TMCBlog.com – Bro sekalaian, di artikel ini sobat sekalian bisa melihat seperti apa jika Fairing samping kanan dan kiri dari Honda RC213V Marc Marquez dan Dani Pedrosa dibuka . . maka terpaparlah bentukan fisik dari Versi terakhir musim MotoGP 2017 ( Valencia ) untuk Motor V-4 ini sob . ..

Dalam perjalanannya 7 musim terakhir .. . Honda telah memperoleh 6 kali Juara Konstruktor, 5 kali Juara Rider semenjak 2011 . . Namun 2 Tahun belakangan 2016 dan 2017 merupakan tahun yang sebenarnya Bukan tahun yang mudah Buat Honda . . di tahun 2016 saat one make software magneti Marelli diberlakukan, ternyata teknologi algoritma Wheelie controlnya lebih rendah dari Wheelie Control buatan pabrikan, Maka Honda dengan tegas langsung mencari solusi mengubah arah rotasi dari Crank shaft dari Forward ke Backward untuk mengurangi wheelie dan meningkatkan pengendalian memasuki dan sepanjang tikungan  . . .

Ini jelas saat itu 2016 sedikit banyak akan membuat rider kaget karena karakter motor akan beda . . . dan benar saja . .. cuma cah gendeng Marc Marquez yang mayoritas bisa mengendaikan walaupun butuh effort Luar biasa ..  sementara rider honda lainnya mengeluh saat itu . .

Evolusi RC213V Yang kedua adalah tahun 2017 di mana HRC merasa resep backward Rotating Crankshaft terasa kurang nendang . . . maka dihadirkanlah secara dramatis perubahan setingan pengapian dari Screamer khas honda yang kontinyu ke setingan pengapian Bigbang yang sevbenarnya telah banyak dipakai pabrikan lain dimana delivery power lebih diskrit dibanding SCreamer  . . .

Dengan Big Bag diharapkan grip roda belakang lebih dapat untuk menyeimbangi fakta bahwa algoritma dari Traction Control software dan ECU MM yang menuruut honda Kurang . . . denganpeprubahan ini menurut Mat Oxley maka rentetan kausalitasnya akan : rasio gear akan beda, setingan elektronik beda, dan Juga setingan suspensi juga akan beda . . dan ini menuntut pembalap untuk langsung beradaptasi . . . ini juga sepertinya yang jadi penyebab Marc Marquez nggak bisa ngacir dari awal Musim 2017 karena mesin motor yang lumayan baru karakternya . . .

Tercatat marc Marquez hanya menang sekali di paruh pertama Musim MotoGP 2017 yang merupakan masa masa development dari Honda RC213V . . Pindah dari Screamer ke Bigbang itu menurut Mat mirip seperti pindah dari mesin 4 silinder segaris dengan tone lebih rapat ke Mesin twin-v yang lebih diskrit . . . namun di paruh kedua, Marc Bisa menggondol 5 Titel Juara seri karena team sudah lebih siap dengan Big-Bang ala HRC . .

Namun Sebenarnya Hard Work Marc Marquez pun Harus dibarengi dengan harga yang harus marquez bayar .  . Dengan Sceamer, Marquez nggak memperoleh grip dan speed di pertengahan corner . . namun dengan mesin Big-Bang Marquez bisa lebih punya grip di bagian tengah dari tikungan walaupun akhirnnya marquez harus menyunat kemampuan Hard Brakenya saat memasuki mulut tikungan . . . 2018 ? Sepertinya menurut tmcblog HRC nggak menghadirkan perubahan besar besaran dari segi mesin dan sasis/ tidak akan merupakan revolusi . . hanya evolusi kecil yang akan dicoba menjawab beberapa hal yang masih dirasa kurang di 2017 . . top speed Mungkin ?  . . silahkan dikomentari sob

Taufik of BuitenZorg

 

44 COMMENTS

  1. MM sang pengendali motor buar
    Waarrrr byassaaahhhh
    Klu si VR sang pengendali motor kemayu…
    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    Guest
    • Rossi waktu muda juga joss kali.

      Dia dapet gelar jurdun 6x di usia yg sedikit lebih tua dari MM.

      Gak sedikit juga sih, tapi well done kok.

      Guest
    • marquez kan udah bocorin ke M+ kalo nanti dia bakal ke indonesia buat merayakan gelar juara dunianya dengan para fans di indonesia. jadi 99% bisa dipastikan repsol launching di indonesia. cuma belom tau apakah di jiexpo kemayoran, ice bsd, bali atau mungkin dicandi prambanan ? hahahaha

      Guest
    • klo Yamaha Movistar launching diluar pasti,ini kayak buah simalakama koar2 kipas2 dolar laris diluar negeri jadinya tim motogpnya juga ogah deh menclok di indonesia

      Guest
  2. Rc213v 2017 memang belum bisa dibilang motor sempurna di 2017, tapi paling tidak rc213v di tahun 2017 adalah motor terbaik dibanding tim yang lain, terbukti dengan juara konstruktor, dan terbukti team mate Marquez yaitu dani Pedrosa finish 4 lebih baik dibanding team mate pembalap utama yang lain di akhir klasemen, contoh team mate dovi yaitu JL finish 7, team mate vinales yaitu rossi finish 5.

    Guest
  3. 2017 paruh musim pertama si marquez cuma menang 1x jadi inget omongan si crutclow pas diwawancarai media. kenapa honda tampak kesulitan di paruh musim pertama ? apakah ada kegagalan dengan mesin baru honda ?
    si crutclow bilang: marquez dan honda hanya bermain main saja.
    wartawannya waktu itu pada ketawa karena menganggap crutclow hanya becanda karena memang dia suka becanda. eh sepertinya HRC telah menyiapkan sesuatu yg beda dengan rcv. benernya marquez tampil kesetanan diparuh musim kedua, sampe bikin repot ducati di red bull ring walaupun kalah dari dovi. tp berhasil mematahkan ducati yg 2016 iannone dan dovi dapet podium dengan mudah di red bull ring.

    Guest
    • karna mungkin sekarang research nya membuat rc213v jadi kompetitif dipake rider siapapun nggak cuma Alien doang yg bisa jinakin
      kayak 2014 yg nggak cuma Marquez yg didepan tapi Pedrosa juga impresif,tapi dgn pendekatan yg beda karna softwarenya dilimitasi

      Guest
    • main-main? tidak ada yang namanya main-main di motogp, satu poin sangatlah berharga dan bahkan 0,001 detik pun dihitung

      Guest
    • Membalap dg main2 aj bisa jurdun dan mengalahkan rider2 top pabrikan lain
      Bahkan sampai legen rosikin mewek2
      MuuUUUuuuehehehehe…….

      Guest
  4. Bobot/berat mesin mempengaruhi weight distribution of chassis. Kombinasi bobot mesin, kekuatan material mesin, performa mesin, dan suhu mesin yang diinginkan dengan dibuat part per part adalah suatu pekerjaan yang luar biasa sangat rumit.

    Guest
    • kalo bisa mah jangan langsung ngacir bro. nanti kaya kejadian 2014 dan dorna puyeng lagi gimana cara mengkebiri honda biar honda dan marquez gak mendominasi dengan kemenangan yang sangat mencolok.

      Guest
    • [email protected] kalo honda di ibaratkan tidak mempunyai pembalap utama marquez dan semua tim juga di ibaratkan kehilangan pembalap utama seperti Dovi dan vinalez, Repsol honda masih bisa juara lewat dani pedrosa yang akhir klasemen finish no. 4, sedangkan team mate Dovi finish no 7 dan team mate vinalez rossi finish no. 5

      Guest
    • [email protected] Kalau semua pembalap terbaik utama di ibaratkan gak ada seperti marquez, Dovi, vinalez, Repsol honda masih bisa juara lewat dani Pedrosa karena finish no 4, sedangkan team mate Dovi dan vinalez masing2 finish no 7 dan 5.

      Guest
    • Kalau semua pembalap terbaik utama di ibaratkan gak ada seperti marquez, Dovi, vinalez, Repsol honda masih bisa juara lewat dani Pedrosa karena finish no 4, sedangkan team mate Dovi dan vinalez masing2 finish no 7 dan 5.

      Guest
    • Kalau semua pembalap terbaik utama di ibaratkan gak ada seperti marquez, Dovi, vinalez, Repsol honda masih bisa juara lewat dani Pedrosa karena finish no 4, sedangkan team mate Dovi dan vinalez masing2 finish no 7 dan 5. Jadi kalo buat perbandingan harus menyeluruh…

      Guest
  5. yg jelas dari awal musim rcv yg pake Muffler panjang kayak pentungan satpam,jadi pake slash cut pendek terus sampe akhir musim,apakah 2018 masih pake slash cut?

    kok YM bisa dapat foto yg lumayan update ya,kemarin bisa dapet rcv yg pake winglet

    Guest
  6. honda pas tes valencia kemarin pembalapnya khususnya 2 repsol langsung pada ngebut gak kaya 2 musim sebelomnya yg *seperti menyimpan kekuatan* sampe pabrikan biru terlena dengan kekuatan motor mereka karena mendominasi sesi tes valencia. jadi kekuatan motornya sudah rada kebaca sampe galbusera kepala mekanik rossi komen kalo honda sudah berhasil memaksimalkan ecu magneti marelli.

    Guest
    • karna mungkin sekarang research nya membuat rc213v jadi kompetitif dipake rider siapapun nggak cuma Alien doang yg bisa jinakin
      kayak 2014 yg nggak cuma Marquez yg didepan tapi Pedrosa juga impresif,tapi dgn pendekatan yg beda karna softwarenya dilimitasi

      Guest
  7. [email protected] Kalau semua pembalap terbaik utama di ibaratkan gak ada seperti marquez, Dovi, vinalez, Repsol honda masih bisa juara lewat dani Pedrosa karena finish no 4, sedangkan team mate Dovi dan vinalez masing2 finish no 7 dan 5.

    Guest
  8. Jan Jane Seng Pas nganggo MM software Kan Ducati, V4 or L4 Big bang. Makanya, HRC mencoba mendekati spek itu. Mencoba mencari keutungan dibalik kebuntungan.

    Kalau Aprilia dan KTM cepet membacany, Yamaha Dan Suzuki bisa2 paling buncit.
    Secara inline 4. Firingnya lebih kontinyu, ga cocok sama ban michellin.

    Just comment Wak.

    Mohon pencerahan.

    Guest
  9. Kegilaan marquez selain bakat alam, juga dipengaruhi attitude dan komunikasi yg baik dgn team, tidak mengeluh ke media tetapi bersama mencari solusi kepada teamnya sendiri. Sungguh mental luar biasa untuk anak kelahiran tahun 93

    Guest
    • itu lah marquez bro dia punya attitude yang baik diluar balapan. saat crash atau pas motornya meleduk di inggris aja diwawancarain dia cengar cengir melempar senyum. si vinales crash malah kecut ke wartawan sambil ngomong saya tidak tahu wkwkwk

      Guest
  10. part segitiga bahannya titanium ?!? . waw baru tau ane. tiap part bener2 hi performance. ngga heran motor2 racing harganya kelas astral.

    pny mtr tipe cub juga uda bersyukur banget ane.

    Guest
    • Comment:kayaknya itu merujuk ke julukan Pedrosa deh, secara itu kan motornya Pedrosa. julukan Pedrosa kan Titanium

      Guest
    • Comment:yepp dugaan aye juga gitu. Secara itu motor dapet tapi ya gatau juga itu bahannya apa secara warna memang mirip sama Ti atau mungkin aluminium anodize?

      Guest
    • yah itu emang bahanya titanium asli, kode Ti = Titanium,nomor atom 22, berat massa 47.87.. secara motor proto harga kelas wahid masbsro..

      Guest
  11. itu titanium codename pedrosa
    sering liat pit board pedrosa misal “TTNUM BRAKE” CMIIW
    wajar pedrosa pake codename ttnum wong dsekujur tulangnya banyak nempel plat titanium hehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here