TMCBlog.com – Kalao sobat sekalian memperhatikan desain Spatbor/ spakbor depan Suzuki Satria F150 Injeksi maka sobat sekalian akan menemukan fakta bahwa desiannya agak sedikit nyeleneh dan bahkan ada lubang coakannya . ..  nah ternyata Desain dan Coakan Di Spatbor depan Satria Injeksi itu Nggak sembarangan Lho dan Bahkan itu desain dipatentkan Oleh Suzuki di situr paten Jepang . . Cekidot deh

Foto di atas adalah foto dari front fender/ Spatbor depan satria F150 yang tmcblog peroleh dari satu toko online . . nah terlihat ada detail sepasang coakan memanjang dibagian belakang dari Front fender/ Spatbor depan . . . Yang jadi pertanyaan itu gunanya untuk apa ?

Gambar sket dari File Patent di atas dan di bawah ini sepertinya bisa memberikan beberapa pencerahan kepada kita . ..  Jadi Gini . . Motor kan bergerak kearah depan menyongsong angin / udara tentunya . . lalu saat mengenai ban dan spatbor maka angin akan terbagi dua yakni melewati bagian atas dari spator dan menyelinap amsik ke dalam spatbor dan mengisi celah antara spatbor dan ban . .

kalau udara Yang melewati bagian permukaan atas dari spatbor tentunya bisa langsung disalurkan menuju radiator/ atupun pendingin oli atau bahkan mengenai sirip/ fin dari mesin berpendingin udara ( dalam kasus ini satria F150 berpendingin cairan menggunakan radiator ) . ..

Udara yang ‘menyelinap’ antara Permukaan ban dan pemukaan bawah dari spabor akan mengalir ke arah belakang dari spatbor dan Jika Nggak ada coakan maka udara tersebut akan keluar di bagian bawah dari spatbor . . . Spatbor dibuat panjang karena suzuki ingin bersih dan meminimalisasi kotoran akibat cipratan dari Ban, namun ada potensi udara yang mengalir via permukaan bawah spatbor nggak bisa dimaksimalkan untuk mendinginkan mesin . .

Oleh karena itu hadir ide coakan di spatbor dimana udara yang masuk via permukaan bawah spatbor setelah mengenai coakan ia bisa langsung naik ke ‘atas’ dan ‘bergabung’ dengan udara yang melewati permukaan atas spatbor dan sama sama bisa lebih memaksimalkan udara tersebut untuk mendinginkan mesin . ..  smart juga yah ?

Taufik of BuitenZorg

36 COMMENTS

    • Anak alay juga ahli coak mencoak ala thai-look wak.
      Bahkan tromol, swing arm, body & rangka juga dicoak.
      Dijamin motor lebih adem.
      😀

      Guest
  1. Gak heran laaaagh…. hasil pemikiran n gagasan bangsa jepang daaahh pasteeeee… undoubtable
    World leading tehnologi
    Most civilized nation
    Mantap

    Guest
  2. Angin di celah yg sempit, tak lebih dari angin limbah sisa2 gizi sistem pencernakan tubuh kita, tapi well managed sehingga berguna

    Guest
  3. Tetep aja typingnya blepotan. Mbok ya ra usah kesusu ngetiknya, biar yg bca enak.kadang jgkel kadang ngakak, masuk jadi EMSIK, ternyata jadi ETRNYTA. Woaaalah tobat

    Guest
    • Ibsa ajdi abhasa agul abru nih..

      Seperti gaya orang malang “kera ngalam” tapi ala wak haji cuma dua huruf pertama aja yg dibalik..

      Guest
  4. Bagus memang
    Hanya saja saat hujan, spakbor bagian lobang kebawahnya bakal kotor
    tp gampang di bersihin sihh.. Hahai

    Guest
  5. Memang lubang di front fender itu suzuki sengaja membuatnya.. gunanya untuk jalur angin yg ke radiator.. gue udh tau ini saat training new produk sebelum di liris

    Guest
  6. Sebentar lagi, bagaimana Suzuki mendesain spion dan stang, sehingga kalau terkena hembusan angin, anginnya mengarah ke radiator.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here