TMCBlog.com – Bro sekalian, Di artikel Kemarin dimana Kita sudah membahas secara ekslusif performa laptime Jonas Folger dibandingkan dengan Marc Marquez baik secara lap per lap maupun per-Sektor. Dan Di artikel tersebut beberapa pengunjung tmcblog dan Juga sebenarnya tmcblog malah tambah kepo sama performa 4 pebalap yamaha ( Folger, Vinales, Rossi, dan Zarco) di MotoGP Sachsenring 2017 . Bukan apa apa, Vinales itu menguasai test Pramusim dan race awal, Rossi penuh pengalaman dan baru Pindah pemakaian Sasis, Sedangkan Zarco punya performa yang nggak kalah sadis di beberapa race race sebelumnya . . .  Sebenarnya seperti apa perbedaan performa mereka berempat ? mari kita cek sob.

pict : yamaha Movistar

Sebelum masuk ke data mari kita bahas dulu keadaan fisik dan ‘modal’ dari keempat pebalap yamaha ini . . Jonas Folger dan Johann Zarco adalah Rookie yang menggunakan Yamaha M1 Versi update Terakhir Valencia 2016.

menurut tmcblog Tidak ada yang istimewa dari Paket Folger dan Zarco dibandingkan Paket Rossi dan Vinales, karena pada dasarnya motor M1 Folger dan Zarco adalah Motor lama Yang minim Update hardware. Info yang tmcblog terima Valentino Rossi dikabarkan sudah menggunakan Sasis baru dan meninggalkan Sasis generasi pertama 2017 M1 . . Sasis Sasis generasi pertama 2017 M1 sendiri dibuat untuk mengatasi masalah Tire wear ( kerusakan / keausan ban ) dari yamaha M1 yang terjadi lap lap akhir pada Musim 2016.

pict : yamaha Movistar

Namun Semenjak 8 seri awal motoG 2017 Sasis generasi pertama 2017 M1 yang dipakai Oleh Rossi dan Vinales ini malah membuat masalah wheel spin berlebihan di beberapa sirkuit terutama sirkuit kuno yang memiliki Grip Track rendah dan Juga sirkuit yang banyak memiliki long corner. Wheel Spin ( ban belakang ngepot ) berlebihan sangat merugikan karena ini akan membuat Traction Control berkerja lebih sering untuk mematikan mesin . . . Untuk lebih jelas mengenai kerja Traction Control sobat bisa lompat dulu menyambangi artikel tech-talk tmcblog yang khusus membahas masalah ini

Sasis Baru yang dipakai Oleh Valentino Rossi semenjak test terakhir dan Di Sachsenring ini merupakan Sasis revisi 2017 yang sejatinya didesain berdasarkan Sasis M1 2015/ 2016 . . . Pada dasarnya Sasis yang dipakai Folger dan Zarco juga merupakan Sasis 2015 Yang dikembangkan Rossi dan Lorenzo karena sasis asli 2016 yang menggunakan tangki bahan bakar panjang sampai ke buritan rupanya ditolak oleh Rossi dan Lorenzo kala itu karena merubah CoG dan tentunya riding behaviour dari M1.

Sasis yang dipakai Oleh maverick Vinales di Sachsenring sesuai yang diinfokan resmi ke para Jurnalis MotoGP Oleh Lin Jarvis adalah sama dengan Rossi yakni Sasis terbaru. Namun beberapa Jurnalis percaya bahwa di Sachsenring Vinales masih memakai Sasis versi awal 2017 secara diam diam karena Lin sendiri terkesan menutupi tentang konfirmasi sasis mana Yang sebenarnya dipakai Oleh Maverick.  . . Logis dan dapat dipahami karena balap Prototipe penuh dengan rahasia tentunya.

Grafik di atas adalah gambaran umum apa Yang terjadi hari ahad kemarin di Track antara 4 pebalap Yamaha . . . Namun dari Grafik yang kelihatan awut awutan kayak benang kusut tersebut sudah dapat di ambil kesimpulan general . . . Anak kampung Sini alias AKAMSI Jonas Folger yang memang secara logika lebih kenal Sachsenring dibanding Rossi, Vinales, dan Zarco . . udah Kayak Vinales dengan Catalunya, atau Rossi dengan Misano, atau Zarco Dengan le-Mans . .  ayo kita zoom lagi Grafiknya  sob . .

yap seperti yang bisa tmcblog kunyah kunyah dari data dia tas, tercatat hanya beberapa Kali doang Seorang maverick Vinales bisa lebih cepat dari Jonas Folger hari ahad kemarin di Sachsenring . . ehhh jadi kepo Gimana sih kalo Laptime Folger dibandingkan dengan Zarco ? Cekidot deh  . .

Satu kata ? Jauh bener Yah performa Zarco dan Folger di Sachsenring 2017 . . . padahal Motornya sama persis, teamnya juga sama akau crew chiefnya beda   . . .  memang faktor AKAMSI seorang Folger yang sudah biasa di Sachsenring Mungkin ya ? . . . Performa duo Yamaha Movistar sendiri Gimana ? Cekidot  . .

Yap dari 30 Lap total di race MotoGP Sachsenring 2017 hari ahad kemarin, tmcblog lihat sekitar 17 kali Maverick Vinales torehkan Laptime lebih cepat dari Rossi dan sebaliknya 13 Kali Rossi lebih cepat laptimenya dari Vinales . .. Secara umum dilihat dari Pace laptime, Performa Maverick Vinales menurut tmcblog sedikit lebih cepat dari valentino Rossi di race MotoGP Sachsenring 2017. . .

nahhh Makin kepo kan  . . Mudah mudahan belum muntah lihat grafik grafik di atas heheheh  . . so di daerah mana sebenarnya Folger Punya performa lebih ciamik dibanding ketiga Pebalap Yamaha Lainnya ? Mari Kita simak paparan Pace per sektor berikut ini  . . ini dia datanya  . .

Yap 480 data laptime  . .  mumet tho ? 😀 . . . lebih baik kita breakdown dan dijadikan Grafik saja kalo gitu  . .

Sektor 1 Sachsenring 2017

Sektor 1 sachsenring dimulai dari straight 700 meter yang berujung tikungan ke kanan T1 . . . di T1 rider akan menurunkan speed dari sekitar 296 km/jam ke sekitar 99 km/jam dalam 6 detik sehingga mengalami G force sebesar 1,5 G untuk selanjutkan di T2 merupakan speed corner untuk selanjutnya masuk ke T3 . ..

di sektor 1 Sachsenring ini sebenarnya Folger tidak terlalu digjaya . . . malah sebenarnya Valentino Rossi Lah yang terbaik diantara ke 4 Rider yamaha ini di Sektor 1 . . Mungkin karena Rossi termasuk salah satu master of Late Braking yang berguna di ujung straight Ya ?

Sektor 2 Sachsenring 2017

Sektor dua boleh dibilang sektor tricky yang penuh tikungan dimulai dari tikungan sempit T3 namun setelah itu Baik di T4, T5 sampai T7 tikungan tidak terlalu sempit cenderung speed corner/ long corner , namun karena Bagian daerah antar tikungan sangat dekat maka speed tidak terlalu berkembang oleh disini, sangat sangat tricky butuh Motor yang memiliki sasis yang mumpun.

Di sektor ini Nggak butuh speed, butuh pengetahuan detail tentang sektor karena pebalap musti ngerti Parth mana yang terbaik dari Track dan memang Jonas Folgerlah yang umumnya tercepat di Sektor ini . . .Vinales nggak terlalu berkembang pacenya di sektor ini . . Mungkin karena slide itu sehingga membuat Traction Control bekerja memutuskan Ignition ? . . imho, cmiiw

Sektor 3 Sachsenring 2017

Menurut data yang tmcblog terima Sektor tiga dari 4 tikungan T8 sampai T11 semuanya boleh dibilang hampir memiliki karakter speed corner. T8 misalnya Rider hanya akan ngerem dari sekitar keepatan 283 km/jam sampai hanya 172 km/jam . .. bisa bayangin . . . nikung dengan kecepatan 172 km/jam . . . what a speed corner . . . butuh kestabilan dan juga butuh ban dengan karakter asimetrik di sini

Jonas Folger paling mantab jaya di Sektor penuh speed corner ini . . namun Zarco tidak terlalu digjaya  ..  padahal karakter mesin sama persis ?  . . . Maverick Vinales yang emmang juga penyuka speed corner dan tikungan tikungan flowing seperti Sektor 3 Sachsenring ini terlihat lebih perform dari team matenya valentino Rossi.

Sektor 4 Sachsenring 2017

Sektor 4 Sachsenring dimulai dari sebuah awal turunan waterfall dan di ujung tikungan ke kiri T12 Sachsen itu kecepatan rider yang bisa mencapai top speed 290 km/jam dan akan turun sampai 115 km/jam sehingga rider akan mengalamai G force pengereman sampai sekitar 1.4 G . . . dari T12 rider akan masuk ke straight kecil menuju tikungan hotspot Overtake T13 untuk selanjutnya kembali nikung ke kiri menuju daerah straight utama /podium.

Sektor paling kencang di Sachsenring ini juga membuktikan bahwa determenasi, konsistensi, pengalaman dan pengetahuan detail soal Track menjadi kunci utama Seorang AKAMSi Jonas Folger untuk bisa unggul di sektor ini ketimbang 3 pebalap yamaha Lainnya . . Grafiknya sendiri sudah mengatakan hal yang tidak terbantahkan lagi soal moncernya Folger di Sektor ini . . Nah kalo kita Rata ratakan gimana ? Cekidot sob  . .

Nahhhh sesuai data yang tmcblog olah di atas . . . Rossi punya Pace rata rata tercepat di sektor 1 Saat Race MotoGP Sachsenring 2017

Di sektor 2 Jonas Folger paling cepat Pacenya diatara pebalap Yamaha.

Di sektor 3  . . valentino Rossi paling Suffer . ..  Jonas Folger Paling happy

Di sktor 4 Duo Yamaha Tech 3 Jonas Folger dan Johann Zarco pace rata ratanya sudah kayak langit dan Bumi ..  padahal motornya sama  . . . Nahhhh sudah lengkap kan sekarang data datanya sob ? silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

88 COMMENTS

    • Juaranya tetap MM93 dari tim repsol honda
      MM93 is the nexk rossi , ngoahahahaha

      Guest
    • ekekekek

      dan juara konstruktor + team
      masih dipegang yamaha
      artinya motor2 yamaha M1
      pancen juosss …

      😂😂😂😂

      Guest
    • tidak bisa dipungkiri mm93 the next rossi, konsistensinya itu loh mau ujan mau kering , mau scramer mau gangbang + SKILL war biasyah,, ditambah kedewasaan yg berlebih , kalo bisa terus menerus seperti ini, tidaklah hal mustahil rekor2 baru bakalan terpecahkan.

      BYEEEE VINALES

      Guest
    • Artikel khas blogger cerdaz.
      Analysa data akurat terpercaya.

      Jurondaz, JuraganRondo emang cerDaz

      Guest
    • Itulah sbabnya MM93 nekt rossi krn kompetitif nya
      Jd kalau rossi pensiun udah ada penggantinya yaitu the nexk rossi !

      Guest
    • ekekekek

      nunggu next pedrozonk #26
      juara zonk 11 tahun naik onda
      kira2 siapa ya ???

      ngahhh… ngahhh…

      😂😂😂😂

      Guest
    • semua bakalan jd pedrozonk selain mamakes,, ngonddaaa ga ad mamakes sekelas ktm cuyyy wkkwwkwk

      Guest
  1. Semuanya pmblp ymha dikalahkan oleh MM93 the nexk rossi
    Ngoahahahaha
    FbY dipersilahkan , ekekekek

    Guest
    • ekekekek

      jangan markonah mlulu
      pedrozonk#26 juga naik rcv lohh …
      walau 11 tahun zonk

      ngahh… ngahh…

      😂😂😂

      Guest
  2. Satu kata ? Jauh bener Yah performa Zarco dan Folger di Sachsenring 2017 . . . padahal Motornya sama persis, teamnya juga sama akau crew chiefnya beda . . . memang faktor AKAMSI seorang Zarco yang sudah biasa di Sachsenring Mungkin ya ? .

    Saya jual aqua biar gak typo wak, biar zarco gak berubah kewarganegaraan wak

    Guest
    • Salam Jurondaz bro,
      JuraganRondo
      emang cerDaz
      Analysa berdata mantap
      terpercaya

      Guest
  3. Folger mungkin paling tau setiap jengkal sachsenring diantara pebalap yg lain… intinya pebalap sejak dini harus memiliki database sirkuit yg baik dalam ingatannya.. yg akan berguna untuk masa depannya.. good job folger.. please learn and practice for the other track

    Guest
  4. Memasuki tikungan 11 – sebelum turunan waterfall – Folger selalu mendekati rider di depan nya begitu deket melalui sisi luar seperti motor nya memperoleh tambahan akselerasi yg lebih di banding motor lain, sehingga dia dengan mudah overtake rider lain dari sisi dalam pas masuk tikungan 12.

    Guest
    • Salam Jurondaz bro,
      JuraganRondo
      emang cerDaz
      Analysa berdata
      mantap
      terpercaya
      Jiyos Pold

      Guest
  5. makanya HRC mati matian pertahanin Marc Marquez biat gak keluar dari Repsol Honda team kebanggaan saya soalnya HRC takut gak ada yg bisa bawa Honda kesayangan ku juara tanpa Marc Marquez jagoan ku FAKTA!!! 😂😂😂😂
    Any Question? sedangkan Rokie Yamaha Merata Dr factory sampai satelit FAKTA!!! Any Question?? 😅😅😅😅

    Guest
    • Lha YFR mati2an pertahanin rossi, gaji pebalap paling mahal, tim siapa cung?
      YFR dgn pebalap rossi

      Gak ada rossi dan jorge lorencong YFR cuma kayak sesosok kucing kecil.

      Marq bertahan di repsol honda krn adanya simbiosis mutualisme bagi tim dan sponsor, YFR tanpa rossi, bs sepi sponsor tuh fairing M1

      Guest
    • Hussss jgn gtu bang gitu” juga yamaha M1 itu motor komplit faket dewa 😆😆😆😆😆😆😆😆 buktinya rossi udah dua kali motornya mogok 😂😂😂😂😂😉😂😂😂😂😂😂😂😂

      Guest
    • HRC kalo kehilangan mm93 tinggal nyari yang lainnya, toh skill rider jaman sekarang gak segila jaman dulu, rider jaman sekarang banyak terbantu elektronikanya, dan juga kemungkinan tim honda paling lama 4 tahun tanpa gelar kalo mm93 pindah.
      Pertanyaannya kalo Rossi pensiun gimana nasip tim yamaha, secara vinales gak bisa bangun motor sebagus Rossi

      Guest
    • Kalo mvk ngga bisa bangun motor kayak Rossi, hasil tes pramusim nggak ngikutin maunya Vinales dong. Hehehe. Terbukti pramusim dan secara keseluruhan M16 ngikutin mau Vinales. Karena dia ngasi result lebih di 2017 ini. Rossi aja ngakui. Rossi menang pengalaman iya, tapi terbukti masukan Vinales yang dipakai Yamaha 2017 ini. Kesulitan mereka cuma di track less grip sama elektronik waktu wet race. Elektronik bukan domain rider ya…

      Guest
  6. Wak … Telusuri dong, ada gosip mv dilarang ngomong soal chassis soalnya yg dipake terakhir ini sebenarnya balik lagi ke 2016. Terus satu lagi, kalau nggak start dari no 11 harusnya mv bisa p3 ngejar pedrosa. Kalo dari data mungkin nggak wak ?

    Guest
    • banyak faktor
      faktor penghalang MV semenjak P11 sampai P4 dll dll . . walaupun bisa di perkirakan namun hanya sebuah pendekatan

      Administrator
  7. Masalahnya sasis 2016 itu masih buruk saat wet.
    Dan ternyata sasis 2017 lebih parah lagi bahkan spin saat long corner walaupun kering.
    INTINYA jika yamaha mampu cepat di lintasan basahh.kemungkinan besar gejala spin saat kering akan teratasi.
    Tpi gk tau juga klo boros ban.tpi sasis 2017 malah spin apakah gk lebih boros ban yaa

    Guest
  8. Bahas jg donk antara MM & DP, kyknya si mbah pgn bgt tuh…

    Klo berita di crash.net ttg CC35 yg bilang MM cuma main2 aja gmn wak, krn rcv & MM potensial bgt thn ini.
    Ga rame jg klo MM dominasi podium terus, perlu iseng2 dikit.
    Di paruh wkt, MM potensial dg track brno s.d catalan. Artinya MM sgt kuat di track2 berikutnya. RCV jg stlh liburan smakin mantap. Tp perlu data dr wak haji nih…

    Guest
    • wew, kalo MM main main, artinya mirip kayak karakter VR46 dong ya
      VR46 kalo nggak salah dulu kan suka gitu, kadang mundur kalo lagi menguasai race biar ada perlawanan, imho

      Administrator
    • Kalo itu sih kelihatan dari insiden patwal Lorenzo ama qualifikasi ama mv. Walau keliatannya ceria, ramah .. mm ama vr ada liciknya juga, suka ngasi psywar, nyari celah aturan buat ngakalin lawan. Kadang ane pikir, walaupun ngeselin at least jolor ama mv yg egois cuma mikirin diri sendiri ga suka mainin orang lain. Pokoknya gw menang udah, ga ngerjain rider lain

      Guest
    • hehehe…ramah dan ceria yah…( memiliki sisi licik bak srigala)….pengelihatan ente bener banget brook!!! mereka ini motogp darling…. beda banget MV, JL, CS…batu, cadas, egois, tapi mereka yah tetep mereka gak ada intrik

      Guest
    • Marquez main2 gitu pengen tau mental lawan aja.. down ga dikerjain dikit ?? Atau malah makin motivasi untuk bisa kerjain Marquez balik pas race ?? Ga cuma di MotoGP saja, F1, Balapan atau di kehidupan pun semua pasti ada yg seperti itu.

      Guest
    • krg pntas klo mnyebut marc nex rossi..

      lbh pas next mick doohan..

      ngendon di satu merk tnpa pnya kberanian pndah tim..

      rossi itu jd legend bkn krna raihan juara dunia dan rekor..rossi bkn anak mami yg dpt oprek rookies rule..
      bkn yg cm dpt mudah dpt mtr kompettf mulu..
      sana dl marc pndah suzuki ato ktm dan jurdun d thn pertama, br boleh koar2 next rossi..(rossi ke ymha yg burem 2004) fktanya????
      yg d lakuukn sblm marc pndh ke hrc apa??? cm naik kunyit dr gp125 udah di kunyit pke honda nsf125 kunyit..hhhh..mnang cm didikn kunyit..

      pmblp spt inikh next rossi???
      bhkn level mark itu dg vinales lbh hebat vinales..
      perjuangn si mv untuk ke yfr itu lbh perih.hhh
      pontang pnting di gp125 pndah tim, di moto3 dpt tim gurem awalnya…
      dg suzuki ..push abisd…bs juara seri podium berkli kli…
      waktu itu mark ngpain? dpt faaslitas, ma ngedot kunyit doank.hhh..bhkn jurdun 2013 ma 2014 untuk cm fasilitas hrc yg boleh pke ssg yg lain masih blm smpurna..jd scra skill masih d pertnykn…..br ujian mark itu 2015 2016 dmn mtr pke ssg semua dominasi khbntn dia 2014 musnah.ckck
      jd logikanya gmn nih kok bs marc kok bisa lbh hebat dr mv? jurdun 3 kali?

      doohan jurdun 5 kli pun jg d ragukn skillnya klo d mtr lain !! ..

      marc is the next doohan bkn rossi..

      next rossi itu cm kelak klo rossi mnikah pnya anak..laah anaknya itulaah next rossi…

      moga fbh garis keras plus yg masih berkhayal dg kefanatiknnya phm ya..piss.ckck

      Guest
    • Mm93 jurdun gp125 pake motor derbi bukan honda ……..
      Perjuangan untuk masuk ke salahsatu tim papan atas susah???? Bukti rider tersebut belum d akui skillnya,…..
      Persis kyak lu lah mo,,,, orang lain susah nerima ide Atau komen lu karna otakmu masih d pertanyakan keWARASannya

      Guest
    • dasar pemalas…hhh.

      ogah baca ato ogah menrima fkta cuuungg..hhhh

      slmt bermimpi next rossi ..

      rossi sj gk mngkui babi alien..ckck

      Guest
    • M.m93 main2 macam rossi? G salah tuh ?karakter nya beda rossi intertairner sejati beda sama marq lepas bablas duel one by one lebih bagus rossi …siapa pembalap terpopuler dan pnya fans terbanyak..?rossi bro…go go vale !!!numero uno

      Guest
  9. frame di buat nge grip ngerusak ban
    di buat biasa wheelspin
    ribet amat tuh tim yamaha problem nya
    mending riset nya dialokasikan ke mesin aja

    Guest
  10. setuju sama pernyataan “Sasis yang dipakai Oleh maverick Vinales di Sachsenring sesuai yang diinfokan resmi ke para Jurnalis MotoGP Oleh Lin Jarvis adalah sama dengan Rossi yakni Sasis terbaru. Namun beberapa Jurnalis percaya bahwa di Sachsenring Vinales masih memakai Sasis versi awal 2017 secara diam diam karena Lin sendiri terkesan menutupi tentang konfirmasi sasis mana Yang sebenarnya dipakai Oleh Maverick. . . Logis dan dapat dipahami karena balap Prototipe penuh dengan rahasia tentunya.

    Bisa jadi emang yang dipakai bukanlah sassis 2017 yang revisi, tapi adalah sassis 2017 generasi yang pertama. Karena sebelumnya Maverick mengatakan memang gak terlalu suka dengan sassis yang baru, dia lebih menyukai sassis yang 2017 awal.

    Guest
  11. yah garis grafik nya warna sama,,
    cm beda ada segitiga atw kotak warna beda,,
    kurang jelas,,
    mending garisnya aja beda warna ky biasa mas,,
    lebih jelas,, sori cm pendapat,, thx

    Guest
    • Salam Jurondaz bro,
      JuraganRondo
      emang cerDaz
      Analysa berdata
      mantap
      terpercaya
      Jiannn Joss Jurandoss, JuraganRondo ancen Jos Giyandossst

      Guest
  12. Jangan cuman MM93 mulu yang dibangga-banggakan. . . , lihatlah Teammatenya dia sendiri, DP36, udah 11 musim masih Zonk Jurdu, Pedrozonk 26 kan juga termasuk pembalap tim Repsol, bukan tim lain, atau memang sengaja menutup mata, bodo amat DP26 memble yg penting MM93 juaranya.

    Guest
    • Pebalap development mah woles, mau jd juru kunci berkali2 ya biasa aja, krn emng yg jadi senjata utamanya si marq.

      Liat tuh suzuki, pebalap developmentnya macam aleix di tendang, gmn hasilnya? Makin ancur bukan

      Jd sampe kapan pun DP26 gak akan bisa bersinar sperti marq, krn dia “man behind the gun” untuk pengembangan RCV.

      #catet

      Guest
    • Vario kinclonk : bener kata lo, bro.. HRC itu team solid, harus ada yg namanya person to be a champion namanya Marc Marquez. Ada bike developer seperti Dani Pedrosa dan Cal Cruthlow, mereka ber2 ini ya bisa dibilang Men behind the stage. Dan ketiganya udh HRC Contract, uang melimpah hidup enak fasilitas oke dan ketawa2 liat comment HATERS !

      Guest
    • Menurut w Pedrosa zonk 11 tahun karena badannya terlalu kecil, dia sendiri kan yang cerita, ada artikelnya kok di tmcblog ato di iwb, nah kalo tim mate kemungkinan saat2 tertentu aja, misal mm93 lagi ngejar poin yang dah mendekati akhir motogp, toh yg penting bagi tim Honda dp26 masih di 4 besar klasemen dah cukup

      Guest
    • Kan malah jadi bukti. Bahwa motor honda bukan motor sempurna sehingga semua bs juara dg honda. Tapi paket warisan Stoner dan baby alien lah yg sempurna. 4tahun kejuaraan 3 kali juara dunia.

      Guest
    • Lah itu bro beda nya YAMAHA sama HONDA dr dulu yamaha mengharamkan team order jd persaingan rekam setim lebih menariK g heran VR46 VS JL99 & MV25 VS VR46 sering duel beda sama honda satu nya tuan SATU NYA PELAYAN /BABU wk wk

      Guest
  13. Jangan cuman MM93 mulu yang dibangga-banggakan. . . , lihatlah Teammatenya dia sendiri, DP36, udah 11 musim masih Zonk Jurdu, Pedrozonk 26 kan juga termasuk pembalap tim Repsol, bukan tim lain, atau memang sengaja menutup mata, bodo amat DP.26 memble yg penting MM93 juaranya.

    Guest
  14. Wak haji ini pekerjaan aslinya apa sih? Kalo nulis artikel motor kok bahasannya dalem banget yaa.. bermutu gak asal tulis. Apalagi sektor tech talk nya, waaaah… salut, wak!👍😄
    Serius nanya, wak. Maklum, saya pelanggan baru disini 😅

    Guest
  15. pedro korban team order…dan untuk kasus skr, pemilihn mesin oleh markues slalu d bnrkn hrc pdhl pedro krg setuju…hsl nya tau sndri..smpai blg di press conference mesin yg di pilih mm hnya cocok untuk dia…mslh itu masih berlnjut…pedrozonk nasibmuu..pindah ymha sj.lbh enakk.

    Guest
    • “pindah ke yamaha aja, lebih enak”

      ntar dikata katain pembalap manja, nyari tim yang enak mulu. seperti kata om jimo, markes pembalap manja. haha

      Guest
  16. ayo anak2 hari ini kuliah dari wak haji dalam mata pelajaran….
    ‘analisa hasil race gp jerman dengan pendekatan lap time serta pengaruh sasis terhadap hasil akhir lomba .”
    serasa otak mau meledak.
    panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang bingits artikelnya

    Guest
    • Panjang ngeluh, pendek protess…..
      Bukan tipikal reader tmcblog tuh…..
      Salam Jurondaz, JuraganRondo emang cerDaz,
      Joss Jurandoss, JuraganRondo Ancen Joss giyandoss

      Guest
  17. sebenernya gak ada yang salah dengan pebalap yamaha, pebalapnya kenceng, motornya kenceng, cuma ya itu, yang bikin mereka jadi lelet karena ada beban pikiran, ada kabar selentingan kuat bahwa balapan roda dua akan punah, apalagi yang menyuarakan adalah ilmuwan peneliti setingkat Ph.D atau setara S3.

    ngah ngah ngah

    Guest
  18. Ya elahhh, lum ganti artikel juga nih yee…..
    Blogger cerdaz gak boleh malaz, kudu cepet updaet artikel.
    Jurondaz, JuraganRondo emang cerDaz

    Guest
  19. Wak serius mau tanya, kenapa di sachsenring yamaha factory kalah jauh dr honda padahal kan aspal baru, harus nya motor yg katanya mega grip bisa melesat jauuuuh meninggalkan honda.
    Waktu di jerez kan kalah telak alasanya sirkuit kuno kurang dpt grip, kenapa di sachsenring hasilnya sama aja dengan jerez dan sirkuit kuno lainya.

    Guest
    • Bantu jawab:
      -bukan type sirkuit yang speed corner.
      Banyak patahannya.
      -seperti yang dibahas sama wak haji diatas, sirkuit anti clockwise dimana mm sangat kuat ditype sirkuit ini.

      Kalo aspal sach blm di resurface, pasti hasilnya jauh lebih parah buat yamaha

      Guest
    • Point mvk n vr46 masih lebih baik dibandingkan Folger and zarco
      Tulisan wak haji udah jelas
      Kalau memang satellite lebih baik, zarco juga diatas, kayak kemarin di catalunya kalo ga salah

      Guest
    • Yamaha movistar bermasalah bila trek basah jd di qtt g bisa dpt lap time terbaik mgkin beda cerita bila qtt dlm kondisi dry mgkin bisa di front row ..mv &vr di row ke 4 di race bisa finish 4 & 5 jd buktinya …klo di front row pasti babat tuh marq dan the zonk …

      Guest
  20. Wak.. yamaha kan dewa sasis, ngeliat perbedaan sasis r15 r1 vs r15 v3 darimana nya ya? Klo cbr kan keliatan banget dari gen karbu ke cbr thai, k45a sampe k45g keliatan kasat mata

    Guest
  21. Kayanya udah ketebak,,mm bakal juara lagi.probabilitasnya semakin tinggi.
    Sirkuit selanjutnya, banyak banget type sirkuit honda.

    Guest
  22. Markowes over confidence, gak mempengaruhi karakter rider yamaha folger yang punya improvement di sirkuit sachsenring, mbah rossi legenda juara cuma ketawa liat markowes juara koar koar kek fbh wkwkwkwkw bodo amat 😂

    Guest
  23. honda cm mnang di sirkuit lmbt kyk jerez dan jerman yg gk bth speed tinggi. ! di sepang austria jd ampuasssss

    Guest
    • lagi dan lagi jadi dukun dadakan…
      awas moo…balik ke pembalap idola ente sendiri

      Guest
    • 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂 semanget banget moo ampe berbusa-busa sabar yah moo 😆😆😆😆😆

      Guest
  24. https://en.m.wikipedia.org/wiki/2014_MotoGP_season. Referensi buat kamu, mo hahahaha..

    Skrng kan wajar ya penyeragaman ECU.. kalo ga diseragamkan.. kasian tim2 pabrikan lain ngeladenin Honda habis dana.. ga bisa lagi kipas2 dollar hahahaha..

    Guest
    • @tomkrus seingat ku seblm penyeragaman ecu honda jg terlalu dominan ya …buktinya jorge bisa jurdun beda ama babu zonk penyeragaman ato tdk sama2 zonk ..

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here