TMCBlog.com – Bro sekalian, Bulan November 2017 adalah bulan debut pertama distribusi penjualan dari Motor baru Honda CRF150L . .. di awal awal Perilisannya salah satu direktur Marketing AHM yani Pak Thomas Wijaya mengatakan bahwa Target Penjualan Honda CRF150L di dua Bulan pertama perilisan ( November dan Desember 2017 ) adalah 5.000 unit  . ..  dan Dari semenjak tanggal 10 November  sampai akhir November ( 20 Hari ), menurut data dari Viva.co.id berbasiskan AISI , Honda CRF150L berhasil didistribusikan sebanyak 3.869 unit . .

KLX 150 BF SE Xtreme 2017

Ini artinya lebih dari 75% target distribusi penjualan 2017 telah terlampaui oleh CRF150L . .  artinya lebih dari 50% dan ini jelas sudah setengah jalan dalam pemenuhan target  . . . Namun bagaimana bila dibandingkan dengan Distribusi penjualan KLX150 Series ( gabungan Kawasaki KLX 150 standar, KLX150 BF, KLX150 BF SE dan KLX 150 BF extreme ) ? Tenyata angka distrbusi CRF150L ( satu Varian ) masih kalah . ..  Gabungan dari tiga Varian KLX ini Secara full satu bulan penuh mencapai angka distribusi 5.569 unit di Bulan November 2017 kemarin . . .

Honda CRF150L dijual hanya satu Varian saja dan dibanderol dengan harga Rp 31,8 juta on the road Jakarta ( bbn 2017) , tersedia dengan warna Extreme Red . . menarik melihat target penjualan Tahun 2018 dari CRF150L ini  yang rencananya mencapai 30 ribu pertahun atau hanya 2.500 unit saja . ..  ternyata nggak muluk muluk ni target CRF150L . ..  atau ini hanya strategy saja ? silahkan share pendapatmu sob  . .

Taufik of BuitenZorg

71 COMMENTS

    • Dungaren Si Jimoo pmilik motor murah meriah g koar2 yo…
      Apa mgkn lg ngloakin tuh ngebul bwt Dp KLX 150 kh? 😄
      Trs upgrade stiker H2R… Srasa 1000 jt deh 😂

      Guest
  1. Mungkin terkendala produksi wak, kemaren ngater temen muter2 ke deler kalo inden sekarang kemungkinan dapetnya akhir januari

    Guest
  2. Sy baru 3bulan beli verza.. Pas lgi servis kebetulan ada unit Crf di Ahazz.. Pas di perhatiin motornya.. Modelnya keren pas bagian mesin kok berasa bgt verzanya, jd sy merasa bangga sm motor sy.

    Guest
    • Kalau ada yang beranggapan mesin CRF ngambil dari Verza justru terbalik, nyatanya dulu waktu saya survey sebelum mengambil Verza saya justru sudah paham kalau justru mesin Verza/Megapro lah yang basicnya dari CRF yang waktu itu belum masuk di Indonesia. Hal itu yang membuat saya lebih mabtab mengambil Verza dulu. Juoss

      Guest
    • Sama mas Tri waktu mo ngambil verza, ternyata mesin verza turunan dari crf walaupun pastinya down grade dri msin crf

      Guest
  3. Kalau ada yang beranggapan mesin CRF ngambil dari Verza justru kurang tepat, nyatanya dulu waktu saya survey sebelum mengambil Verza saya justru sudah paham kalau justru mesin Verza lah yang basicnya dari CRF yang waktu itu belum masuk di Indonesia. Hal itu yang membuat saya lebih mabtab mengambil Verza dulu. Juoss

    Guest
    • Nah ini salah satu customer yg paham dan cari info sana sini dl ablm memutuskan beli, terlepas merk apapun yg akan dibawa. Cerdas sampeyan masbro 👍👏

      Guest
    • Setuju dgn kang tri.

      Kalo ndak percaya coba aja browsing salah satu part-nya. Misal aja ye sprocket kem, kodenya 14321-krm-840. Kalo yg dari web luar negri itu part buat crf150f atw crf125f.

      Jgn percaya komentarnya mang epi, dia mah lebih pro yamaha komentarnya. Ilmu provokatifnya udah tinggi walaupun kalo soal engine/teknis kurang.

      Guest
  4. Wak kok kagak ada data penjualan trail viar sama sizuki (biar cc gedean dikit juga yg penting trail) sama WexReid ratuslawe nya yakodok kan itu juga trail wak (kata fb nya yg kecolok suling sama kacugak garpu berkarat) muehehehehe

    Guest
    • Laah adah gini.. Pas bandingin aerox ama vario… Fbh kroyokan all vario dari 110 cc- 150 cc lawan aerox 155..masalah penjualan…

      Masalah org di sasis crf.. Kayak bukan sasis trail…klx jelas sasis trail kokohnya dapat..
      Masalah mesin yaaa sama “lambat…

      Guest
  5. Idealnya mesin offroad sudah liquid cooler, krn mapping torsi butuh pendinginan eksta (Mungkin ini penyebab kasus mesin nmp gampang ngebul krn overheat) Selain itu High compressi, valve lebar, tb besar, ecu multi mapping, camshaft kurus & crankshaft ringan lebih baik.

    Kalo mesin offroad mapping akselerasi, reduksi ringan, kampas kopling sampai gosong, sih cocoknya buat nampang doang… xixixixi

    Guest
    • kalo menurut saya untuk trail 150an harian harga 30an lebih cocok pake air cooled yak. yang jelas pabrikan sudah mendalami masalah ini terlebih dahulu.
      ada plus dan minusnya air cooled dan liquid cooled.

      air cooled : dengan motor berpendingin udara yang output power serta torsinya berada di rentang RPM yang lebih rendah. Namun motor trail jenis justru lebih kuat dibawa tanjak-menanjak di kondisi yang ekstrim sekalipun.

      liquid cooled : liquid cooled lebih stabil dan canggih dalam pendinginan mesin, membuat memakin bertenaga . Angka horse power yang dihasilkan juga semakin besar. Gak heran jika kemudian motor trail jenis ini memiliki kombinasi power dan torsi yang lebih besar.

      tapi balik lagi ke harga bro, dengan rentang harga 30an menurut saya berat kalo motor trail pake liquid cooled. kalo motor road mungkin masih bisa, inget disini kekuatan part motor trail berbeda dengan motor road. sehingga membutuhkan biaya produksi yang lebih besar dari motor road. jadi berat yak masang harga 30an.

      kalo overheat sih motor liquid cooled juga bisa overheat bro. kalo pompa radiator bermasalah, kipas radiator gosong, klem radiator bocor, dan masalah lainnya yang bisa menimpa pada motor trail juga bisa menyebabkan mesin overheat.

      Guest
    • @kucing

      Nice point bro, imho klo utk trail entry level di harga 30 jeti, rata2 dptnya air cooled bro, n spt biasa karakter air cooled lbh bertorsi di low-mid range, serta perawatannya gk seribet liquid cooled, lagian ni motor gk off road performance, gaperlu kompresi tinggi, klep lbh byk, beradiator, semua sudah disesuaikan pabrikan..yaa

      Guest
    • Lagi adventure melewati medan terjal dimana motor nggak bisa kencang pendingin mau water mau angin ya sama aja kepanasan. Apalagi kalo radiatornya kena lumpur.
      Analisa kayak gitu kok jadi pengamat. Malu-maluin

      Guest
    • situ sama insinyur mesin jepang masih jauh pinteran insinyurnya bro, udah pake perhitungan matang bukan asal njeplak opini kaya situ wkwk

      Guest
    • Tidak ada ceritanya new megapro overheat,yang ada mesin new megapro sangat tangguh,dalam kondisi apapun performanya stabil dan tetap irit.sya punya new megapro 2011 yang masih karbu,irit banget,dibawa touring kemana-mana lancar jaya.oli jg standart ahm aja,bahan bakar pertamax.larinya?kalau lawan kompetitor dgn genre sama sih masih menang jauh..

      Guest
    • @kucing
      Terlepas dari cocoknya antara harga dan pendingin yang digunakan, penentuan pendinginan adalah dari kompresi mesin. Rata – rata air cooled digunakan oleh mesin dengan kompresi dibawah 10 dengan tipe mesin N/A (tanpa charger), karena mesin tersebut cenderung stabil suhu mesinnya. Namun kekurangannya, kompresi tersebut memiliki EV (efisiensi volumetrik) yang rendah, sehingga tenaga yg dihasilkan kurang maksimal. Bagaimana torsinya? Torsi biasanya bergantung dari panjang langkah, karakter dan profil piston, berat balancer dan EV, namun EV sudah terkorbankan jika pakai air cooled.

      Radiator biasanya digunakan oleh mesin dengan kompresi diatas 10.0:1 atau mesin dengan charger (kecuali 2 tak ya, krn 2 tak emang kompresinya rendah2 tapi karakter mesinnya panas dan ledakannya 2 kali mesin 4 tak). Dengan radiator, komponen profil dan karakter silinder vs piston dan EV bisa dimaksimalkan, tergantung dari kekuatan material dan seberapa berani pabrikan menanggung resiko. Namun jika EV terlalu tinggi, imbasnya material makin tinggi, efeknya harga makin mahal dan kalo material ga kuat bisa jebol.

      Jadi mohon maaf bro, ane kurang sependapat dengan ente, mengenai harga 30 jt lebih baik air cooled. Menurut ane honda terlalu ngejar fitur dengan memasukkan USD. Seandainya ga pakai USD, paling ngga pakai shock macem Byson lah, teleskopik 41mm, itu udah cukup banget buat anak trail dan harga bisa lebih ditekan. Kecuali kalo buat nyaingin D-tracker yaa..

      Guest
    • @fajri: gak salah gak usah pake upside down ? bro sekarang ini fitur itu penting bro. lah yang mau dilawan aja si klx pake upside down. kalau honda masih pake teleskopik apa gak dibilang nanggung ? dibilang setengah” ? gak niat lawan klx ?

      yaudah sekarang kita tunggu aja. pabrikan mana yang berani ngeluarin motor trail harga 30an pake USD dan liquid cooled nanti.

      Guest
    • @kucing
      Itu tinggal mindset masing2 aja sih, soalnya kalo di motor entry level, harga upside down dibandingkan harga motor itu sendiri cukup lumayan broo..
      Pertanyaannya adalah, kenapa ngga keluar 2 varian aja?
      USD dengan kaki2 tarmac based, dan teleskopic dengan ban gravel based misalnya.. dengan USD adalah vaian flagship yang notabene untuk “menancapkan mindset” superior..

      Bukan mendiskretkan honda, tapi kok menurut saya dengan komponen yang udah lokal dan common part dengan varian lain, seharusnya harganya bisa ditekan lagi, semisal dibawah angka psikologis 30 juta.. Apakah angka sebesar ini adalah harga yang harus dibayar untuk riset sasis, durable and flexible component, atau kemana? Honda yang tahu, dan seharusnya sih teman – teman media tanya.. Kalo menurut saya sih, larinya banyak yang ke riset sasis dan harga USD broo..

      Guest
    • Ohya, dan yg ane complaint dari CRF adalah bukan masalah mesinnya ya, tapi masalah pemasangan harga yang menurut ane “harusnya bisa lebih baik” untuk melakukan penetrasi pasar..

      Kalo tetep laku yaa.. “Selamat buat Honda” aja..

      Guest
    • CRF150L dihargain 30jutaaan karena sasaran tembaknya juga harga segitu. Bahkan dengan harga segitu CRF memiliki kelebihan.
      Begitu juga dengan harga PCX lokal.

      Guest
    • mesin tegak liquid cooled?? kemungkinan besar yamaha yg bakal kek gitu, kedepannya skutik 125 yamaha jg katanya bkal mengaplikasikan LC4V, brarti ini suatu kemajuan, ya klo diaplikasikan ke trail apakah cocok ato ujung2nya mke mesin scorpio tpi udh disuntik mati

      Guest
    • Bro pengamat, harus paham bahwa produk ini market oriented, bukan perfomance. Jadi lebih penting USD, design, dan marketing power. Soal gosong di Medan off-road, selalu akan ada tim marketing yang akan ‘mendidik’ konsumen setia. Yang disayangkan, tidak ada disclaimer bahwa this bike is for casual purpose only.

      Guest
    • offroad beda sama trabas. di Indo sini trabas seringnya xtreme, bahkan sampe penuh lumpur. liquid cooled jelas bahaya banget kalau radiator penuh lumpur. sementara air cooled masih bertahan meski sirip penuh lumpur. mesin trabas gk butuh power besar namun crawl ability rendah (macam special engine), justru crawl ability harus bagus (spek cam malah lebih sempit dibanding motor aspal).
      untuk mengakali power dari efisiensi volumetrik, mekanik, dan kapasitas yang lebih besar.

      Guest
  6. Mesti menurut blog indon baik/buruknya motor itu ditentukan oleh banyaknya penjualan. Artikel juga banyak bahas sales / data AISI. Hal yang sangat jarang dibahas di artikel luar negri. Toh kalo emang BIKER SEJATI mana ngurus motor A lebih laris daripada B. Ada indikasi banyak POSER disini yang cuma pura2 suka motor padahal cuma fansboy produk gara2 cuma punya 1 merk saja.

    Guest
  7. Eh tumben pada diskusi beneran ini komen2nya wak. Hehehe… Gini baru adem drpd liat bakar2an.. Btw kalo dari produsen sih uda lumayan ya segitu soalnya uda diatas target yg ditentukan.. Kalo untuk konsumen sih angka aisi gk ada sangkut pautnya…

    Guest
    • Sepertinya wa haji benar2 dlm menggunakan jaring nya.. Hehe..

      Klo Yahmama ngeluarin trailnya dgn basic mesin vixion/minarelli dan atau mesin scorpio, gimana ya?? Mantaps kayaknya

      Guest
    • @mang epi : sepertinya kalo pake mesin vixion kurang cocok untuk trail. Saya sudah coba sendiri build trail dari old vixion yg ternyata kurang kuat menggaruk tanah yg lumayan liat.. Kalo mesin scorpio sih mantap ya tp mau dikasih harga brp cc 225 itu klo mau dijual yamaha? Apalagi dengan komponen trail.. IMHO yimm harus bikin wr150 dengan mesin baru..

      Guest
  8. Honda mungkin liat respon pasar dulu dengan mengeluarkan satu varian saja. Jika ternyata bagus untuk beberapa bulan ke depan baru deh keluarin lagi varian produk crf150 yg lain, misalnya ditambah pistol air.. who knows

    Guest
  9. Kemarin sudah banyak yg pakai crf dari desain bagus tapi performa belum coba, tapi crf atau klx atau ktm suzuki ts ya sama saja tiap minggu atau sabtu banyak yg ngetrail ditempat saya dikawasan dekat gunungkidul akur2 aja malah saring share.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.