TMCBlog.com – Bro sekalian, pada Bulan September 2017 ini Jumlah keseluruhan nilai distribusi Penjualan ( whole sales ) Domestik untuk 5 anggota AISI ( Honda, Yamaha, Suzuki, kawasaki, TVS ) adalah sebesar 546.607 Unit . . nilai ini menjadi nilai etrbesar kedua sementara dengan hanya 10 ribu-an Unit lebih rendah dari capaian tertinggi Tahun 2017 sementara yakni Pencapaian 554.923 Unit distribusi penjualan domestik sepeda motor di Bulan Agustus 2017 . .

Capaian September 2017 juga lebih rendah dibandingkan capaian pada September 2016 yang sebanyak 555.820 unit.  . . yap wajar jika AISI selalu mengoreksi targetnya nih .. Sedangkan bila dijumlahkan dari januari akan diperoleh total penjualan  sebanyak 4,34 juta unit. Dan lagi lagi . . . Angka ini Lebih rendah atau turun 0,25% dibandingkan capaian pada periode Januari-September 2016 yang menorehkan nilai distribusi sebanyak 4,35 juta unit.

Bulan september 2017 Distribusi Honda 408.116 Unit dan menguasai 74,66% Pangsa Pasar Bulan tersebut, Sedangkan di Bulan September 2017 yamaha memperoleh Pangsa Pasar 22,75% atau sebanyak 124.360 unit. Kawasaki berada di tempat ketiga dengan capaian distribusi penjualan 7.224 unit atau 1,32% share September 2017, Suzuki 6.823 unit 1,25% dan terakhir TVS yang hanya bisa mendistribusikan 84 Unit Motor di September 2017.

Secara Umum Jika dibandingkan dengan Capaian Bulan september 2016 ada tiga Pabrikan yang mengalami penurunan Yakni Kawasaki yang turun 10,1% dimana september 2016 mereka memperoleh 8.036 Unit. Honda Mengalami penurunan 3,57% dimana september 2016 mereka memperoleh 423.256 Unit dan TVS mengalami penurunan 54,09 % dimana september 2016 mereka memperoleh 183 unit.

2 Pabrikan lain, Jika dibandingkan dengan performa distribusi penjualan September 2016 terlihat ada kenaikan  Suzuki naik sebesar 47,42% dimana september 2016 mereka memperoleh 4.628 dan Yamaha naik 3,87% dimana september 2016 mereka memperoleh 119.717 unit

Grafik lengkap distribusi penjualan domestik sepeda motor baru tiap pabrikan tiap bulan di 2017ini bisa sobat simak di Grafik atas . . terlihat  di 3 Bulan terakhir Honda berusaha mempertahankan angka distribusi diatas 400 ribuan unit. yamaha semenjak April 2017 tidak lagi menyentuh angka distribusi di bawah 100 Ribu Unit per bulan.

Jika dirata rata dalam 9 Bulan terakhir,  maka tiap bulannya pabrikan bisa mendistribusikan produk baru mereka sebesar

  • Honda 359.609 Unit
  • Yamaha 109.276 Unit
  • Kawasaki 6.695 Unit
  • Suzuki 6.567 Unit
  • TVS 104 Unit

Terakhir, jadi selama 9 Bulan pertama 2017 Honda menguasai 74,57% Pangsa Pasar sepeda motor Domestik Indonesia dengan angka distribusi 3,24 Juta unit, disusul yamaha yang berhasil mendistribusikan 983 ribu Unit atau 22,66%. Kawasaki berada diposisi ke tiga dengan menguasai 1,39% pangsa Pasar ( 60,2 ribu Unit). Suzuki berada diposisi ke empat dengan menguasai 1,36% pangsa Pasar ( 59,1 ribu Unit) dan terakhir TVS berada diposisi ke limadengan menguasai 0,02%% pangsa Pasar ( 935 Unit )

Taufik of BuitenZorg

125 COMMENTS

    • Katanya motor pertanian wak itu yg H varyo
      Jadi pertanian lagi nggak panen ya varyo belum dibeli. Kl pertanian lg laris ya varyo dibeli

      Guest
    • mengenaskan…!!

      itu kata yg paling tepat utk menggambarkan kondisi yamaha sekarang

      waktu jaya2nya hanya 1 produk mio aja bisa terjual 130 ribuan unit perbulan.

      sekarang semua produk yamaha bahkan digabungin utk pasar domestik dan ekspor susah mencapai angka 130 ribu sebulan.

      kira2 knp ya waaaak?

      pada kapokkah dgn produk2 yamaha?

      Guest
    • ekekekekek

      enggak tuhhh …

      buktinya Yamaha Mio masih banyak seliweran di jalan baik Mio lawas maupun Mio terbaru bahkan matic disebut Mio
      membuktikan Masyarakat percaya terhadap Yamaha. Ditambah dengan inovasi2 Yamaha seperti Vixion Nmax dll..Yamaha sangat menghargai Konsumen dgn pelayanan dan produk produk terbaik.

      hayayayayya

      Guest
    • stuju sma RDY, mio lawas masih banyak yg wara wiri, tp mio yg baru ga ad yg wara wiri, orng beli mio lawas krn dl blm ad beAT,, iya matic indentik mio, tp giliran orang bilang mo beli mio, dikasih mio ga mau mau’y mio beat..hahahaha

      Guest
    • Belum mhsim panen zualan tetep moncerr kang..

      Pabrik zebelagh?? Apapun muzimnya jualan tetep zerett..

      Ekekekekekekek
      Dagh gtu saza…

      Guest
  1. Lagi2 total diztribuzie pabrik zebelagh ga sampe 1/3 Honda..

    Pusing pala stockholder…

    Ekekekekekekek
    Dagh gtu saza…

    Guest
    • Zyukurr lah kang google biza mncerdazkan zuragan dg zeketika..

      Ekekekekekekek
      Dagh gtu saza…

      Guest
    • kasian yamaha ya, dlu pas blm ad plant krawang karyawan dikit bisa jualan smp 200rb dan bisa nyalip jualan honda.. skrng karyawan banyak plus pabrik baru d krawang tp jualan’y dkit, untung’y saincrit ya .. rugi bayar karyawan bkin pabrik tp jualan saincrit..

      Guest
  2. Sambil nunggu rame yg komen dengerin lagu Iwan Fals dulu aagh…

    “zunatan mazzal” 🎢

    Ekekekekekekek
    Dagh gtu saza…

    Guest
    • Bentar lagi ada yg bahas dollariah ekekeke.. Katanya kipas” dollar plan nya cuma gitu gitu zaza πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ di guyu mbit dan kawan kwan.. Kpan nyusul bangun plan lgi tong ekekeke

      Guest
  3. Honda: 5 plant produkzie

    Pabrik zebelagh: 5 plant gudang zemua akibat zualan tidak moncerr..

    Ketawa dulu kang.. Ojo Seriuz BC tok.. 🀣

    Ekekekekekekek
    Dagh gtu saza

    Guest
    • Ekekekek yaitu mangka nya plant sebelah, lgi konser lagu nya”KANDAS” πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  4. Honda: penzualan moncerr, inzentif cair berangkat ngemil duluu d Kii eff sie…

    Zebelagh: sruuput lagi AleAle sisa kemarin..

    Ekekekekekekek
    Dagh gtu saza…

    Guest
  5. wak haji, mbok ya sekali2 mbikinken data em es alat musik drum, alat musik perkusi, alat musik gitar, alat musik piano, atau alat musik tiup, bila perlu em es genset listrik juga dibikinken enggak apa apa, yang mana yamama mendominasi lebih dari 70 persen zaza. membikin fby senang dengan menguasai em es di atas 70 persen adalah pahala juga zaza. ciaooo.

    Guest
  6. Di pasaran domestik kasian si yimmi gk ada seperempatnya ngondah…
    Ekekekekek…….efek jasjesjoz…kgk beli…

    Guest
  7. moga pngsa hondaah turun jadi 10 persen daah..

    biar kyk dulu yamaha suzuki mendominasi!!
    mereka nelurin produk yahuud n inovatif mcm vixion!mio! nmax!! dan fxr!!

    klo gk da ymha suzuki mngkin kita masih naik bebek.plus sport karburator kuno yg gt gt sazaaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    Guest
    • yaa keluarin aja dari sekarang…kok nunggu turun ms Honda…justru klo mau nurunin ms Honda ..Yamaha & Suzuki kasih produk terbaiknya.. biar dilirik Kunsumen domestik Indonesia tercinta..

      kok bego amat sampeyan…???

      Guest
    • ekekekek

      lah itu Vixion Nmax dah keluarr …
      emng fbh jas jess joss doang gerombal fbh naik MbeATcak 110 cc gonta ganti kembennn ….

      hayayayaya

      Guest
    • Kalo turun susah mo, grup Astra ini yang jualan, liat Astra Honda sama Astra Toyota sama2 menguasai penjualan domestik

      Guest
    • fbh sok sok an blg produk terbaik😁😁ngerti apaan..paling larinya ke MS….

      lu yg lbh bego kgk ngerti..di pikir mereka beli karena produk terbaik??😩 mereka beli cm effek konformitas!! udh biasa sifat manusia.

      silahkan d bndingkan mn produk buosokk mhl mana yg value..πŸ˜‚
      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • @jimoo
      efek konformitas pala lu peang! nih fakta:
      2009 yamaha jual 2.6xx juta unit motor, honda jual 2.7xx juta unit motor
      2010 yamaha jual 3,3xx juta unit motor, honda jual 3.4xx juta unit motor
      pertanyaan gua: waktu 2,6 juta, alasan konsumen yamaha beli produk yamaha karena faktor apa? konformitas? atau kualitas? waktu 2,7 juta konsumen honda beli produk honda karena faktor apa? konformitas? kualitas?
      yamaha tiap tahun terus turun ms karena apa? konsumen kapok! yang 2009/2010 ambil yamaha, ketika mau ganti kendaraan yamaha lamanya dengan produk yamaha baru > mereka tidak kembali ke produk yamaha > kenapa? > kapok! > fakta !!! > kalo puas > mereka pasti kembali ambil produk yamaha > paham? > fakta !!!

      Guest
    • @jimoo
      asumsikan seiring berjalannya waktu, hal hal yang mengubah komposisi konsumen antara produk h dan produk y adalah caeteris paribus, maka sudah pasti terlihat tahun kemarin (2016) produk y tidak sampai di angka 1,4 juta unit (tidak sampai 50% dari konsumen pada tahun 2010). jelas ada yang salah dengan y, jelas ada penurunan demand yang signifikan, jelas bahwa ada konsumen y pindah ke h, tidak terbantahkan, fakta !!! omong kosong jimoo dengan teori konformitas tanpa data dan fakta !!!

      Guest
    • “paling larinya ke MS”
      Lu kacung Yam*ha kn,sory gw blak2an aja.tujuan lu BC(nyampah) apa klo bukan penjualan.bloon koq di pelihara !

      Guest
  8. Sales yamama otomatis kena tabokan maut dari manager,,,

    Auto bonyok,,,πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
    • mkanya streezz lari ke blog gitu yaa???
      😨😨😨

      baru tau….

      berarti ngomong kipass kipass Dollar pas lagi belom minum obat kali yaa?? πŸ˜•πŸ˜•πŸ€’πŸ€’πŸ€’

      Guest
  9. banyak amat yaa sampe 400rbuan…ckck..

    itu domestik Indonesia tercinta doang loh… Gilak… pantes Jepang betah… konsumen mau motor gimana diberi…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  10. byangkn gk da suzuki…

    lngn dohc di kasih mentookkk dohc bengeeekk..

    untung ada suzuki ngasih produk yahuud dohc 19 ps overbore pulak😁😁😁😁

    Guest
    • bayangkan gak ada Honda…

      Suzuki pasti 70%MS domestik.. wong bagusan Suzuki dari Yamaha…mesin Ok, model Ok, … …

      Guest
    • jooss suzuki 70 persen ( inovasi trz konsumen untung!!))

      ymha 29 persen

      sisanya ??😁😁😁 jual onderdil sazaa

      Guest
    • ekekekekw

      bayangkan gak ada Honda..
      Suzuki Yamaha sudah 19 hp
      ehh Honda 17 hp sudah klotokkk klotokk

      mantap…

      hayayayayay

      Guest
    • FBY seneng mengkhayal
      “Tiada yg lebih indah selain mengkhayal”
      Bisa punya rumah,mobil,bini 3 dan jg bisa gila klo ga kesampean
      Ngah ngah

      Guest
    • Gak ada Yamaha…

      Gak ada elu yg strezz diteken Bos,, jualin motor gak laku…

      Nyusahin keluarga, berobat jalan,,.. bukan bahagiain keluarga…malah jadi beban…😩😩😩

      Guest
    • saya bukan saleess lhoo,, 😜😜😜😜masa bodoo dg MS..

      cm nalar yg sehat tergilitik kasiaaan ama konsumen beli produkk ampazzz…😦😦😦gk wajar mahal pula ..duuh..

      misi saya satu,, itu nyungsepπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€hhhhhhh.

      demi rakyat!!😁😁😁hhh

      Guest
    • iyaa benar…

      tapi tenang kata bos beli motor udah gak musti di dealer…zaman sekarang tinggal “klik” di smartphone dianter deh…πŸ˜•πŸ˜• ngelezz macam apa itu… jangan” strezz ditabokin juragan pusat..😧😧😧

      Guest
    • Buat FBY, tolong dicari para pengguna mio gen 1 dan 2 yg masih istiqomah beli mio lagi or produk Yamaha lainnya.

      Dugaan Saya ga sampai 50%. Banyakan yg pindah beli Honda beAt atau Vario series.

      Guest
    • ekekekekek

      Yamaha ada karena Masyarakat percaya terhadap Produk produk Yamaha dengan kualitas dan pelayanan terbaik.

      hayayayayay

      Guest
    • Masak upingprice sama beli cash dipersulit dibilang pelayanan terbaik? Guyonn kamu rdy weka weka

      Guest
  11. bayangin Gak ada Honda… ???

    Yamaha masih jualan Suling…. blom kepikiran bikin motor… gurihh nya hasil jualan motor… … … …

    masih jadi supplier suling Soneta grup.. ..

    tar di tipi bikin iklan suling sambil manjat” gedung,, atau suara suling bikin robekkk baju orang dijalan ..ngancurin aspal, ..

    πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜¨πŸ˜¨πŸ˜¦πŸ˜¦πŸ˜¦

    Guest
    • lbh sukaa honda jepun dulu di sini!!😁😁motornya bkn krupukk!!
      kmbaikan honda jepun!! bkn juragan e singapur !!

      hrga motor uda ajee gileee skrr!!
      udh di ckd hrga cbu..gileee bneer daah..ngajari yg jelek tg lsin ngikuuut..busyeett skr hrga motor baru skelas motuba!!

      yg mulai yaa tau sndri..😁😁😁😁masak cibiier ckd dg cbu, hrga sm ..down spek lg..πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      # saya masih warassssssss blm gileee kyk mukee gillee

      Guest
    • ekekekek

      Justru itu hebatnya Yamaha kuat bisa bikin mesin..
      tapi blum tentu Honda bisa buat Suling…

      hayayayaya

      Guest
  12. Saya sebagai petinggi yahama mau meluruskan bahwa EM ES hanya distribusi sadja, jadi wadjar jika kami selalu kalah dari sebelah, lha deler mereka bisa 4xlipat kami, dan kami pun saat ini fokus di eskport yang lebih menjanjikan daripada lokal,
    Jadi untuk tim hore hore, siapkan kipas dolarnya ya

    Guest
  13. mengenaskan…!!

    itu kata yg paling tepat utk menggambarkan kondisi yamaha sekarang

    waktu jaya2nya hanya 1 produk mio aja bisa terjual 130 ribuan unit perbulan.

    sekarang semua produk yamaha bahkan digabungin utk pasar domestik dan ekspor susah mencapai angka 130 ribu sebulan.

    kira2 knp ya waaaak?

    pada kapokkah dgn produk2 yamaha??

    Guest
  14. mengenaskan…!!!

    itu kata yg paling tepat utk menggambarkan kondisi yamaha sekarang

    waktu jaya2nya hanya 1 produk mio aja bisa terjual 130 ribuan unit perbulan.

    sekarang semua produk yamaha bahkan digabungin utk pasar domestik dan ekspor susah mencapai angka 130 ribu sebulan.

    kira2 knp ya waaaak?

    pada kapokkah dgn produk2 yamaha??

    Guest
    • ekekekekek

      enggak tuh …

      buktinya Yamaha Mio masih banyak seliweran di jalan baik Mio lawas maupun Mio terbaru bahkan matic disebut Mio
      membuktikan Masyarakat percaya terhadap Yamaha. Ditambah dengan inovasi2 Yamaha seperti Vixion Nmax dll..Yamaha sangat menghargai Konsumen dgn pelayanan dan produk produk terbaik.

      hayayayayya

      Guest
    • vixion dmn mn vixion😁😁😁😁

      di bengkel modif tukng bkso…di mall..di pelosok…rata rata anak muda makenya vixion😁😁😁

      tau ah kmn yg itu..

      Guest
  15. Pabrik jual ke dealer,,,
    Dealer sebagai pihak kedua,,,
    MS 20% Dealer juga ogah jualan,,,

    Mending Dealer jualan pulsa + kuota,,,

    Guest
  16. Motor kualitas baik,
    Harga masuk akal,
    Bullshit itu Jimoo,,
    Pelk geal geol,
    Mesin berisik, gag lebih irit dari sebelah, cuman jualan cat,

    Hadueh, kayak gitu ngaku konsumen Pinter,, Pinter hanya di golongan Marjinal,,

    eeeekkkkeeeekkkk

    Guest
  17. truuuz yen motor ngondaah menguasaai 90 persen!!!

    aku kudu meluu ngikuut beli ngondaah..😰😰😰

    soryy yoo..ak beli motor leat barang yg terbaik ae bukan merk😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁

    Guest
  18. case di tempat ane
    beat laris…wajar
    pario laris…wajar
    scoopy laris…wajar
    enmex laris…wajar
    aerox laris…wajar
    revo supraX laris…wajar
    piksen laris…wajar
    ncbsf laris…wajar
    mio series dan fino laris…??? kalo di tempat ane kok gak wajar yaa…gak pernah liat malah kcuali yg lama udah dipake

    Guest
  19. Cuap cuap BC di kolom komen,ngetik sampe tangan dower,,,

    MS 20%,terus ente beli apa,,,
    Produk HONDA,,,πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Iso di guyu shuhei nakamoto,,,

    Guest
  20. Promo marketing ngandelin background rosikin,ternyata MS 20%,,,ente ngelawak gan,,,

    Iso di guyu Marquez & Pedrosa,,,

    Guest
    • ekekekeke

      markues aja dah ngos ngosan pakai motornya
      apalgi pedrosa sudah 10 musim panen udah zonk batinnya uaesemmm …

      hayayayayay

      Guest
    • laa truzz markuez jualn cibiier sj ggl..

      mau jd ambasador motogp??😁😁😁

      di guyu FBR kuning kuning😁😁😁

      Guest
  21. Dari pabrikan H,Y,K,S, n T…
    Yg ribut cuma H n Y..
    Kl distribusi komen terbanyak 9 bln ini..yg trbnyk dr pihak H apa Y..ya??

    Guest
    • Ketawain yg penghasil dollar tapi dealer pada bubar,,,

      Di guyu susuki & kawasaki sama TVS,,,

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  22. mustinya dengan varian baru aerox, vixion r dan new r15, mustinya dah bisa merangkak di 35%,,,, mungkin di usullin BTL nya di kuatin kali wak?, spen dikit duid buat event2, buat mendekatkan lagi lah ke end user.

    Guest
  23. Ngakunya mesin superior,bikin mesin mobil massal ngga jadi jadi,berharap MS roda dua menyentuh angka 90%,,,

    Byyyuuuuuuuurrrrrr,ngimpiiiii kowe,,,,πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  24. FBY jangan muluk muluk,syukurin apa yg ada saja,,,

    Misalnya mesin mentok SOHC 5 speed,,,

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  25. akhir tahun tutup buku tahunan,,,

    MS domestik FBY naik jadi 70%,,,,

    Buahahahahahaha nguuiiiiimpiiiiiii kaga bangun bangun πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  26. WOW sebanyak itu kah penjualan honda, kasihan yg lain.
    ayo yg lain buat produk bagus untuk konsumen biar imbang perasingannya.

    Guest
    • Comment of the day
      Honda jg jgn puas diri.all new Vario,beat,scoopy,cb150r,cbr 150,cbr 250 ane suka.tp Supra 125,revo ga banget

      Guest
  27. Honda selain roda dua main di mobil dan pesawat jet juga.. yamaho selain roda dua main di suling, kecapi, kedang.. konsumen setianya ya pecinta bank rhoma irama, TER-LA-LU TEEEEETT.. hoahahahaha..
    Pesawat jet vs suling dangdut..LOL

    Guest
  28. Lawak kalo Y mau nyalip ms H.. Kualitas produk emg ok. Tapi kualitas SDM merupakan kekurangan Y disini. Seenggaknya sdm Y disamain lah kek punya H.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here