TMCBlog.com – Sobat sekalian, TMCBlog.com bulan ini akan mencoba untuk cover event Rally Dakar 2018 per dua hari atau per dua Stage. Sebelumnya sudah TMCBlog tulis bahwa Rally dakar tahun ini akan berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya, dimana persaingan klasik antara KTM dan Honda akan diganggun oleh Yamaha. Indikasinya ada sejak stage 2 dimana Van Beveren dari Yamalube Yamaha Rally Team mampu bertengger di posisi 2 diantara pembalap Honda dan KTM yang merupakan suatu hal yang jarang terjadi, dan benar saja pada stage 3 dan 4 pembalap dari Yamaha mampu tampil apik dan menjadi pemuncak klasemen semetara di kategori motor.

Sam Sunderland Stage 3

Kita mulai dengan sedikit me-review apa yang terjadi di Stage 3 Rally Dakar 2018 di hari Senin 8 Januari 2018 ketika Sam Sunderland sanggup merebut kemenangan Etape ini dari Joan Barreda (Honda Team). Barreda yang tampil impresif di hari ke dua kehilangan momen-nya ketika melaju sejauh 296 km dari Pisco – San Juan de Marcona dikarenakan terjadi system error pada alat navigasi di CRF450 Rally tunggangannya. Padahal saat itu dia memulai Stage dengan keunggulan 2 menit 30 detik dari rivalnya. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh Sam Sunderland yang melaju tanpa halangan berarti. Sunderland yang juga rekan senegara Cal Crutchlow itu sempat memimpin melalui 3 Waypoint pembuka Stage, sebelum dirinya kehilangan keunggulan dari rekan setimnya di KTM Factory, Toby Price, juga Pablo Quintanilla dengan team pabrikan Rockstar Husqvarna, hingga turun waktunya sekitar 4 menit pada kilometer terakhir. Namun itu cukup untuk membuka jalan bagi Sunderland untuk meraih kemenangan Stage 3 menit 3detik dari pesaing terdekat Kevin Benavides dan Ricky Brabec (Monster Honda rally Team).

Hasil Rally Dakar 2018 Stage 3

1) Sam SUNDERLAND #1 / RED BULL KTM FACTORY TEAM / 03H 20′ 43”
2) Kevin BENAVIDES #47 / MONSTER ENERGY HONDA TEAM / +00H 03′ 03”
3) Toby PRICE #8 / RED BULL KTM FACTORY TEAM / +00H 03′ 28”
4) Ricky BRABEC #20 / MONSTER ENERGY HONDA TEAM / +00H 03′ 55”
5) Pablo QUINTANILLA #10 / ROCKSTAR ENERGY HUSQVARNA FACTORY RACING / +00H 04′ 20”

Stage 4 diawali dari pantai San Juan de Marcona, semua pembalap start hampir berbarengan dan mengarah ke daerah bukit pasir yag ganas di kawasan Gurun Peru untuk melanjutkan etape rally sejauh 330 km. Dengan start massal di dalam kelompok yang cukup besar tersebut memiliki tantangan dalam hal navigasi dan juga mempertahankan konsistensi kecepatan motor akan menjadi lebih sulit dikarenakan debu berterbangan yang dihasilkan oleh sepeda motor pembalap terdepan, sehingga menghalangi jarak pandang dan juga menggangu konsentrasi rider. Hal ini berimbas kepada banyak pembalap yang akhirnya terpencar karena kehilangan titik koordinat dari jalur yang diberikan.

Sam Sunderland Stage 4

Sam Sunderland yang cukup jauh memimpin Stage 4 mengalami cedera serius akibat terjatuh kedalam sebuah lubang besar ketika dia mencari titik arah waypoint kedua pada stage ini, dia merasakan sakit yang cukup hebat pada tulang punggungnya meski sanggup kembali riding 5 kilometer setelah kecelakaan itu. Ingin melanjutkan lomab tapi rasa sakit menghalangi Sunderland, ditambah lagi ia merasakan mati rasa di kedua kakinya, terpaksa harus berhenti dan meminta bantuan tim medis. Alex Doringer selaku KTM Rally Team Manager mengungkapkan “Sayang sekali Sam mengalami kecelakaan saat mencari waypoint di titik sekitar 230 km. Dia melompat ke dalam sebuah lubang dan mencederai punggungnya. Meski masih bisa terus berlanjut selama lima kilometer berikutnya, ia pun terpaksa harus berhenti saat rasa sakitnya menjadi terlalu buruk. Awalnya dia diterbangkan kembali ke bivouac tapi kemudian langsung diterbangkan ke rumah sakit di kota Lima untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saya berhasil berbicara dengan Sam, sebelum dia terbang ke rumah sakit, meski kecewa, dia masih bersemangat untuk berlomba. Secara keseluruhan, tim bekerja dengan baik, dan kami senang dengan apa yang sudah berjalan di Rally kali ini.”

Adrien Van Beveren Stage 4

Adrien Van Beveren tampil cemerlang dengan Yamaha WR450F Rally dan berhasil memenangkan stage 4 Rally Dakar 2018 dan merebut puncak klasemen sementara. Semakin istimewa bagi Yamalube Yamaha Rally team, rekan setimnya yakni Xavier de Soultrait mengklaim posisi runner-up di stage 4 untuk merangsek naik ke posisi 5 di klasemen sementara sementara. “Saya sangat senang atas kemenangan di Stage 4 ini. Kami semua mengawali start berbarengan di pantai dan saya berada di kelompok kedua kategori motor untuk memulai Stage. Mengingatkan saya akan start massal di Le Touquet dan itu sangat menyenangkan bagi saya. Saya tahu saya harus tetap fokus untuk riding di stage ini dan menjaga konsentrasi navigasi saya dan itulah yang saya lakukan. Kami menemukan beberapa bagian di mana ada banyak debu di depan Kami. Tujuan saya adalah untuk memenangkan Stage, jadi saya tahu bahwa saya harus terus bersabar dan siap menyerang kapan pun bila saatnya memungkinkan. Semuanya berjalan baik untuk saya dan saya berhasil melewati banyak pembalap bahkan dari grup [yang start] pertama. Ketika kami sampai di bukit pasir besar kami bersaing speed bersama Xavier dan benar-benar saling membantu sampai stage selesai. Ini adalah hari yang menyenangkan bagi saya dan hari besar bagi Yamaha. Kami membuktikan bahwa kami memiliki motor yang mampu memenangkan etape tahap panjang. Masih ada banyak stage yang harus ditempuh tapi saya akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan momentum ini.” Ucap Van Beveren sumringah.

Hasil Rally Dakar 2018 Stage 4

1) Adrien VAN BEVEREN #4 / YAMALUBE YAMAHA OFFICIAL RALLY TEAM 04H 08′ 23”
2) Xavier DE SOULTRAIT #23 / YAMALUBE YAMAHA OFFICIAL RALLY TEAM /’ +00H 05′ 01”
3) Matthias WALKNER #2 / RED BULL KTM FACTORY TEAM / +00H 07′ 10”
4) Pablo QUINTANILLA #10 / ROCKSTAR ENERGY HUSQVARNA FACTORY RACING / +00H 07′ 32”
5) Stefan SVITKO #9 / SLOVNAFT RALLY TEAM / +00H 07′ 45”
6) Daniel OLIVERAS CARRERAS #29 / HIMOINSA RACING TEAM / +00H 08′ 39”
7) Jose Ignacio CORNEJO FLORIMO #68 / MONSTER ENERGY HONDA TEAM / +00H 08′ 45”
8) Kevin BENAVIDES #47 / MONSTER ENERGY HONDA TEAM / +00H 09′ 14”
9) Joan BARREDA BORT #5 / MONSTER ENERGY HONDA TEAM / +00H 10′ 00”
10) Gerard FARRES GUELL #3 / HIMOINSA RACING TEAM. / +00H 10′ 11”

Dengan hasil seperti ini sepertinya pupus sudah harapan Sam Sunderland mempertahankan gelar juara dunia Rally Dakar, masih belum ada tanda-tanda bahwa dirinya dinyatakan sanggup/sehat untuk mengikuti stage berikutnya. Terlepas itu, pabrikan KTM masih memiliki 3 pembalap factory lainnya demi untuk mempertahankan gelar juara konstruktor tahun ini dan kesempatan untuk meraih gelar juara Rally Dakar 17 tahun berturut-turut.

Toby Price Red Bull KTM Factory Team

Menuju ke Stage 5 Rally Dakar 2018 yang memaksa peserta untuk menempuh jarak yang lebih panjang dari stage sebelumnya dengan total 774 Km, sekaligus  akan menjadi stage terlama kedua sepanjang event ini berlangsung. Jarak antara titik waypoint terpendek akan membawa peserta dari San Juan de Marcano ke tempat special dengan durasi 266 km, yang sebagian besar akan terdiri dari bukit pasir dengan kontur permukaan tanah yang tergolong ‘lembut’. Setelah menyelesaikannya waypoint yang melelahkan itu jalur selanjutnya akan membawa peserta Rally ke daerah pantai sebelum menuju ke daerah pedalaman lembah dan mendaki pegunungan ke ketinggian lebih dari 2,000 meter di atas permukaan laut, untuk berakhir di kota Arequipa.

Klasemen Sementara Kategori Motor Rally Dakar 2018

1) Adrien VAN BEVEREN #4 /YAMALUBE YAMAHA OFFICIAL RALLY TEAM / 11H 03′ 23”
2) Pablo QUINTANILLA #10 / ROCKSTAR ENERGY HUSQVARNA FACTORY RACING / +00H 01′ 55”
3) Kevin BENAVIDES #47 / MONSTER ENERGY HONDA TEAM / +00H 03′ 15”
4) Matthias WALKNER #2 / RED BULL KTM FACTORY TEAM / +00H 05′ 23”
5) Xavier DE SOULTRAIT #23 / YAMALUBE YAMAHA OFFICIAL RALLY TEAM /’ +00H 07′ 34”
6) Toby PRICE #8 / RED BULL KTM FACTORY TEAM / +00H 10′ 14”
7) Jose Ignacio CORNEJO FLORIMO #68 /MONSTER ENERGY HONDA TEAM / +00H 12′ 06”
8) Franco CAIMI #7 / YAMALUBE YAMAHA OFFICIAL RALLY TEAM 11H 16′ 11” +00H 12′ 48”
9) Gerard FARRES GUELL #3 / HIMOINSA RACING TEAM. / +00H 13′ 05”
10) Antoine MEO #19 / RED BULL KTM FACTORY TEAM / +00H 13′ 47”

22 COMMENTS

  1. ngeri amat ny rintangan perjalanny,…
    gimna ya klau ada rider yg nyasar lalu ketemuan ama harimau atau sejenis hewan buass lainya(hewan buass ya bukan herman bass)??

    Guest
  2. balapan ekstrim kalo salah rute bisa2 nyasar…
    tim2 factory serius jg ya di ajang ini, yamaha honda husqvarna KTM tim factorynya pd turun smua

    Guest
    • ini balap berjam2 bro,liat aja tuh 1 stage bisa 5 jam an,kurang menguntungkan kalo disiarin di tv
      kalo mau nonton ya harus streaming kayak endurance race,suzuka 8h aja nggak disiarin di tv jepang

      Guest
  3. Itu kecelakaannya Sunderland ngeri Wak…. cedera tulang belakang arahnya bisa ke kelumpuhan (semoga tidak)…..

    Guest
  4. Indonesia punya bibit pembalap ginian banyak loh, liat aja kalo lagi musim lebaran.
    Sayang ga dilirik pabrikan ya..
    haha

    Guest
  5. Cal Crutchlow?
    btw game nya seru juga lo meskipun detail2nya buat yg balap motor masih kurang seperti aslinya,compound ban berperan penting di game ini klo terlalu lunak gampang abis apalagi dipake dimedan extreme, tapi klo terlalu keras pas ada jalanan beraspal/butuh grip maksimal licinnya setengah mati

    Guest
  6. kasian bro, padahal sam sunderland lagi bagus bagusnya … tapi KTM masih punya toby price sama mattias walkner yg sama sama pernah jadi kampiun dakar. tapi yang menonjol menurut ane quintanilla loh … rider husky ni selalu tampil konsisten.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.