TMCblog.com – Bro seklaian, pagi ini Ditowel sama Kang Asep Via Facebook akhirnnya tmcblog mengetahui bahwa Sepetinya Bandrol Nilai Jual kendaraan bermotor ( NJKB ) dari Calon Motor baru Kawasaki W175 sudah hadir di situs dispenda Jakarta . . . Di Situs tersebut terlihat kode baru BJ175A . . .Arti Kode ini apa . . Yaa . . BJ series memang kental merupakan kode yang selama ini dipakai untuk sosok Motor cruiser retro modern Kawasaki  . BJ250L misalnya mereferensikan kode untuk Estrella 250 . . Nah ini Kode BJ175A dapat diarttikan Motor dengan genre yang sama dengan Estrella namun kubikasinya 175 cc plus kode A terakhir menunjukan bahwa Calon Kawasaki W175 nanti merupakan Motor generasi pertama  . .

Nahhh Nilai NJKBnya sendiri yang tertera untuk BJ175 atau kawasaki W175 adalah 18,7 Juta rupiah . . angka ini di bawah angka dari Sosok Kawasaki KLX 150 ( LX150 H ) yang sebesar 21 Juta . . so apakah bandrol On the road dari W175 nanti akan bisa lebih rendah dari KLX150 . . . Kita harap sih begitu karena dilihat dari NJKBnya , logikanya bandrol W175 nanti akan lebih rendah dari KLX 150 series . . cmiiw, IMHO

BTw kita akan coba dari modal bandrol NJKB W175 yang sebesar 18,7 Juta ini kita akan coba menebak nebak via hitungan mengenai berapa kira kira calon harga OTR dari Kawasaki W175 nanti . . Cekidot . . Kita mulai lagi dari Variabel variabel pembentuk Harga On The road dari Sebuah Unit Motor yang dapat dihitung berdasarkan Harga NJKB adalah  :

  • Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) = 1,5% Harga NJKB
  • Bea Balik Nama Kend. Bermotor ( BBnKB ) = 10% Harga NJKB
  • Pajak pertambahan Nilai ( PPn) = 10% harga NJKB
  • PPh Pasal 22 = 1,5% pembelian ( kayaknya NJKB)

So . . .

  1. NJKB Kawasaki BJ175 yang senilai 18,7 Juta Rupiah
  2. Bea Balik Nama Kend. Bermotor ( BBnKB ) Kawasaki BJ17= 10% Harga NJKB ~ 1,87 Juta rupiah
  3. Pajak pertambahan Nilai ( PPn) Kawasaki BJ17 = 10% harga NJKB ~ 1,87 Juta rupiah
  4. Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) Kawasaki BJ17= 1,5% Harga NJKB = Rp 280.500
  5. PPh Pasal 22 = 1,5% pembelian ( kayaknya NJKB) Kawasaki BJ17 = 1,5% Harga NJKB = Rp 280.500
  6. Biaya di tingkat dealer ( Margin keuntungan dealer , Asuransi, SWDKLLJ , biaya kirim,  dan lain lain) ~ ( perkiraan ) ?

variabel 1 sampai 5 saja jika dijumlahkan sudah masuk di angka : 23 juta-an rupiah . . . kalau di jumlahkan dengan variablel 6 kira kira sampai berapa ?  . .


Coba Kita cek berapa variable 6 Untuk KLX 150 S . . yang dibandril 29,1 Juta rupiah dan memiliki NJKB 21 Juta rupiah . .

  1. NJKB KLX150S yang senilai 21 Juta Rupiah
  2. Bea Balik Nama Kend. Bermotor ( BBnKB ) KLX150S= 10% Harga NJKB ~ 2,1 Juta rupiah
  3. Pajak pertambahan Nilai ( PPn) KLX150S = 10% harga NJKB ~ 2,1 Juta rupiah
  4. Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) KLX150S= 1,5% Harga NJKB = Rp 315.000
  5. PPh Pasal 22 = 1,5% pembelian ( kayaknya NJKB) KLX150S = 1,5% Harga NJKB = Rp 315.000

variable 1 sampai 5 untuk KLX 150 totalnya 25,830 Juta rupiah . .  artinya sisa Biaya di tingkat dealer ( Margin keuntungan dealer , Asuransi, SWDKLLJ , biaya kirim,  dan lain lain) untuk KLX 150 adalah sekitar 3,27 Juta rupiah . .


Bila saja Biaya Tingkat diler KLX150 sama dengan W175 yakni sekitar 3,27 Juta rupiah, maka Diperkirakan bandrol Kawasaki W175 cuma tembus 26 Jutaan, paling maksimal 27 Juta atau maksimal 28 jutaan dong? . . wew . . bisa di bawah 30 Juta nih ? . . . Gimana Menurut sobat sekalian ?

taufik of BuitenZorg

47 COMMENTS

    • bukan, justru disuruh umumin harga dari kawasaki via blog tapi dibuat seolah2 tebak harga biar menarik dan infonya dapet tanpa bikin syok

      Guest
    • Ya Allah ngakak akku rekk..
      Musti bawa amplas dibawah jok krn platina hehehe
      Tp beneran sih serius tambah “retro” abis kalo itu diaplikasikan, meskipun jadinya bukan cuma “kesan retro” aja yg didapat, melainkan “retro beneran”..

      Btw ane dah demen modifikasi rekan2 dulur CB jadul aja deh, retronya dapet, mesin jahatnya jg dapet, plusssss bonus pajek murah meriah.. sparepart gk usah ditanya stoknya.

      Guest
  1. Mesin generasi lawas di-bedakin lg jadi baru, itulah kawasaki ky ninja 250 karbu, terbukti minim pengembangan mesin baru,adapun tp lama…

    Guest
  2. 28jt an ya kemahalan wak, lha wong DOHC aja 27jt an. Ini DOHC lho dengan full digital dan canggih modern, SOHC itu harusnya dikisaran harga verza 18-21jt an dah mentok. Diatas itu operpret biar banyak fitunya jg

    Guest
  3. this is kawasaki, this is motor hobby, pasti kawak mke alasan itu utk menutupi harga yg gk logis, lah mesinnya mesin eliminator 175 yg TUAAA, mending riset baru biar mesinnya nanti dipaks di New klx kedepannya

    Guest
  4. nah ini lbh reasonable..

    klo smpe nyata nya di atas 30jt, berarti keliatan bgt kawak cr untung gede dr motor ini hahaa

    Guest
  5. Rumus margin deles pakai esteler wak, pan itu sesuai jadulnya…
    But my opinion sih di taro di atas 25 dah mahal…..

    Guest
  6. Haih mahal lah.

    Saya juga hobi retro.

    Cmn stigma “demi hobi berapun akan dibayar” itu pola pikir jadul.

    Jadul itu krn dulu pilihan terbatas.
    Lah kalo pilihan semakin banyak dengan value yang lebih baik kenapa ga ambil yang lebih baik ?

    Guest
  7. Biarkan kawak bicara kita ambil positifnya, lihat dan ambil yang perlu janga mencela dulu semua produk pasti ada pluss dan minusnya,,buat pasukan maung ini bisa jadi buat teman dan pasti pada tauuu

    Guest
  8. Pokoknya kalo motornya nggak kinclong saya gak beli wak, soalnya retro cc kecil identik dng yg kinclong2. Knalpot, velg, rear shockbreaker, headlampcover, spioncover, blokmesin, selebor, dll harus kinclong. Mau pake karbu ato injeksi gak masalah, mau tenaga loyo gak masalah, yg penting kinclong itu aja. Kalo yg keluar nanti kaya dispyshoot yg item semua yowes saya gak akan beli, mending ke bengkel custom wak

    Guest
  9. Pajak Pertambahan Nilai itu PPN, akang. Kalau PPn itu Pajak Penjualan seperti yg di restoran, cafe dan sejenisnya. PPN itu Pajak Pemerintah Pusat sedangkan PPn itu pajak daerah, akang.

    Guest
  10. Semoga kawasaki Indonesia baca halaman wak haji,klo seharga gitu,kejayaan kawasaki akan kembali, eh suzuki juga kang mulai bangkit

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here