TMCBlog.com – Bro seklaian, Sepeda Motor varian skuter matik buatan Indonesia makin diminati Pasar Dunia . . kesimpulan ini tmcblog pakai setelah melihat data AISI soal Distribusi ekspor Unit Sepeda motor multiband yang dirakit di Dalam negri untuk tujuan ekspor yang Secara akumulatif, total ekspor pada periode Januari-Agustus tahun ini sebanyak 267.320 unit sepeda motor . . Angka tersebut naik sebesar 42,2% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun 2016 lalu yang hanya tecatat sebanyak 187.980 unit

Catatan Kenaikan angka ekspor sepeda motor di 8 bulan pertama 2017 di atas ternyata disokong oleh kenaikan Volume ekspor sepeda motor pada bulan Agustus 2017 lalu mencatatkan kenaikan sebesar 90,72%. Angka ini diperoleh karena Secara volume, total distribusi ekspor pada bulan Agustus 2017 mencapai angka 43.391 unit, adapun volume ekspor sepeda motor  pada Agustus tahun 2016 hanya sebanyak 22.751 unit.

Nah dari 43.391 unit tercatat tiga agen pemegang merek ( APM ) berhasil membukukan kenaikan volume ekspor Sepeda motor di bulan agustus 2017 dibandingkan Agustus 2016. Mereka adalah PT Astra Honda Motor, PT TVS Motor Company Indonesia, dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

YIMM mencatatkan kenaikan volume ekspor sebesar 53,94% . Angka ini diperoleh dari 16.960 unit pada Agustus 2016 menjadi sebanyak 29.109 unit pada Agustus 2017. Bulan Agustus 2017, Honda AHM berhasil mengekspor sebanyak 10.131 unit kendaraan, naik lebih dari enam kali lipat dibandingkan capaian pada Agustus tahun 2016 lalu yang hanya sebanyak 1.618 unit. Adapun TVS berhasil menaikkan ekspor sebesar 6,61% dari 2.509 unit ( 2016 ) menjadi 2.675 unit ( 2017 ).

Sedangkan dibandingkan angka ekspor tahun 2016 di bulan agustus dua APM lain yakni PT Kawasaki Motor Indonesia dan PT Suzuki Indomobil Sales mengalami penurunan. Ekspor Kawasaki bulan Agustus 2017 hanya tercatat sebanyak 192 unit, turun sebesar 36% dibandingkan capaian pada Agustus 2016 yang sebanyak 300 unit. Dan Suzuki turun sebesar 5,86% dari 1.364 unit pada Agustus 2016 menjadi 1.284 unit pada Agustus 2017.

Dari 43.391 unit angka ekspor di Agustus 2017 ada 10 Motor Buatan Indonesia Yang terlaris di pasar Internasional  . . cekidot deh bro . . . di List Top 10 tersebut 80% diisi unit varian Motor Yamaha baru sisanya 20% Unit Motor varian Honda. Namun begitu Honda Beat jadi Motor Buatan Indonesia yang paling laris di pasar Internasional dengan 7.371 Unit . ..  Yamaha NMAX jadi Motor Yamaha Paling diminati dipasaran Internasional Bulan agustus 2017 bro dengan torehan 6.549 Unit . . Semoag berguna

Taufik of BuitenZorg

 

104 COMMENTS

    • Jepang yg mbatesin expor cbr250rr..
      Honda malaysia jg tidak diizinkan export dri indo.. tpi dipaksa beli cbr250r single dri thai.. ya maklum lah. Kan dulunya emang thai yg jadi basic pasar honda asia.. baik big bike, 150/250. Untung2 aja gara2 tekanan yamaha indo, ahm di izinkan buat pasar sendiri.. tentunya tidak buat negara lain terkecuali atas izin prinsipal jepang.itu aja yg saya tau. Imho kali aja ada temen yg mau share pendapat

  1. Nmax yg diekspor apakah sama2 150cc wak? Harganya jadi berapa ya kalo di eropa sana?
    Di atas 125cc kan pajaknya udah masuk ke range sport dkk yg lebih mahal ya? Cmiiw

  2. Yamaha memang motor global berkualitas tinggi. Di negara kaya raya Abu Dhabi motor super sport naked di dominasi YAMAHA, DUCATI, dan KAWASAKI. Merk lain sgt jarang sekali terlihat.

  3. Justru nyang cuma muter2 diASIA kan pabrikan sayap, si embiit ke eropa?
    Bakal banyak beruang sirkus keluyuran dijalan.

    Orang ngeropa kek tiang listrik suruh naik embiit, minimal NMAX cooyyy…

    • Motor n max wajar,body gede yg naek orang luar,,,
      Kalo mbit motor kecil yg naek orang luar badannya gede tarikan tetep joss,,,
      Udah gitu di minati orang luar negeri,,,

      Orang luar mau ngalay,,,

  4. kok tumben wak blom update data statistik laptime motogp kemarin, sy penasaran soale.. hhe.. apalagi liat DP kemarin yg nyodok terus.. jd penasaran bangett.. ditungggu wak klo ada..

  5. Wah bule doyan naek mbit juga,,,???

    Untuk AHM perbanyak produk untuk eksport mbit,,
    Mbit udah go internasional,,,
    Orang luar kelihatan gede gede badannya tapi mbit joss tarikannya,,,

    Ekekekekekekek

  6. Kalo soal export global lawannya yimm itu ya ap honda sama kawasaki thailand, tp bedanya yimm belum bikin moge tp udah mau bikin mesin moge, kalo ahm ya cuma negara sekitar aja seperti contohnya timor leste.

  7. TVS juga merk indihe yah….dah lumayan njungkelin suzuki ama kawasaki, kalau indoneisa berani bertaruh transfer tehnologi, yamaha 50% dan honda 50%,

  8. judulnya sangat membingungkan..
    yg di minati pasar dunia kan nmax.
    kenapa ada pict beat wak?
    emang beat diminati dunia????

    Ekekkkk

    • Hehe beneran mesin daur ulang, mesin versa di seting ulang.
      tp buat ane yg ga punya duit, bikin trabas enakan dr mesin verza bos dr pada mesin merk yamaha yg sejenis, tenaga dan durabilitasnya jauh.. Sama klx jg masih enakan verza..
      Kecuali dr mesin f1z lumayan tuh..

    • Dari segi tenaga dan akslerasi bawah mesin verza itu jauhhh lebih ok ketimbang mesin klx 150, dan byson150, dri segi durabilitas engine walaupun mesin itu verza polos alias minum teknologi yg lebih advance, mesin bysob, mesin cb150 series, vixion series, dan mesin satria series lewat dah alias lebih duraible mesin verza,…
      Klau bicara ttg mesin daur ulang mah itu sudah hal lumrah d lakukan setiap pabrikan, bukan hanya pabrikan sepeda motor tpi juga pabrikan produk yg lainya, bahkan mayoritas barang2 sekarang adlh barang hasil daur ulang, bahkan casing ataupun gadget yg lu pke skrg itu adlh brang hasil daur ulang,….. Makany sering hilang besi jembtan, kabel listrik, tiang listri yg terbuat dri besi dll,…

  9. Kipas2 dolar tapi karyawannya dibayar recehan beda ma sebelah .ironis sekali dolarnya di pake bayar roszonk 7 taun,(4 seri lgi 8thn) ngoahahaha

  10. Hampir d setiap negara brand image motor suzuki itu sudah tercoreng karena inovasi tiada hentiny sempat terjebak macet(baca: sempat berhenti lama),….
    Makany sekarang d jual murah pun tetap kurang d minati,…. Aplgi produk ny nanggung gini, desain elegan tpi jok boncengan ny melebihi tinggi jok motor racing,…

  11. pada banyak yg berapi2 komennya,emang dapet bagian dari atpm yg didukung ya?Mau ekspor banyak juga bodo amat,nggak ada yg bikinin sirkuit baik yg kipas2 rupiah maupun dollar.
    Kalo ane sih kagak mau dukung gratisan,demo aja banyak yg pasukan nasi bungkus masak komen pake kuota sendiri jempol ampe kriting cuma-cuma?

    • Padahal yg kipas kipas dollar pabriknya,,,

      FBY cuma baper,,,

      Itu motor yg berseliweran di negara luar FBY juga ngga pernah liat,paling mentok cuma di plant pulogadung di bawa kontainer,,,

      cuma menyaksikan jadinya baper,,,

  12. Atas w aneh, bedanya dah lumayan jauh penjualannya masih hitung besar menang dari yang banyak ????????
    Coba gi dihitung total pendapatannya beat vs nmax

  13. Wak, akhir pekan ini ada race wssp300 seri perancis ya wak??
    Kira2 pembalap termuda indonesia yg mampu juara d arrc ap250 yakni galang hendra masih ikut gak wak d seri perancis ini ataupun d seri penutup nanti(jerez-spanyol)???
    Mhon info dong wak klau ada,… Siapa tau tim glang d portugal kemarin “kesemsem dengan performa glang” dan d ajak blpan lgi atapun ymha memberi hadiah karna doi mampu menyudahi dominasi honda d arrc ap250 dengan memberi jatah wildcard lgi d wssp300…. .

  14. Yhama indo di ekspor krn memang jualan yhama yg paling laku di dunia cuma di indo saja makanya sama jepang dijadikan pabrik utama.
    Sedangkan honda indo tdk bgtu meng ekspor karena untuk memenuhi kebutuhan indo saja “masih kwalahan” dan lagian pabrik honda di tiap negara juga laku gak kayak yahama yg sudah gak laku.

    • Masih kualahan?… Di dealer honda sampai numpuk bshkan sampai trotoar d jadikan tempat jualan, d gudang truk gendong harus antri berhari2 bahkan sampai d pinggir2 jalan raya karna gudang sudah penuh g muat lagi tp barang terus saja di kirim dari pabrik..

  15. Beat d ekspor kemana wak?.. Kox g di sebutin negara tujuanya?.. Kalo ke timur leste sama saja bohong… Honda memang produk global, tapi kalo ahm gakmkan lolos d ekspor ke eropa, thailand saja ogah nrima.. Maklum kualitas ala kadarnya…

  16. Ini karena pusat produksinya di sini kali, Wak (imbasnya otomatis expor terlihat naik – nggak ada lawan soalnya). Unless ada data pembanding (Thailand, Vietnam or Jepun).
    kalo beneran makin diminati pasar dunia, bolehlah berbangga kita Wak

  17. Sudah lama merk-merk ternama dari Eropa, Amerika maupun Jepang dan Korea, baik itu industri otomotif, telekomunikasi, elektronik, merchandise, pakaian, hingga heavy industry, mulai memindahkan pabrik/ manufacturnya ke negara-negara macam China, Thailand, Vietnam sampai Indonesia.

    Alasannya sederhana, memangkas cost / biaya produksi agar harga tetap kompetitif.
    Salah satu komponen terbesar biaya produksi adalah biaya tenaga kerja, bayangkan saja jika gaji/ upah tenaga kuli di Eropa atau Jepang yg sekitaran 20-40 juta rupiah per-bulan, dibandingkan dgn upah kuli/ tenaga kasar di China, Vietnam atau Indonesia??

    Padahal produk yg dihasilkan sama….
    Coba jika pembuat tahu dan tempe di Indonesia pekerjanya dibayar Rp 30 juta perbulan, kira-kira berapa harga tahu & tempe yg kita makan…??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here