TMCblog.com – Bro sekalian, sekarang saatnya kita masuk ke Review Selanjutnya dari Kawasaki Versys X 250 Yakni Test Konsumsi bahan bakar . Sebagai awalan kita bicara koridor dulu. Metoda yang tmcblog pakai adalah metoda empirris How Far Can you Go with 1 L Of Pertamax atau seberapa Jauh Kita bisa berkendara dengan Kawasaki Versys X 250 untuk satu Liter Pertamax.  Motor adalah Kawasaki Versys X 250 Milik KMI, Bahan bakar Pertamax Ron 92, Arena test adalah jalan umum, Pengetest adalah tmcblog sendiri 160 cm, 61 kg, pengukuran volume menggunakan gelas ukur, pengukuran jarak dengan tripmeter/odometer Kawasaki Versys X 250.

Karena metodenya adalah How Far Can you Go with 1 L Of Pertamax maka pada malam sebelum dilakukan pengetesan yang dilakukan oleh tmcblog pegosongkan terlebih dahulu tangki bahan bakar dari Kawasaki Versys X 250 dengan dua kali cara yakni menggunakan selang besar dan selang akuarium kecil. Saat bbm sudah dirasa nggak keluar lagi dari selang, motor dinyalakan sampai nggak bisa nyala lagi mesinnya untuk membuat Yakin bahwa bensin habis di saluran saluran saluran FI nya.

Oke setelah habis, lalu di Reset Trip meter dan  Abadikan semua hasil resetnya yang menunjukan angka Nol, dan Juga angka Odometer Kawasaki Versys X 250 sob . .

Lalu tmcblog masukan 4 kali bensin Pertamax ke dalam tangki menggunakan gelas ukur yang berukuran 250 ml jadi pas tepat 1 liter bensin masuk ke tangki bbm Kawasaki Versys X 250. . . Lalu tutup fuel Capnya dan posisikan kunci ke posisi Nol, terdengar suara fuel pump bekerja menyedot bensin dan siap terjadi pembakaran.

Setelah itu Motor dibawa di Jalur yang Jalan Soleh iskandar dan Jalan Raya Bogor Parung) dengan gaya berkendara normal harian . . .  hasilnya ?  . . . saat trip meter mencapai sekitar 27 km . . motor terlihat batuk batuk . .  tapi belum berhenti sob . . terus jalan walaupun Kawasaki Versys X 250 batuk batuk hahaha . . . dan tepat di saat trip meter menunjukan 28,3 km . . motor berhenti dan nggak bisa di restart lagi . . . menandakan bensin di dalam tangki bahan bakar Kawasaki Versys X 250 sudah habis! . . so secara empirik dengan koridor dan cara mengemudi di atas,  Kawasaki Versys X 250 bisa diajak irit sampai 28,3 km/liter Pertamax

Taufik of BuitenZorg

15 COMMENTS

  1. Mantab wak. Saya suka artikel ginian 😀
    Klo super cub 50cc honda yg baru bisa sampe mana ya wak? 😂😂

    Guest
  2. waw hemat juga yah,, udah setara CBR250RR ya wak? apa sudah pernah test ninja 250 Fi 2013 Wak? kayak nya lbh boros ya dr obrolan tmn2..

    Guest
  3. Cuma mau berpendapat. Kalau mau tes jarak terjauh dengan bensin 1 liter. Ada baiknya bensin dikuras sampai dikit trus dilanjut dengan idle sampai tidak mau jalan. Soalnya posisi pompa bensin pasti tidak di dasar sekali. Jadi kalau dikuras sampai kering trus diisi 1 liter, bensin efektif paling cuma 800ml yang terpakai karena sisanya hanya diam merendam pompa. Dan itu berbeda jumlahnya setiap motor karena pengaruh bentuk tangki dan posisi penempatan serta bentuk pompanya. Kalau motor karbu bisa diberlakukan sistem kuras habis karena posisi outlet bensin di paling dasar tangki.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here