TMCBlog.com – Bro sekalian, setelah sesi Launching salah satu Varian Maxi Yamaha yakni Yamaha NMAX 155 MY2018, tmcblog memperoleh kesempatan mencoba Motor ini di arena test ride yang menggunakan komplek Kart Track di sirkuit Sentul Kecil Bogor – Jawa Barat. Berbeda karakter antara sirkuit ini dengan sirkuit besar Sentul saat NMAX pertama Kali dilaunching tahun 2015 yang lalu sob . . Karakter sirkuitnya memiliki tikungan lebih sempit, lengkap dan tricky, namun space buat eksplorasi top speed memang tidak mumpuni . . Secara umum sebenarnya lebih merepresentasikan dari kondisi Jalanan untuk Yamaha NMAX 155 MY2018. . . Oke Langsung saja  . .

Jadi Dalam sesi review ini boleh dibilang tmcblog hanya fokus mereview pada tiga hal paling signifikan yang berubah di Yamaha NMAX 155 MY2018 ini yakni bagaimana efek perubahan dimensi dan appearance/ penampakan fisik panel dashboard speedometer, perubahan bahan dari Jok, dan seperti apa kinerja dari suspensi belakang  . .

Klik Disini Untuk Kupas Tuntas Desain Fisik Yamaha NMAX 155 MY 2018

soal Performa tmcblog yakin tidak akan banyak berubah secara mesin 155 cc SOHC VVA yang digunakan Yamaha NMAX 155 MY2018 masih sama dengan generasi pertama.

Perubahan display dari Positif dan Negatif display Yamaha NMAX 155 MY2018 lumayan bikin pemandangan ke arah dashboard jadi lebih lembut dan sejuk buat tmcblog . . jika dari sudut pandang action cam gopro sepertinya akan lebih sulit terekam terlebih lagi sat siang hari kalau sudutnya nggak pas, namun dari sudut pandangan kedua mata boleh dibilang masih jelas terlihat baik itu bar Graph level bahan bakar maupun bar Graph dari konsumsi bahan bakar Yamaha NMAX 155 MY2018  . .

Informasi angka kecepatan juga sangat jelas , dan bahkan informasi MID dashboard Yamaha NMAX 155 MY2018 seperti trip meter, konsumsi bbm, odometer lumayan masih jelas terlihat walaupun sedikit harus lebih fokus karena dimensi angkanya jauh lebih kecil dari angka speedometer . ..  Secara umum, tmcblog nggak ada masalah dari segi fungsionalitas akibat perubahan speedometer dari generasi pertama ke generasi kedua Yamaha NMAX 155 MY2018 ini . .

Sebelum masuk ke feel suspensi, mengenai handling terutama front end dari Yamaha NMAX 155 MY2018 ini . . tmcblog rasakan hampir tidak ada perubahan yang berarti, posisi duduk atau ergonomi yang nyaman . . . ditambah lagi pemilihan jok bagian rider yang lebih kesat dan kasar cukup membuat posisi ( maaf ) bokong dari rider nggak banyak berubah ketika ada akselerasi maupun deselerasi . Jawaban Solusi yang simple, lebih berkelas dan tepat sasaran dari Yamaha untuk update Yamaha NMAX 155 MY2018

Yang ketiga adalah suspensi . . . YIMM sepertinya cukup hati hati dalam hal ini . . dalam press converence tidak ada satupun kata kata perbedaan feel seperti kata klaim ‘ lebih nyaman’ atau ‘lebih  empuk ‘  untuk Yamaha NMAX 155 MY2018 . . .

Klik Disini untuk Mega Galeri Foto New Yamaha NMAX 155 MY 2018

Yamaha Cuma Bilang dengan penambahan sub-tank yang dilakukan kayaba pada suspensi belakang Yamaha NMAX 155 MY2018ini maka Volume dari fluida yang digunakan ( Oli suspensi – belum gas Nitrogen ) jadi bertambah, sehingga range pemakaian seperti temperatur akan lebih panjang . . . yamaha tidak singgung singgung soal resep perubahan konstanta pegas dari per, preload, rebound, compression dan lain lain  dari salah satu varian Maxi Yamaha ini. .. mereka seperti menyerahkan kepada reviewer saja

Dan di track, memang terasa beda sob . . . Ditikungan tikungan sentul kecil ini ada sedikit feel lendutan lendutan yang dirasakan pada Yamaha NMAX 155 MY2018 . . hal kecil ini yang tidak akan terlalu terdeteksi di suspensi NMAX generasi pertama . . which is artinya disinyalir ada Perubahan Variabel Preload dan Rebound dari suspensi baru Yamaha NMAX 155 MY2018 ini yang menurut tmcblog rasa membuat feel suspensi Yamaha NMAX 155 MY2018 jadi ‘lebih empuk ‘ . . . Memang ini jadi pros and cons

Ya memang itu dia, sulit untuk menjawab dan menampung semua permintaan . . . idealnya di tikungan stabil, dan di jalanan nggak rata terasa empuk . . itu idealnya . . tapi kan nggak bisa begitu, yang bisa dilakukan adalah mencari Balance yang tepat . . . dan solusi ini lah sepertinya yang diambil oleh Kayaba di suspensi belakang Yamaha NMAX 155 MY2018 . . dan menurut tmcblog sudah cukup bijak dan tepat sasaran . . tinggal kita tunggu saja feedback dari konsumen nanti ..

Oke Kiranya segitu saja sob, hal hal yang bisa tmcblog sampaikan dari Impresi 3 lap Sirkuit sentul kecil Untuk Yamaha NMAX 155 MY2018, silahkan dikunyah kunyah . . jangan lupa simak Video / VLOG pengetesannya sob dan jika ada pertanyaan atau tambahan silahkan share . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

42 COMMENTS

    • Shock tabung nyontek Tiger Revo
      Spido nyontek cs1
      Velg emas nyontek pario
      Stater masih cengengesan
      Mesin masih ngorok
      Update kok nanggung

      Guest
    • Please jangan kayak suspensi OEM KYB soft Nmax yg TETAP keras saat low speed, tp mentul-mentul LIAR saat high speed.

      Yg konsumen inginkan saat low speed lembut, high speed stabil. Mudah-mudahan Nmax FL sudah seperti itu.

      Salam Nmax brotherhood

      Guest
  1. Sempet tanya ketemen yg kerja diyamaha
    Soal estiminasi pasang speedo MY2018 dan PnP
    Buat Nmax Nyonya

    Soal suspensi
    Msih setia sama shock Xride 115
    Murah
    Empuk
    Berkualitas

    Oh ya pak CBR MY2018 apa ada perubahan juga
    Soalnya baru minang jg
    Dan kebetulan dapet VIN 2018
    Lego Ninfi250

    Guest
  2. Bukan salah pabrik sekoknya wak, tapi yang pesen itu mah.

    Yo ndak bisa kalo mau ambil tengah-tengahnya antara stabil dan nyaman kalo ongkos produksinya ndak ditambahin.

    Guest
    • Amiin…sayang banget kalo fitur2 VVA, suspensi gas, ban gambot, dan dual cakram dilewatkan begitu saja.

      Guest
  3. kemarin sempat dengar alasan kenapa tidak ada improvement pada sektor mesin terutama pengaplikasian smart motor generator, jawabannya supaya membuat harga bisa ditekan, sebetulnya ini jawaban blunder, matik cc kecil 110 saja sudah menerapkan starter altenator padahal harganya 1/2 dari nya, harusnya nmax 2018 ini sudah menerapkan starter alternator + ketambahan fitur idling stop, karena apa? begitu pcx, mesin nmax akan sangat kelihatan kurang canggih jika dibandingkan dengan mesin kompetitor, jikalaupun nmax dibanderol 1.5juta lebih mahal dari pcx, toh semua fitur pcx ada di nmax, malah ketambahan rear disk brake dan rear sub tank suspension, bakal jadi strong point, sayang sekali mereka nggak pernah mengantisipasi itu

    Guest
    • Bisa jadi mas, NMAX versi yg mas bilang ini sudah di siapkan, antasipasi jika PCX ternyata sukses di terima oleh pasar.

      Tapi ya jadinya dilema juga sih, takutnya kejadian Miong di hajar sama Embit terulang kembali.
      Karena Yamaha telat.

      Harusnya keluarin aja semuanya, urusan menang atau kalah belakangan, yg penting keluarin semua senjatanya.

      Guest
    • ya begitulah strategi bisnis,udah jadi rahasia umum
      update fitur sedikit2 padahal aslinya udah terpikirkan dari lama dan bisa langsung diaplikasikan,
      dan statement nggak menanamkan smg di nmax alasan cost,bukannya justru malah sebaliknya klo pesen ke vendor smg nya lebih banyak malah bisa dipotong harga (the power of masspro) dibanding cuma aerox 150 doang

      Guest
    • “kemarin sempat dengar alasan kenapa tidak ada improvement pada sektor mesin terutama pengaplikasian smart motor generator, jawabannya supaya membuat harga bisa ditekan, sebetulnya ini jawaban blunder, matik cc kecil 110 saja sudah menerapkan starter altenator padahal harganya 1/2 dari nya”

      Kalo menurut ane, mungkin karena tetangga sebelah keuntungannya besar bro sehingga bisa memasangkan teknologi tersebut pada matik cc kecil. Intinya bisa mendapatkan keuntungan total yang besar meskipun keuntungan per unitnya kecil. Kenapa Yamaha tidak bilang begitu? Ya kudu diplomatis bro jawabannya meskipun memang rada kurang masuk akal.
      ————————
      “malah ketambahan rear disk brake dan rear sub tank suspension, bakal jadi strong point”

      Ane tambahin, ketambahan rear disk brake, rear sub tank suspension, 4 klep dengan VVA

      Guest
    • @bro debat,
      “Tapi ya jadinya dilema juga sih, takutnya kejadian Miong di hajar sama Embit terulang kembali. Karena Yamaha telat.”

      Yups…telat antisipasi bisa jadi penyebabnya tapi diperparah juga dengan pemilihan desain Miong yang kurang harmonis dan malah terkesan motor murahan. Elegan iya tapi kurang terkesan mewah lantaran desainnya itu loh. Padahal Miong bisa bertahan dari gempuran Embit itu ya karena desainnya yang menarik walaupun secara value ya lebih bagus Embit.

      Kalo Enmex vs Pici’ek, menurut ane bakalan seperti Fiksen vs Cabe. Agak alot pertempurannya atau Enmex tidak langsung jatuh begitu saja. Bahkan bisa saja seperti EmEx King yang digempur Soniku dan Geter.

      Guest
    • kayanya cuman wait and see doang ini, antisisapi launch pcx saja, ibarat kata kaya pengalihan isu sementara lah, kalo dirasa tekanan berat dari pcx baru major

      Guest
  4. Wak aji ane mu tanya nih kebetulan kemarin ane ke dealer trs ane di kasih brosur plus penjelasan uang muka sama cash nya new pcx new2018 tp gambar sama keterangan speksifikasi blm ada apa promosi yah tp klau gk liat muka sma bca speknya kaya beli kucing dlm kardus donk wak aji gmn menurut wak aji

    Guest
  5. cakep yah, cuman yang full colour yang non black, laburan catnya kurang loyal, area bawah dek coba dicat warna sama. makin kece saja ini namx, tinggal tunggu pcx saja wirawiri dijalan, kayanya pertarungannya bakal sengit kaya sf sama vixi.

    Guest
  6. yang saya tangkep dari artikel ini sbb:
    1.there’$ nothing changed at all
    2.beberapa part downgrade (spido),beberapa upgrade(shock absorber),fitur gk nambah
    3.jok dan suspensi enak
    4.mesin masih tetap
    5.warna baru
    nilai:76 (kkm)

    Guest
  7. naik 600rb gtu doang. sama aja beli tabung sama cat. pinter nih yamaha klo masalah update dikit dikit gini. jd inget kasus viksen,r15 dan xabre.
    itu viksen dr awal dibawah 20jt skrg dijual 30jtan update vva. xabre mesin jadul tp pake usd 30jtan jg. yg komplit cm r15 tp harga 35jtan.
    nah skrg dibikin kaya gini buat nmax dan aerox. Tinggal nunggu matik baru dek rata yg 150cc. penasaran sama positioningnya…

    Guest
  8. Tetep aja masih ky kursi warteg! Atoozzz!!! Mending kasih tabung LPG 3kg. Cocok tuch buat jualan pentol..
    Secara fby kan kaum kismin..! 😆😂
    Jual pentol..untungnya buat bayar kreditan miong jrrreeeeeetttttt😆😆🙈🙉👏

    Guest
    • Kawak250fifi yg buat jualan pentol juga kismin? Pajero buat ngangkut pakan ternak kismin? Udh liat cbr buat ngangkut kolonjono belum? Setauku, hinda yg banyak buat ngangkut2 gitu, secara ngirit, ongkos bensin bisa buat benah2 yg lain, contohnya beli buku pedoman berkomentar yang mendidik dan membangun

      Guest
  9. Next smoga brojol motor klasik bermesin pio..udah bosen liat motor berbodi tazem …iya kalo bagus…kalo jelex….ga laku kek vixion spbu

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.