TMCBlog.com – Bro sekalian, akhirnnya beberapa pekan yang lalu tmcblog memperoleh lagi satu unit motor bahan restorasi untuk melengkapi Motor bebek Honda C series  . ..  sementara ini di tmcblog news room sudah hadir dua Honda C70, Masing masing Satu Honda C700, C800 dan Astrea Prima, serta tak tertinggal Honda Astrea Grand . .. Kisah pengumpulan masing masing motor ini beda beda dan memiliki ke-khasan masing masing . . nah untuk Honda C86 Astrea Star ini boleh dibilang salah satu yang cukup menarik  . ..

 

jadi Gini, proses pencarian Astrea Star ini boleh dibilang dimulai semenjak sebulan yang lalu dibantu oleh sobat Blogger mas Muhsin Bonsaibiker.com  .. . Sang Mbah yang juga dikenal sebagai salah satu ahli motuba ini lah yang memberitahukan kepada tmcblog bahwa di dekat rumahnya di cirebon ada seonggok Astrea Star milik seseorang yang sudah dua tahun tak terjamah digudang . ..

TMCBlog bilang teronggok ya memang teronggok bro . . Motor itu tidak jalan sama sekali . . . Pajak Dibayar terakhir 2010, Sayap nggak ada, spion nggak ada, kabel gas putus,kabel rem depan putus, shock Parkit sudah jelek sehingga ban depan miring ke kiri, Kulit Jok sudah hancur, seal dekat magnet samping harus diganti . . . ahhhh bahan banget . . .

Setelah itu Motor dimaharin, Langsung dibantu oleh mas Muhsin di bawa ke bengkel pinggir jalan terdekat . ..  dan teernyata kejam ( tapi baik ) euuy mas Muhsin . . itu Honda C86 langsung dipretelin mesinnya alias turun mesin . .. dalemannya alias jeroannya dilaporkan Mas muhsin sudah sangat hitam  . . . trus ketahuan deh beberapa penyakit lain seperti dinding piston baret dikit, rantai keteng kedor, ganti kabel gas, kabel remdepan . . Bro bisa lihat foto foto dokumentasinya di atas deh . .

Setelah diobrak abrik alias dibenerin, mesin akhirnnya dipasang kembali ke sasis  lalu dilanjut kelistrikan . . .

proses kelistrikan tidak terlalu banyak yang dikerjakan karena kabel kabel semua masih asli dan nggak ada banyak potongan-potongan atau kabel kabel suntikan . . . Setelah semua selesai termasuk Pengerjaan parkit suspensi depan  . Motor pun sudah layak jalan . . namun belum bisa di bawa ke BuitenZorg . .begini kondisinya saat tmcblog terima

Tanpa sayap legshield, Tanpa spion

Alhamdulillah Mika headlamp dan mika sen kiri asli . . Mika sen kanan nggak ada, dasi depan chrome , asli

rak depan masih layak pakai

Intake dari Filterbox masih layak pakai

Speedometer mati karena gearbox gigi nanas di trool depan rusak . ..  Mika speedometer usdah mulai retak retak, Fuel meter jalan . . .

tutup handle Ngaga, saklar cuma Lampu doang yang berfungsi, kunci nggak asli

Karet legshield masih ada , Crank case sudah sangat butut dengan warna yang kusam

Stiker kayaknya akan di pertahankan nih sob

Knalpot Ok . . namun ya gitu deh . . namanya juga berumur 30 tahun

Mika Lampu belakang lengkap dan masih layak pakai . . . Mudguard di belakang sudah hancur, ban depan belakang sudah keras dan getas . . suspensi belakang pakai Milik Honda astrea Grand

Swing arm bagus walaupun tak terawat, footpeg pillion sudah ngewer ngewer

mesin sudah di overhaul, ada beberapa catatan seperti silinder tengah bocor namun sudah dututup lem besi untuk sementara

Kulit Jok bagian rider sudah Hancur dan Sangat butut

karena tmcblog rencana mau bawa sendiri ke Buitenzorg pakai Mobil pribadi . . . ahh biasanya bawa sasis C70 ke tukang cat pakai Freed . . . Mosok C86 nggak bisa ?  . gitu Pikir tmcblog

Lalu akhirnnya sabtu kemarin barulah tmcblog punya kesempatan ke Kuningan menjenguk anak yang sedang pesantren di sebuah sekolah di kaki gunung ciremai . . dan itu adalah kali pertama tmcblog bertemu dengan Ini astrea star . . . sempat sehari dipakai keliling keliling pesantren seperti beli surabi cibulan yang terkenal enak . . . tercatat ada sedikit masalah di Karburatornya yang sering ‘banjir’ ahhh nanti sekalian ganti karburator baru saja sepertinya niiiihhh . .

dan akhirnnya Motor dicopot ban depan, ban belakang body belakang dan Knalpot agar bisa masuk ke Kompartemen belakang Honda freed ..  dan Motor tersebut saat ini telah sampai di TMCBlog news room di kaki gunung salak hehehe . . so dari ciremai ke salak 😀   . . . Namun restorasi belum bisa dimulai, dan bahkan saat bro sekaaian baca artikel ini itu Motor belum diturunin dari Mobil karena tmcblog keburu terbang ke lampung untuk melakukan kegiatan Blogging share bersama rekan rekan dari TDM lampung . . . lagi pula C70 merah belum selesai juga restorasinya bro . . . hmm kapan ada waktu buat restorasi yaaa . . .

taufik of BuitenZorg

51 COMMENTS

    • Ekekekek
      Krn motor yamaha masih mulus masa mau d restorasi,namany restorasi udah jelas barang dah butut.noh lihat judul
      Ekekekek

      Guest
    • Masih mulus apa sudah musnah bro.. Ah kamu bisa aja.. Sudah nggak kliatan lagi motor yamaho seangkatan motor ini.. Itu kepalanya isi t41 kah SU??

      Guest
    • Silva, gue mau tanya sama lu. Motor C Series jenis SUPRA 100cc sekarang bangkenya pada kemana itu motor? Padahal di Jamannya itu motor banyak banget, FIT, X, XX.
      Malah banyak Vega R sama Smash yang masih keliaran, gue liat kerjanya juga berat2 apalagi Smash.
      Jangan di samain ya mesin Alumunium Alloy made in Japan sama made in AHM.

      Guest
    • ooo,ternyata udah diinformasiin wak haji di vlog nya
      Dulu kalo nggak salah punya bokap laku 2jt an,masih ori semua cuma sayap kanan kiri nggak ori,speedo mati,saklar juga cuma lampu utama yg nyala

      Guest
    • Mobilnya wak haji HONDA FREED,,,
      Kenapa wak haji kaga cari mobil yamama,,,

      ada yg bisa jawab,,,

      😂😂😂😂😂😂😂😂

      Guest
    • Motor barunya wak haji kasta tertinggi matic yamaha loch…
      Wekeke
      Masalah restorasi mah, logikanya motor jadul yg udah caur..mengapa honda..ya karena populasinya paling banyak..dan rata2 motor jadul materialnya masih cuakep brow…ngga 2 tak ataupun 4 tak..
      Ane dulu pernah dapet yamaha rd350 twin…ngablak ..kabel2 masih ok, bersihin karbu,ganti koil carry, platina, isi bensin, isi oli samping dan voila…langsung nyala…cuman benahin sana sini jalan deh.
      Sekedar info, bagi teman2 yg demen restorasi,bisa tanya2 ke instansi pemerintah, tni, polri, karena biasanya motor kalau sudah lebih 30 tahun suka di dum, alias sudah habas masa berlakunya..dan dilepas ke masyarakat.
      Kalau sudah dapat info dan bisa dibeli..ke balai lelang negara dulu ya..sukur2 ngga ada yg minat sehingga bisa kita dapat dengan harga minimal..Tapi ya itu kondisinya biasanya menyedihkan tapi sukur2 dapat Honda CB650, Suzuki GSX750P atau Suzuki GS500E., yg masih laik jalan..Habis bayar langsung ke samsat untuk dapat BPKB baru..hehe itu zaman dulu ya..ngga tau sekarang prosedurnya..

      Guest
  1. Abis biaya berapa ya Wak Haji kira2 untuk restorasi motor astrea? yang ngga paka turun mesin. Soale mertua punya astrea kayaknya enak nih buat direstorasi hehehe…

    Guest
  2. masi mudah mencari barang2 merk H, tapi jangan merasa merk H murah lho ya. restorasi dengan barang ori itu ngga murah. ori benar2 ori. jangan KW dibilang ori.

    coba yang direstorasi merk lain. uda sangat langka.

    mo nyerang ane? ane uda beberapa kali restor CB, Grand, C70.

    Guest
    • Motor jadul mah material nya joss…saya pernah mau restorasi astrea 800…tapi mundur perlahan.. Asal bisa jalan dulu aja…😂 😂… Dompet terbagi 3

      Guest
    • Ane ada honda win..mo siap restorasi tapi belum dapet lampu hijo dari nyonya..wekekeke
      Kondisi sementara tanki botjor
      Keluar oli dari bak.nya
      Kata temen ane sih parts orinya masih banyak yg jual..mayan lah

      Guest
  3. Sekarang makin banyak fbh pada tersentil, makanya kojel-kojel gak karuan …

    Salam gatal …
    Nah …

    Guest
  4. Motor2 Yamaha 2 tak masih ada di luar Jabodetabek, terutama King ada di daerah garut, tasikmalaya dan ciamis, suzuki 2 tak ada banyak di daerah NTT dan NTB.

    Motor2 begini cuma fanboi Honda yang suka, sudah jelas wak aji suka merek Honda. dah gitu aja

    Guest
    • udah dari jaman kapan bro, cuma Wak Haji gak mau disebut gitu, takut selevel sama FBH. beliau maunya sebutan yang lebih berkelas biarpun penggemar Honda sejati (gak berani bilang FBH, padahal secara harfiah ya sama aja)

      Guest
  5. Wak astrea star yang gak pake starter elektrik alias cuma pake starter kaki itu edisi pertama ya wak?

    Soalnya motor bapak dulu astrea starnya hanya ada starter kaki.

    Mesinnya joss suaranya halus.

    Guest
  6. Sorry wak mau nanya yang nyeleneh dikit
    Cara buat bpkb motor jadul yang tanpa surat ( bodong ) tapi bukan curian cuma ilegal masuk Indonesia

    Guest
    • gak ada fakturnya gak bisa. cuma karena ini Indonesia pakai aja jurus papa, yang penting modal ada

      Guest
  7. inyong teringat kawan lamaku nicky astrea. lady rocker indonesia. ujan2 dingin paling asik mendengarkan koesplus.

    mizter gilkun kemana kang ??

    Guest
  8. wak haji…temen saya di blitar baru aja dapat astrea prima 7,5 jt sama astrea star yg mirip sama itu stripnya 13jt…tp semua masih orisinil bawaan pabrik..bahkan ban sama aki juga masih asli….

    Guest
  9. Aneh ya tiap main ke cerbon, masih ada aja astrea star lansiran 87/88 yg sticker merah itu.

    Apa penjualan astrea star pling laria dicirebon pada masa itu.

    Terus terang tante sya dulu dan si om motorny samaan astrea star sticker merah ini, yg satu dijual ke ibu yg satunya dipakai.

    Terakhir sya liat itu motor tahun 2010 an. Motorny full ori. Sayang skali telat nanyain selang beberapa bulan sudah ditukar vario.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here