TMCblog.com – Bro sekalian, entah tmcblog mau bicara apa lagi nih . ..  campuran antara terkejut dan senang karena akhirnnya memperoleh dua kali kesempatan untuk melihat secara langsung melalui mata kepala sendiri dari Sosok Motor yang buat banyak penggemar sepeda motor indonesia cukup bikin penasaran yakni Honda CB150R ExMotion . . 

Motor ini adalah Motor Yang dirakit di Thailand namun sebagian dari Motor ini adalah Buatan Honda di Indonesia . . tepatnya satu gelondongan Utuh mesin adalah mesin K56 Buatan Plant 5 Astra Hodna Motor di Karawang yang merupakan mesin yang sama dengan Honda CBR150R, CB150R Street Fire dan Honda Sonic . . wow mesin 150 cc AHM sudah dipercaya nihhh . .

Yap asli . . . Bahkan tmcblog memperoleh semacam ‘ akta kelahiran ‘ Motor ini berupa tulisan embos K56 dan Lambang AHM di bagian sisi dalam dari mesin Motor ini. . .  Untuk desain nya sendiri tmcblog yakin banget bahwa Kehadiran Honda CB150R Exmotion ini merupakan signal awal dari perubahan Platform desain yang dilakukan Secara Corporate Oleh Honda di dunia menuju garis desain ” New Sport Cafe “

Yap Walaupun menggunakan mesin 100% sama dengan mesin yang hadir di Indonesia, namun Sosl asis tmcblog lihat dengan mata dan kepala sendiri . . . asli bedaaaaa Banget sob . . . Salah satu perbedaan ada di tema dan bentuk detail dari sasis nya itu sendiri . ..

Jika di CB150R Street fire Indonesia menggunakan jenis Sasis Yang memeluk swing arm, maka di Honda CB150R Exmotion menggunakan sasis model twinspar trellis namun uniknya dibagian pivot hubungan antar sasis dan swing arm belakang, itu malah swing armnya yang memeluk sasis . . .

Jujur, secara umum tmcblog malah lebih suka model desian sasis Honda CB150R SF indonesia, karena selain telihat lebih kekar karena sasis memeluk swing arm, Namun juga biasannya jenis sasis memeluk swing arm akan memberikan stabilitas lebih karena titik tumpu dari pivot berada jauh di kiri dan Kanan, cmiiw . .

Namun begitu, di tipe jalinan trellis sais twin sparnya jelas mantab, kekar layaknya sasis Honda CBR250RR . . Jika di Bagian depan CB150R SF Indoensia ada semacam downPlate dari alumunium alloy, Namun di CB150R exmotion tidak ada . ..  Sasis CB150R ExMotion lebih sip lagi di bagian depannya ini ..  Untuk menggantung mesin di depan, mereka pakai platform logam baja satu paket dengan sasis utama . ..  tmcblog yakin kalau dibuka shoudnya, itu hanger mesin depan akan mirip Bigbike, imho . .

Soal lampu, headlamp, sen, Dan Bahkan Suspensi depan Upside down . . sudah pasti Oke Banget secara desain . . gabungan antara bentukan simple Minimalis dengan aura Modern . . terlebih lagi detail rem depan yang menggunakna model Mounting radial . . Bikin tambah beraura Big Bike tentunya

kaki kaki belakang dibuat menarik . . sebenarnya Bukan dari bahan alumunium seperti CB250RR, Namun desain bentuknya mirip swingarm ala banana dengan pengerjaan super duper rapi . . suspensi belakang Monoshock agak lateral dengan posisi ditengah dan Tanpa Link . . soal suspensi belakang ini, jelas masih kalah  dibandingkan CB150R streetFire . ..  secara umum  ..

Plus minus sih jika dibandingkan dengan CBR150R StreetFire di Indonesia . . Namun kalau masuk di Indonesia dengan spek yang sama persis dipastikan akan lebih tinggi . ..  Next Kita akan bahas impresi berkendara dari Honda CB15R exmotion dan Juga contoh contoh inspirasi custom dari CB150R Exmotion ini di Thailand . . . silahkan simak Vlog dan Mega Galeri Foto baik Outdoor maupun Indoor . . . Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

SPESIFIKASI CB150R ExMotion

Model Number CBF150NJ TH / CBF150NAJ TH
engine
Engine type PGM-FI double-head overhead camshaft 4-valve
Cylinder volume (cc) 149 cc
Cooling system Cool with water
Cylinder width x Stroke (mm) 57.3 x 57.8 mm
Injection ratio 11.3: 1
PGM-F1 Fuel Injection FUEL INJECTION
Ignition system Advance control system with computer
Multi-plate wet clutch system stacked
6-speed transmission system
Electric Start System
Firewood Lead free Or gasohol, octane 95 or octane 91 containing ethyl alcohol up to 20%
Fuel Capacity 8.5 liters
Chain / chain drive system

frame
Frame Type Inner Pivot Type Diamond Frame
Angular distance / 25 ° 00 ‘/ 95.1 mm.
Width x length x height 822 x 1,973 x 1,053 mm
Seat height 795 mm
Wheel pitch 1,296 mm
Ground clearance 139 mm
Net weight 123 kg / 125 kg

Suspension
Face, Copico and Shock, Ø 41 mm.
Behind the monochrome

Brake system
296 mm disc brake discs and radial mount 4 caliper / ABS discs with hydraulic disk disc brakes, 296 mm discs and radial mount. 4 cauldrons
Hydraulic Disc Brake Disc-Disc Brake 220 mm / ABS with Hydraulic Disc Brake Disc 220 mm

Tires / wheels
110 / 70-17 M / C 54H Front Wheel
150 / 60-17 M / C 66H rear wheel
Front wheel / rear wheel

36 COMMENTS

    • kalau ke Eropa harus turun kubikasi bro jadi 125cc
      kayaknya memang AHM sendiri yang ogah ribet dan gak bernafsu sama dollar
      tapi siapa tahu kedepannya bakal menjamur mesin” AHM di eropa,yang penting harus bener siap, biar gak recall melulu

  1. USD 41mm dan caliper 4 piston monoblok radial bisa jadi bahan facelift atau versi SP CBR250RR nih! Plus tenaga naikin 3.5 dk dan ban belakang naikin jadi ukuran 160. Mantab…

    • jangan banyak” fokus naikin kitiran mesin aja dulu buat nambah power, sama pengurangan bobot
      mayan itu riding mode bisa di set comfort biar irit.kasian juga kalo dipake harian dan borosnya minta ampun,(berkaca dari biker dimari)

  2. yang lucu ada foto yang fokusnya ke arah (maaf) bokong spg nya wkwkwk becanda wak ampun
    anyway, keren moga masuk indo biarpun ga ngarep harganya murah seenggaknya di atas harga Xabre nambah 1-2 juta udah worth it.

    USD nya lumayan tuh buat facelift CBR250RR biar makin padet.

  3. (kalo) ahm lokalin dijual 29,9jt (non abs) tanpa downgrade beli nih. Jgn kemahalan soalnya buat repaint tiap taun, beli oli bagus & perawatan ekstra buat rantai.

  4. photonya banyak madep kiri,,,pgn liat detailing arem2nya…kok kaya pendek banget yang ini motor gak panjang kebelakang… kalo secara fungsi mungkin bagusan rangka cb lokal, tapi rangka exmotion juga keren, expose mesin banget…

  5. Bohong besar kalo untuk kebutuhan export sama kualitas nya dengan kebutuhan lokal.

    Semua pabrikan juga sama. Bahkan mobilpun iya.

  6. ada kalanya pabrikan mulai berbenah
    apalagi sekarang AHM mulai dipercaya jepang buat jadi pusat broduksi
    samahalnya juga yamaha,kawasaki ,suzuki

  7. CB 150 yg Versi Eropa di eicma kemarin & Exmotion ini bagus
    udah aja AHM pasarin 2 versi CB150 aje biar manteb sekalian !

  8. Rangka CB lokal tinggal diganti painting aja jadi ky exmotion ini, pasti cakep.
    Kalau nggak hitam doff aja, biar terkesan kokoh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here