TMCblog.com Bro sekalian, Kalian Mungkin Nggak suka sama Yang namanya Marc Marquez, Namun jelas kita tidak bisa 100% menghindarinya, Kita tidak bisa menampik kenyataan Bahwa Marc Marquez memiliki Karakter tersendiri dimana walau seberapa sulitnya situasi yang menimpa, ia tidak akan pernah menyerah. Di tiga race sebelum Sachsenring Marc Marquez tertinggal 37 Point dibelakang Pemimpin Klasemen, Maverick Vinales . . dan melihat kenyataan saat itu pasti ada yang menganggap bahwa Marc sudah tidak memiliki harapan lagi di Titel Juara dunia MotoGP 2017, Namun akhirnnya Pasca Sachsenring Marc Marquez bisa Libur Musim panas dengan menjadi pemimpin Championship sementara di mana 4 teratas hanya berselang 10 point saja . ..  dan berikut ini adalah hasil interview Kontributor TMCblog di spanyol, manuel Pecino dengan Marc Marquez setelah pemuda Catalan ini memenangkan race Seri ke 9 di Sachsenring . ..

Manuel Pecino : Championship sangatlah ketat dimana 4 teratas hanya berselang kurang dari 10 point. Menurutmu apakah hal ini merupakan hasil dari beberapa penyebab seperti kejadian Crash, atau masalah dengan ban, atau juga karena murni Realitas dari kekuatan talenta di Track ?

Marc Marquez : menurut saja disebabkan keduanya. menurut pendapat saya, Championshio jauh lebih ketat dari apda saat saya hadir di MotoGP tahun 2013. Saat itu ( 2013 ) saat race buruk kau akan finish di posisi tiga atau empat, namun saat ini jika buruk, akan finish di posisi ke sepuluh atau belasan.

Single ECU ( dan software ) sangat membantu Bukan hanya mempersempit perbedaan performa antara motor motor yang berbeda, Juga antara motor motor dengan brand yang sama. performa antara tim factory dan satelit jadi seimbang dan ini akan membuat pebalap satelit memimpin race seperti Zarco dan Crutchlow. Menurut saya adalah hal yang baik melihat motor dari pebalap Non factory yang mendapatkan paket yang mirip dengan motor factory.

lalu soal ban : Ini jelas membatasi Karena setiap Race Bannya beda beda dan Faktanya kami semua mengalami Crash dan ini merupakan salah satu penyebab Championship bisa seketat saat ini.

manuel Pecino : Kamu telah  menjelaskan dengan jelas sebelum race di barcelona bahwa 3 ban depan asimetrik dengan total 6 kompon yang berbeda nggak membantumu sama sekali. Gimana situasi ini sekarang? Apakah Michelin salah ?  Apakah Michelin telah melakukan hal yang berlebihan ?

Marc Marquez : Saya percaya Kata ” salah ” Bukan kata Yang tepat. Pada akhirnnya mereka berusaha untuk memberikan rasa percaya diri pebalap berdasarkan pengalaman tahun lalu. Mengenai Michelin, Mereka tahun ini membuat kami kehilangan referensi dasar. Sulit untuk mengerti seperti apa keadaannya sekarang dan apa yang terjadi pada tiap ban. Akhirnnya seringkali lebih pas untuk melakukan solusi sederhana yakni memilih apa yang kita ketahui dan tahu bahwa ban tersebut bekerja. Jelas Permasalahannya adalah ban ini tidak stabil ( unstable )

Manuel pecino : Mengenai ban, Kamu percaya ada semacam konspirasi dimana ada ban yang dibuat khusus untuk memenangkan Motor tertentu ?

Marc Marquez :Tidak, saya 100% yakin bahwa mereka telah berbuat adil. Adalah Normal kalau ada satu ban yang lebih jelek dari Ban lainnya. Ini normal dan semua terjadi di semua Pabrikan ban. Saya tidak percaya adanya konspirasi dan semacamnya. Setiap race weekend kami memperoleh tiga ban depan, tiga ban belakang untuk semua gaya riding dan referensinya. Semua bisa memilih ban mana yang diinginkan. Saya yakin sekali akan hal ini

manuel Pecino : Sekarang mari kita bicarakan hal yang membuat saya tercengang. Di Montmelo ( Barcelona ) dimana kamu crash dalam sesi latihan sebanyak 4 kali dalam 24 Jam . . lalu di race kamu bisa tampil luar biasa. Dimana kamu bisa memperoleh kekuatan mental dan fisik seperti itu dengan berbagai masalah yang ada ?

Marc marquez : Saat itu benar benar sangat sulit . . dari mana saya dapat kekuatan? Dari team. Bukannya ” saya sangat Kuat dan lain lain ”  . .  Bukan ! , itulah gunanya team. Dalam keadaan seperti itu mereka mendukung mu dan mengembalikan kepercayaan diri dan spirit. Ini sangat penting buat saya oleh karena itu team ini tetap saya pertahankan dan mereka itu benar benar tidak bisa tersentuh.

namun hey, adalah benar Juga bahwa kita harus berada di atas motor untuk mengatahuinya. Saya mengakui bahwa saya melakukan race di barcelona tanpa kepercayaan diri yang full, namun saya masih bisa finish di posisi dua.

Manuel Pecino : Di Podium kamu bercanda dengan pura pura jatuh, kayak begini ini Yakni sikap positif, senyummu yang stabil apakah ini 100% dirimu atau hanya buat nyenengin publik ?

Marc Marquez : Saya selalu sangat Ekspresif, sangat ceria. Saya selalu bilang bahwa filosofi hidup terbaik adalah selalu ambil sisi positifnya, dan ketika kamu berbuat salah kamu harus mengerti bahwa kamu bisa saja marah, Namun setelah itu harus melupakannya. cara terbaik untuk melupakan adalah dengan etrsenyum. Di barcelona saya sadar saya sering Crash saat latihan, Namun yang terpenting adalah saya Naik podium. hal hal seperti itu datang secara alamiah dari diri saya sendiri.

Manuel pecino : Mari Kita bicara Motor mu . .. dari Informasi yang kami peroleh adalah saat pengereman kamu memiliki masalah dengan ban depan. Ada problem di tengah tikungan karena elektronik yang nggak sepenuhnya bekerja.  Di akselerasi juga ada masalah karena Motor tidak berakselerasi secepat sebelumnya. Dengan segala Masalah ini sepertinya Mustahil untuk mu saat memimpin championship seperti sekarang ini.

Marc Marquez : Semuanya berkaitan. Dari semua masalah, kami memiliki masalah utama Yakni saat keluar tikungan. Kami nggak bisa berakselerasi dengan baik, kami kehilangan di daerah tersebut. INi berarti untuk membayar kehilangan tersebut kami harus mengerem lebih telat dan memasuki tikungan dengan cepat dan ini membuat kami harus mencapai batas dari maksimum pemakaian ban depan. Dan ini lah alasan kenapa saya bermasalah dengan ban depan.

Namun semua ini adalah Konsekuensi dari masalah Akselerasi. Seperti yang sudah saya katakan semua berhubungan. Namun, Hey semua ini harus dimengerti dengan baik dan kami harus melakukan secara simultan antara berhati hati dan meruncingkan laptime per sepuluh detik di tikungan.

Manuel Pecino : Jika kamu saat ini memakai Elektronik 2014, apakah kamu akan bisa memenangkan Race seri 10 kali berturut turut ?

Marc Marquez : Tidak, Saat ini basis elektronik kami sangat baik. Operasi dari Elektronik kami sangat konstan. Namun adalah benar bahwa kami bermasalah saat mencapai kondisi ini . . namun saya ulang kembali, Saya tidak bermasalah dengan Elektronik.

manuel Pecino : Dan dengan Mesin ?

Marc Marquez : Juga lebih baik, Jelas kami akan terus bisa melakukan perbaikan, namun kami mengerti bagaimana cara mengendarinya dengan baik. Namun ada satu titik dimana etika orang lain melihat akselerasi di tikungan maka akan mengatakan bahwa ” mesinnya nggak kencang ” . ..  yang etrjadi sebenarnya, Mesin kami kencang, namun kami belum bisa menggunakan 100% power tersebut karena masih banyak terjadi wheelie.

Manuel pecino : Nakamoto adalah pimpinan HRC ketika kamu pertama kali bergabung dengan HRC. Ia memiliki filosofi benerja dan mengerti Balap. tahun ini ada orang lain yang meminpin HRC, Kuwata. Ada bedanya Nggak antara keduanya dalam hal management dan mengerti soal balap ?

Marc Marquez : Untuk saat ini menurut saya nggak terlalu banyak perbedaannya. Jikapun ada hanya karena Nakamoto sudah lebih lama bersama kami. Nakamoto benar bagus di HRC dan saya sangat berterimakasih karena ia memberikan kesempatan saya bergabung dengan HRC. Saat ini ada pergantian, Namun Kuwata San Juga merupakan Personal Yang baik. Spesialisasinya di mesin dan elektronik, ia sangat upto date sama perkembangan Motor

menurut saya saat ini ada dalam masa Transisi dimana Kuwata San sedang beradaptasi dengan pada yang sudah berjalan saat ini. Saat ini semuanya berjalan seperti saat saat yang lalu, Namun saya perkirakan sedikit demi sedikit akan hadir waktu dimana nanti semua akan menyamakan sesuai cara pemikiran Kuwata san.

Manuel Pecino : Pebalap lain di HRC Seperti Jack Miller berkata bahwa HondaRC213V saat ini lebih mudah dikendarai dibandingkan versi terdahulu, Kamu mau berbagi opini mengenai ini ?

Marc Marquez : Ya Tahun ini kami memperoleh Motor yang lebih mudah dikendarai, Namun bukan berarti motor yang lebih cepat. Motor ini lebih mudah dikendarai sampai batas pace tertentu, Namun untuk menghasilkan Rekor lap belum sampai kesana. Faktanya Motor ini lebih mudah untuk membuat kita bisa mempertahankan Pace yang lebih stabil/ konstan

Manuel Pecino : Kamu telah menjadi Pebalap Honda semenjak naik ke kelas MotoGP dan tentunya dalam beberapa tahun ke depan. namun Jika Kamu memperoleh kesempatan berganti Motor, Motor apa Yang ingin sekali kau coba?

Marc Marquez : Saat berlatih Motocross saya selalu menggunakan bersama teman teman saya, Saya Naik Honda, teman teman ada yang pakai Yamaha, Suzuki, dan KTM. Karena Nggak ada kamera, kami sering bertukar pakai. Pasti bakalan seru kalau bisa melakukan test serupa dengan MotoGP, Namun tentunya itu Nggak bakalan terjadi tho ?

Manuel Pecino : Tentu, namun Jika kamu boleh memilih satu motor . . Motor apa Yang akan kamu pilih

Marc Marquez : Milih ? Saya Ingin mencoba semuanya . ..  namun jelas Yamaha dan Ducati yang telah memimpin Championship, saya selalu ingin mencoba keduanya, Namun Juga KTM dan Suzuki.

Manue Pecino : Sachsenring  . . rekor 8 kali pole dan 8 kali Juara seri . .. Rahasiamu apa di Track ini

Marc Marquez : ini adalah Track Yang jarang ada, Sangat beda, Track yang nggak ada duanya di Championship. Kau harus berkendara sangat berbeda di sini. Dan Juga ada Fakta bahwa Tracknya adalah berjalan ke arah kiri berkebalikan  Jarum Jam . . saya lebih baik nikung ke kiri dari nikung ke kanan

Manuel pecino : Adikmu Alex, akhirnnya ia Juara Moto2, Kamu sangat bangga dong ?

Marc Marquez : Ya tentu, setiap pebalap adalah berbeda dan setiap pebalap butuh waktu masing masing. Ia butuh 3 tahun di Moto2. Walaupun tahun lalu ia mengalami Balapan yang baik, beberapa kali podium dan posisi ke 4, Adik saya itu membalap dengan baik dan saya sangat bangga padanya. kami berdua selalu bersama dan selalu menolong satu sama lain.


Manuel pecino : Misalnya saja kamu Juara Lagi Tahun ini, siapa kira kira yang bakalan jadi no 2

Marc Marquez : Sulit untuk dikatakan, Jika saya menang saya nggak peduli siapa Yang no dua. Namun saya percaya pebalap hebat seperti Vinales, Rossi, dan Dovizioso punya kesempatan banyak untuk memenangkan Kejuaraan ini. MotoGP sangat rapat saat ini, sangat sulit dikatakan siapa yang bakalan jadi Juara dunia dan siapa yang bakal jadi Runner Up. Namun Bagi saya Posisi dua adalah Posisi pertama dari pecundang, jadi hanya dengan menjadi Juaralah posisi yang paling berarti.

Based on Manuel Pecino – Marc Marquez Interview

115 COMMENTS

    • kalo motornya masih serba manual/ga pake elektronik semodern sekarang, apa mm93 bisa punya pencapaian seperti sekarang yo wak haji??

      Guest
    • Tuh fBY kalian dengar kan marc ngoahaha….
      Marc udh jelasin ECU pun sdh sama , motor udh sama bhkan satelit hmpir sama.
      Emang marc itu the nexk rossi !

      Guest
    • Memang alien ini MM93 dg skill dewa pun kalah dg MM dg skill alien ngoahahahahaha
      Pennganti rossi nnti kl udh pensiun ya the nexk rossi !

      Guest
    • @nunu, sebelum dia naik ke motogp, dia udah balapan pakai motor standart yang minim fitur elektronik tapi bisa juara dan berprestasi..

      Kalau motogp enggak pakai elektronik, bisa pada modyar/crash semua rider motogp.

      note: bukan hanya marquez, tapi semua pembalap demikian.
      intinya, pembalap2 yang ada di kelas motogp / wsbk, mereka semua punya skill diatas rata2 rider..

      Guest
    • Pososi dua adalah posisi pertama dari pecundang,kayak nyindir sih engkong yg sering juara dua πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • ekekekek

      fix pedrozonk#26 bener2 jadi pembalap
      yg tidak dianggap baik fbh maupun jurnalis …
      apakah pedrozonk#26 adalah aib RCV dan Honda ????

      aku sihh yeezzzzz …

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Ngeri power rcv g dikeluarin semua,lain sama mesin angkot carry 1000😁😁😁

      Guest
    • world champion title itu kombinasi antara team, mesin (paket motor), talenta dan tentu saja luck
      jangan lupakan itu,
      dan DP barangkali minus di aspek luck untuk meraih gelar,
      bukti bahwa luck penting adalah mendiang Si hayden 69 yg akhirnya jurdun dgn pod 1 yg minim

      Guest
    • Tentunya pedro lebih dianggap daripada elu mo darmo dan kita2 yg cuma bisa nonton dan berkomentar ga jelas doang wkwkwk..

      Guest
  1. Namun Bagi saya Posisi dua adalah Posisi pertama dari pecundang, jadi hanya dengan menjadi Juaralah posisi yang paling berarti.

    Semoga Marc bisa control pikiran dan emosinya sama seperti tahun lalu. Semoga bs juara dunia lagi di akhir Musim.

    Guest
    • ya di liat sj akhir musim siapa yg mngisi posisi 2,_ mlihat klsemen dovi jg berpeluang jurdun, rossi jg, mv jg, , ya berhrp klo akhir musim d wawancarai ttpnsm omongnnya..jngn kyk bocaah…

      Guest
    • ya di liat sj akhir musim siapa yg mngisi posisi 2,_ mlihat klsemen dovi jg berpeluang jurdun, rossi jg, mv jg, , ya berhrp klo akhir musim d wawancarai ttpnsm omongnnya..jngn kyk bocaah…..

      Guest
    • Dia bilang gitu sebagai motivasi diri sendiri…nah berhubung di sini byk kirik dan kambing yang autis..dan jago balap cocot
      boros macam.. kambing dkk juga kirik dan dkk . .jadi ngartiinya laen..katanya ngebully…nah hidup fb kambing dan kirik akut baru hidupnya emang ngebully 2 arah..

      Guest
  2. Intinya makasih kang dah dimuat hasil wawancara dgn MM93, calon pemecah banyak rekor ne pebalap fenomenal. Luar biasa

    Guest
  3. kyknya emg bnr RCV versi big bang lbh stabil tapi lbh pelan d banding screamer..

    dan faktor ban msh menjadi penentu siapa yg juara seri.. sampai siapa yg juara dunia..

    Guest
  4. Dari hasil wawancara di atas ada kemungkinan mm93 pindah ke lain hati dari honda ke yamaha atau ducati, bisa jadi dia ikuti polanya vr46 setelah honda ke yamaha baru ducati. Apalagi dalam 1 atau 2 tahun ke depan vr46 kemungkinan pensiun dan ada peluang mm93 buat menggantikan posisi vr46 di tim yamaha factory. si baby alien ini sepertinya ingin membuktikan bahwa dia bisa lebih baik dari idolanya dulu.

    Guest
    • perlu di ingt untuk fans baru mtgp,, rossi 2004 pndh ymha kondisi ymha thn 2002 2003 ancurr,, dan bs dr prestasi ancuur, mjd jurdun,, jd next mm93 cari daah tim yg prestasi ancuur jg, kyk tim suzuki, aprlia,,klo pngn setara dg idolnya vr46 klo cm pndh ymha dg kondisi ymh kompettf yaaaa di guyu pitik.

      Guest
    • Dan perlu diingat buat yg ngaku2 FBR, terutama bagi yg mengira Rossi mendapat gaji kecil saat pindah ke tim Yamaha pada 2004 padahal kontak 6 Juta Dollar semusim saat 2004 (total 12 Juta dollar untuk 2 tahun) adalah kontrak yg bahkan Honda dan Ducati pun ga berani bayar saat itu.

      Perlu diingat juga Yamaha akhir 2003 bukanlah tim yg hancur2 amat, masih peringkat 3 dari keseluruhan 7 brand yg ikut serta.
      Sedangkan Suzuki, Aprilia bisa dibilang masih tim “kecil” yg baru kembali ikut serta di ajang MotoGP.

      Klo memang Rossi benar2 sangat bernyali dan mau nerima gaji kecil, maka pada 2004 dia seharusnya menerima pinangan Ducati mengingat sama2 senegara.
      Silakan baca Autobiografi-nya Rossi yg Edisi 2005. Disana ada alasan mengapa Rossi lebih memilih Yamaha dibanding Ducati. Yakni selain Kontrak besar, Tim Yamaha saat itu bersedia hanya memfokuskan segala daya tim hanya untuk Rossi dan ini sesuai mindsetnya Rossi (rider over the machine). Ingat juga dia pindah ke Yamaha juga memboyong beberapa Krew Mekanik dari Honda (beserta data2 barangkali).
      Rossi baru akhirnya pindah ke Ducati pun itu karena TERPAKSA tidak ada opsi tim lain yg bisa ngasi besar. Dia pindah ke Ducati karena ngambek ketika Lorenzo statusnya setara dengan Rossi. Untuk bukti, berikut kalimat yg dilontarkan Rossi saat wawancara:
      β€œMaybe I did a mistake in 2010 to move from Yamaha because I wanted to be the number one rider and when Jorge arrived he was treated EQUALLY to me,” he said. So I didn’t like this [and left for Ducati]. But it was a mistake.
      kalimat ini diambil dari situs crash.net (…./motogp/news/210304/1/rossi-mistake-to-leave-yamaha-over-no1-status.html)
      Klo memang hebat lalu mengapa selepas dari Ducati, dia tidak pindah ke tim yg lain macam Suzuki ?? kenapa balik lagi ke Yamaha. ya pasti karena gaji lebih besar dr yg mampu ditawarkan Suzuki serta performa Yamaha yg lebih baik.

      btw…Bagusnya sih klo Marquez mau pindah tim dr Honda, maka lebih baik pindah ke Ducati terlebih dahulu (Ke tim yg Rossi belum mampu menang) terlebih dahulu saat masih cukup muda, mengingat Ducati memiliki power besar. Jika mampu jurdun lagi baru pindah ke tim dengan paket motor yg lebih “Smooth” macam Yamaha atau tim besar yg lain yg tersedia saat itu. Lagipula Ducati, Yamaha dan barangkali KTM pasti bisa & bersedia ngasi gaji gede. Hanya rider dengan logika terbalik yg mau sukarela pindah ke tim yg cuma bisa ngasi gaji kecil hanya demi alasan ngejar rekor dan pengakuan dari salah satu orang yg katanya FBR.

      Guest
    • G usah pindah,ninggalin HRC honda adalah suatu kebodohan.ingat #46 nasibnya gimana saat ini😁😁😁

      Guest
    • krg pntas membandingkn ducati skr dg ymha era 2002 2003,,dmn ymha waktu itu tdk pnya ketegasan milih mesin dan arah pngmbngn, yg dlm tim internal ymha masih kacau, saking kacaunya bkin mtr dg sasis dr yzr500 dg mesin 4 stroke, dual shock bklng, yg sm skli ggl total…..
      di biografy jg d jelaskn knp msao furusawa lbh memilih v rossi,, dia pnya feeling yg bgus dlm menterjemhkn mtr,, itu pmblp yg sngt di incar ymha!! rasa tdk suka rossi mmg d jlaskn bukn soal gaji tp lbh ke prinsip honda dan rossi yg beda,, dan andai honda gaji sm 6 juta dolar per musim, sy ykin rossi ttp pndah ymha, dan ini bkn soal gaji betul kt test aja, soal iming2 ymha ngasih semua support untuk rossi…dan lbh muasin buktiin egonya rossi rider lbh pnting!!!
      di biografy d sebut jg, rossi lbh suka mntalitas dr ymha dr kakunya model manajemen ducati waktu itu..tdk di sebut rossi mmlh ymha krna gaji.

      Guest
    • oh seperti itu menurut anda….ya silakan aja, semua berhak berpendapat koq.

      btw….. apakah menurut anda Gaji 6 Juta dollar semusim itu gaji kecil ? bukannya itu gaji yg terbesar yg pernah diraih rider Motogp saat 2004 ??
      bukannya kemarin2 situ komen begini : “…..rossi jg dr kenymnanan d hrc 2003 pndah ke tim ymha 2004, DG GAJI YG LBH KCL…mtr lbh buruk…memulai dr nol…” apakah komen anda (yg saya Uppercase) ini mau anda ralat ???

      Bagaimana juga dengan komen anda yg mengatakan Marquez sudah 9 tahun pakai Honda padahal saat 3 musim di kelas 125cc (2tak) dia pake KTM dan Derbi, dan saat ini baru tahun ke 7 si Marquez pake mesin Honda (di hitung semenjak Moto2)

      Aneh aja klo ada rider yg lagi/sudah punya titel Jurdun berkali-kali mau sukarela pindah ke tim yg cuma berani ngasi gaji kecil hanya untuk sekedar nyari rekor & pengakuan segelintir orang yg aslinya sih pure haters.

      “Haters will always hate, they will always find a reason to hate and they believe that they will always be (more) right”.

      Oh hampir lupa, asal tau aja, cara yg paling “gampang” namun sah untuk mengalahkan suatu tim yg digdaya adalah dengan merebut salah satu top rider dr tim tersebut dengan iming2 gaji yg jauh lebih besar. Situ kan tau klo sebenarnya Yamaha tahun lalu selepas ditinggal Lorenzo sempat mengiming-imingi Marquez untuk pindah juga, tapi tentunya keputusan ini di tolak mentah2 ama Rossi. Bukankan ini pertanda bahwa Yamaha itu sendiri telah mengakui kemampuan rider yang anda katai “manja” tersebut ?

      Kini kita liat diakhir musim apakah Vinalez memiliki hasil yg lebih baik dr Rossi atau malah sebaliknya ?
      Saya juga ingin lihat seperti apa reaksi Rossi selanjutnya ketika Vinalez mendapat hasil akhir musim 2017 yg lebih baik dr Rossi.
      Begitu pula sebaliknya.
      Saya juga ingin lihat seperti apa reaksi Vinalez selanjutnya ketika Rossi mendapat hasil akhir musim 2017 yg lebih baik dr Vinalez.
      Apakah kedepannya akan menjadi “Rossi-Lorenzo part 2”, dan apakah akan semakin banyak rider top yg berkonflik ama Rossi.

      Guest
    • Jimmo itu haters sejati hondpret plus p3mbalapnya .
      .mau ngomong ke dia ampe panjangnya 1 buku macam novel..honpret ya tetep aib..sebaiknya yakampret ya the best..begitulah adanya

      Guest
    • Testaja.
      Disini kelihatan sekali bahwa lu Bro
      – level diatas jimoo. Jauh sepertinya. – – Berkarakter.
      – Referensi yg lu punya banyak, ga hanya lewat blog saja
      – Pastinya penggila Motogp.
      – salah satu orang Smart yg sy bs lihat dikomentar lu Bro, mungkin salah satu pengunjung Blog Komeng aka Mind Genesis

      Boleh lah kita KopDar Bro.

      Guest
    • Jgn terlalu di anggap omongan si jimoo dia mah kga bakal mu kalah πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† yg pasti buat marquez mau honda mau ducati atau yamaha ane yakin dia pasti bisa juara cuma melihat jwbn dia pas ane baca td ane rsa saat ini sprtinya marquez sdh bnr” merasakan kenyamanan yg luar biasa 😊😊😊

      Guest
    • Ya ini jawaban yg juuuooosss buat nampar pasukan FBR yg sudah batu hatinya model kyk gini harusnya totalitas ikutin sesembahanya, yg blm nikah alias bujang lapok diusia 40…takut da pesaing…setuju ney yamaha adlah tim keteknya kacungnya rossi smua harus mau sesuai kmauan rosi beda dgn honda dia adlh perushaan besar pembalap yg digaji bkan pembalap yg bayarin dia riset motor, sebaiknya MM ke ducati dlu sy yakin 1000% mm bkal jurdun min 1x kmdian baru ke yamaha dijamin pecah telooor tu rossi rekornya dijebol sm MM…wkwkwk

      Guest
  5. Brarti bisa dikatakan RC213V sekarang masih pake Mode Sport,kalo dipaksa pake mode Sport+ dan dilepas semua powernya bisa wheelie sampe terbang2 kali,kayak jaman RC211V dulu yg banyak ridernya mental dari motor

    Guest
    • intinya, apapun mereknya, kalau kelewatan powerful ya pasti susah dikendaliin… tinggal pilih… mau terus terusan wheelie atau slide tanpa terkendali

      Guest
    • Jelasnya : Juara 1 Real Champion !!!!!!
      Juara 1 Kategori Pecundang (juara 2)
      Juara 2 Kategori Pecundang (juara 3)

      Guest
  6. Gua demen bgt ma ni org..di era skrg cuma 3pembalap yg bner2 gua suka…vr46..cs27..mm93…cuma smenjak kasus 2015 sm vr…ane jd ilfil ma mm…tetep suka tp ada yg ngeganjel ..

    Guest
    • kasus membantu jorge itu yg bkin mm93 tdk sportif..dan mncoreng namanya sndiri…
      dan 2016 jorge bls budi bntuin mm93…
      klo scra jelas saja saling tonjok biagi vs rossi walau negara sm bela merk sm, bs jd bhan acuan gmn sosok laki laki sejati.

      Guest
    • 2016 itu MM tidak dibantu Jolor seorang Moo
      Tapi… atas kekompakan Duo Movistar Yamaha lah yang MEMBANTU MM jurdun, rewatch Motegi 2016 lah kalau gak percaya
      ngoahahahahahahahaha

      Guest
    • dibantu jolor?
      yg bner aje lu
      bukannya dibantu duo movistar skaligus yakk
      yg satu nyari akik satu lagi nyari kecubung
      wkwkwk
      silakan tonton ulang motegi 2016

      Guest
  7. Bnr kata artikel wak haji kemarin

    ini adalah Track Yang jarang ada, Sangat beda, Track yang nggak ada duanya di Championship. Kau harus berkendara sangat berbeda di sini. Dan Juga ada Fakta bahwa Tracknya adalah berjalan ke arah kiri berkebalikan Jarum Jam . . saya lebih baik nikung ke kiri dari nikung ke kanan

    Hasil sering latihan motocross..

    Guest
  8. y sepertinya marc93 ingin melebihi juara rossi …y mungkin 5 jurdun di Hond,3 di Yamaha dan 1 di Ducati dah cukup melewati gelar rekor Rossi dg 9 jurdunya…

    Guest
  9. Sdh kuduga ada kecurigaan konspirasi ban yg mndukung pbrikn tertentu dan mlemhkn pbrikn lain..mngkin maksd pecino ini kasus di jerez yg scra aneh abnormal hrc bgtu sngt kuat dan bs finish 20 detik dbnding pbrikn lain..hl ini timbul kcurigaan yg wajar sh, dmn hrc sblm jerez tdk bgtu kompettf dan finish pun mndekati pbrikn lain.. Konspirasi ban kah?? Tdk mnampik ksmpln bhwa michelin mmg mbwa beberapa ban yg berbeda beda untuk race,, tp meluhat race jerez dan stlhnya mmg ada keanehan…

    Guest
    • ululululu,puja kerang ajaib… eh,Jimoo ajaib,yg ramalannya tiada tara keakuratannya
      Ki joko koplak pun sungkem dihadapannya

      Guest
    • Klah ya klah,.
      Ingat, d jerez pemblap sekelas rookie kyak zarco bisa melesatkan m1 ke posisi 4, berarti pengembangan m1 2017 lah yg mengalami “kemunduran” untuk trek yang aspalny licin alias minim grip,…..

      Guest
    • Kalo pembalap hondit m3nang konspirasi..kalo motor lain ga ada ..itulah cacatnya fby akut…yg ga beda jauh dgn kaum kambing..btw juara adalah juara!!!

      Guest
    • Yg dimaksuk konspirasi disini bkn kesebuah merk motornya namun lebih ke michel nya yg bisa menentukan utk balap disini misalkan yfr yg menang utk di blpn berikutnya hrc yg menang bgtu intinya jd yg jelas di rugikan dgn berita negatif ttg konspirasi itu michel plus dorna paham kan ente moo…. πŸ˜₯

      Guest
  10. hatur nuhun wa haji artikelnya, kalo tentang race saya selalu lebih tertarik untuk membaca sampai selesai ketimbang tentang produk baru.. lebih seru wa..

    Guest
  11. keren abis ni bocah,pantang menyerah,bisa juara walaupun motornya didera berbagai masalah,taktik vr46 di 2015 gak mempan buat menjatuhkan mentalnya,malah membantu dia makin matang dan dewasa dalam balapan.

    Guest
  12. Markez anak emas kedua bagi dorna setelah roji. Seorang entertainment motogp.
    Apapun masalah yg terjadi pada motornya bisa diatasi dg kemampuan yg dimilikinya sehingga bisa juara.
    Gak pernah marah-marah walaupun motornya troubel, diam sejenak duduk dikursi paddock trus langsung mengutarakan kepada team mekaniknya. Gak seperti pembalap sebelah yg langsung ngomel-ngomel nyalain motornya.
    Murah senyum walaupun gak podium satu atau bahkan DNF sekalipun tetep senyum kepada semua orang.

    Guest
    • Klau pmblap sebelah klau dia klah mlah nangis, pernah pula tuh ngambek gak ikut race, pengen pindah tim gara2 timny gak kompetitif,… Tpi nickname jimo tetap ntar bilang level mm93 msih d bawah pemblap predator yg takut air “mv25”

      Guest
    • Itu yg saya suka dari MM..senyum yerus kayak Rossi..MV sebaliknya..mahal..mirip2 Raikonen

      Guest
  13. kata2 terakhir ngeriii……
    tp bnr jg buat yg udh pernah jurdun, seperti MM, VR, JL, dll
    buat apa nmr dua, tiga dst.
    pasti mrk ingin yg pertama.

    Guest
  14. Udah disinggung sama wak haji, “Memang gak semua suka Marq Marques” tp kita tidak 100% bisa menghindarinya..
    Kalo saya sih suka MM93 , karena cara jawab setiap pertanyaan dari Pers . humble dan gak muluk2..
    Bukan orang yg suka hoby Psy war πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
    • halaahh rossi sj 100 persen bisa mnghindari mm93, kasian jg ngleat mm di assen tdk d rangkul vr46 dan petruk..hhhhh…mati gayaa….

      Guest
    • dan akibat kesombongan petruk dan rossi d podium assen, tak satupun diantara mereka berdua yg masuk podium d sachsenring, bukti kesombongan tak ad gunanya

      Guest
    • Hmmm..baru tau tuhh ..?? Emang masalah ga dirangkul Rossi??πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  15. Top dh jawabannya .jngn kyk si nganu gagal race selalu ada nyalahin ban,aspal dan lain2. fb nya pekoknya ga kalah dongo selalu berfikir konspitrasi klo junjungannya klahπŸ˜†.

    Guest
  16. Klah ya klah,.
    Ingat, d jerez pemblap sekelas rookie kyak zarco bisa melesatkan m1 ke posisi 4, berarti pengembangan m1 2017 lah yg mengalami “kemunduran” untuk trek yang aspalny licin alias minim grip,…..

    Guest
  17. Bro sekalian, Kalian Mungkin Nggak suka sama Yang namanya Marc Marquez, Namun jelas kita tidak bisa 100% menghindarinya, Kita tidak bisa menampik kenyataan Bahwa Marc Marquez memiliki Karakter tersendiri dimana walau seberapa sulitnya situasi yang menimpa, ia tidak akan pernah menyerah.

    nge quote ini aja buat teman2 yang suka nongkrong ditretnya mm…

    kekekekeke

    Guest
  18. Pens 93mm njengat gak terima…
    Congors 93mm alamat pecundang kaum kambingers kalah, gak doyan blas lirik casey stoner hoax ups wkwkwkwk

    Guest
  19. Bro sekalian, Kalian Mungkin Nggak suka sama Yang namanya Marc Marquez.

    Bodo amat dch sm org2 yg ga suka yg jelas aku sukaaaa bngt sm tipikal rider satu ini….

    Guest
    • πŸ‘ josss the next doohan ahk klau the next rossi takut ada yg gk terima πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • yaa ntr sbaar klo mm pndh ktm ato suzuki n jurdun d thn pertma br blg next rossi ☺ πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Guest
  20. Kalian Mungkin Nggak suka sama Yang namanya Marc Marquez,..

    Tapi..

    Terima Kenyataan dong..!!!!

    ejekekeekkekee…

    jangan menampik & mempercundangi diri sendiri

    Guest
  21. jimoo July 7, 2017 at 13:27
    kasus membantu jorge itu yg bkin mm93 tdk sportif dan mncoreng namanya sndiri…
    dan 2016 jorge bls budi bntuin mm93
    klo scra jelas saja saling tonjok biagi vs rossi walau negara sm bela merk sm, bs jd bhan acuan gmn sosok laki laki sejati.

    ada bukti empiris yg mendukung argumen ampas macam yg telah dikemukakan si jimoo ampas ini?
    jurnalis yg punya banyak data kaya pecino saja ga mau nulis pendapat pribadi yg nyentil2 dan subjektif, walau pecino ga diragukan lagi punya lebih banyak data dari siapapun yg ada di kolom komentar ini.

    Guest
  22. Jika memang kalian seorang fans sejati, maka anda akan mendukung pebalap yang kalian idolakan. Bukan sibuk mencari kesalahan pebalap rival. Fans sejati akan menerima jika idolanya kalah tanpa harus menyalahkan faktor lain dari luar. Fans sejati tidak akan menjatuhkan pebalap rival, tapi tetap mendukung penuh idolanya meski dia sangat terpuruk.

    Yang cuma bisa nyalahin faktor luar atas kekalahan pebalap idolanya bukanlah seorang fans sejati, tapi hanya seorang sales yang sedang cari sensasi.

    Guest
  23. Jare dharmo:
    * Pedrosa zhonk 11th tapi dia gak mau mengakuin kalo…
    * Roji bakal mengejar rekor pedrosa yg sekarang sudah 8thn zhonk. Ekekekekek

    Seharus nama the doctor di wear pack nya di ganti karena udah gak PANTES BLAS.
    Ganti dengan the king of DENGKUL. ekekekek

    Guest
  24. makin kompetitif nya motoGP sejak penyeragaman software dan ban pindah ke michellin…
    good job Dorna

    Guest
  25. eneg lm lm bbc komen komen fans krbitan yg blg mm93 next rossi..
    suka berkhayal..jauh dr fakta , dan knytaan …..memaksakn khndak.
    mngkin perlu lg bc bc cr informasi perjlnan karir rossi dan mm93 spt apa.

    Guest
  26. Honda tetap no 1, yang laen belgedes, jgn marques pindah ke yamaha or yg laen2, ttap lh di Honda, karna Honda luar binasa

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here