TMCBlog.com – Bro sekalian, akhir tahun 2017 ini Honda Global secara worldwide mengumumkan update terhadap Motor Tourer Honda Goldwing . .. ini artinya update kali ini adalah update ke-6 kalinya semenjak Honda Goldwing dirilis pertama Kali tahun 1975 ..  nah seperti apakah evolusi Honda Goldwing yang semenjak penampilan perdanannya telah terjual sebanyak 795 ribu unit Worldwide ? . . silahkan simak sob  . .

Pertama Kali Goldwing dihadirkan GL1000 dengan kubikasi mesin 999 cc dipercaya sebagai reaksi Honda terhadap kemunculan dari Kawasaki Z1 yang melakukan debut pertama tahun 1972 . . namun Honda berkilah dengan mengatakan bahwa Saat Goldwing yang tahun 2975 dirilis dengan masih konsep Tourer NakedBike punya konsep dan target market sendiri  . .

Barulah pada generasi kedua Goldwing GL1100 , desain diubah dengan mesin 1085 cc Goldwing hadir dengan fairing sport touring, penambahan LCD Dashboard dan tentunya Penambahan audio stereo entertainment.

Dipengembangan generasi ke-3 dari Goldwing yang dirilis tahun 1984 kubikasi kembali dimekarkan lagi menajdi 1182 cc dengan banyak update seperti velg, bentuk fairing depan, samping dan juga penambahan teknologi pengereman ABS dual chanel baik pada roda depan maupun belakang.

Tahun 1988 hadirlah generasi ke-4 dari Honda Goldwing, selain soal Comfort . . . kubikasi mesin kembali menjadi Konsern  . . Naik dari awalnya 1200 cc ke 1500 cc, namun dengan konfigurasi 6 silinder yang amsih sama  . . . Detail body dari Goldwing generasi ke 4 ini sudah mulai terlihat lebih ‘unibody’ sambungan antara part luar plastiknya lebih menyatu dan rapi . .

Honda Goldwing generasi ke 5 yang dimulai produksi tahun 2001 boleh dibilang Honda goldwing satu satunya yang pernah sukses tmcblog test ride . .. Selain Frame yang saat itu sudah diubah menggunakan alumunium, lalu kaki kaki belakang menggunakan pro-arm Mesin memperoleh update PGM-Fi dan dikembali dimelarkan menjadi 1800 cc dengan berbagai perangkat yang lebih canggih. di Genersi ke 5 ini lah hadir versi airbag tahun 2007 dan Versi Navigasi Satelit Tahun 2008.

diusianya yang ke 42 tahun Goldwing 2017 pun kembali hadir dengan style Baru . . . headlamp depan belakang sudah mengikuti gaya kekinian menggunakan Headlamp LED . . walaupun terlihat mesin masih belum berubah dari angka 1800 cc, namunada perubahan signifikan di jeroannya seperti silinder yang lebih kecil angka borenya menjadi 73 mm dengan Crankshaft mengalami perubahan dan Juga sistem penggerak klep Unicam yang juara banget di Varian Varian Trail terdahulu Honda  . .

Detail lain yang sebenarnya menarik kalo kita kupas dalam satu artikel Khususpun tidka kalah menarik seperti swing arm dan suspensi depan baru, lalu pengaplikasian Throttle Bywire seperti CBR250RR yang menghasilkan 4 riding mode (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan cruise-control system . . wiiih menarik sob . . . semoga artikel pemanasan ini berguna

Taufik of BuitenZorg

info : webbike, YoungMachine, HondaProKevin

53 COMMENTS

  1. saking gede dimensinya, bahkan membuat moge naked bike terlihat layaknya mocil jika dijejer berbarengan dengan Goldwing ini.

    Guest
  2. BOXER ENGINE 6 silinder,
    CG jadi rendah.
    pantas saja para aparat bisa meliak liuk walaupun berat motornya
    wak bahas engine boxer dong. biar tambah wawasan

    Guest
    • Bener banget broo

      Dia kalo bahas motor bisa berjilid jilid. Karena kagum sama teknologi atau bahasanya dia Eksotik, bukan karena fansboy

      Guest
  3. waduuh mesin boxer niih,..mirip sma mesin porsche,he..he..anyway…wak haji,skali bahas tentang mesin boxer dong,knp bisa powerfull..udah itu jaa..

    Guest
    • Kalo powerful sih banyak parameter nya ya. Boxer ga menjamin powerful. Tp yg pasti mesin boxer itu enak handling nya. Karena mesin nya melintang kanan dan kiri. Dan cog nya rendah. Minus nya kalo di motor kerasa banget tendangan piston nya kalo nge gas (ini di r nine T) gatau boxer 6 silinder gimana.

      Guest
  4. Oke ini mesin boxer, spt mesin selonjoran dilakban, biasa saja, ngak ada yg spesial.
    Btw, artikel utamanya mana wak haji? jadi kepo saya…. xixixi

    Guest
    • Akan menjadi spesial kalo kita kita bisa menjadi salah satu pemilik dari 975rb unit worldwide itu masbro.. hehehe

      Guest
    • Elu mah mana paham istimewanya boxer, pahamnya cuma bore x stroke, stroke pendek kenceng, klep gede power gede. Khas orang yang cuma modal berkhayal.

      Guest
  5. Honda Black bird a.k.a cbr1100xx juga legend itu wak taufik. Munculkan juga wak di artikel. Sayang dari honda ga ada update lagi

    Guest
  6. Kalau disini, yang populer varian cc terkecilnya (GL100) sampai-sampai part copotannya mendominasi di pasar loak, dan motornya sendiri gampang dimodif. Dulu populer di kalangan bapak2 karena minim perawatan dan irit bbm (pola pikir khas orde baru), sekarangpun populer dikalangan anak muda jadi bahan modif entah modif kekinian, klasik maupun restorasi.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here