TMCBlog.com – Bro sekalian, Di Indonesia pangsa Motor bebek/ cub/underbone memang menukik tajam kebawah hampir di semua Brand .  . . dan mungkin karena penyebab itulah, boleh dibilang life cycle dari Produk segmen ini teerasa jadi semakin lama yaa . .. Coba tengok Hodna revo saja baru kemarin di update,  . . Banyak Pengunjung tmcblog menyanyakan kabar update Yamaha Jupiter Z1? Ya memang sampai saat ini Jupter Z1 mirip seperti Varian bebek lain, boleh dibilang minim update  . . . Namun Yamaha Vietnam mencoba cari jalan lain, yakni nggak hanya gonta ganti striping dan warna, namun memberikan beberapa detail lain dari Jupiter Z1 . . salah satunya membuat RC Edition . . wew, kayak apa tuh

Jadi seperti yang tmcblog peroleh infonya dari AutoPro . . Secara mesin, nggak banyak perubahan . . masih menggunakan mesin FI 4-stroke SOHC engine, 2 valves, single cylinder, 115cc, electronic fuel injection, air-cooled, Power maksimum 9.9 HP @7000 rpm. Trsi Maksimum 9.9 Nm @ 6500 rpm.

pembeda pertama jelas adalah striping dan Grafisnya yang berdesain sporty dengan penambahan tulisa  RC baik secara embos di Body belakang kanan dan Kiri, serta Grafis stripe RC di bagian  sayap ( legshield )

Salah satu yang menarik perhatian adalah pengaplikasian suspensi dual namun dengan detail canister fluida yang biasannya menggunakan gas Nitrogen didalamnya. Detail Canister tanknya menarik dengan nuansa Gold  . .. namun walaupun berdesain sporty, soal Cover Rantai, Jupiter RC ini berdesain full kayak motor motor bebek jaman dahulu . . atau memang di Vietnam masih banyak yang mengaplikasikan model chain cover seperti ini ya? . . . Lumayan sih, Namun kalo gaya seperti ini dilakukan unutk Market Indoensia, kira kira berhasil nggak ya sob ?

Taufik of BuitenZorg’

 

47 COMMENTS

    • “soal Cover Rantai, Jupiter RC ini berdesain full kayak motor motor bebek jaman dahulu, atau memang di Vietnam masih banyak yang mengaplikasikan model chain cover seperti ini ya?”

      Kok ada kata “masih” dan disebut gaya jadul? Memangnya sampai saat ini ada teknologi yg lebih baik dari full chain cover?
      Chain cover model skrg justru kemunduran. Blog otomotif harusnya mendukung kemajuan dibidang otomotif, bukan sebaliknya.

  1. Suzuki dan Kawasaki sudah pernah mengalahkan Jupiter series ini di Balapan. Tinggal The Winning Honda Blade series yang belum

  2. Ane sbg pengguna jup burhan dan Z1 merasa Zi ini lebih banyak masalah.. spt: komstir gampang kena wajib sering stel/ganti. 1thn pertama cukup halus.. Getaran makin terasa stlh 2 thn ke atas. Rantai gampang kendor.. lampu depan gampang putus… kalo irit sama speed ok lah..mantap

  3. sebenarnya jupiter z1 bersuspensi tabung udah launching duluan di Malaysia sejak thn 2014. di sana pakai nama Lagenda 115ZR

  4. jupiter Z paling handal adalah generasi pertama, dengan ciri lubang knalpot ada 3 baut,dan daging blok silinder lebih tebal, motornya juga enak dipake, generasi kedua jupiter Z burhan stangnya lebih tinggi,dan materialnya beda,tapi inilah jupiter Z paling sukses, penerusnya Jupiter 115 gak laku dan banyak masalah, kemudian diteruskan Jupiter Z1 yang waktu itu dibacking Lorenzo dan sempat heboh dengan Z1 bikinan Jepang (meski akhirnya kalah juga sama kilikan mekanik lokal), sekarang Z1 senasib dengan Blade…tiji tibeh..mati siji mati kabeh alias sama sama kurang laku dan ga jadi primadona lagi kalah populer sama bebek 150cc dan skutik bongsor

    • Setuju mas Damen. Begitulah history varian Jupiter Z yamaha. Antara generasi tahun 2004~2006 awal Jupiter Z komeng. Lalu Jupiter burhan lahir 2006 akhir sampe 2009 awal.
      Kalo generasi Vega yg paling bandel itu vega lama dan vega R new. Material mulai di downgrade sejak di generasi Vega ZR dst.

  5. Andai ni motor di update pake mesin LC4V. Kubikasi jadi 125. Bisa lah recokin pasar Supra 125 yang sekarang jalan sendirian. Minimal dijalan.

  6. mesinnya kurang kokoh, masih lebih bandel jupiter z gen 1-burhan.
    tapi memang motor bebek skrg merk apapun mengalami penurunan material mesin dibanding bebek jaman dulu.

  7. Sayangnya, sekarang ini orang kalo beli motor, kalo gak motor matic kalo gak motor sport sekalian. Makanya motor bebek sekarang agak susah penjualan nya.. apapun lah itu merk nya…

  8. Hanya kerna gagal produk awal bebek matic generasi 1. akhirnya atpm besar tidak brani bermain di segmen itu lagi. Padahal naik motor paling nyaman dan aman ya posisi motor bebek dibanding skutik. Khususnya buat jalan yg banyak lobang nya

  9. Jup Z1 adalah motor terbaik dan ternyaman slama ini dkendarai, karena irit, posi2 stang yg nekuk kdalam, enak banget buat ngebut, nikung atau touring.
    udah pernah pake 2x tp second, mau beli yg baru, harga ga bersahabat, Jup Z1 18.5jt MX King 22.8jt harga yg terlalu mepet, orang pasti akan ambil MX King.
    mudah2n ada update Jup Z1 dan harga jangan mepet dgn MX King, perlu gap 6jtn lah, pasti terlihat value Jup Z1 nya.. 🙂

  10. Setuju.. Pencopotan tutup rantai adalah kemunduran dan penghianatan terhadap konsumen.. Rante jadi cepat kendor…. Pake tutup rante asal rajin kasi grease kombinasi oli, bisa awet 100.000km…velg bersih, aman pake rok panjang…..bebek adalah motor terbaik untuk kondisi indonesia.. Terutama untuk rakyat menengah kebawah… Bensin irit, perawatan murah bila pake tutup rante…. Filter udara selalu bersih… Liat tuh matic, udah boros, filter cepet kotor, tiap 13.000 km suruh keluar duit 200 rb ganti roller ama belt….. Saya merasa jadi korban matic… Nyesal.. Ingin balik ke bebek aja….

    • Ya begitulah bang, mau bebek biasa tapi modelnya gitu gitu aja tapi bandel dan irit
      Atau matic yang modelnya keren keren tapi perawatannya MasyaAllah

      Jupiter z1 ane cuman ane kasih grease sama rawat rantai udah 5 tahun kagak masalah, ya cuman dipakai ke kerja sama keliling kota aja sih

  11. List bebek yg pernah saya piara.. Astrea prima, suzuki shogun pertama yg jelajah negri.. Dua motor ini pake tutup rantai dan sampai dijual di kisaran 60.000 km, rante gak berubah setelanya…, setelah itu jupiter pertama dan terakhir revo. Absolut.. Disini mulai terasa disiksa oleh rante yg terbuka, velg senantiasa kotor dan bentar bentar rante kendor… Sekarang makin tersiksa pake vario… Kalo ada rejeki mo beli smash ato revo fit..

  12. Yamaha Jupi Z1 saya gapernah punya satu pun masalah yg situ sebut, adanya Supra X 125R punya om saya yang justru suspensi depannya bocor, speedo juga rusak mulu, engga yg ngembun, mika retak, kabel putus, fuel meter rusak, plus, geternya Supra tuh parah banget, kaki tangan saya kesemutan tiap deket redline. Lemot juga. Komentar ini dipersembahkan oleh seorang FBS lho ya…

  13. Ente ngeledek gitu gaada faedah nya, justru ente keliatan bodoh, mainan ente kurang jauh tuh, liat-liat di negara luar, Yamaha punya banyak motor garuk tanah yang ajib, dan pada saat YZF-R25 (2014) keluar, yang Honda punya cuma CBR250R yang notabene 1cyl dan kalah jauh dengan R25. Lagipun, hasil produksi gak selalu jadi patokan utama bahwa produk yang lebih laku = lebih baik, karena selalu ada marketing dan faktor lain yang mempengaruhi penjualan. Ini hanya sebutir beras yang ingin saya sampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here