TMCBlog com – Bro sekalian, mengawali sesi latihan bebas ketiga di pagi hari sirkuit Sepang Selangor Malaysia, kondisi cuaca sangat baik dengan temperatur udara 29° dan temperatur lintasan 31°. Seperti biasa di sesi latihan bebas ketiga ini akan mengambil waktu tercepat dari 10 rider pada 3 sesi latihan yang sudah berjalan sebelumnya untuk langsung masuk ke Q2 kualifikasi siang nanti. Atas kondisi cuaca yang kurang baik di hari Jumat siang, otomatis keputusan Q2 hanya akan melihat waktu FP1 dan FP3 (FP2 waktunya jauh dibawah FP1 karena hujan). Valentino Rossi berhrap akan kondisi lintasan yang bagus, ternyata menjadi kenyataan setelah sempat struggle dengan motornya di 2 sesi latihan bebas kemarin, cuaca yang cerah dan ideal untuk balap memuluskan jalannya menjadi yang tercepat pagi hari ini.

Bendera hijau dikibarkan sebagai tanda 45 menit sesi FP3 dimulai, dimana kebanyakan rider menggunakan kombinasi ban medium di depan dan belakang. Namun tidak dengan Marquez yang memilih medium depan dengan hard di belakang di awal sesi. Sedangkan Dovizioso, Zarco, Rossi, Bautista dan Pedrosa lebih memilih soft front dan medium rear.

Van der Mark beradaptasi dengan baik dan bisa terus memperbaiki lap time-nya. Sedikit bicara soal van der Mark, dirinya mengaku selain perbedaan tenaga antara YZF-R1M versi WSBK dengan YZR-M1, hal lain yang cukup membuatnya kesulitan adalah perbedaan performa pengereman antar keduanya.

20 menit sudah berjalan, kebanyakan rider sibuk mengupdate setup motor mereka di pit, sedikit yang berada di trek. Cuaca yang ideal sepertinya dimanfaatkan para rider untuk mendapatkan setup untuk dry race, segala kemungkinan kondisi akan terjadi di Sepang, kondisi kering dengan kelembaban tinggi atau hujan yang mengguyur deras sangat mungkin terjadi. Atau bahkan keduanya sehingga race direction men-declare Flag-to-flag race? Posisi rider sementara: Dovi – Bautista – Zarco – Vinales – Marquez – Crutchlow – Abraham – Barbera – Pedrosa – Lorenzo.

Setengah jam berlangsung Miller menjadi yang tercepat 2:00.406 detik setelah mengganti ban belakang dengan kompon soft. Masih banyak rider yang berada di pit masing-masing. Setelah Miller mengganti ban dengan soft rear, Rossi pun menyusul dengan ban belakang soft, berharap mampu bersaing memperebutkan posisi 10 besar combine time. Yup, Rossi pun langsung merangsek ke posisi 4 sementara dari sebelumnya di posisi 11 setelah mengganti ban belakang soft.

7 menit tersisa Rossi menjadi yang tercepat setelah sebelumnya betah berada diluar top 10, 2:00.246 detik. Tak bertahan lama, posisi puncak Rossi diambil alih oleh Lorenzo dengan lap time 2:00.163 detik, menanggalkan aero kit pada Desmo GP17 tunggangannya. Alasan Lorenzo, motor tanpa aero kit lebih kencang di dua straight Sepang.

Menit-menit akhir sesi Free practice 3, pembalap mulai on fire nih bro, selain Lorenzo ada Pedrosa yang sama-sama sedang in lap dengan catatan waktu yang tipis-tipis. Pedrosa sempat menggeser Lorenzo dari posisi teratas timesheet tapi langsung diambil alih Zarco 2:00.024 lebih cepat 0.100 detik dari Pedrosa di menit sebelumnya.

Hal mengejutkan dari Rossi, dengan chequered flag yang sudah dikibarkan tanda sesi FP3 telah usai, Rossi melakukan hot lap dan menembus waktu dibawah 2 menit, 1:59.947 detik, satu-satunya di Sepang weekend ini yang menembus dibawah 2 menit. Well done The Doctor, langsung masuk ke Q2 siang nanti.

Secara Umum 10 pembalap yang langsung memperoleh Tiket ke Q2 nanti siang adalah  Rossi, Zarco, Pedrosa, Dovizioso, Lorenzo. Miller, Crutchlow, Iannone. Marquez dan Vinales . . . dua pembalap tambahan ditentukan nanti di Q1 . . Semoga berguna

Nugi TMCBlog

Hasil Free Practice MotoGP Sepang 2017

Combine time
Combine time
Combine time

 

47 COMMENTS

    • @al gembel seperti dikau korban sakit hati yang sangat menyayat oleh vR46 setelah meninggalkan Honda. Padahal semenjak era mm93 harusnya dikau sudah bisa move on!!! Perih sekali dikau!!!

      Guest
    • Bisa jadi pebalap 15 besar moto2 pindah ke wsbk bisa nangkring di 5 besar asal dapet motor kompetitif. Misal yg skrg joss ya kawasaki sm ducati. Jd penasaran ane kalo serius ada yg banting stir ke wsbk dr moto2

      Guest
  1. fp3 moto2, morbidelli tercepat, dimas ekky ke 28, sedikit lebih baik dri de angelis d p29 nmun masih klah cepat dri pawi yg brda d p27,…..

    kyakny target bisa finis tanpa d overlap aja bgi dimas nih,…..

    Guest
  2. Namun tidak dengan Marquez yang memilih medium depan dengan hard di belakang…..

    Mencurigakan marques ini…ada sesuatu yg direncanakan ini. Awas kena tipu lagi

    Guest
  3. Tuh kan ane bilang apa kaum ngepbeha kemvennn Kebanyakan Kidz jaman now muehehehehee Ingat Tragedi sepang 2011 Bilangnya Super Sic Kelindas M1 ngiahahahaaha Lu pake otak mikir gak sih??tuh wktu VR msh di Ducati Govlokkk makanya jangn terlaly fanatik ma cap sayap bri makanya ente ma kaum kemven lainya otak ma matanya ketutup sayap sengklekkk tuh cuocot chuongor jgn dipake nge BC mulu takutnya ente malu maluin kaum kemben beha lainya!!! ekekekekeekekk 😂😂😂😂😂😂

    Guest
    • Ekekekekekekkekkkk…….

      Kirain dah d kubur nih nick name………

      Udah sembuh akibat over dosis makan micinnya…????

      Guest
    • Awal musim gp sering keluar dgn percaya diri, eh mau ke pertengahan musim, pertengahan musim sampai mau akhir musim mampet ngumpet ekekekek ngah ngah ngah ngah

      Guest
  4. tetap saja tidak ada rider yg bisa mengalahkan lap time-nya gilkun. gilkun slalu lebih cepat dari para kemontator. gilkun mantap jaya !!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here