TMCBLOG.com – Bro sekalian, PT Triangle Motorindo (TM) produsen Viar Motor bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga. Penandatangan bentuk kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman kedua belah pihak dilakukan Bertempat di Gedung Andi Hakim Nasution, Intitut Pertanian Bogor, dilakukan oleh rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto bersama dengan Ignatius Kartiman selaku Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo dengan disaksikan oleh perwakilan Dosen, Dekan, dan mahasiswa IPB. Turut hadir perwakilan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Bogor yang ikut mendukung hadirnya kendaraan listrik di lingkungan IPB dengan membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di beberapa titik dalam area kampus IPB.

Kendaraan penumpang mengunakan sumber daya motor listrik yang sedang dikembangkan saat ini menggunakan spesifikasi dari motor niaga roda tiga Viar Karya yang diriset ulang oleh IPB menjadi kendaraan berkapasitas empat penumpang. Pengembangan kendaraan penumpang dipimpin oleh Dr. Desrial selaku Direktur YARI-IPB, akan melakukan riset dan pengembangan terhadap mesin bertenaga listrik yang telah berhasil diciptakan oleh Dr, Desrial. Total telah ada 5 unit kendaraan roda tiga yang akan dijadikan proyek uji coba sebagai kendaraan operasional di lingkungan kampus dan akan terus bertambah dengan target awal sebanyak 30 unit roda tiga.

Prof Dr. Herry Suhardiyanto, memaparkan latar belakang pembuatan kendaraan roda tiga listrik ini berawal dari program IPB untuk menargetkan pada tahun 2020 di lingkungan kampus telah bebas dari kendaraan bermotor. Dijelaskan pula bahwa kendaraan purwarupa dilengkapi ruang kabin akan diujicobakan sebagai armada operasional untuk mengangkut mahasiswa yang ingin menuju gedung lain atau laboratorium.

“Sejak tahun 2015 IPB telah mencanangkan program Green Transportation di dalam lingkungan kampus sebagai salah satu kontribusi kami mengurangi tingkat polusi akibat gas buang kendaraan. Sebagai langkah awal kami telah mengajak dosen maupun staff kampus menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional dalam area kampus sekaligus sebagai contoh bagi mahasiswa dan institusi pendidikan lain,” ujar Dr. Herry.

Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo, Ignatius Kartiman menjelaskan bahwa PT Triangle Motorindo sangat terbuka dengan kerjasama dalam bidang riset dan pengembangan bersama dengan berbagai institusi pendidikan dan intitusi lainnya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Institut Pertanian Bogor dan Dr. Desrial atas kerjasama yang telah terjalin bersama dengan Viar Motor. Kami harap kerjasama ini dapat membangkitkan semangat Institusi Pendidikan untuk menghasilkan hasil karya terbaiknya untuk masyarakat Indonesia,” papar Kartiman.

Kartiman menambahkan bahwa mengenai perkembangan kendaraan listrik kedepannya, dirinya sangat mengharapkan bantuan dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemerintah Pusat, Kemenristek, dan juga Kementrian Perhubungan karena PT. Triangle Motorindo telah berkomitmen untuk berperan aktif mendukung program Pemerintah seperti yang tertuang dalam Perpres nomor 22 tahun 2017. “Termasuk kendaraan roda tiga Penumpang Listrik, Kami sangat berharap kendaraan tersebut dapat diberikan ijin layak jalan untuk masyarakat umum, tidak seperti sekarang (roda tiga konvesional) yang hanya diberikan ijin utk kendaraan organda” tutup Kartiman.

Based on Viar Press release

12 COMMENTS

  1. Soalnya yg sebelumnya merk y sering bermasalah -entah karena cara ngechargenya atau memang batrenya- jadi ganti pakai merk v

    Guest
  2. Hati hati sodara sodara lagi rawan gempa, harus tetap waspada dan ingat selalu sama yang maha kuasa..jangan lupa berdzikir terus.

    tetap cemungut untuk hari ini

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.