TMCBlog.com – Bro sekalian, tmcblog pernah berbicara dengan beberapa petinggi petinggi Ducati Baik yang sekarang masih di Ducati seperti Francesco Rapisarda maupun yang sudah berpindah ke Brand lain seperti yang sekarang ajdi CEO Dainesse – Cristiano Silei. Setiap TMCBlog singgung mengenai rencana Ducati secara Global menghadirkan Sport dengan Kubikasi 300 cc Ke bawah, mereka selalu menolak dan menyebutkan rencana itu tidak pernah ada dalam Agenda Ducati secara Global . . . Namun ternyata bukan di sana pointnya sob . . . ternyata, Ducati sedang mengincar Segmentasi lain yakni Skuter dan Motor listrik  ..

Yap di wawancarai oleh Motostation, Edouard Lotthé (Managing Director of Ducati Western Europe) mengakui bahwa Ducati sedang siapkan dan rencanakan akan menghadirkan sosok Skuter dan sepedamotor listrik kedepan. Namun tetap Lotthé menafikan Ducati akan menghadirkan Sport cc kecil . .

Mengenai sepeda motor listrik sendiri, CEO Ducati Claudio Domenicalli sudah menginfokan secara jelas saat perilisan  Ducati Panigale V4 : “We will have an electrical engine before later, but so far let’s be excited – having some exciting engines like this [V4] and enjoy life,” . . yaP Domenicalli mengatakan bahwa cepat lambat Ducati akan hadirkan sosok Sepedamotor listrik tersebut

Namun begitu baik dari Mulut Edouard Lotthé maupun Claudio Domenicalli, belum tersingkap Time line apapun mengenai kapan kehadiran kedua jenis Motor ini. Namun Edouard Lotthé terus menyambung nyambungkan dengan rencana Eropa menghadirkan Standar emisi Euro 5 . . dan mengenai euro 5 sendiri, standar emisi maksimumnya akan seperti ini:

  • CO: 1.0g/km
  • THC: 0.10g/km
  • NMHC: 0.068g/km
  • NOx: 0.06g/km
  • PM: 0.005g/km (direct injection only)

Nahh, Di eropa sendiri, pemberlakukan menyeluruh Standar emisi Euro 5 untuk kendaraan Baru akan dilakukan mulai Tahun 2021 . . itu artinya, Jika Euro 5 jadi Bocor halusnya  . . . maka jika kita bisa tarik silogisme secara kasar, sepertinya baik Skuter maupun Sepedamotor listrik Ducati belum akan hadir sebelum Tahun 2021 . . yahh, Program untuk 5 tahun kedepan sepertinya . . . Silahkan dikunyah kunyah, Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber :

http://www.moto-station.com/article127935.html

http://www.transportpolicy.net/standard/eu-motorcycles-emissions/

https://www.asphaltandrubber.com/news/ducati-electric-2030/

19 COMMENTS

  1. wow akhirnya produksi skutik,apa ini saran dari audi ya? ”liat noh pabrikan jepang jual skutik bisa dapet untung banyak,kalo lu nggak mau bangkrut dan gue jual ke india,lu bikin skutik gih!!” mungkin gitu ngomongnya,hehe
    Tapi kayaknya sih tetep jadi produk premium

  2. Keunggulan Indonesia adalah banyaknya harta karun energi berupa sumber energi terbarukan: air, panas bumi, angin dan arus laut. Menurut saya akan lebih lebih dan lebih besar masalah pangan (karena ledakan demografi) daripada masalah energi. Nah… tentang masalah limbah batre, saya yakin 5 atau 10 tahun ke depan ada solusi pengolahan limbah batre karena teknologi terus berkembang.

  3. Kalo Ducati nge test motor di jalan jalan eropa,,,

    Kalo pabrik FBY nge test motor di jalan jakarta – purwakarta bolak balik,,,

    ??????

  4. DUCATI siapin motor listrik untuk 5 tahun ke depan,kecepatan maksimal 200 km/jam,,,

    Pabrik FBY siapin motor listrik sudah 5 tahun yg lalu,kecepatan maksimal 40km/jam,,,

    ???????

  5. Namun
    Edouard Lotthé terus menyambung nyambungkan dengan rencana Eropa menghadirkan Standar emisi Euro 5 . . dan mengenai euro 5 sendiri, standar emisi maksimumnya akan seperti ini:
    CO: 1.0g/km
    THC: 0.10g/km
    NMHC: 0.068g/km
    NOx: 0.06g/km
    PM: 0.005g/km (direct injection only)

    Main angka2 di mesin uji emisi, jadi teringat skandal VW, jadi saya gak yakin sama angka2 nanti yang keluar baik dari pabrikan maupun dari instansi pemerintah langsung. Harusnya ada juga beberapa instansi independent yang melakukan uji emisi, tapi toh mereka juga bisa di “suap”. Jadi menurut saya lebih baik segera ke mesin elektrik, yang secara teori 0% karbon print ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here