TMCBlog.com – Bro Sekalian, Pasca Pengambilan Gambar Honda CB150R Exmotion dan Melakukan pengambilan Video Review Fisik, tmcblog memperoleh Juga kesempatan dari AP Honda Thailand Untuk mencoba secara langsung Impresi Riding Motor 150 cc yang memiliki Tema Desain ” Modern Cafe ” ini di Track kecil Parkiran Sirkuit Chang – Buriram Thailand . ..  haduh Nggak bawa Action Cam . . jadi deh, Kamera Mirorless ditambatkan di leher menggunakan Lensa Fixed 18mm plus juga Handycam untuk mengabadikan Moment emas buat tmcblog ini . . . jadi begini kisah pengetesannya sob . .

Oke Yang pertama jelas kita akan membicarakan mengenai impresi ergonominya  . . Seperti soba bisa lihat di Foto atas . ..  Hodna CB150R Exmotion ini memiliki seat height atau ketinggian jok dari permukaan tanah sejauh 795 mm atau 79,5 cm . . sedangkan tinggi saya Taufik – tmcblog adalah 160 cm dengan Jangkauan kaki ( leg-reach ) sejauh 75 cm saja , sehingga sudah dapat dipastikan masih tekor 4,5 cm alias masih jinjit sob . ..hehehe

Namun begitu Dengan Bobot Kosong 125 kg ditambah Bensin 8,5 liter ( lebih sedikit dari CB150R StreetFire ) yaaa kira kira bobotnya nggak lebih dari 135 kg masih terkesan light walaupun nggak se-light naik misalnya CB150R Street Fire atau pun Kawasaki W175 misannya . . atau mungkin karena efek suspensi upside-down Showa Ø 41 mm ? Bisa Jadi

Segitiga ergonominya jika di lihat dari samping adalah seperti foto di atas sob . . . Kalau yang tmcblog rasakan sih jika dibandingkan dengan Xabre maka naik Xabre terasa lebih nukik sedikit ke depan, ini Honda CB150R Exmotion masih ‘agak’ santai dengan Handlebar lebih tinggi, footpeg beberapa cm lebih kedepan . . .

Yap sobat bisa melihat kedua perbedaan riding ergonomi diatas bahwa CB150R ExMotion sudah lebih agresif, namun Naik Xabre / M-SLaz sedikit lebih agresif lagi . .

Feel Powernya TMCblog rasa tidak jauh banyak berbeda dari CB150R exmotion, Power curve yang terasa dari speed rendah ke speed sekitar 75 km/ jam Lumayan smooth tidak meledak ledak . . Yappp 10% karakternya Mirip dengan CB150R SF Indonesia . . atau karena memang mesin dengan dimensi borex strole piston 57.3 x 57.8 mm nya diimpor glondongan dari Pabrik/ Plant 5 AHM di Karawang yaaa . . FYI tmcblog tidak melakukan pengukuran performance dan Top speed . . Just enjoy the test saja sob hehehe

Namun begitu setelah dipakai meliak liuk di Trek kecil begini terasa Handling CB150R Exmotion jauh lebih agresif dibanding CB150R Street Fire . . tmcblog rasa CB150R Exmotion lebih cocok dipakai untuk Perjalanan dengan Karakter stop and Go . . namun Liukan agresif dari CB150R exmotion ini tidak dibarengi dengan panjang wheelbase yang menurut tmcblog amsih terlalu melar buat sebuah motor dengan tampilan handling se agresif ini .

Yap Bahkan secara wheel base CB150R exmotion ini Mirip dan atau sedikit lebih panjang dari CB150R StreetFire . . . harusnya menurut tmcblog mungkin akan lebih agresif lagi jika CB150R exmotion punya wheel base yang 1 atau 2 cm lebih pendek dari CB150R streetFire, Imho . . . Yapppp rada aneh juga nih kombinasi desainnya, wheel base lebih panjang, Namun gaya ridingnya agresif ngebaplang padahal pemilihan jenis sasisnya sudah lebih pas yakni dengan membuat Swing arm memeluk Pivot sasis Utama sehingga membuat sasis lebih lentur di tikungan dibanding sasis yang memeluk swing arm.

Yap Overall, Naik Motor Hodna CB150R ExMotion ini memang terasa Banget Funnya . . Secara tampang pas buat para ‘ pembalap Warung kopi’ yang suka hangout dari Warkop ke warkop  . . Tampangnya nggak malu maluin dan Bakalan jadi pusat perhatian kalo misannya masih ekslusif . . . yterlebih lagi , berbeda dengan desain Tajam tajam yang wah di awal namun akan luntur seiring waktu berjalan, Desain dari Modern cafe atau retro pada umumnya menurut tmcblog akan lebih long lasting .. .

Mengenai Performanya Pas Buat yang suka berkomuter perjalanan paling jauh sekali shot 30 km lah . . Walaupun Nggak haram Turing pakai CB150R Exmotion, Namun diatas itu seperti, perjalanan turing lebih dari 50 km, tmcblog lebih prever CB150R StreetFire karena riding feelnya lebih nyaman ..

 

Namun Ya itu dia, kedua model ini ada pangsa pasarnya tersendiri baik Modern cafe ataupun Daily Sport bike seperti CB150R Street Fire terlebih lagi jika Pricingnya pas dan punya Vlue tersendiri . ..  so segitu saja yang tmcblog bisa share ke sobat sobat sekalian, silahkan dikunyah kunyah dan simak juga Videonya dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

39 COMMENTS

    • Melihat posisi riding wak haji, saya setuju motor ini lbh cocok utk jalan-jalan jarak pendek dg karakter stop n go yg akan sangat fun dg mesin bertorsi kuat di rpm bawah.

      Guest
    • Makin sip dengan mesin yg ada bore di naekin dari 57 an ke 63.5mm (punya ocb, stroke tetep 58mm) makin berasa torsinya nih (diameter klep dan noken as tdk dirubah, akan geser kurva torsi dan power dari mid-end ke low-mid alias peak nya bs dikail di rpm lebih rendah). Josss makin berasa torqie nya.

      Guest
    • ekekekek

      mending ini dr pada CB150 ….

      tapi kalau sama Xabre bagusan Xabre..
      wak haji naik Xabre jd gagah

      hayyayayaya

      Guest
  1. bener bagus ternyata. jujur baru naked 150 honda yg ini sekarang ane bisa angkat jempol ! .
    Rangka udah ngga biting lagi, Usd & Banana arm std ngga perlu lagi modif , ban &velg gambotnya pas , sektor mesin terlihat padat.

    sangat cocok di perkotaan & short touring
    salut !

    Guest
    • ekekekeke

      Rangka biting gampang Protoll kayak CB150 …dilipstick merah meronaaa

      yg ini gak neko2….

      hayayayaya

      Guest
  2. Cocoklah buat JJS…klo buat jarak jauh mungkin dikembalikan kepada masing2 individu…toh gak ada yg ngelarang…hehe

    Guest
    • abre yang kaga laku??
      kalau ini lebih laku berarti insinyur yamaha kaga becus bikin motor

      kwekwekwe..motor ko tumpukan fairing

      mesinnya manaaaaaa????

      Guest
  3. Gw akui design honda kali ini yahut.. agak mlenceng dari japan design atau asian design.. lebih ke eropa.. mudah2an ada versi cc 250 nya yg konsep sama design nya eropa kayak gini.. good job honda untuk yang satu ini.

    Guest
  4. Ada kemungkinan ngga wak, versi naked dari cbr 250rr akan pake desain exmition ini? Asli, beneran gagah kalo dijejelin mesin 250rr

    Guest
  5. nah itu dia wak haji yang menjadi pertanyaannya, knapa motor sport naked apapun konsepnya selalu nanggung? cuma ngejar akselerasi, stop n go.
    mau gedein ban, ngak kuat/jadi lemot mau ngak mau reduksi gear harus diperingan, otomatis nafas jadi pendek-pendek, lupakan soal topspeed jelas dikorbankan.

    Guest
    • ukuran ban blkg cb150 exmotion itu setra ban blkang new ninja250/400(150/60-17), mungkin hanya lebar velg ny doang yg beda(lebih lebar velg new ninja250/400)….. motor 150cc 4t ukuran ban blkang(standar) 150/60-17 masih mau d gedein lagi????

      Guest
    • ini basisnya mesin NCB ban standarnya 130/70-17 yang dimodif ban besar 150/60-17, crf150 supermoto aja pake ukurannya 160, ngak tau deh larinya….

      request ban gedein jadi 160, NCB kuat ngak? kalo bisa akselerasi engak lemot dan topspeed juga tinggi ? … boleh dong

      Guest
    • ya begitulah karakter orang dimari
      ini lah itu lah,boleh lah and bla bla bla…padahal beli juga kaga
      timbang banyak cingcong mending beli kalaupun ente banyak doku mending di bore atau stroke up
      malu ama nickname

      Guest
  6. cb125 neo sport cafe, cb150exmotion dan cb250/300 neo sport cafe walapun basic desain dan sasisny sama, tpi masih bisa d bedakan desainy scra kasat mata antra ketiga motor tsb,…mesin ny pun berbeda-beda ,…..
    klau menurut saya, alangkah lebih baik ahm memboyong ketiga motor tsb, saya ykin ketiga motor tsb punya market masing2 dan tidak akan saling memakan…. tinggal pintar2 ahm aja mengatur pricing nya,…misal harga cb125 mepetin ke hrga cb150 r sf lokal. harga cb150 exmo d pepetin ke harga cbr150 atau new r155 lalu cb250 neo sport cafe d benturkan dengan w250 atau crf250 rally,… say yakin trio cb ini aka jadi “scoopy versi sport”,,, alias jdi idola baru,….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here