TMCblog.com – Bro sekalian, TMCBlog jelas bingung saat melihat Yamaha M1 Yang dibesut Valentino Rossi dan Maverick Vinales telah di bekali new Aero – Kit baru yang updatenya berada di Daerah Front cowl yang memipih sehingga berbentuk seperti sebuah Wing dan Juga Update di Side Inner winglet dengan 4 buah bilah wing yang berdesain Makin agresif . . . dalam beberapa Kali informasi dikatakan bahwa Yamaha Kemungkinan akan mencoba Fairing ini di salah satu dari sisa 8 race MotoGP Musim 2017 kedepan . . Lha apa bisa ?

Jadi Seperti Kita ketahui Setiap pebalap hanya bisa menghomologasikan 2 Jenis Fairing  . . . dan seperti kita ketahui di sepanjang 10 Seri kebelakang Baik valentino Rossi dan Maverick Vinales sudah menggunakan 2 Model desain Fairing .  Yakni yang standar tanpa winglet dan satu lagi dengan side inner-winglet . .  dan tenyata walaupun baik Rossi dan Vinales sudah menghomologasikan 2 Model fairing, mereka tetap bisa menghomologasikan Model dan desain Fairing baru saat musim berjalan . . .

yap tmcblog berdiskusi bersama sesama jurnalis MotoGP seperti Peter McLaren dari Crash.net Via Jalur Whatsapp dan beliau menjelaskan bahwa Hal tersebut ( menghomologasikan Fairing baru )  bisa dilakukan baik Vinales maupun Rossi dengan satu kondisi bahwa mereka harus melepas desain Fairing lama dari daftar homologasi sehingga Saat race weekend berjalan Fairing yang dihomologasikan mereka tetap berjumlah dua . . .

Jadi Gini menurut Bro Peter Mclaren ..  saat di seri pertama MotoGP Qatar 2017 setiap Rider berhak menghomologasikan 2 Fairing dimana satu Fairing lama ( umumnya yang tanpa winglet ) dan satu lagi fairing dengan Inner winglet plus satu lagi update Fairing sepanjang waktu berjalan dengan catatan ada Fairing yang harus di Lepas Homologasinya. Jika di Qatar Pabrikan Hanya menghomologasikan 1 Fairing saja maka ditengah musim nanti, rider tetap hanya memperoleh 1 kali update Fairing

Dan menurut beliau ( ini juga tmcblog tahu ) saat di Qatar 2017 kecuali Ducati yang batal menghomologasikan Fairing Hammerhead – semua rider lintas pabrikan sudah menghomologasikan satu Faring lama ( fairing tanpa winglet ) dan satu Fairing dengan Inner winglet . .

Catatan : Menghomologasikan tidak berarti terlihat kasat mata memakainya baik di Sesi latihan dan Seri race .. . INi artinya sebenarnya Fairing yang digunakan Honda RC213V di Brno menurut Peter McLaren Bukan fairing yang sama sekali baru  . . baru digunakan iya, namun sebenarnya Honda telah menghomologasikannya semenjak Qatar. Begitu pula Pabrikan Lain . . .

Nah Di Qatar Ducati Hanya menghomologasikan satu fairing . ..  dan di tengah musim Baik Lorenzo maupun Petrucci sudah menggunakan saat Weekend race ( Latihan, Kualifikasi dan atau race ) sehingga Baik Lorenzo dan Petrucci sudah dianggap telah mengambil semua kesempatan Update fairing dan bagi keduanya sudah nggak ada lagi kesempatan update fairing sampai akhir musim 2017

Bagi Marquez, Pedrosa, Vinales, Rossi, Dovizioso, Iannone, Aleix Espargaro dan lain lain di 8 seri kedepan masih bisa menggunakan satu lagi desain baru Fairing. . . . tmcblog sendiri butuh beberapa waktu untuk mengerti sistem ini, so takes your time ya bro . . namun kalo ada yang kurang jelas mohon ditanya di kolom komentar . . .

Taufik of BuitenZorg

52 COMMENTS

    • mo pake desain baru…ya ternyata klh jg sm bang mm93…..balapan itu ga cm kencang..tp strategi itu perlu….mm93 n kru joss…!!
      kakek oci pusing 7 keliling…emang lu legend…tp musuh ma baby alien satu ini lo tiarap!!wkwkkk….

      Guest
    • setelah mm93 naik kelas para raja motogp…kakek oci ga pernah jurdun lagi….!!!!!!!

      apa ga akan pernah???
      kyknya seh…. tobat trus pensiun….!!!
      wkwkkkkk.. …..!!!
      ayolah yg muda2 ngalah…ksh tuh kakek oci jurdun kali ini aja… wkwkkkk…
      jurdun dlm mimpi…jurdun “people champion” …

      masak sampe umur 70 th mo balap untuk meraih jurdun ke 10!!!
      kaciaaaannnnnn!!!

      Guest
    • Ya ya ya. Perlu nation order, 2 pebalap muda yg sedang di puncak performa buat menggagalkan juara dunia Valentino Rossi.

      Guest
    • Ane koq jadi inget patwal…
      Ekekekeke…
      Yang gak terima, berarti gak punya tipi dan hp smartphone.

      Guest
    • Mantab…
      Promo 100k boyong mtr baru hanya di GIIAS 2017
      http://ninja150ss.com/2017/08/10/giias-2017-suzuki-siapkan-banyak-hal-menarik-untuk-konsumen/

      Guest
  1. yg paling rugi Jorge dan petrux dong,karna kesempatan paruh musim pertamanya nggak dipake jadi hangus deh,
    kalo dovi kayaknya sampe akhir musim masih pake yg standard biar nggak terlalu fatigue

    Guest
    • di game aja kalo pake ducati full lap race tangan rasanya cekot2(kalo pake honda/yamaha nggak terlalu berasa),gak kebayang gimana capeknya tuh ridernya abis race apalagi desmo yg dulu,yg sampe bikin stoner mules-mules

      Guest
  2. loooh di qatar honda jg bawa fairing baru,, saya jg baca d tmc, , fairing baru tnpa winglet dg air ram kyk m1 lbh besar sdkit dr current rcv..itu gmn ?? gk jd di homologasi??
    jd sdh dua klo mmg bnar sdh d dftarkn? dan honda hrusnya gk ada slot fairing lg kyk ymha.

    Guest
    • Ada aturan “otak-atik” ny mo, jdi klau desain fairing yg d otak-atik tersebut belum memenuhi dan atau tidak melanggar standar regulasi sbg desain fairing yg baru, mka desain fairing tsb tidak d hitung sbgai desain fairing bru(masih d anggap sama dengan fairing yg lama)

      Guest
    • bro nagashima…biarin dia mo ngomong apa aja!!
      wkwkkkkkkk……….
      #ommo…#ommmmmo……!!!

      Guest
    • bukannya pas jajal tuh fairing pas masih winter test,dan kayaknya yg didaftarin cuma yg ada tambahan inner winglet di pipi doang,cmiiw.
      #nggak usah terlalu cari2 kesalahan pabrik yg dibenci sampe sebegitunya lah,mending waktunya buat nyari duit

      Guest
    • Ternyata jimoo gagal paham,
      Semua pabrikan berhak menghomologasikan 2 fairing di gp Qatar. Ingat gp Qatar, Dan semua pabrikan sudah menghomologasikan 2 fairing kecuali Ducati yang cuma 1. Dan punya 1kesempatan update.

      Guest
  3. Wak, dengar2 berita a.k.a kabar angin, katanya rafid topan “kemungkinan” akan d tandemkan dengan ali adrian d wssp300 taun depan(tidak d sebut d tim apa), benarkah ini wak??

    Guest
    • Wah, yang benerrr, semoga bisa, nih, soalnya alasan dibuat kelas wss300, karena WSBK pengen buat ajang balap yang murah dan bisa diikuti oleh tim yang kurang dana. Semoga aja terwujud, tapi kalau setim berarti kemungkinan Rafid Topan juga akan tinggal di Almeria kayak Ali Adrian, dong?

      Guest
  4. Mungkin kita kurang paham atau kurang detail aturan awalnya kyak gimana.
    Lagian ngapain juga yamaha capek2 bikin dan test fairing baru klo gk d pkai.
    Klo untuk musim depan kayaknya kecepetan deh.

    Guest
    • Gak kecepatan juga bro, soalny semua pabrikan sudah mulai meriset/test part2 motor mereka untuk musim depan secara diam2 ( test nya d gabung pas latihan bebas atau fp sebelum race suate seri d mulai), contoh ny honda lewat cal cruthclow yg d beberpa latihan bebas dan test pivate sudah mulai mencoba part2 untuk musim depan

      Guest
  5. Semoga mbah darmo bisa cepat move on supaya bisa kasih support ke mbah rossi yg lagi putus tali kolornya.

    Guest
  6. kog jd bingung ….ducati cuma ndaftarin satu desain diawal musim kenapa ditengah musim mslah gk boleh nambah 1 desain lg ??? katanya boleh 2 desain

    Guest
    • Karena Ducati gagal menghomologasikan 1desain fairing lagi. Jadi sudah dianggap menghomologasikan 2 desain(tapi sama). Dan yang dipakai Lorenzo dan Petrucci dianggap update fairing.
      Ingat homologasi fairing harus dilakukan di GP Qatar

      Guest
  7. oalah jadi begitu peraturannya. pantesan mamang rossi diwawancarain dia gak bakal pake di austria tp di seri lain. perasaan yamaha udah punya 2 fairing udah gak bisa, eh ternyata bisa yak dengan syarat yg 1 fairing dihapus.

    Guest
  8. btw kenapa sopwer ecu yg katanya made in pireli itu 🙂 ga di usulkan update aja ke dorna, daripada repot2 & mahal riset iner singlet..?

    Guest
    • setiap motor peserta motoGP kan punya spek masing2, dan yg mampu bikin sesuai kebutuhan ya mereka sendiri (ecu pabrikan masin2). Sekedar upgrade gak cukup. BTW pirelli itu merk ban…

      Guest
  9. abu abu regulasinya.. bisa multitafsir..

    tar macam ARRC ada yg menang melulu.. trus minta bongkar diakhir race 1… wkwk

    Guest
    • Biarin aja gak ada dia gak rame, yg punya rumah aja welcome kok hehe.. doakan saja semoga di kehidupannya tercukupi dan bahagia

      Guest
    • Lahhh…ada yg tersinggung…bicara fakta kok baper…wkwkw

      macam emak emak gk dikasih uang dapur… wkwk

      Guest
    • Bukannya yg sering oprek regulasi honta ya?????
      atau jangan2 kamu baru punya tv
      malu maluin fbh zaza

      Ekekekkk

      Guest
  10. masih coba memahami… jadi intinya tiap pembalap dikasih max 2 versi desain fairing yang bisa di daftarin… nah kesempatan update nya hanya satu kali selama 1 musim… jadi kalo dari awal cuma daftarin 1 versi kaya ducati di qatar, jadi kesempatannya tinggal 1x lagi… dan lorenzo & Petrucci sudah memakai 1 kesempatan terakhir itu… sedangkan pembalap lain kaya rossi, marc, dll masih nyimpen kesempatan update itu… bener ga? hehe…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here