TMCBlog.com – Bro sekalian, Vlog dan artikel ke-3 di 2018 nih  . . . setelah   C70, C700, C800, Astrea Star, Astrea Prima dan Astrea Grand, salah satu seri C ( cub/ motor bebek ) yang termasuk terakhir di incar oleh tmcblog untuk direstorasi adalah Honda Astrea 800 . . Motor ini secara generasi berada di antara C800 dan Astrea Star bahkan boleh dibilang peralihan keduanya . . . Jika C800 masih Platina dengan bentuk yang mengkotak-jadul dan Astrea Star sudah CDI dengan bentuk body yang agak modern . . Makaa Astrea 800 atau ASDAP ( AStrea DelAPanratus ) secara umum memiliki bentuk Body yang mirip C800 namun sudah mulai menggunakan CDI dan part lampu lampu seperti lampu sen yang uni body seperti Astrea Star . .

Tahun Produksi Honda Astrea 800 yang tmcblog peroleh ini adalah Tahun 1983 which is artinya sudah berumur 35 tahun . . . dan boleh dibilang bahan karena sepanjang hidupnya yang 35 tahun ke belakang Motor yang juga memiliki kode C86 dan berwarna Merah ini Merupakan motor aktif yang dipakai wira wiri pemilih sebelumnya yang bermukim di daerah Jogjakarta . .

Kondisi saat tmcblog terima Motor ini boleh dibilang asal bisa jalan doang sob . . mesinnya nyala namun ngebul, lampu lampu hanya headlamp doang yang nyala . . . bodynya masih mengguankan warna awal dari pabrik, namun dibeberapa detail seperti spatbor depan spatbor belakang sudah di repaint dengan warna merah yang  . . hmm agak beda hehehe jadi deh belang belang . .

Terlihat juga swing arm sudah rusak catnya, cover rantai masih lengkap walaupun sudah kotor juga catnya. Suspensi depan masih asli pakai parkit namun harus diperbaiki karena bannnya sudah miring ke kiri hehehe, suspensi belakang asli 100% . . .knalpot masih ori, namun kotor, behel belakang hilang hehhee

Yang patut diacungi jempol adalah peranti kelistrikan terutama Kabel yang boleh dibilang 80% amsih asli,  bahkan peralatan / part di daerah aki pun masih lengkap seperti AKI, Kiprok, CDI, Flasher, sikring masih lengkap . ..   walaupun kotornya luar biasa . . . . .

Motor ini sudah dipreteli semua part part yang menempel di dalamnya dan saat ini sedang langsung on progress restorasi tahap awal . . pebersihan dan pengecatan kembali ..  sementara mesin akan dibersihkan dan di cek mengenai penyebab ngebulnya .. . kelistrikan juga akan dibersihkan dan dicek kabel kabelnya . ..

masa restorasi jelas masih akan butuh waktu lama sob ..  namun feelnya tetap sama dengan unit unit restorasi lainnya ..  Exciting ! . . . rencanannya sih mau dibuat kembali seperti foto motor yang diklaim bisa tembus 115 km per liter di jamannya seperti bisa dilihat di gambar bawah ini sob  . ..

Taufik of BuitenZorg

26 COMMENTS

  1. Dulu kakek saya punya. Mesin masih joss meski cat udah pudar dimakan waktu. Ditambah motor buat wara-wiri ke sawah. Rekor ngangkut beras 1 kuintal.

    Guest
  2. Oh iya, ga ada rencana restorasi motor macem Kawasaki Binter? Kayaknya jarang bgt ada yg restorasi, so far saya liat lebih banyak restorasi Honda CB.

    Guest
    • Susah buat FBH garis keras beralih bro, apalagi ke Binter yg distributornya udah bangkrut dan sparepart susah

      Guest
  3. Wak… somewhere in the future, kayaknya Wak Haji bisa bikin museum sepeda motor deh…
    Aamiin..
    #Secara koleksinya terus bertambah..👍👍

    Guest
  4. Wah.. c800 dan astrea 800 semuanya plat AB yang didirestorasi, memang daerah jogja yang tanahnya berpasir cendrung mudah dibersihkan kalo musim hujan …beda daerah yang bertanah merah .. dulu saat kuliah dijogja bersihin motor hbs kena hujan gampang .. dan motor tetap kinclong .. sekarang menetap didaerah deket ibukota dan bertanah merah .. kalo hujan dah pusing nyucinya .. alhasil mesin berwarna kuning bekas lumpur …

    Guest
    • Karena motor Honda lawas di Jogja harganya murah2 dan stok melimpah. CB aja sebelum alayers pakai buat herex dulu cuma 2jutaan padahal daerah lain 4jutaan. C800 di kampung halaman ane (Kretek, Bantul) harganya cuma 700-900ribuan

      Guest
  5. Ada yg unik dari motor ini.. ada lampu oli di speedometernya kaya mobil.. nggak ngerti gimana cara kerjanya. Ingin rasanya mengetahui apa maksud dan cara kerjanya lampu oli tersebut

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.