TMCBlog.com – Bro semua yang selalu update tentang perkembangan motor di blodsphere luar negeri pasti notice ketika beberapa minggu yang lalu beredar sebuah rumor. Dimana Kawasaki akan menelurkan sebuah motor bermesin seperti H2 lengkap dengan supercharger -nya namun bukan tipe superbike, melainkan sebuah motor sport/grand touring. Tampaknya rumor tersebut benar adanya Sob, dan Kawasaki akan melakukan debut motor supercharged tersebut dan mungkin juga beberapa lainnya pada ajang EICMA, November mendatang. Di blogsphere Eropa motor ini disebut sementara sebagai H2 GT alias Grand Touring, banyak yang  berasumsi bahwa mesin supercharger tersebut akan memuntahkan 200++ horsepower hanya dengan cc yang tidak lebih dari 1.000 cc. Woow, terbesar di kelasnya nih.

Nampaknya rumor tersebut telah dekat dengan realita. Terlihat dari Kawasaki sudah merilis teaser video kemarin via channel YouTube, sebuah model Kawasaki baru yang menurut saya dilihat dari teaser-nya akan menitik beratkan pada konsumsi bahan bakar yang lebih baik serta kenyamanan berkendara jarak jauh, bukan berfokus kepada performa luar biasa seperti H2/H2R. Kedengarannya memang seperti sebuah motor model touring sport kan. Pada video berdurasi 20 an detik tersebut pun hanya ada foto jalan antar negara bagian di USA (cmiiw), seolah mendeskripsikan sebuah motor yang dipakai touring jauh.

Kata-kata Kawasaki sendiri sepertinya bisa mengkonfirmasi semua spekulasi yang ada Sob, deskripsi pada video menyatakan: “Penggandaan mesin ketiga dari sekian banyak keluarga Supercharger Kawasaki yang unik. Hingga saat ini cerita tentang mesin supercharged dari Kawasaki telah hampir sepenuhnya difokuskan hanya kepada performa mesin. Untuk tahun 2018 Kawasaki membuat dan akan membuka mesin baru tersebut di pameran EICMA pada tanggal 7 November dengan memanfaatkan teknologi supercharger yang seimbang dalam menciptakan daya tarik mid-range engine yang lebih besar lagi. Meskipun feeling dari hentakan mesin forced induction akan tereduksi, perasaan unik ini akan bergabung dengan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis namun superior dan perasaan berkendara sebuah motor sport touring. Rasakan sebuah mesin ssupercharge pada perjalanan Anda dengan satu-satunya pabrikan yang bisa mengantarkan mesin semacam itu – bersiap untuk Sport Touring saat berakselerasi secara mengesankan dan namun masih efisien ke fase berikutnya yang sungguh menarik.

Usaha Kawasaki tersebut nampaknya merealisasikan apa yang para penggemar mesin force induction harapkan selama ini, yaitu mesin motor yang lebih ringan dan lebih kecil tapi tetap menggunakan teknologi supercharger dan atau turbocharger untuk meningkatkan kinerjanya – yang berarti kekuatan yang setara dengan mesin 1.000cc dengan hanya berasal dari mesin 500cc. So, Kawasaki akan menantang segmen sport touring premium dengan berbekal mesin supercharger yang mana telah diisi Honda Goldwing yang foto-fotonya juga sudah bocor di berbagai media, lalu ada BMW K1600 GT series (termasuk varian bagger)

Dengan Kawasaki menyiapkan mesin H2/H2R sebagai platform dalam pengembangan differensiasi modelnya di tahun-tahun mendatang. Kalau pendapat saya pribadi, Kawasaki H2 GT nanti akan memiliki sasis yang benar-benar baru bukannya adopsi sasis H2 karena kedua tipe motor tersebut yang memang sangat berbeda dalam peruntukannya. imho.

KTM Super Duke 1290 GT

Atau jangan-jangan strategi Kawasaki Heavy Industries sama dengan rival dari Austria, KTM yang menghadirkan Super Duke 1290 GT dengan hanya penyesuaian kecil dari Super Duke 1290 hyper naked bike menjadi sport touring berperforma tinggi. Yah we will see aja 7 November mendatang di gelaran EICMA, Milan, Italy.

Nugi TMCBlog

34 COMMENTS

    • Mantep nih, cuman itu kan msh blm jelas peruntukannya.. tp kalo beneran bs jadi motor tourer pertama yg pake sistem ini.. mantepp

      Guest
    • Maksud ane belum jelas modelnya seperti apa (meski gk jauh2 dari sport tourer sih), tp bakalan mengesankan kalo jadi motor 500cc setara power 1000cc.. wah jd berandai2 ini kalo di Indonesia masuk 250cc pakai supercharger.. twin aja gpp lah g usah yg inline four.. apalagi Vtwin.. huehue siap2 celengan ambrol iki wak..

      Guest
    • Gak mungkin 500cc setara 1000cc walau pake supercharger,, pake turbo mungkin bisa tapi ya harus full tuning

      Supercharger maks nambah 30-50% saja, dengan oktan bbm yang sama

      Guest
    • @rifz mungkin aja menurut saya, lihat berdasarkan power aja, power motor 1000 cc naked bike/streetfighter kisaran 125-160 paling tinggi aprilia tuono cma masuknya segmen half fairing, yaa mungkin powernya sporttouring SC Kawasaki in I bisa kisaran 130-140 hp mepet2 power z1000, kalo sport fairing supercharge 500cc bkn hal mustahil power dibuat mirip 1000 cc tpi torsi jgn harap bkal ikut imbang bersamaan dgn powernya

      Guest
  1. kawasaki hebaat demen pamer power !!..

    moga ninfi kdpn pake supercharger!!..

    buat lawan R25 DOHC super VVA….traction control😃

    😆😆😆😆

    Guest
  2. jangan bikin artikel cibierr 106 wak..
    si sales sebelah ada yang kejang kejang produk junjungannya di bilang ngompol..

    Ekekkk

    Guest
  3. mantap.. tapi untuk touring kayak nya lbh cocok mesin 600cc di supercharged deh.. karena klo 1000 cc tetap akan beringas tenaga nya, yang mana tenaga yg besar pun butuh stamina dan skill lebih untuk menghandle nya.. sedangkan touring purpose kan harus ngeutamakan kenyamanan tho..
    seingat saya dulu ada rumor mesin 600cc supercharged yg lagi disiapkan kawasaki heavy industries..

    Guest
  4. ya bkn hal mustahil meracik motor sport touring 500cc SC dgn power yg mepet 1000cc naked/streetfighter, tentunya 4 silinder dgn tuning yg maksimal spt motor 600cc full fairing yg mampu mencapai power 115-130 hp, tpi soal torsi gk bakal sama dgn 1000cc pastinya

    Guest
  5. klo zx636 dipakein supercharged powernya juga bisa setara power 1000 cc jg lohhh, power standarnya aja udh 130 up, dipasang SC bisa 150 Kali ya +new ecu n racingkit

    Guest
  6. KTM 1290 Super Duke GT aja “cuma” 170 HP buka kopling setengah tarik gas dikit banget udah macem kejambak. Yang ini 200 HP. Buat touring pula. Gilaaa.

    Guest
  7. Lagi lagi kawasaki mengeluarkan motor yg sesuai dgn keinginan para fbk motor kencang supercharge keren… Yg bisa hanya dimiliki dalam mimpi oleh mayoritas fbk😂😂😂😂😂😂… Bener” ini kawasaki sangat mendengar aspirasi fans nya utk nambah unit buat bahan mimpi😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    Guest
  8. kawasaki gak ada innovasi lain? bikin motor pakemnya sangar,besar,Kenntttjaaaaangg……honda yamaha suzuki aja bisa bikin.
    mending klo mesin NA..lha ini?? dipakein charger
    semua pabrikan juga bisa woooyyy

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here