TMCBlog.com – Bro seklaian, Dorna- promotor balap Kejuaraan Dunia MotoGP, membuat kompetisi bertajuk Asia Talent Cup (ATC) sejak 2014 untuk mewadahi pebalap-pebalap muda dalam meniti karirnya di balap dan membantu bagaimana mencapainya. Filosofi dari kompetisi ini adalah kejuaraan terbuka untuk pebalap Asia dan Oceania, semua pebalap akan menggunakan motor yang sama dan balapan di sirkuit yang digunakan MotoGP dan WorldSBK. Untuk Indonesia, kebetulan Astra Honda Racing Team menurunkan 4 pebalap: Gerry Salim, Irfan Ardiansyah dan dua pebalap rookie Lucky Hendriansya dan Erfin Firmansyah.

Ajang Asia Talent Cup menggelar 12 kali balapan, yang terbagi dalam 6 putaran, dihelat di Losail (Qatar), Suzuka (Japan), Motegi (Jepang), Chang (Thailand) dan Sepang (Malaysia), dimana paruh musim kedua akan digelar minggu ini. Semua pebalap berkompetisi menggunakan Honda NSF250R, sebuah motor dengan karakter yang sama dengan motor yang digunakan di Kejuaraan Dunia Moto3. Hal ini membantu mereka untuk mengembangkan skill teknik berkendara di lintasan, setup motor, berkompetisi di level yang lebih tinggi dan menguji kepiawaian mereka.

Setiap musim diadakan seleksi pencarian pebalap, dibuka untuk pebalap muda yang berumur antara 12 hingga 19 tahun yang lahir di Asia, Australia atau New Zealand. Periode pendaftaran untuk musim depan (2018) sudah dibuka tanggal 8 Juli lalu di website Asia Talent Cup dan masih terbuka hingga 13 Agustus mendatang.

Setelah proses seleksi berkas ditutup, langkah berikutnya langsung menuju trek, calon pebalap yang terpilih dikumpulkan di Sepang di bulan Oktober untuk menjalani test selama dua hari. Di sana mereka akan dipantau oleh Alberto Puig, Direktur ATC yang juga mantan pebalap dunia di kelas 250cc dan 500cc, yang akan menganalisa setiap kandidat dan memilih 22 pebalap yang akan mengikuti kompetisi penuh.

Astra Honda Racing Team telah membuka pintu bagi beberapa pebalap untuk menuju kompetisi ini sejak tahun 2014, salah satunya yang sudah memperlihatkan kemajuannya adalah Andi Gilang, saat ini balapan di Moto3 Junior World Championship juga 4 pebalap yang sedang berkompetisi saat ini: Gerry Salim, Irfan Ardiansyah, Lucky Hendriansya dan Muhammad Erfin Firmansyah.

Setelah melalui 3 musim, beberapa pebalap berbakat sudah diturunkan di ajang Moto3 World Championship, contohnya juara musim 2014 dan 2015, Kaito Toba dan Ayumu Sasaki, juga Adam Norrodin dan Nakarin Atiratphuvapat.

Based on AHRT Info

12 COMMENTS

  1. Wadah .. anak asia di ajang balap profesional junior..

    Support terus..

    pembalap yang gak punya wadah.. jangan malu malu ikut saza… daripada Mentok main dii sentul saza….menang besar kepala.. diajak main Arrc malah main Sikil… phffftttt….

    Guest
    • Sayang,…. Prestasi gerry salim d atc menurun drastis tahun atc, mungkin lebih d fokuskan untuk mnjuarai arrc ap250 kah,???,.

      Punya bocoran info gak wak siapa saja Pmblap indo yg akan berlga d cev moto2/moto3 taun depan ??

      Guest
  2. Pintu gerbang menuju balap profesional motogp..

    pembalap Muda Indonesia jangan salah pilih wadah… .. ..

    Harus smart pilih wadah yg berjenjang Jelas hingga Motogp.. jangan yg Abuu abu.. gak jelass…tar diGantung.. di PHP.. menjual mimpi.. .. ..gt gagal dibuang hempas ke ajang Bebek lagi..ckckkc.. nasip..nasip..

    Guest
  3. Kan harus dari ngondah terus kan wak? Terbuka juga buat pabrik yamaha sama kawak n suzuki kan? Apa ada informasi pabrik selain honda yg masukin pembalap muda indoesia ke atc?suwuuun

    Guest
  4. Atc ini merupakan ajang “made in honda” mkanya motor dan livery motorny sama semua bro,.. Jdi pabrikan lain pasti gak mau lah keluarin duit buat mendidik rider mudany tpi motorny ada tulisan “honda”,…
    D cev moto3 baru bebas, soalny motorny ada honda, ktm,mahindra dan peugueot,,, dan livery motorny pun tegantung timny

    Guest
    • Ini ajang bebas..buat semua bibit muda asia…mau pembalap yamaha,suzuuki,kawasaki juga boleh ikut..

      asal dy bawa diri sendiri..daftar sendiri.. Bebass… Gk ada larangan dari ATC

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here