Sampai di Perbukitan Ciletuh

TMCBlog.com – Sobat sekalian, setelah cerita hari pertama serpong-cikidang Honda Adventure Days 2018 hari kedua tanggal 21 Janauri 2018 memang dijadwalkan hanya menempuh jarak yang terbilang pendek, kurang lebih 80-an kilometer dari penginapan HAD 2018 di Caldera Resort yang berlokasi di daerah Cikidang, Sukabumi. Perkara pendeknya jarak tempuh dan rute yang hampir sepenuhnya aspal tersebut tidak membuat perjalanan peserta menjadi membosankan, karena kami semua disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah di kawasan perbukitan an pesisir pantai selatan pulau Jawa bagian barat tersebut. Sebelum masuk ke finish line banyak cerita yang diukir oleh para peserta di hari kedua event adventure perdana dari Astra Motor ini.

Start hari kedua dari penginapan di Caldera Resort pada sekitar pukul 09:00 pagi menuju pos selanjutnya yang bertempat di PLTU Palabuhan Ratu sebagai salah satu objek vital nasional yang perlu kita ketahui peran vitalnya bagi negara Indonesia, peserta langsung ambil foto cekrek cekrek, upload ke Instagram dan lanjut lagi perjalanan ke arah pantai. Disini memang 99% lintasannya aspal mulus sob, yah gak jarang juga nemuin lubang-lubang jalan yang kecil, beda 180 derajat dari rute hari pertama yang melewati jalur cross country dan light off road.

Om Bayan, Nugi TMCBlog dan om Manut OtoRider

Setelah dari lokasi PLTU peserta bertolak ke daerah Ciletuh, pos selanjutnya yaitu Puncak Gebang dan kawasan curug Cimarinjung sebelum melintasi garis finish di dekat pantai.

Dari mulai start hari kedua ini TMCBlog sudah tercecer dengan tim karena mereka sudah pada jalan duluan bro, alhasil dengan hanya menyisakan 3 orang termasuk om Manut dari OtoRider yang nunggang CRF150L juga dan om Bayan sebagai peserta sekaligus owner CRF250 Rally, ya sudah deh gas aja dulu yang penting finish dengan selamat. Mampir sebentar di minimarket untuk membeli beberapa bekal minuman, tepat dibawah papan petunjuk arah yang mengarahkan lokasi Geopark Ciletuh masih 60 Km lagi.

Penampakan rupa CRF150L yang TMCBlog pakai di HAD 2018

Begitu kita lanjut jalan, pemandangan beneran indah banget dari jalanan yang baru diresmikan beberapa bulan lalu oleh pemerintah sebagai akses menuju Geopark Ciletuh. Hamparan persawahan hijau di kaki bukit dan gradasi warna air laut yang jarang banget ditemui di perkotaan, ibarat salep penghilang pegal, karena rasa capek seketika hilang. Ditambah saat itu matahari cukup terik plus jalanan kosong, mantap geber motor CRF150L sampe 90 an Kmh deh.

Foto sebentar dengan latar PLTU Palabuhan Ratu

Rada ndeso sih Saya ketemu pemandangan begitu, rela-relain puter balik karena ada spot foto yang menarik. Hehehe

CRF250 Rally dan CRF150L HAD 2018

Kilometer selanjutnya saya bilang menantang rider, karena jalanan yang tergolong baru dibuat tersebut sudah pasti aspalnya mulus. Plus tikungan-tikungannya menggoda iman kami untuk bermanuver, tapi yah namanya bukan orang lokal kita harus selalu waspada sob karena minimnya pengetahuan tentang situasi dan kondisi jalan di sana. Terlebih kontur pegunungan gitu kan banyak blind spot.

CRF250 Rally om Bayan, CRF150L TMCBlog dan OtoRider

Salah perhitungan bisa jatuh dengan resiko menabrak tebing di sebelah kiri jalan dan jurang laut di sebelah kanannya. Dan mungkin karena proses pengerjaan jalan masih berlangsung (cmiiw) tebing di sebelah kiri belum diperkuat dengan beton dan akhirnya besar resiko mengalami tanah longsor saat hujan deras.

Pict : @hondacommunity

Ada satu extra spot yang menarik perhatian sebelum tiba di puncak Gebang. Satu sungai yang tepiannya landai bisa dijadikan obstacle untuk menguji keterampilan motocross enduro nih sob, jadi gak sedikit peserta yang malah lebih memilih nyebrangin sungai ketimbang lewat jembatan yang ada di atasnya.

Pict : @astramotor

Kalau diperhatikan kedalaman sungai yang diseberangi cukup dalam untuk merendam CRF250 Rally sampai ke bagian mesin. Ternyata memang bener ada yang lolos menyeberang tanpa kendala, tapi ada juga yang motornya mati ditengah dan kudu rela dituntun sampai pinggir. Jangan khawatir, namanya juga event, Astra Motor sudah nyiapin team mekanik handal di pinggir untuk membantu motor yang trouble bro.

Team mekanik membantu peserta yang kesulitan

Abis basah-basahan saatnya selfie di puncak Gebang yang lagi ngehits karena spot nya instagramable banget.

CRF250 Rally Puncak Gebang

Puncak Gebang ini kalau diibaratkan di Bogor itu seperti Puncak Pass mungkin ya, jadi setelah titik itu jalanan cenderung menurun, ke arah bukit Darma lalu terus turun ke spot terakhir di Curug Cimarinjung. Beneran turun terus sob dan curam jalanannya meski sudah diaspal, ngeri-ngeri sedap juga naik trail yang feeling ban belakang selalu bergeser tipis tipis saat engine braking.

Peserta melintasi kawasan Curug Cimarinjung

Pos terakhir, checked! Lanjut jalan dari pos pengecekan peserta di curug Cimarinjung langsung geber motor ke finish line. Dekat banget cuma berjarak sekitar 2 kilometer dari curug. Alhamdulillah sampai dengan selamat tanpa ada halangan apapun selama acara berlangsung dan event adventure sejauh 235 Km pada dua hari tersebut tercatat zero accident bro, mantap! Sesuai dengan kampanye safety riding Honda dong yah, #cari_aman biarpun motor sempet digaspol tapi semua peserta tetap tertib dan mengutamakan keselamatan.

Garis Finsih HAD 2018 Ciletuh

TMCBlog cukup kaget melihat mayoritas peserta memakai Honda CRF250 Rally, hal serupa juga dialami oleh pak Wedijanto Widarso selaku GM Technical Service Division AHM yang juga kaget melihat banyaknya owner CRF250 Rally yang hadir, padahal sebelumnya diprediksi bahwa peserta akan didominasi oleh CRF150L. Kalau diperhatikan kan pemakai CRF250 Rally sangat jarang terlihat di jalan raya pada hari-hari biasa tuh. Terakhir, Astra Motor berencana bahwa event ini akan diagendakan menjadi acara rutin tahunan dan akan meluas ke daerah lain yang bisa mempertemukan para konsumen Honda penggemar motor trail adventure. Jadi persiapkan CRF mu mas bro, ditunggu kehadirannya di Honda Adventure Days berikutnya karena memang seru banget acaranya. Salam…

Pendopo Peserta Honda Adventure Days 2018 di Ciletuh
Honda Adventure Days 2018 Ciletuh Sukabumi
Fasilitas cuci motor Honda Adventure Days 2018
HAD 2018 booth
Test Ride Honda CRF150L & CRF250 Rally HAD 2018 Ciletuh

39 COMMENTS

    • Udah lihat aslinya. Crf 250 menggoda. Tapi boncenger kecil, buat jarak jauh kayaknya mantap versys 250.

      Atau v storm 250 ?

      Guest
    • Pemandangannya indah banget Sukabumi.yang foto ada curugnya luar biasa indah,seperti lihat di lukisan2..memang pantas disebut parahyangan..acaranya juga bagus,mantap.

      Guest
    • @Bensin: Betah banget, sayangnya cuma sebentar di sana.

      @Rian: Buat jalan jauh ketemu kondisi trek yang gak terduga, saya pilih CRF Rally, cenderung lebih ringan ketimbang Versys dan tenaga serta torsi ada di RPM rendah. Kalau untuk turing jauh dengan 90% lintasan hard pack, saya pilih Versys 250, apalagi boncengan akan lebih nyaman. Kalau VStrom belum coba. Nguehehehe

      Editor
  1. kalo kesana selalu lewat bukit, ternyata lewat pinggir laut pemandangannya asik juga..tp memang daerah sana view sepanjang jalan nya jawara banget 😀

    Guest
    • setuju banget Bro.. jalur ke ujung genteng memang mantabbb… walau dulu nyetir tp ga bisa brenti noleh.. haha
      @ Nugie: jalur yang dulu lebih memutar dan jauh bro, jalur yg lama lbh panjang, skitar 70 km dr pel. ratu, yg skrg jadi cuma sekita 30an km (spertinya yang kalian lalui)
      pengen banget euy naik motor kesana,, naik mobil kurang berkesan, krna byk nya twisty ke arah sana, cihuy

      Guest
  2. livery nya kok terlalu biasa ya,iya sih udah mencerminkan crf series,tapi perasaan ini livery yg paling jelek dibanding keluarga lainnya

    Guest
  3. wak, spek crf150l vs klx150 kan bisa d bilang identik banget tuh, kira2 akan ada gak ajang banas alias balap nasional motor trail 150cc(selain yg ada skrg) dengan spek semi standart atau kyak regulasi irs gitu, sirkuit untuk blap motor trail sya rasa setiap provinsi punya tuh,.. dan bisa juga d buka klas 250, soalny crf250l juga mau d rilis, atau crf250 rally yg skrg pun bisa d modif jdi ala pure motor trail,… kan klau pabrikanny langsung ikut bersaing d suatu ajang blapan akn lebih menarik + seru tuh

    Guest
    • Biasanya, balapan kejurnas/kejurda akan dibuka kelas baru/khusus jika calon peserta sanggup memenuhi atau lebih dari sekian starter per kelas bro. CMIIW.
      Kalo nantinya banyak pemilik motor trail non SE di Indonesia, pasti dari IMI akan bikin kelas2 baru di balapan. Menurut saya, bakalan akan ada di balap grasstrack ya, bukannya Motocross karena CRF150L dan CRF250L dan/atau sejenisnya bukan termasuk motor SE.

      Editor
  4. Wahh pengen banget ke Ciletuh euy….
    .
    Wajar lah Wak klo owner CRF250 rally yg paling banyak keliatan, acara HAD ini kan punya biaya pendaftaran yang cukup lumayan tinggi Wak, 1 juta ke atas yah klo gag salah (CMIIW), nah menurut Wak Taufik, konsumen mana yang bakal lbh rela untuk ngeluarkan uang segitu utk 2 hari adventure?
    a. owner CRF250 Rally yang cenderung memang orang2 yang punya uang lebih (harga CRF250 sendiri udah di atas 60jt), segmennya juga hampir pure hobby yang mau beli mtr ini (hobby ngeluarin duit juga, hehe)
    b. owner CRF150 yang cenderung dari kelas ekonomi cukup berbeda di banding CRF250, konsumennya pun luas, ada yang memang beli untuk hobby, ada juga yg beli masih untuk kendaraan operasional sehari2 yang mungkin gag punya motor lain, jadi apa mungkin konsumen dr segmen ini mudah untuk ngeluarin uang di atas 1 juta hanya untuk “senang” yang model bgni? pasti ada sih, tapi yang memang bener2 adventure enthusiast banget..
    IMHO sih..

    Guest
    • Saya yang bawa mas bro, 2 hari full 235 Km. Hahahaa…
      Kesan bawa CRF150L itu responsif dengan tenaga dan torsi yang CUKUP,, bikin badan gak capek mengontrol motor, lincah di lintasan cross country, dan suspensinya emang bener kata orang-orang, empuk dan tergolong handal untuk suspensi bawaan/standar pabrik.
      Kalo soal jadi boncenger, waduh sayakurang tau karena selama 2 hari acara gak ada yang boncengan broh.

      Editor
  5. Ulasannya lengkap dan bahasanya asik. gambar pemandangannya ajib !!! alamaaaakkkk ga ngebosenin salut gile nih reporternya.

    yes gw jual dah ….jadi pingin beli CRF

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.