TMCblog.com – Bro sekalian, Mulai dari saat hasil Kualifikasi Balap kelas AP250 ARRC 2017 tmcblog bertanya tenya . . Itu kenapa Laptime gerry salim bisa sangat edan 1:42,802  . . . yang artinya ..  di sirkuit yang sama – dengan orang yang sama, Namun Laptime #GS31 AP250 ARRC  Sentul 1,4 detik lebih cepat dibanding Laptime dirinya di IRS Sport 250 Seri 2 dan Lebih cepat 1,7 detik dibanding Laptime Gerry sendiri di IRS Sport 250 Seri 3 yang baru berakhir akhir pekan lalu  . . haa . . eta terangkanlah ?

Biar lebih komprehensif, Kita bahas juga Laptime pemakai Motor Yamaha R25 baik di IRS maupun ARRC . . Kita coba catut nama rey ratukore . . pebalap factory Yamaha Indonesia ini Juga menorehkan laptime kualifikasi AP250 ARRC seri sentul 2017 yang lebih cepat setengah detik dari laptime kualifikasi IRS 2017 Seri 2 dan lebih cepat 1,1 detik-an dari laptime kualifikasi IRS 2017 Seri 3 . . lah mules bin mumet kan  . .

Bukan apa apa . . ini gimana logikanya? padahal seperti yang pernah tmcblog tulis Kejurnas sport 250cc IRS Banyak yang bilang memiliki derajat yang lebih tinggi dan lebih mewakilkan semangat kompetisi yang lebih terbuka sampai sampi ada pendapat bilang bahwa kalo bisa malah ARRC AP250 mereferensi ke IRS Sport 250  . ..  kalo dilihat dari spek sih memang  . . dimana di IRS sport 250 memperbolehkan setiap tim melakukan perubahan lebih heboh lagi pada motor, meliputi modifikasi crankshaft, piston, dan girboks, bubut magnet, penggantian ECU dan aki, serta porting.  . . nih jelasnya sob  . .

  • Piston dan ring Piston boleh boleh ganti dengan after-market
  • Setang seher alias connecting rod dan pinnya harus Standar OEM Pabrikan
  • Diperbolehkan memodifikasi rasio girboks. Termasuk boleh ganti seperangkat rumah kopling dan kampasnya
  • Boleh pakai quick-shifter, tapi tidak boleh pakai slippery clutch yang digunakan di kejuaraan Asia
  • Ukuran diameter venturi throttle body (TB)  Untuk mesin 2 silinder maksimal 32 mm, dengan 2 injektor tiap TB
  • Dipersilakan mengatur bentuk dan ukuran boks filter udara dan jalurnya (air funnel)
  • ECU, koil, busi dan kabel-kabel boleh pakai produk after-market yang dianggap terbaik
  • Rangka/ Sasis utama ( main Frame) harus standar dengan modifikasi di bagian sub-frame
  • Suspensi depan pakai bodi standar dengan modifikasi bagian per dan valve-nya
  • Suspensi belakang bisa dianti Produk after-market
  • Harus menggunakan Velg standar
  • single tire, alias ban tunggal dimana Seluruh peserta kejurnas Kelas Sport 250cc akan menggunakan ban Dunlop tipe Sportmax Alpha GP berukuran depan 110/70-17 dan belakangnya 150/60-17

Lha itu kan hanya Di Kualifikasi, bagaimana Di race ?  . . Cekidot nih sob

atau kalo mau tmcblog buatkan Grafik

Grafik di atas ( terutama Grafik CBR250RR ) menunjukan bahwa Bukan Hanya saat Kualifikasi  . . . laptime saat dirace Untuk kelas ARRC AP250 masih lebih cepat dari Saat race kelas Sport 250 IRS . . padahal spek teknis IRS awalnya diupayakan agar semua Motor diposisikan sama secara performance . .  Lha Gimana dong ini udah Fakta . . melihat fakta fakta ini sorry to say kalo tmcblog bilang bahwa ungkapan spek IRS lebih tinggi dari ARRC kayaknya belum bisa dibuktikan secara empiris  di Track . .

Melihat dari hasil IRS Sport 250 R2 dan ARRC AP250 Sentul sendiri sudah membuat tmcblog mengerti alasan kenapa AHRT masih mempertahankan Basic Setup CBR250RR ARRC untuk diajak balap di IRS . . Lha wong basic setupnya sudah kencang ?

kalo menurut pendapat tmcblog hasil dari diskusi dengan beberapa Praktisi Balap di kedua ajang ini sepertinya bobot dan Rim Wheel ( velg Ban ) sangat berpengaruh . . Spek ARRC memperboleh kan Velg Aftermarket yang lebih ringan dan Kuat . . Kalo menurut opini mas bro Gimana ?

taufik of BuitenZorg

143 COMMENTS

    • bobot pengaruh besar di aksel dan desel (pengereman), sedikit mempengaruhi handling karena bobot adalah agility motor
      handling paling besar pengaruhnya, karena rigiditas sasis, COG, setup suspension, dan terakhir ban

  1. Velg IRS harus yang asli bawaaan jadi walau speck mesin memang lebih tinggi tapi karena bobot lebih ringan ya wajar lebih cepat CBR 250 RR dan R25 lebih cepat di ARRC dari pada IRS.

  2. Ngak usah bawa 5 cc sesembahan mu cbr 150 lawan R15 ver 2.0 sama-sama 150cc di kejurnas IRS saja ngak pernah masuk podium bertahun-tahun.

  3. Velg IRS harus standar ya jelas walau dioprek lebih sadis tapi velg super ringan dan mahal yang diperbolehkan ARRC mempengaruhi bobot dan kecepatan ban di aspal yang akhirnya mempengaruhi laptime mau bukti CBR250rr dan R25 di ARRC malah lebih cepat laptimenya

    • Lu ga usah jauh2 ngomong cbr…lu tanya tuh kenapa recall25 laptime lebih lemot dari yg spek arrc…katanya udah full bedak pake ini lha pake itulah

  4. Kalau basic setupnya udah kencang kenapa cbr250rr yang lain selain AHRT lemot-lemot. Kita tahu HRC Jepang di artikel TMC yang lalu pernah buat CBR250RR khusus race buat AHRT ditambah ECU HRC jelas jadi standar HRC bukan standar pabrikan AHM yang dipake Tim lain pada CBR250RRnya lihat saja Tim AP Thailand juga udah pake cbr250RR di dua seri terakhir tapi ngak kompetitif saat race padahal pembalap AP thailand skill mumpuni itu disebabkan karena tidak dibantu langsung HRC.

    • Maaf bro, d ECU cbr250rr milik ahrt sangat jelas tertulis HARC pro bukan HRC,…. tpi gak tau juga “penglihatan” anda masih normal atau sudah ketusuk garpukarat,….

    • ekekekekek

      “Soket dan dongle yang dipakai persis ECU HRC untuk CBR600RR, software juga sama,”

      Ecu cbr250rr disupporrt hrc tuh dan motec biasanya

      hayayayayya

    • Rdy@ fairing r25 tim yri d arrc dan irs tahun ini persis kyak fairing m1, lantas apkah bisa langsung d simpulkan yamha make m1 d irs dan arrc??

      Atau kasar ny bentuk headlamp new r155 lubangnya persis kek sempak bolong, apkah fairing depan new r155 itu d buat oleh “pedagang sempak bolong”???

    • ekekekke

      @nagashima
      itu namanya semangat motivasi ..kreasi tanpa mengurangsi sisi aerodinamis
      yg dibahas ECu cbr tuh lihat minta bala bantuan juga…

      hayayayaya

    • Isu USD..isu ECU..soket..dogle..emang perih menerima kekalahan ..kenapa perih..karena dari awal ada kalimat sombong: MAU NGOSPEK CBR25RR STEREO…kenyataannya?? Tau semualah..itulah tabiat orang2 smart..ngeles..sama kayak blog darah biri..byk nuduh blog lain..riya..ceriwis

  5. Kalo di fikir fikir ternyata emang muemet yak..
    Kok bisa begitu?
    apakah spek RR sudah di racik untuk siap terjun di lintasan balap yaak..

  6. Kalau di ARRC CBR pake mode sport/sport+, agar bisa bertarung dan ngalahin prmbalap jepang & thailand

    Kalau di IRS CBr pake mode comfort, terbukti laptime nya lebih lemot

  7. Bukannya piston dan ring piston sudah tidak boleh diganti dengan after-market sejak IRS seri 2 yang lalu wak haji?? serta magnet juga harus standar dr pabriknya bersamaan dgn aturan velg standar itu

    • Yang pengin std semua kan permintaan onoh :v magnet std, piston std, semua std …

      Kalau pun yang terjun R25 spek murni IRS tahun sebelumnya bisa berbalik kan …

      Intinya cuman pengen genjot penjualan ajaa walaupun di gasak sama matic 250cc sbelah ngah ngah

      *SPEK YAMAHA R25 IRS murni power udah main diatas 50HP

    • @bronpit sbnernye ane salut msalah ente bcorin produk yamaha. Tp klo aturan mcm nie jgn gurui wak haji. Dy pngalaman jg ud lama ente jg cuma pngamat g prnah trjun lngsung. Jd g usah sok2 an blg gy. Dongkol jg gua liat lu orang. ????
      Tuh urusin next R25 yg pngurangan material ngejar cost produksi. Bkin ktawa aje lo ????

  8. Wak haji, sorry out of topic. Cuma ngasih tw aja motogp track report dati Repsol Honda.
    1. Strategi balapan dari Marc Marquez, tetap berada di leading group tanpa terlalu banyak menekan ban di permulaan balapan, dan menyerang di lap2 akhir.
    2. Dani strugel dengan setup motornya di trek yg bumpy, strategi nya adalah menjaga pace balap nya selama balapan.
    3. Cal bisa membawa RC213V ke posisi 4 saat finish

    Sumber : world.honda.com/MOTOGPreport/2017/round12

  9. no 11 itu sapa yah wak….kok air fin nya…eh bener kan air fin…bentuknya gitu banget..say to sorry gak enak diliat kaya idung apaan gtu…hahaha mungkin fungsinya maksimal..tapi…

    #salfok

    • ram air . . yamamoto
      udah dibahas tuntas di tmcblog awal musim/ preseason kalo nggak salah bro
      sampe ada rumus flow dari fluida segala

    • Harjono# yamamoto satu2ny pemblap arrc ap250 tahun ini yg mampu meraih podium selain gerry salim.,,,, dan selain seri sentul (tau sendirilah kondisi sentul, pemblap kawakan yg punya skill d atas rata2 mcam antony west aj “takut” melibas sentul),…yamamoto sallu bisa naik podium kecuali race 3 seri jepang yg lalu itupun akibat rheza crash d depanny,..
      Klau gak ada gerry salim d arrc ap250, kemunkinan besar yamamoto dan anupad akan sangat dominan d arrc ap250 thun ini,……
      Tpi aplah daya, gery salim +cbr250rr bagaikan “serigala yg kelaparan”.,,,
      Btw, gaya ngeless anda lumayan juga ya, setelah kehabisan kata2 buat “mem-BC HONDA AHRT”, kini ngumpet d ketek yamamoto dengan kedok “yamamoto dengan ninja jauh lebih bagus drpda ymamoto dengan cbr250rr”

    • Siapa itu bro? Kasian bro dia bukan gw… Mending janjian aja, lu ke tempat dia terus tar gw komeng jam berapa gt. Gw gak main IG, FB dan sebangsa nya bro

  10. Velg ringan kan pengaruh jg wak. Selain meningkatkan riding quality, beban mesin untuk memutar roda jg berkurang, bobot keseluruhan motor jg berkurang. Akselerasi meningkat, cornering speed jg meningkat, lap time pun terpangkas

  11. Mangkanya mbing jadi orang jangan songong.
    waktu kualifikasi aja sudah serasa podium.
    tapi giliran race mbeldosss..
    sangit dah muka fbh…

    Ekekkk

  12. Ngaruh g kencangnya balapan kelas coro ini dengan di barengi kencangnya Dolllar menanti..
    harusnya judulnya begitu wak..

    Ekekekk

  13. Dilihat dari grafik yang pertama saja kelihatan, ada faktor lain yang berpengaruh selain mesin.
    Semua yang dibandingkan sama-sama naik turun grafiknya.
    Angin, humidity, panas track, dll jadi faktor penting yang berpengaruh.

  14. berarti regulasi di ARRC lebih mengacu regulasi balap maspro di WSBK ya wak…oh y sekali2 bikin artikel perbandingan regulasi di AP250 ARRC dgn WSS 300 dong wak…

  15. Dengan fakta begini menjadi bola liar analisa orang awam..

    Apakah regulasi IRS skrg banyak disunat? Gak full oprek seperti sebelum-sebelumnya

    Seperti contoh velg gak boleh diganti, piston dan ring piston harus standar, hm..

    Pengen banget nonton kompetisi yang fair dengan regulasi full oprek tanpa batasan ini itu, kapan ya?

    • Sekaranh gini bro,..
      1.Klau irs d buat regulasi yang “full oprek tanpa batasan”, apkah “hadiah atau sejenisny” bisa mengembalikan setidakny setengah dari “modal” yg mereka(tim peserta) kluarkan???

      2. Klau full oprek tanpa batasan, apkah tim2 satelit yg danany kecil bisa bersaing minimal tidak kena overlap 2x, Dimna tim2 dsini mayoritas modalny pas2an??

      3. Dengan regulasi yg full oprek tnpa batasa yg berimbas pda performa motor yg akan semakin kencang, apkah sirkuit2 d indonesia ini bisa “menampungnya”???

      4. Dengan regulasi yg full oprek tanpa batasan, mka siapa tim yg punya duit “lebih” untuk menggaet mekanik atau enginering handal dan atau membeli part2 kelas wahid mka bisa d pastikan tim itu akan jdi juara, apkah tim2 lain beserta sponsorny masih mau ikut d kejuaraan itu???

      Tim sekelas MANOR RACING aj gak mampu bersaing secara finansial d kejuaraan f2/gp2 yg notabeneny regilasiny “masih ada batasannya”….

    • Mau situ luat nsf250 di irs siapa yg mau ngejar broww ahk ada” aja smw yg namanya kejuaraan pasti ada aturan nya ada kelas nya ada standart nya lah wong kelas prototype macam motogp aja ada aturan nya bhkn bisa di blg lebih ketat persaingan nya dri mulai silinder piston mlh ampe ecu plus software pun di sunat biar apa coba klau bkn biar kompetitif persaingan nya klau gk gtu juaranya bisa L4 ? dn blpn pun akan menjenuhkan ?

  16. Nah saya penasaran wak klo velg di irs standar apakah korekan tim irs gak bisa menghandle berat velg sampe2 velg lebih berpengaruh daripada power engine

  17. Kasihan ya kang

    R25 yg udah full Oprek kalah jauh sama CBR250RR yg mesinnya masih standar…

    Gmn klo CBR250RR udah full Oprek ya?

    Bisa ketinggalan 27 provinsi itu

    • @rdy

      Semangat banget bro belain motor buosoook spt R25

      Dibayar brp sama Yamaha?

      Klo ente cuma pemakai coba berfikir jernih

      Jgn fanatik membabi buta

      Pabrik yg seneng

      Dikasih produk lemot, rompal, minim teknologi kok dibela mati2an

      Yg masih waras pada ga mau bro dijodohin sama Yamaha

    • @jimoo
      hmm, berarti memang CBR250RR paling superior ya sejak lahir dbanding yg lain, wajarlah kalo menang dan mendominasi

  18. Iya..Dagelan bro…. dulu Jaman masih single silinder….R25 sama ninja yang ditambahin bobotnya… sekarang karena basic speknya CBR250RR udah lebih tinggi dari yang lain karena keluar belakangan malah R25 sama ninja yang disuruh muter otak ngurangin beban…wkwkwkwkwkwkwk…. Ngurangin atw nambah beban akan mempengaruhi balance dan aksel…IMHo…

  19. “ungkapan spek IRS lebih tinggi dari ARRC kayaknya belum bisa dibuktikan secara empiris di Track . ”

    Statement fakta wakaji yg bungkam rapat congor2 yg ramai nyembah standard irs,, uhuyyy

    Padahal ubahan spec irs (produsen penganut paham oprek) jauhh dari realita produk stock yg ujung2nya hasil irs buat modal jualan nutupin inferior produknya spya “terlihat” kompetitif atau malah seimbang dan lbh gila lagi “superior” koplakkk

    • @kribo
      kalo nanti CBR250RR jga di eksport dan mengalahkan R25 dari penjualan Eksport
      kira2 loe mw teriak apa lagi ya???
      hmmmmmmmm…………

    • Buahahahaha raja dollar itu akibat FBY di sini ngga menghargai produk Y alias jarang beli,karena ngga ada yg beli terpaksa jual eksport buat pemasukkan,,,
      FBY minta nya doang bikin motor kaya ini kaya itu,modelnya harus gini harus gitu,salah dikit modelnya facelift,jadi kaya juri alias banyak nilai,,,
      Pabrik juga mikir kali MS 20% jual kemana lagi selain eksport,,,

  20. Bobot motor pasti beda kang atara AP dan IRS, dan ini juga menggambarkan ilmu setting mesin balap Kita masih ala kadarnya, asal wes ganti, dibubut, korek sana korek sini wes dikira sangar trus banter..padahal masih ada soal matrial bahan dasar, ilmu berat, ecu, kondisi lintasa, ban, suhu aspal…”wes pokoke yg namanya di korek yo jelas kencang!!!”
    Kan repot kan

  21. Satu hal disini, baik CBR250RR dan R25, menunjukan fenomena yg sama, dimana ketika menggunakan spek yg lebih mendekati pabrikan, performa keseluruhan bisa lebih baik daripada motor yang tuningnya lebih banyak menggunakan part aftermarket..artinya sebuah produk memang sudah diperhitungan segala aspek untuk dapat memberikan overall performance yang seimbang dan berujung di laptime yang lebih cepat..tuning mesin memang bisa menaikan hp, itu betul sekali…tapi apa yang terjadi ketika mesin memiliki power lebih tinggi, apa impactnya ke system frame? Bagaimana inputam yang diterima oleh suspensi, sedangkanSuspensi akan pengaruh ke handling dan traksi ban,,,remember, power without handling is nothing….so kendaraan yh diproduksi oleh pabrikan sudah melewati banyak fase, dari mulai styling design, digital simulation, physical trial, semua dievaluasi, apa yang kurang diimprove, sampai akhirnya siap untuk mass production, tentu saja improvement yg dilakukan sesuai dengan target dari market kendaraan itu sendiri, dimana strategy based price menjadi pertimbangan penting..balik lagi ke CBR250RR dan R25, kedua motor tersebut basisnya adalah sport daily use, jadi sekalipun di tuning habis2an ttp saja tidak akan pernah sama dengan motor yg dilahirkan memang untuk kompetisi racing..misal NSF250, sekian.

    • power is nothing without control
      memang secara standar factory, memang CBR250RR ini jauh lbh superior dbanding yg lain dikelas 250cc, ini memang gak bsa dibantah, sangat wajar malah kalau di ARRC mendominasi
      cara menumbangkan CBR???
      update produk dg spek datas CBR pasti menang jga koq

  22. Regulasi irs emg lbh yahud buat ngobok2 engine,tp velg g blh diganti sm aja wak,motor spek race kan bobot berpengaruh k PWR

  23. Spek&merk ban gk dibahas wak??

    Kalo ahrt dibilang pake spek arrc saya sih kurang percaya lawong.. cbr ultraspeed saja riset noken&gear box di australia????

  24. Yg nyium bau gosong pertama RCV ya MV25,,,
    FBH mana ada yg nyium bau gosong,,,
    Bau MS baru bisa di cium,,,
    ?????

  25. ekekekekekekk
    harum ya bro cium ketek FBH Culun-culun.
    maklum si Daganganmu numpuk di gudang.
    Lalu meledak
    “DUORRRR”

  26. wis lah ben jarno wae CBR menang…mesti ono wayahe kalah , tahun wingi r25, tahun saiki cbr, tahun yo gantian Ninja….sing di puja iki pembalape ojo motore, motormu beat/mio tp rumangsane kyo numpak moge

  27. perlu di cek lg scra mndlm mnyeluruh itu mtr..cocok dg rule apa tdk.

    lha yang komen seperti itu diatas siapa? ataukah dajjal yang komen seperti itu bukan ente

    ente tahu gak yang di maksud pengecekan lagi secara mendalam, brarti bongkar semua, padahal sudah ada hasil scruut kemaren, kok disuruh cek lagi secara mendalam, lha memange panitia arrc dungu semua apa dan gak ngerti aturannya

    lebih dungu lagi kalo orang yang maksain logikanya tapi gak pakai data/ bukti resmi. kalo orang yang logikanya jalan sih ngomong pasti pakai data, kalo gak pakai data ya di guyu dingklik ekekeke

  28. Mike gile
    Kalo ngatain orang jangan bawa2 orang tua bro, gak sopan, famali ntar, kalo ente digituin emang mau, bc boleh tapi jangan bawa2 ortu lah

  29. bobot dan Rim Wheel ( velg Ban ) sangat berpengaruh . . Spek ARRC memperboleh kan Velg Aftermarket yang lebih ringan dan Kuat . . Kalo menurut opini mas bro Gimana ?

    saya sih gak setuju Wak…
    regulasi ARRC bobot Ninja dan R25 yang boleh 5kg lebih ringan dari CBR250RR itu yang pengaruh, artinya Ninja dan r25 yang boleh 130kgdan CBR250 boleh minimal 135kg itu lah yang bikin ARRC lebih sedikit kencang

    Jadi kalo cuma soal bobot pelek sih kayaknya enggak deh,tapii karena regulasi total bobot yang memang berbeda. Kalo mau lebh kencang dari ARRC,ikuti regulasi ARRC dan tambahkan bisa utak atik kem,rasio,suspensi,pengapian ..joss …tapi jadinya mahal ,yang ikut ya cuma tim tim kuat yg di support pabrikan aja.

    Sekarang aja IRS yang pake Ninja tinggal segelintir wak,opo meneh diumbar regulasine…

  30. Jelas CBR250RR paling kencang, Itu tidak bisa dipungkiri.
    Secara mengusung teknologi terbaru.

    Lihat :
    1. USD, dibanding Teleskopik jelas USD lebah baik.
    2. Swing ARM lebih mantap
    3. Sudut air intake sudah mengusung DownDraft Air Intake
    4. Belum dari sektor mesin yang standar saja sudah mengusung Semi Race.
    poles dikit ya jadinya terkencang di kelas 250.

    saya melihat CBR250RR adalah bekah, tanpa CBR250RR mungkin R25 dan Ninja 250 tidak akan rilis New Engine.

    sekarang tinggal menanti New R25 dan Ninja 250.

  31. kenapa lebih cepat AP250 dibanding IRS?
    jawabannya karena tunernya lebih ok AP 250. sebenarnya komponen dominan standar (ukurannya) lebih kencang, mungkin karena kebanyakan ganti ini itu seolah-olah kencang, padahal hanya sentakan semata, kencang bukan berarti cepat.
    di IRS dibolehkan penggantian:
    crankshaft (hitungan pabrik jauh lebih akurat, CNC lagi)
    piston (sebenarnya gk terlalu pengaruh, rata2 sudah forging, paling beda kontur dan bobot bisa dimodif)
    girboks (girboks standar masih bisa menjangkau powerband, beda dengan 2 tak, girboks beda dikit, hasil beda jauh)
    bubut magnet (lagi-lagi, hitungan pabrik lebih pas, lebih enteng memang ketika digas lebih cepat naik, tapi ketika dapat beban, belum tentu torsinya lebih baik)
    penggantian ECU dan aki (ecu memang otak dibalik kencangnya engine, namun bukan berarti ecu standar inferior. ingat, ecu standar dirancang untuk bekerja bertahun2 (durable), tinggal diakali inpunya, output ke aktuator berubah)
    serta porting (banyak yang porting lewat flowbench, namun kurang memperhitungkan gas speed dan flow pattern di rpm bawah/menengah), jadi porting standar AP ternyata lebih ngisi di setiap rentang rpm, mungkin peaknya kalah dikit, tapi di sirkuit, pemakaian peak cuma 20%, 80%nya di rpm lebih bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here