TMCBlog.com – Bro sekalian, MotoGP post-season Official Test akan berlangsung selama 2 hari di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia tanggal 14 – 15 November 2017. Banyak hal yang menarik untuk disimak selama test berlangsung, salah satunya kiprah deretan Rookie seperti Takaaki Nakagami, Franco Morbidelli dan juga Thomas Luthi. Suasana di sirkuit Valencia sendiri berlangsung cukup hectic bro di pagi  hari ini, banyak pantauan-pantauan yang menarik selama persiapan para rider beserta team mereka. Dilaporkan kondisi trek sendiri dalam keadaan panas sementara yang sedikit dikhawatirkan adalah lintasan yang cukup berdebu.

Juara dunia Moto2 2017, Franco Morbidelli enjoy dengan seragam yang sama namun motor yang berbeda, menunggu debutnya di pit tapi sayang sekali Tom Luthi rekan setimnya di MotoGP tahun 2018 tidak bisa turun ke trek karena sedang masa pemulihan akibat cidera kaki yang dideranya saat QTT Sepang GP lalu. Posisi Luthi harus digantikan oleh Yuki Takahashi selaku test rider HRC yang membesut Honda RC213V team Marc VDS Racing.

Takahashi mengantikan Tom Luthi

Hal yang TMCBlog rasa cukup menarik ketika melihat Jack Miller ‘reunian’ dengan Christian Gabbarini, mantan crew chief-nya ketika di Marc VDS Honda tahun 2016 lalu. Miller yang tahun depan pindah ke Pramac Ducati Team, terlihat berbincang santai sembari menunggu debutnya dengan Desmo GP17.

Dari kubu Ducati, Paolo Ciabatti mengungkapkan rider yang dapat jatah Desmo GP17 pada 2018 adalah; Jack Miller, Alvaro Bautista dan Tito Rabat. Sedangkan Xavier Simeon dan Karel Abraham masih harus pakai Desmo GP16. Sementara Danilo Petrucci pakai motor yang sama dengan team factory,yakni GP18 “Hybrid”.

Alvaro Bautista Desmo GP17
Desmo GP16 Tito Rabat
Desmo GP16 Xavier Simeon

Di paddock Monster Yamaha Tech 3, terlihat crew mempersiapkan Yamaha M1 untuk Zarco dengan aero kit M1 2017. Apakah ini sebuah indikasi bahwa Zarco masih harus pakai motor setahun lebih jadul ketimbang Movistar Yamaha Factory? Sayang sekali untuk Zarco ya. IMHO

Johann Zarco Yamaha M1 aero kit

Lalu di pit box Movistar Yamaha factory, terlihat paling sibuk dengan 4 motor untuk Maverick Vinales sendiri, belum termasuk berapa unit yang dibawa Yamaha untuk Valentino Rossi. Seperti apa yang sudah Valentino Rossi ungkapkan saat media debrief sore hari waktu Valencia, Yamaha memutuskan mengganti sasis 2016 saat balap sebagai suatu program sebelum tes Valencia berlangsung, dan saat test akan mencoba untuk membandingkan sasis M1 2016 dan 2017, namun masih belum memutuskan sasis mana yang kan dijadikan dasar pengembangan untuk paket motor 2018 nanti.

Movistar Yamaha membawa 4 unit motor untuk Vinales
4 unit Yamaha M1 Vinales

Dari Repsol Honda, sang tim pemenang, motor 2018 sudah dipersiapkan sedari dini. Akan tetapi masih belum pasti ya sob apakah ini motor yang benar-benar akan dipakai pada kompetisi 2018 nanti, kan perjalanan masih panjang tuh sebelum kick off di Qatar tahun depan.

Bisa kalian lihat diatas, RC213V sudah pakai knalpot dengan model baru. Wajar karena Honda adalah pabrikan yang pengembangannya bertitik fokus pada mesin, jadi perubahan knalpot sangat wajar demi mengejar keseimbangan tenaga. Atau jangan-jangan firing order RC213V baru lagi nih? ( Tambahan) bisa kalian sob .. Honda RC213V yang baru sudah menggunakan starter langsung di kruk as , tidak lagi di ban belakang … Wew akhirnya …

Knalpot baru RC213V Repsol Honda

Takaaki Nakagami juga bersiap untuk debut bersama LCR Honda di MotoGP, selama satu tahun ke depan akan kerja bareng dengan cal Crutchlow ni.

Takaaki Nakagami LCR Honda

Aprilia yang memiliki pembalap baru, Scott Redding yang menggantikan rekan senegaranya Sam Lowes di Aprilia Gresini menyiapkan paket RS-GP komplit dengan Aero kit yang serupa winglet.

Scott Redding Aprilia Gresini Team

Untuk sementara, ini dulu yang TMCBlog laporkan dari Valencia MotoGP Official test. Tunggu artikel lanjutan hasil Valencia test MotoGP hari pertama. See you very soon sob…

Nugi TMCBlog

64 COMMENTS

    • berarti mereka pada betah kungkum di kotak yellow kemampul bror. kok ada ya makhluk sperti itu ???? LOL

      Itu

      Guest
  1. Bisa kalian lihat diatas, RC213V sudah pakai knalpot dengan model baru. Wajar karena Honda adalah pabrikan yang pengembangannya bertitik fokus pada mesin, jadi perubahan knalpot sangat wajar demi mengejar keseimbangan tenaga. Atau jangan-jangan firing order RC213V baru lagi nih?
    bikin duag duig diug wak!!!!!!!

    Guest
    • inyong liat ke atas ada tokek bror. karena kalo liat ke bawah pas masuk ke wc ada ……..

      Itu

      Guest
  2. padahal inyong sudah requez terkait part eksotis honda terbaru. ayo kang sampean selikidi

    honda tidak mungkin tidak mencangkokkan teknologi terbaru di engine & sasisnya

    Itu

    Guest
  3. ymaha langsung menyiapkan 4 motor untuk vinales??????
    wihhh ymha kyakny ingin balas dendam ya musim depan …… 10 seri terakhir nihil kemenangan seri, merupkan ptestasi terburuk bgi ymha dlam 14 thun/musim terakhir walapun musim ini merupakan musim terbaik bagi vinales slma berkarir d klas motogp

    Guest
    • Kalo Lorenzo biar banyak tingkahnya tapi pinter nyelesaiin masalah dan mau berbagi data, terbukti sejak 2009 g pernah terlempar 4 besar di yamaha..
      Laen halnya vinales, banyak tingkah tapi g punya jalan keluar untuk menyelesaikan masalah, setiap masalah selalu “tanya yamaha sendiri”..

      Guest
    • semoga aja M1 dual suspensi belakang yg pernah di test Norick abe keluar lagi,siapa tau di jaman now bisa itu bisa jadi solusi

      Guest
    • repsol honda kalo ganti sponsor spertinya sangat kecil sekali kemungkinannya bror. tapi kalo nambah sponsor sangat besar bisa terjadi

      Itu

      Guest
    • Pertamina ngiklan..?

      Sekelas Dimas Ekky/Andi Gilang aja ogah-ogahan..

      Lebih memilih pembalap yg berada di ketek garcia..

      Guest
    • kayanya sih ga mungkin ganti bro, karena Kerja sama keduanya(Honda/Repsol) sudah cukup lama terjalin puluhan tahun,dan juga adem ayem suasana nya, boleh di bilang hampir ga pernah ada intrik,yg ada hanya prestasi, jadi ya tetap lanjut terus… mungkin gampang nya berapa duit yg Honda butuh kan akan Repsol sediakan..hehhee
      tapi kalau misalkan ganti,yg cocok hanya Redbull…di jamin sangar tampilan motor nya 😁😁😁

      Guest
    • honda ama repsol udah terlanjur nempel banget bro,bahkan repsol udah bangun fasilitas research buat balap kerjasama ama HRC.
      Mungkin livery nya sedikit di refresh dibikin sedikit agak garang kayak jaman Nicky,sekarang hitamnya ilang apalagi pas redbull belum nempel,rasanya sepi banget

      Guest
  4. wak, status jack miller tahun ini kan masih “rider hrc” alias d kontrak langsung oleh HRC, nah kira2 jack miller d larang gak ikut test privat yg bukan test resmi bareng tim barunya selma kontrak ny dengan hrc blum habis kyak jorge lorenjo thun lalu???

    Guest
    • kalau baca di IWB, Jack Miller sdh pakai Ducati GP17 dan mencatat waktu tercepat ke 4 di tes pra musim Valencia

      Guest
  5. serius inyong heran tiba2 para makhluk fb yellow kitty langsung ngilang secara serentak setelah balap minggu kemarin. inyong #ngekek_hard mode on

    Itu

    Guest
    • Kaum fby fekok gnti nickname bero…..
      Dan sekarang jd fbh jadi2an, mereka kan suka cium ketex
      MuuuUUUuuuuuehehehe…….

      Guest
  6. yang ane lihat sih knalpot RC213V yang di buritan udah ga melingkar lagi, trus knalpot samping nya bukan slash cut lagi…

    trus gp16 nya tito beda sama punya nya ximeon..punya rabat ada salad box nya, punya ximeon ga ada..

    Guest
    • Simeon dapet kelas 2016, paling jadul sendiri diantara yg lain (mirip kasus Karel Abraham tahun ini)

      Guest
    • mungkin lebih baik lagi, simeon pake panigale terbaru v12. inyong jamin langsung …..

      Itu

      Guest
  7. Apakah Nakagami sama Luthi bakal disponsorin RedBull..?
    Krn tahu sendiri kalo rekan setim ada sponsor Monster pasti rekannya RedBull(seperti kasus Dovi-Lorenzo & g berbicara ranah tech3/yfr).

    Guest
    • tergantung awalnya ridernya di kontrak apa terus diperpanjang apa enggak di kelas motogp
      Kalo sejak moto2 dikontrak Kukubima rossa,ya kukubima ngikut
      Kecuali kalo minuman energy nya ngontrak tim kayak movistar yamaha monster,tehc3 monster,repsol honda redbull,itu mau nggak mau ridernya harus putus kontrak ama minuman yg sebelumnya

      Guest
    • lebih menarik lagi bila sponsornya dari produk susu murni mbok darmi. secara kfc kamfried chicken pitik goreng sudah pernah jadi sponsor balap

      Itu

      Guest
    • klau nakagami dan cal cruthclow kemungkinan besar akan d sponsorin redbull bro, alsan ny krna mereka berdua d kontrak langsung oleh hrc dan biasany rider yg d kotrak langsung hrc akan d sponsorin oleh sponsor hrc dlm hal redbull, bedany cal cruthclow d dukung castrol sedangkan nakagami d dukung oleh idemitsu(kedua brand pelumas ini sma2 indentik dengan honda juga),.

      klau luthi itu d kontrak oleh tim marc vds, jadi sponsorny kemungkinan besar adlh monster energi + car exspres(kyaknya)

      Guest
  8. inyong yakin fb rosidin yellow kitty pasti pada baca di warung ini, tapi langsung kaku & ngilu mau ikutan komen

    Itu

    Guest
  9. mobidelli pke nmor 21 ya, trus apkah luthi juga akan pkai nmor 12???
    wihhhh, kyakny bkalan susah nih mengetahui mna motor morbi dan motor luthi,… tim sama livery motor ny juga sama(klau car expert tidak ngikut luthi lgi) dan angka nmor juga sama hanya d balikkan doang …..

    btw, berdasarkan feeling sya, sya megang luthi dlm perebutan gelar rookie terbaik motogp 2018, klau mas bro sekalian megang siapa nih???

    Guest
  10. untuk sementara marquez ada diposisi 1 tes valencia nih.

    btw kasian si zarco seperti disia siakan, emang bagusnya si zarco kabur aja ke pabrikan KTM biar KTM bersinar dan kentutin yamaha yg udah nyia”kan dia wkwkwk.
    mirip tahun ini si zarco di kecewakan pabrikan suzuki lalu milih yamaha satelit, eh pabrikan suzuki dikentutin sama yamaha satelit wakaakakak

    Guest
  11. yamaha tahun ini terlalu konsen ama pengembangan robot gedek Motobot sih,M1 jadi tebengkalai jadinya,Padahal honda bikin riding assist nggak ngganggu pengembangan rcv samasekali

    Guest
  12. saya denger saat latihan barusan sang legend menghancurkan motornya hingga berantakan akibat crash
    apakah ada liputannya wak Haji ??

    Guest
    • dulu sudah pernah terjadi sebelumnya pada saat race qatar 2014. saat dulu jolor yg ngancurin yamamprol. sudah biasa untuk pabrikan suling yamamprol bror

      Itu

      Guest
  13. rosidin sudah mulai balap dg versi 2018. pasti nanti selalu p1 & p2 selama test

    Itu

    Guest
  14. jolor jadi trending topic pasca race terakir valencia. mengalahkan beritanya rosidin the doctor yellow kmampul

    Itu

    Guest
  15. Okey, ini analisa ane di musim 2017
    Mulai dari yamaha, yamaha jelas menambah power di m1 2017, dan memindahkan distribusi berat mesin ke belakang, akibatnya kekuatan di pengereman berkurang, dan memberikan stress ke ban belakang di tikungan

    Masalahnya, rossi dan vinales gak mau mengakui kalo motor mereka jadi oversteer, dan tetap memaksakan pilihan ban lebih lunak dibelakang
    Motor yang oversteer memang jadi susah belok alias tidak stabil karena ban belakang sliding sana sini, dan harus diakali dengan sedikit drifting. Namun rossi gak mau drifting karena bikin ban belakang cepat habis

    Di awal musim kita bisa lihat vinales sliding2, namun di akhir2 musim aksi sliding tidak lagi dilakukan. Padahal aksi sliding khas oversteer itu lah yang jadi kelebihan M1 di awal2 musim

    Keputusan menghilangkan aksi sliding itu yang membuat handling M1 jadi kacau

    Guest
  16. Sekarang ke ducati,
    Beda dengan yamaha yang menggeser distribusi berat ke belakang, ducati menggeser distribusi berat ke depan, dan memgurangi sedikit powernya, namun tetap diatas m1 dan rcv
    Efeknya, kemampuan braking meningkat, bisa dilihat di motegi dovi bisa outperform marc di braking, padahal marc paling jago late braking
    Handling juga tetap stabil karena titik distribusi bobot tetap tinggi, ducati menikung dengan lambat seperti biasa, namun ditunjang pengereman dan akselerasi yang baik bisa menutup kemampuan menikung

    Guest
  17. Honda, jauh berbeda dengan musim 2016
    Perubahan mesin ke big bang secara jelas mengakibatkan penurunan power, walaupun marc tidak mengakuinya. Terlihat jelas akselerasi high end rpm nya kedodoran

    Dari segi handling, rcv 2017 itu lebih understeer. Namun itu disengaja. Rcv sengaja di buat understeer dengan menggeser distribusi berat ke depan dan rancangan sudut suspensinya, untuk mengejar akselerasi keluar tikungan.
    Dengan motor yang lebih understeer pas membuka gas, maka pembalap bisa membuka gas lebih awal di tikungan tanpa takut ban sliding2. Rcv juga membuat titik distribusi berat lebih rendah, agar lebih lincah di tikungan dan agar roda depan tidak terangkat ketika membuka gas lebih awal
    Namun efek negatifnya, dengan motor understeer pembalap tidak bisa sembarangan mengerem sambil menikung, pengereman harus dilakukan lebih awal sebelum menikung saat jalan masih lurus. Pengereman sambil menikung seperti yang marc lakukan di rcv 2016 lebih beresiko low side.
    Kestabilan di tikungan juga berkurang, namun marc mengatasinya dengan menikung lebih lambat lalu membuka gas ditikungan, membuat titik distribusi agak bergeser ke belakang karena gerak suspensi saat berakselerasi dan membuatnya melesat lebih dulu di trek lurus
    Momentum saat keluar tikungan inilah yang membuat marc bisa menempel ducati di trek lurus walau power inferior

    Guest
    • secara tersirat di awal musim 2017 Marc mengakui pilih screamer bro, dia bilang pilih yg power besar meski susah dijinakin drpd mudah jinak tp power kurang. tp yg nanya gak sebut merek, cm sebut tipe mesin.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here