“Ojo Dumeh”

TMCBlog.com – Melaporkan dari Daerah Istimewa Jogjakarta, Saya hadir mewakili TMCBlog.com di Kustomfest 2017 No Boundaries festival kustom kulture terbesar di Indonesia. Yang seperti tradisi di Kustomfest pada setiap tahunnya, dan juga inilah salah satu hal yang ditunggu-tunggu selain dari dibanjiri ratusan motor custom adalah motor Lucky Draw yang pastinya cuma ada 1 di dunia. Tahun ini, Lulut Wahyudi builder Retro Classic Cycle yang sekaligus juga Director Kustomfest, telah menyiapkan sebuah motor Trike berjuluk Ojo Dumeh kepada 1 orang pengunjung Kustomfest 2017 yang sangat beruntung. Sampeyan cuma dateng ke Jogja Expo Center terus beli tiket seharga 50,000 rupiah sudah bisa berkesempatan dapat Trike itu sob. Muantebbb…

Lulut Wahyudi

“Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini saya dan Retro Classic Cycle berusaha untuk menerjemahkan makna “No Boundaries” yang menjadi tema Kustomfest 2017 dengan menembus batasan-batasan yang ada bagi seorang builder. Pada tahun ini, Kustomfest akan memberikan sebuah Lucky Draw motor trike custom yang memiliki DNA konstruksi mobil Porsche didalamnya.” jelas dari Lulut Wahyudi. Trike ini mulai dibuat dari Agustus dan baru jadi di bulan Oktober. Kalian bisa melihat di Instagram milik mas LT sapaan akrab Lulut, pada akun instagram @LT_Retro perihal proses pembangunan trike Ojo Dumeh tersebut.

Alasan kenapa memilih nama tersebut, “Karena makna Ojo Dumeh itu luhur sekali, mengajarkan bahwa setiap manusia gak usah berbangga atas sesuatu dari dirinya. Juga mengambil jargon dari Semar, tokoh pewayangan yang memiliki karakter yang mengayomi, jadi pas bisa kena banget pesan Ojo Dumeh di Trike custom kali ini.” terang LT.

Buell 1200 cc

Dari segi performa trike kustom ini gak main-main loh, pake mesin Buell 1200 cc yang memang sudah punya DNA balap dari sananya, sehingga kental dengan aura high performance. Mesin tersebut ditopang oleh sasis murni handmade Retro Classic Cycle dan suspensi belakang serta differential roda belakang (karena ini trike) yang mengadopsi milik Porsche, yang menurut Lulut sangat bisa diaplikasikan ke motor-motor gede saat ini. Mengusung tema trike tahun 70 an, motor yang disponsori Suryanation Motorland ini menggunakan model seat ala King And Queen khas jaman Pink Floyd masih jaya jaya nya masbro, dengan tidak mengesampingkan kenyamanan dalam berkendara.

Diferensial handmade by Retro Classic Cycle Jogja

Lalu, unsur Semar dan Jawa-nya diwakili oleh ukiran pada cover head serta bak mesin yang dikerjakan oleh seniman asal Mojokerto, yaitu David Stone. Ia memang seorang seniman pahat batu, dan sudah sangat terbiasa mengerjakan karya seni patung-patung dari batu, tapi untuk yang satu ini pressure nya lebih besar daripada hanya mengukir batu. Karena apa? Ya karena yang diukir mesin motor, jadi nyawanya cuma satu. Gak bisa tuh di undo terus ngukir ulang di mesin yang baru lagi sob. Deg-degan pasti tuh ngerjainnya si mas David stone.

Ukiran Semar by seniman David Stone
David Stone

Kami selalu menerapkan standar kualitas tinggi untuk setiap karya Lucky Draw KUSTOMFEST karena akan menjadi pusat perhatian semua bintang tamu dari luar negeri yang hadir. Hal-hal detail dalam proses pengerjaan sangat kami jaga, mulai dari hal kecil seperti pemilihan baut termasuk tempatnya ikut diperhatikan. Trike Kustom ini bukan sekadar karya seni namun mengedepankan kualitas dan teknologi tinggi,” beber LT.

Sementara untuk bagian depan, Lulut memasangkan fork springer dengan menggunakan velg ring 21 inch dan ban Avon Speedmaster. Motor Trike Kustom yang berwarna merah ini akan menonjolkan setiap bagian seperti mesin dan juga suspensi. “Bayangkan Anda memutar throttle gas di motor ini dengan kecepatan tinggi melewati jalan yang mulus sudah pasti Anda akan merasa menjadi raja jalanan dan menjadi pusat perhatian banyak orang.” Tutup Lulut.

Soal independent rear suspension yang mengadopsi milik Porsche yang menurut Lulut bisa dengan mudah diaplikasikan pada motor-motor besar yang ada saat ini. Kelebihan dari independent rear suspension dengan air differential ini adalah bisa membagi tenaga secara rata yang dihasilkan oleh mesin untuk kedua roda belakangnya, Suspensi ini akan membentuk turning radius yang sangat efektif pada saat membelok sehingga motor tetap stabil untuk dikendarai.

Wis lah, daripada kepanjangan ini artikelnya, ayo dateng aja langsung semua yang di daerah Jogjakarta dan sekitarnya besok siang. Tiket bisa dibeli sebanyak-banyaknya kalau mau memperbesar kesempatan dapetin Trike custom yang cuma ada satu di dunia ini. Karya seni dari Retro Classic Cycle Lulut Wahyudi, yang gak perlu diragukan lagi hasilnya di dunia custom builder. Psst…. Jangan tanya surat-surat ni motor, karena ini murni karya seni. Kalo mau legal di jalan raya mesti urus surat-surat dulu yoo…

See you tomorrow di Jogja Expo Center ya sob. Salam….

Nugi TMCBlog

12 COMMENTS

    • Ky lo gk aja mo…yg tiap harinya nyampah! Cari gratisan! Ma’lum lah lu ma gerombolan elu kan kaum kere!!
      Ekekekekekek…

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here