TMCblog.com – Bro sekalian, selamat Hari kemerdekaan yang Ke 72 tahun untuk Indonesia . . Nahhh Untuk kali ini kita akan mengulang kembali paparan mengenai Lean Angle Sensor . . .terdiri dari 3 kosa kata Lean : kemiringan, Angle : Sudut dan Sensor : sensor . . . so Lean Angle Sensor ( LAS ) adalah Sensor pendeteksi sudut kemiringan dalam Hal ini Motor . . Sebenarnya hal ini sudah pernah tmcblog paparkan 5 Tahun lalu . . namun kali ini kita akan coba ulang dan memperkayanya dengan sebuah VLOG . .

Lean angle sensor memiliki banyak nama untuk masing masing Brand . . . ada Lean Angle Sensor, Bank Angle Sensor, Tip Over sensor dan lainnya . . . namun memiliki fungsi yang sama yakni menghentikan mesin kendaraan ketika kendaraan (dalam hal ini motor) saat berada pada posisi kemiringan tertentu DAN beada dalam keadaan diam . . . tujuan tmcblog menebalkan dan menggaris bawahi kata DAN berarti memang keadaan diam merupakan syarat wajibnya

Kita kenalan dulu dengan sensornya . .. Bank Angle sensor berlaku seperti bandul dengan poros di tengah (lihat gambar di atas ? ) , BandulBetrsebut berupa cincin Konduktor yang bergerak dalam sebuah bilah bumerang yang di paling kiri dan kanannya berwarna emas ada konduktor ( penghantar listrik ) sedangkan bagian tengahnya yang berwarna putih adalah isolator ( bukan penghantar listrik ) . . nah posisi cincin pemberatnya berada selalu pada titik terendah karena adanya tarikan gaya Gravitasi bumi .

Saat Motor normal berdiri . . .posisi atas-bawah sensor akan sama dengan posisi atas-bawah motor atau boleh dibilang posisinya sejajar sehingga tidak ada sudut yang dibuat keduanya dan cincin berada pada daerah isolator ( bukan penghantar listrik )

Yap artinya saat Motor Miring namun dalam keadaan motor berjalan , maka LAS tidak akan mematikan mesin karena ada efek gaya sentripetal yang membuat bandul ring akan tetap berada di daerah isolator sehingga sensor LAS tidak mematikan sistem FI dan mesin motor pun akan tetap menyala normal

ketika motor terjatuh maka posisi atas-bawah sessor akan tegak lurus dengan posisi atas-bawah motor. Sehingga boleh dibilang membentuk sudut 90 derajat . . . nah dapat dipastikan injektor akan dimatikan oleh ecu karena ecu mendapat sinyal bahwa cincin logam bertemu dengan pelat yang ada di samping (lihat gambar di atas ? ) .

Fungsi Lean Angle sensor apa ? . . . Pada sistem Injeksi, aliran bahan bakar disalurkan ke ruang bakar via injektor menggunakan sebuah pompa. Beda sama motor karburator yang biasanya mengandalkan gaya gravitasi agar bahan bakar bisa ‘turun’ dari tangki bbm ke karburator. Nah kalo motor dalam keadaan miring dan berhenti, pengaruh gravitasi terhadap sistem karburator terganggu, sehingga karburator bisa kekurangan suplai dan muaranya membuat ruang bakar tidak memperoleh bahan bakar (bensin) . . . mesin bisa mati dengan sendirinya, cmiiw

Lha kalo injeksi? . . . silahkan cek bro . . . buat yang punya motor injeksi . . . Kunci Di On kan saja, fuel pump biasanya dah bunyi, menandakan ia sudah siap bekerja . .. nah salah satu Fungsi utama lean angle sensor ketika aktif adalah memutus daya listrik yang menghidupkan fuel pump.

Nah Jika motor tanpa lean angle sensor, maka ketika terjatuh dan berhenti . .. fuel pump tetap akan bekerja menyemprotkan bahan bakar minyak ke ruang bakar via injector . . . nah kalo saat jatuh, nlosor, ada percikan api karena pertemuan kedua logam (bisa saja terjadi) , plus selang bbm lepas yang menyebabkan bbm menyemprot ke mana mana, kumaha ? bisa berabe kan, imho, cmiiw . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

95 COMMENTS

  1. Klau saya gak salah motor metik pertma d indo ini yg make tu sensor adlah vario techno 125 fi (vario injeksi gen 1), motor Metik ymha d bawah 150 cc blum ada yg make kayakny ya wa?

  2. kirain kalo motor harian dibuat miring2 68 drajat kayak marquez bisa mati sendiri mesinnya(keburu ndlosor duluan ya 😛 )

  3. Ternyata sesederhana itu ya Wak.. Saya kira macam pakai gyroscope sensor.. Ato accelerometer.. Itu mah kecanggihan yak.. Wkakak..

  4. plus selang bbm lepas yang menyebabkan bbm menyemprotke mana mana, kumaha? bisa berabe kan,
    ####

    wkwkwk wak haji mendem efek makan ketoprak di campur peuyem iki ?

    Guest
  5. “Nah kalo motor dalam keadaan miring dan berhenti, pengaruh gravitasi terhadap sistem karburator terganggu, sehingga karburator bisa kekurangan suplai dan muaranya membuat ruang bakar tidak memperoleh bahan bakar (bensin) . . . mesin bisa mati dengan sendirinya, cmiiw”

    Motor karbu saya pernah jatuh nyungsep (bukan spt jatuh posisi yg di vlog) skitar bbrp detik kemudian mati sendiri, jadi betul ini. Mantab wak infonya ?

    Guest
  6. Berarti saat kondisi tegak, sampai derajat tertentu kontaknya normally open ya wak?

    Makasih wak, jadi tau cara kerja didalamnya. Kirain kemarin-kemarin cara kerjanya normally close, ketika miring jadi NO, ternyata terbalik ???

    ????

  7. otak goblok kok dipelihara mas ……Lean Angel Sensor itu punya yamaha dan semua motor sport yamaha sdh pake ini….kalau di honda namanya Bank Angel Sensor….di suzuki namanya Tip Over Sensor….di yamaha rata2 kemiringannya mencapai 65 derajat…di honda dan suzuki rata2 60 derajat……..sekolah dl yg bener mas…..sales sekelas ente mana ngerti …….ga malu sama yg punya warung….

  8. maaf nih mas mau nanya kalau di revo fi posisinya dimana ya, ppernah dipakai belajar motor jatuh, pertama kali jatuh mesin mati selang beberapa hari kemudian motor jatuh lagi tapi mesin tidak mati, sebelumnya saya ucapkan t.kasih

  9. tekhnology ini ada pada yamaha,honda suzuki…semua motor sport yamaha ssh pake,kemiringannya rata2 65 derajat pada yamaha dan 60 derajat pada honda dan suzuki…..di yamaha di namakan Lean Angel Sensor,di honda namanya Bank Angel Sensor,di suzuki namanya Tip Over Sensor…….

  10. Fbh itu mah apa orang bilang langsung telan bulat. Ga nyari refrensi dlu Ga mikir dlu. Jd jgn bingung kalo ad yg giring opini langsung di telan Ngohahahaa

  11. Dari jaman supra injeksi thn 2005 jg ini udah ada, kemudian diikuti vixion dan shogun.

    Kalo di tanya pelopor “motor rakitan indo” yg pake Lean Angle Sensor ini ya jelas supra x injeksi, tapi kalo yang bener2 pertama make teknologi ini ane gak tau dh

    • tekhnology ini dr eropah bro dipakai sama brand eropa kemudian dikembangkan pabrikan jepang honda dan yamaha pada tahun 80 an…..sejak thn 80 an honda dan yamaha sdh memakai tekhnology ini pada motor sport mereka…….di indo nesia yg pertama make honda GL…bukan supra…

  12. itu memang foto honda cuma sb perumpaan/conroh…..tp tekhnology Lean Angel sensor punya yamaha,kalau honda namanya bank angel sensor…suzuki tip over sensor dan suzuki adalah pioneer pada motor bebek yaitu shogun ……sales goblok

  13. Kalau motor revo yg jatuh mati mesinnya bukan karena LAS tapi emang mesinnya lemah..jatuh dikit udah mati..
    Wkwkwkwk

  14. Saya pernah jatoh dr mtr nmax serempetan dg mtr lain.aneh nya nmax ngga mati mesinny terus menyala ampe keluar asep putih.malah ngegas sendiri.apa ada yg ngga berfungsi wak?

    • saya baru cek ke Yamaha Part Catalogue . . dan di Bagian electriciti 1 sampai 3 NMAX saya belum menemukan adanya Sensor Lean Angle
      Kalo di R15 saya nemu di bagian bagan electricity

  15. ada beberapa motor, dulu pernah ada instruktur AHASS yang menyebutkan salah satu motor injeksinya menggunakan stopper (pemberat/jalu setang) untuk menggantikann lean angle sensor, sehingga ketika jatuh, gas tidak akan terpelintir oleh jalan. kalau jatuh ya tidak mati, kecuali fuel pumpnya nyedot angin, baru mati. kalau keluar asap putih ketika jatuh, biasanya di matic ada selang pembuangan udara di mesin/uap oli (blow by gas). pas jatuh, karena posisinya, oli masuk lewat selang itu, terhisap oleh mesin yang masih hidup karena berhubungan dengan air filter. normal saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here