mungkin generasi penerus “perjuangan” mendiang daijiro kato untuk “menancapkan” nama rider asia d tower motogp berasal dari tanah air tercinta ini,…..
      Diantara lima benua d planet bumi ini, hanya benua asia lah yg belum “pecah telor” untuk mewakilkan ridernya sbg juara dunia motogp/gp500

      Guest
    • Semuanya harus tulus dari hati mudah”an tim ahrt bisa memberikan jln lurus utk menuju motogp dn bkn hnya sebagai team penggembira saja ☺ qta doain aja semoga rider” muda tanah air qta ini mampu menunjukan taring’a dikancah balapan international 😊 rally qta udah punya nama dulu petenis qta punya dulu mbah yayu bulutangkis jgn ditanya ☺ tinggal roda dua aj bangsa ini blm punya nama besar sampe eropa tp jika tekad kuat dn keinginan yg kuat ada ane yakin jalan itu pasti ada ☺☺☺

      Guest
  20. Mungkin ga ya suatu saat Dorna terpaksa harus merubah orientasi sirkuit jadi clock-wise buat menghentikan dominasi Marquez??

    Guest
  21. Akamsih Germany 94 dapat Juara 2 Akamsih Italiano Yg dapat julukan The DOG maren nomer berapa yah……

    Guest
  22. Apapun akan dilakukan dorna untuk menghentikan dominasi honda di motogp mulai dg OPREK REGULASI (khas yahama) hingga peng-KEBIRI-an teknologi honda dg berbagai alasan dan…
    Sampai saat ini belum berhasil juga apa yg dilakukan gerombolan pembenci honda diajang balapπŸ˜πŸ˜€πŸ˜ƒ.
    Entah nanti apalagi yg akan dilakukan supaya dominasi honda bisa MANDEGπŸ˜ƒ

    Guest
  23. Fix_ berarti kamu FBY aka Fans Boy Garpueeeekkkkeeeekkkk

    dimata ente kan isinya negatif semua bro klo bicara pabrikan lain termasuk Yamaha, balapan pun kalo bisa 18 seri yang menang Honda semua sapu bersih.

    juga untuk para komentator yg lain, kok begitu bangga mendewakan dan mengelu2kan jagoannya sekaligus memojokkan racer dan pabrikan lain, ah, mungkin melakukan hal semacam itu hanya demi kesenangan dan kepuasan hati saja atau memang ada incomenya.

    Guest
  24. jomoo says:
    bnyk legenda gp itu dhrgai bs membawa minim dua brand juara
    wkwkwk
    komentar paling ngga empiris sepanjang sejarah berkomentar terkait artikel moto gp kliatan banget bahwa si jimoo ga lahir dari jalur seharusnya
    saya duga jimoo lahir hasil hub di diluar nikah
    dan pilihan jalur keluar saat manusia model jimoo itu lahir hanya ada 2 kemungkinan
    klw dari lubang dubur ya lubang buaya

    Guest
  25. Kalau gw bilang sih, sampai seri ke-9 2017:
    – Motor terbaik: GP17, semua tipe circuit bisa bersaing podium 1
    – Pembalap terbaik: Marc Marquez, belum ada yg menyainginya soal kombinasi skill, determinasi, semangat, etos kerja, & pikiran positifnya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here