TMCBlog.com – Akhirnya Yamaha secara resmi mengumumkan hasil lap time Motobot mereka yang tahun ini merupakan pengembangan tahap ketiga, dengan catatan waktu Valentino Rossi yang keduanya sama-sama bersaing secara time trial diatas Yamaha YZF-R1M di sirkuit Thunderhill Raceway Amerika Serikat. Dan hasilnya adalah, lap time milik Valentino Rossi masih unggul jauh ketimbang Yamaha Motobot.

Valentino Rossi menorehkan waktu 85.740 detik sedangkan Motobot sudah cukup baik dengan waktu 117.504 detik, dengan selisih margin sekitar 30 detik. Yamaha Motobot yang dipakai adalahhasil pengembangan tahun ketiga, sejak dimulainya project ini di tahun 2015 silam.

Motobot versi terakhir sudah sanggup membawa R1M tembus 200 km/h. Sadiss… Dan menurut salah satu media di Canada, catatan waktu Motobot tersebut di sirkuit Thunderhill sudah mampu menyamakan dan bahkan bisa mengalahkan lap time beberapa rider non profesional saat trackday. Wow,,

Thunderhill Raceway Full Course

Lokasi pertarungan sendiri ada di Thunderhill Raceway Park yang beralamat di 5250 Highway 162, Willows California 95988 atau sekitar 9 kilometer sebelah barat City Of Willows. Yang dipakai adalah layout 2 Mile West Course.

Thunderhill Raceway 2 Mile West Course

Motobot merupakan sebuah robot yang dikembangkan Yamaha untuk mengendarai motor secara otonom tanpa bantuan manusia yang mengontrol dari jarak jauh (remote control), lalu sebagai perbandingan performa Motobot Valentino didaulat sebagai patoka lap time Motobot. Yamah dalam mengembangkan Motobot, setidaknya mengaplikasikan 6 aktuator dalam mengoperasikan steering, bukaan throttle/gas, menarik tuas rem depan, dan rem belakang, mengoperasikan tuas persenling (shift up-shift down) dan  tuas kopling/clutch tentunya.

Kedepannya akan ada pengembangan lanjutan buat Motobot supaya tidak hanya bisa mengendarai sepeda motor secara otonom tapi bisa bawa jetski dan watercraft lainnya, Snowmobile, ATV dan ROV juga.

Valentino Rossi versus Motobot

Waduh lama-lama kerjaan test rider bisa digeser sama Motobot nih, semoga saja Motobot kedepannya gak dikembangkan oleh Yamaha untuk nge-blog/vlog ya, nanti yang ada dia malah ngetest motor baru sekaligus nulis review di artikel dah. Hahaha… becanda loh ya :p

Nugi TMCBlog

26 COMMENTS

    • terus yang di magsud macantua yang bloger ternakan. cek ajha bos.. ada beberapa magsud bloger ternakan di artikelnya.

      Guest
  1. masih banyak kehilangan waktu di saat corneringnya,pergerakan tangan dan kaki masih belum dimaksimalkan jadi kurang cepat dan kurang tajam dalam ngambil tikungan,tapi kalo emang niat pasti perkembangan itu bakal terlewati,kayak asimo dulu yg jalan dengan seimbang aja udah syukur tapi sekarang udah bisa lompat2 satu kaki tanpa jatoh

    Guest
  2. manusia yang paling sempurna, ciptaan manusia ada batasnya, alam itu seimbang ada kelebihan ada kekurangan. tapi manusia juga tidak sempurna.karena tadi, semua pasti Ada batasnya.

    Guest
  3. kn orang bijak pernah bilang, siapa yang tau dirinya sendiri, pasti tau tuhanya. dan ngga ada yang tidak mungkin buat tuhan.

    Guest
    • meskipun manusia yang menciptakan, manusia adalah media, jadi jngn pernah bangga atas apa yang kamu hasilkan, karena semuanya itu kehendaknya, kita tinggal menjalani saja.

      Guest
    • Motobot mah baru pengembangan nya jaaauuuuhhhhhhhh lawan asimo mah atuh 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

      Guest
  4. beda ya antara Honda dengan Yamaha, Honda bikin asimo bisa joged, mungkin tujuannya untuk menggantikan peran FBH Militan yg joged dijalanan nyebar brosur di lampu merah n pinggir jalan.

    Klo Yamaha bikin robot jd gak perlu bayar pembalap mahal2…

    wekekekeke

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here