TMCBlog.com – Beberapa saat lalu telah dihadirkan teaser video oleh Kawasaki dimana pada video tersebut terlihat sepintas sosok motor sportbike retro modern dan telah resmi diperkenalkan oleh Kawasaki sebagai Z900RS pada akhir video itu. Semenjak saat itulah motor misterius ini banyak diperbincangkan orang-orang sampai kepada renderan digital atas dasar rumor yang berkembang. Tokyo Big Sight sebagai venue diselenggarakannya Tokyo Motor Show menjadi saksi pertama kalinya motor sportbike retro Z900RS diperkenalkan ke dunia. Juga, Kawasaki Z900RS sebagai satu-satunya produk retro-modern yang dimiliki Kawasaki untuk saat ini.

Kawasaki Z900RS

Kalau kalian penggemar sportbike retro, saat pertama kali melihat sosok Z900RS pasti langsung mengingatkan kembali pada Kawasaki Z1 di tahun 70-80 an, yang pada jamannya merupakan big bike yang memiliki desain yang sangat menarik sehingga sangat laris dipasaran dunia. Atas dasar tersebut, lahirlah sosok Z900RS di era modern ini dengan garis desain body yang mengambil dari Z1, tengok tangki berbentuk tear drop, lalu jok yang tandem berundak dengan aksen jahitan dan belt.

Tak lupa lampu depan yang membulat, lampu belakang juga membulat yang khas motor retro, sangat jauh dari ciri khas keluarga Z modern dari Kawasaki. Gak ketinggalan bentuk spion juga bulat, pun dengan speedometer yang kental nuansa retro-nya berpadu dengan unsur modern agar sanggup bersaing dengan rival-rivalnya. Bentuknya sangat berkelas dan Jepang banget.

Satu yang ternyata wujudnya berbeda dengan rumor hanyalah konfigurasi knalpot, yang mana menurut rumor akan 4-1-2 namun nyatanya saat produksi massal sama seperti Kawasaki Z900 dengan konfigurasi 4-1-1.

Kawasaki Z900RS Engine & Frame

Pada sektor mesin, Z900RS ini dibekali dapur pacu yang sama persis dengan Z900, syarat dengan teknologi-teknologinya juga. Dengan tetap dibedakan pada bagian luarnya supaya mengentalkan kesan retro pada Z900RS seperti diberikan aksen sirip pada head cylinder meskipun sudah water cooled. Mesin 4 silinder dengan kapasitas 948 cc yang sama dengan sepupunya Z900 ini diturunkan tenaganya. Jika Z900 mampu menyemburkan tenaga sampai 123 Hp, maka pada Z900RS hanya 110 Hp pada 8,500 Rpm. Torsi maksimum Z900RS sebesar 72.53 Nm pada 6,500 Rpm. Hasil dari Bore x Stroke 73.4 mm x 56 mm , dengan menopang bobot sebesar 215 kg (lebih berat 5 kg dari Z900).

Kawasaki Z900RS

Sasis utama Z900RS identik dengan Z900 dengan beberapa penyesuaian di bagian pegangan tangki BBM agar sanggup mengakomodir bentuk tangki yang berbeda dengan Z900 dan supaya bentuk sasis dapat memberikan kesan retro pada keseluruhan motor.

Jangan underestimated sama Z900RS dulu bro, biarpun retro motor ini sudah dibenamkan traction control dengan dua mode juga bisa dinon-aktifkan bila perlu. Panel meter membulat perpaduan analog dan layar LCD digital (diantara speedometer dan tachometer analog) sebagai informasi gear position, fuelmeter, jam dan lain-lain. Stang Z900RS sudah pasti beda jauh dengan Z900, karena sudah lebih tinggi, lebih lebar dan lebih flat/lurus yang menyebabkan posisi berkendara lebih sigap dan nyaman khas motor-motor roadster.

Kawasaki Z900RS Headlight

Biar bentuknya lawas, sudah pake teknologi LED untuk lampu utama dan sein nya. Memang bukan hal yang baru sih, tapi Kawasaki pintar memainkan bentuk dari lampu utama ini supaya tidak terlalu modern tapi kesan retro nya dapet. Ngomongin suspensi, Z900RS pakai sokbreker depan teleskopik inverted upside down dengan diameter as 41 mm dan sudah adjustable. Di buritan monoshock yang dibekali fitur pre-load dan rebound adjuster, sepertinya dari Showa. CMIIW. Pengereman pun sudah ABS depan belakang.

Tersedia 5 pilihan warna yakni; Candytone Brown, Candytone Orange, Metallic Spark Black, Matte Covert Green dan Flat Ebony.

Ternyata pada booth Kawasaki di Tokyo Motor Show 2017 sudah ada versi modifikasi dari beberapa bengkel custom di Amerika Serikat yang diberikan kesempatan untuk memodifikasi Z900RS.

Kawasaki Z900RS Custom
Kawasaki Z900RS Custom
Kawasaki Z900RS Custom

Kawasaki secara global akan segera memasarkan Z900RS ini, untuk Indonesia? Masih harus menunggu kabar dari PT. Kawasaki Motor Indonesia apakah akan mengimport motor cantik ini atau konsumen harus membeli lewat Importir umum mengingat motor jenis begini sangat segmented.

Tapi kalaupun Z900RS gak dijual di Indonesia, masih ada Kawasaki W175/Estrella yang mungkin… Mungkin loh ya, bakalan release bulan depan dan pastinya jauh lebih murah ketimbang Z900RS ini. Hahaha… Lah malah nyenggol Kawak W175 nih.

Nugi TMCBlog

 

14 COMMENTS

  1. Wow lapu seinnya mirip punya sebelah, tapi ga apa2 sih itu hanya soal yg remeh, overall modelnya keren. Moge mau di apain juga tetep keren asal kaki2 ga cacingan. 😁

    Guest
  2. Wow lampu seinnya mirip punya sebelah, tapi ga apa2 sih itu hanya soal yg remeh, overall modelnya keren. Moge mau di apain juga tetep keren asal kaki2 ga cacingan. 😁

    Guest
  3. asli, imho lebih ganteng ini daripada xsr-900, xsr-900 proporsi tangkinya agak gimana gitu… kalo yang xsr-700 udah mantep

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here