TMCBlog.com – Bro sekalian, Jonathan Rea Hadir di Weekend race MotoGP Silverstoner akhir pekan kemarin dan bahkan sempat menjadi orang yang memberikan trophy di atas Podium . . Nahhh pas ada kesempatan itu beberapa Jurnalis Motorsport pun berkesempatan memperoleh debrief dengan Juara dunia WSBK yang pernah Race menggunakan Motor Prototipe MotoGP di Tahun 2012 ketika menggantikan Stoner ini salah satunya menanyakan hal hal yang ringan . .. Para Jurnalis mengatakan Bahwa Valentino Rossi pebalap Motor Prottipe ( Yang nggak bisa dibeli ) di kehidupan Sehari hari hanya menggunakan scooter. Nah Gimana Seorang Jonathan Rea Yang merupakan pebalap WSBK yang merupakan representasi dari Motor Yang ada dan bisa dibeli di kehidupan sehari hari ?

Jawabannya sangat mengejutkan Mas bro, Rea mengakui bahwa Ia tidak memiliki surat izin mengemudi Sepeda motor ( SIM/ Driver Licence ) . . Sehinga jika ditanyakan motor apa Yang ia gunakan di keseharian,jawabannya adalah ia tidak menggunakan motor sama sekali. namun Jonathan Rea mengatakan bahwa Ia berencana mengajukan permohonan pembuatan SIM di akhir musim panas . . .

Namun Tidak seperti Rossi, Jika Rea nanti sudah memilii SIM maka Jenis motor yang akan ia beli dan pakai di keseharian adalah Motor yang memiliki Gaya Old style seperti misalnya Model Cafe racer 70 an. Namun untuk menjaga kebugaran Rea mengatakan bahwa ia saat ini menggunakan motorcross di Tracknya . .

Selain membicarakan soal Dirinya, Rea Juga membicarakan soal situasi terkini di WSBK yang menurutnya secara umum hanya dua pabrikan yang paling kuat Yakni Kawasaki dan Dcuati dan sebagai solusi pemerataan kedepan Rea berpendapat bahwa solusinya berada pada regulasi dari spek motor . . . Rea melihat Spesifikasi dari Superbike Yang beradu endurance di suzuka 8H bisa jadi referensi . . ia mengatakan Bahwa Motor motor yang bertanding di Suzuka 8H baik itu CBR, R1, ZX-10R maupun GSX-R1000 semua mencerminkan keikutsertaan Pabrikan Yang kental untuk mempersiapkan performa dari Motor . . Kalo menurutmu gimana sob ?

Taufik of BuitenZorg

28 COMMENTS

  1. Perbedaan pling mencolok spek teknis antara wsbk ma suzuka 8h apa wak?,….

    Satu lagi wak, wak hji ada info bocoran (prediksi) gak tentang siapa yg bakal d tunjuk honda team asia moto2 untuk menggantikan slot kosong yg dtinggalkan nakagami thun depan???

    • Kalau Spek EWC, itu di tengah tengah antara Spek WSBK sama Superstock1000. Jadi Spek WSBK lebih bagus pastinya. Apalagi EWC lebih mementingkan durabilitas komponen, jadi kemungkinan besar bakal pakai ECU seragam. CMIIW

    • +1 Saya dari kmrn pas ada liputan EWC jg penasaran. Tp klo Rea blng seperti itu, sepertinya regulasi WSBK mmg benar mengizinkan spek yg cukup dahsyat, terlihat dari komparasi Pre-Season 2017 di Jerez dng MotoGP, dan dominasi Kawasaki & Ducati di podium.
      Mirip MotoGP sebelum penyeragaman ECU?

  2. Anda pintar tp sayang anda hanya berputar di kotak kecil untuk sebuah tolak ukur, seharusnya anda bisa melihat warna putih di kertas A4 meski harus tetap melihat titik hitam untuk menjadikan anda lebih cerdas.

  3. Terimakasih sdh membalas reply saya untuk menunjukkan isi pusat pikiran anda yg hanya tumpukan kapas dg berat yg amat sangat ringan, semoga anda hidup bahagia.

    • Ada bro tapi yang versi motogp..
      Shoot dr kejauhan ada VR MM pedro JL balapan,, nah di depan sebwlum tikungan persis ada seragam ijo2 menunggu wkwkwk
      Lanjutannya pebalap pada belok ke rumah warga pake GP jg (editan yg jelas, tp kocak wkwk)

  4. Setidaknya saya pernah punya Sim yang buatnya sesuai prosedur ikut ujian teori dan praktik, bayar sesuai yang tertera di loket dan spanduk, Datang ujian jam 9 pagi dan jam 1 siang dihari yang sama SIM sudah saya dapatkan.
    Well done Polda Jogja..

  5. memang honda bagus ane akui dah, tapi tidak semua. hanya maticnya saja.
    dan tolong sampaikan omm pada petinggi honda di sana, beli spare parts susah bgt.
    inden kaga jelas kapan datengnya. imbangi penjualan motor utuh degan spare partsnya. padahal ini di tanah Jawa. Apalagi di luar jawa? ya ane kurang tau, apa hanya di sini saja..atau di tempat lain juga sama.
    ane pengguna honda jg soalnya

  6. kaya demokrasi ikut suara terbanyak ??. . type orang ogah ribet yahh mainsteam lahhh .. ya terserah sih duit masing-masing bukan boleh minta ?

  7. Komen dari saya buat Wak Haji, atau siapa saja kontributor TMCBLOG.

    Sebenarnya kalau saya lihat WSBK di 2 tahun terakhir kelihatan sekali betapa NJOMPLANGnya persaingan, karena praktis meski tahun ini ada regulasi baru soal start di race ke 2, nyatanya fantastic 4 tetap susah dibendung.
    Saya pernah diskusi sama teman saya, memang karena 2 faktor, faktor pertama karena motor yang sudah superior, dan faktor kedua adalah ridernya juga. Kalau pendapat saya sendiri, saya gak suka dengan faktor kedua, karena di situ ada Eugene Laverty yang juga bisa dibilang rider hebat, tapi di aprilia performanya seperti dikebiri. Sedangkan Marco melandri, karena faktor pakai ducati, jadi ya bisa melesat, hehe.

    Mengapa saya katakan faktor pertama yaitu KARENA MOTOR yang SUPERIOR, karena kalau kita melirik ajang yang menggunakan “Motor Superbike” selain WSBK, nyatanya persaingannya juga merata. Contoh tahun lalu saya pernah sekilas nonton satu seri ASBK, dan yang menang bukan hanya ducati dan kawasaki saja, tapi yamaha dan honda juga cukup kompetitif. Lalu KW2nya WSBK ada BSB, yang saya rasa tahun ini pun nyaman dan enak untuk ditonton, karena honda yang notabene masih motor BARU pun bisa ikut bersaing di baris depan dan memperebutkan juara, bisa dikatakan di BSB hanya Suzuki saja yang susah bersaing, paling mentok cuma di baris tengah aja. BSB tahun ini berarti ada 4 pabrikan yang bersaing di baris depan, yaitu Kawasaki, Ducati, Honda, dan BMW. Contoh lain adalah MotoAmerica, yang di mana sudah pernah dibahas oleh tmcblog.com soal isu Comebacknya Suzuki, karena di Motoamerica pun persaingannya cukup adil, meski kayaknya suzuki cukup superior di situ. Sedangkan Ajang lain yang belum saya sebutkan sebenarnya ada banyak seperti Superbike Brazil, kemudian Irish Road Racing, kemudian adalagi IDM (kalau gak salah Superbike Jerman, sampai yang endurance pun, sepertinya persaingan gak njomplang banget, dan saya cukup takjub saat melihat FCC TSR Honda yang ditunggangi Randy De Puniet di Suzuka 8 hours bulan lalu cukup perkasa, meski yang dipakai adalah motor terbaru CBR1000RR SP.

    Kalau menurut saya apakah cara yang cocok buat WSBK kembali bergairah adalah mencontoh regulasi BSB, atau WSBK di tahun 2012. Karena di tahun 2012, bisa dikatakan hampir semua pabrikan bisa bersaing di baris depan, Suzuki kayaknya waktu itu hanya faktor pembalap, karena di Nurburgring, Leon Camier bisa podium 3 dengan duel yang cukup seru, lah.

    Sekian komen dari saya. Saya berharap tmcblog bisa memberi postingan tentang perbedaan beberapa regulasi di ajang yang menggunakan “Motor Superbike” yang sudah saya sebutkan tadi.

  8. tapi kalau disini, cuma punya sim C (belum C1 dan C2 apalagi lisensi balap) tapi gaya udah kaya pembalap GP atau WSBK 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here