TMCBlog.com – Bro sekalian, Back Protector dalam berkendara sepeda Motor termasuk salah satu safety gears yang dianjurkan untuk dipakai. Tugas dari back protector adalah menjaga bagian tulang punggung manusia yang penuh akan hal hal sangat penting sepetti tempat berkumpulnya syaraf dan lain lain dari efek benturan . . .  Nahhh beberapa hari yang lalu Via MotoCiclismo, ada hal yang menarik yakni seperti apa hasil pembeberan fakta yang dilakukan oleh Dainese terhadap perbandingan hasil pengetesan baik pengetesan perbedaan, Crash test, maupun pengetesan Kimia terhadap Back Protector asli dainese yang berharga sekitar 160 euro dan Back Protector palsu dari cina yang diberitakan berharga 22 Euro . . Cekidot deh . .

Secara bentuk BackProtector Dainese boleh dibilang mirip antara Yang asli dan yang nggak asli .. .  Namun Dainese memperlihatkan perbedaan di talinya sob dimana Backprotector asli menggunakan semacam ” sangkutan ” untuk menempelkan tali pengikat Backprotector, sedangangkan yang Tidak asli di jahit langsung ke Backprotector . .

Yang kedua adalah hasil pengetesan Uji tumbuk ( Crash test ) dimana sudah mirip dengan test untuk helm, sebuah benda standar pengujian dijatuhkan dari ketinggian tertentu ( 180 cm ) menumbuk bagian BackProtector  . .

Dan setelah dijatuhkan sebanyak 5 kali sesuai dengan standar homologasi untuk sebuah BackProtector maka hasilnya menurut dainese adalah seperti gambar di atas di mana untuk BackProtector palsu ada semacam deformasi yang menghasilkan ( menyebulkan) jeroan dari ‘ buku buku ‘ Back Protector keluar berupa ‘metal’ yang diduga bisa mencederai penggunanya . ..

jadi dalam pengetesan uji tumbuk tersebut di bawah back protector ada semacam sensor yang akan mengukur berapa energi yang di terima setelah di ‘cover’ atau dihalangi oleh backProtector. backprotector haruslah berfungsi sebagai safety gears yang menyerap  energi sehingga energi di ‘teruskan’ ke tulang punggung yang terukur sensor secara Rata rata selama 5 kali tumbukan tidak boleh lebih dari 9 kilo Newton dan dalam sekali tumbukan tidak boleh lebih dari 12 Kilo Newton . . Hasil pengetesan memperlihatkan bahwa BackProtector yang palsu GAGAL dalam test ini bahkan di semua kelima kesempatan tumbukan . .

Di pengetesan yang lebih dalam lagi, secara pengetesan kimiawi . . BackProtector yang tidak asli menurut yang diberitakan Dainese tidak menunjukan sesuatu yang berlawanan dengan regulasi eropa alias ” compliance ” namun di beberapa hasil kupas kupasan lebih dalam terlihat bagian dalam dari button untuk Dainese Palsu lebih menonjol sedangkan yang asli di buat pipih untuk meminimalisasi potensi cidera saat terjadi impack benturan ke tubuh . . . so ternyata memang lumayan banyak bedanya yaaa, tinggal gimana kita memilih nih yang terbaik untuk punggungkita . . ya kita sendiri tahu harga yang harus dibayar kalau tulangpunggung kita sempat cidera tho ?

Taufik of BuitenZorg

 

 

 

14 COMMENTS

  1. wahhh, .. gap hargany hampir 3xlipat ya, false 22 euro vs vero 120 euro,…
    gimna yh klau seandainy ada pabrikan motor yg versi KW dri motor motogp dengan harga yg uedannn murah, pasti naik pitam tuh pabrikan motor ori nya

    Guest
  2. kirain dibandingin ama produk seteru abadinya alpinestars. 😂
    perseteruan Patent airbag antara dainese sama Alpinestars gimana kelanjutannya?

    Guest
  3. hahah kw super apa grade ori wakk……kalo disini pasti laku keras,,,tuh yang Falso, kadang suka aneh juga ..yang malsuin udah bisa bikin semirip dengan aslinya…kenapa ga desain sendiri dan bedain dan kasih merk sendiri..harga segitu pasti laris…

    Guest
  4. Semoga ada yang jawab.
    Lebih baik pake Protector palsu atau kaga?.

    Saya belum pernah beli Back Protector, minat tp masih belum dianggap penting, masih mengandalkan Protector bawaan jaket respiro atau contin.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.