TMCBlog.com – Dari Sepang International Circuit TMCBlog melaporkan pandangan mata di paddock dan kali ini menyorot soal winglet fairing pada Yamaha M1 test team bernomor T2. Dilihat dari bentuknya memang sepintas sangat mirip dengan apa yang duo rider Movistar Yamaha uji di Valencia test tahun lalu, tapi kini bentuknya tidak seagresif kemarin. Dimana bedanya?

M1 Valencia Test 2017

Bisa sobat semua bandingkan dengan winglet Yamaha M1 saat di Valencia, kini terlihat perbedaannya saat dilihat dari dekat. Bila saat Valencia winglet meskipun tertutup plat/flap yang meruncing di bagian ujung, sesi test ini (mungkin akan dipakai balapan mungkin juga tidak) lebih membulat dan meliuk ke arah bawah untuk menyambung ke sirip horizontal dibawahnya.

M1 Sepang Test 2018

Bisa jadi banget kalau desain lalu tidak lolos syarat teknis dari Dorna yang menganggap penggunaan wing dapat mengurangi faktor safety.

Pict: Simon Patterson

Kenapa di artikel ini menggunakan kalimat “bisa jadi”? Karena memang semua team pabrikan dalam menguji coba winglet/aero kit selama winter test ini belum mendaftarkan desain kepada bidang teknis Dorna. Dalam hal ini dikepalai oleh Danny Aldridge selaku direktur teknis Dorna.

Melihat dari sisi dimensi dan bentuk lewat media foto, Danny Aldridge menjelaskan dengan cukup singkat namu jelas kepada David Emmett bahwa “Analisa awal desain tersebut kemungkinan OK/tidak mengapa” dalam artian tidak melanggar regulasi soal aerodynamic device.

Jadi dari sini sudah jelas bro, ketika banyak yang bertanya apakah desain fairing baru Honda legal? Apa fairing punya Yamaha, Aprilia itu legal? Jawabannya bisa jadi legal bisa juga ilegal, karena belum ada penyerahan desain teknis dari pabrikan secara resmi kepada Dorna.

Berharap akan ada bentuk fairing terbaru di Sepang test kali ini dari pabrikan. Untuk laporan di Sepang, sesi test diawali dengan hujan deras dan kini berangsur-angsur cuaca mulai panas. Namun memang tipikal negara tropis yang lembab, temperatur aspal lintasan sedikit terlambat untuk panas. Nantikan update terbaru dari Winter Test Sepang 2018.

Nugi TMCBlog

 

31 COMMENTS

  1. bicra fasilitas, sarana dan prasarana olahraga, kyakny indonesia tercinta ini tertinggal 2lap dari malaysia ataupun thailand, bahkan melihat perkembangan vietnam skrang ini besar kemungkinan vietnam pun akan menyalip indo d bidang fasilitas, sarana dan prasarana olahraga(atau memang udah kesalip?)

    Guest
    • ngawur kamu indonesia ketinggalan 5 lap bray, cuma indonesia juara bertahan nyocot aj sih di dunia maya😄

      Guest
    • Sedih Mas-Bero,,
      Investor asing atau investor dalam negeri belum pada melek, kalo pemuda kita itu hobi racing,, liat aja balap liar, balap resmi,, semua sirkuit masih kategori pasar senggol,, dijalanan apa lagi,, pada kebut2an, cuman modal knalpot akralingga,
      Pemerintah belum bisa jadi fasilitator hobi yg menantang maut ini,,
      Investor lebih suka bangun perumahan yg semakin hari semakin crowded,,
      Miriss,,

      Guest
    • walaupun pak Jokowi baru beli Chopper juga ggak bakal berefek banyak dalam perkembangan otomotif Indonesia,apalagi olahraganya,boro boro!!!
      bola bola bola Mulu,klo bulutangkis kayaknya udah bisa mandiri sendiri lewat djarum

      Guest
    • @alex

      Udah ada perkembangan si, untuk beberapa kejurnas bebek sudah pake sirkuit permanen, seperti di surabaya, tasik, dll
      Tapi untuk sirkuit full scale masih belum ada,, tapi setidaknya sudah mengakomodasi balap bebek/sport 150cc di beberapa kota

      Guest
  2. Klo winglet spt m1 di atas…mmg gk safe nih!!
    Gmn nih ymha..lbh safe pnya suzuki, dan ktm, pnya ducati honda jg sm sj!!gk aman! Perlu di banned ..

    Ngerii klo tngnn pmblp masuk di wing kyk Honda ducati.tngn ketarik mtr bs patah putus!!

    Lgian mnurut opini saya riset winglet make winglet yg model inner gk logis nmbh downforce yg bnyk!!
    Mnurt sy lbh oke klo mksimlkn aturran lebar fairing ukuran fairing!! Drpda bkin wing fairing utma d kcilkn..ya mnding bkin fairing yg gede kyk era gp500!! Mnfaatin wind tunnel bikin desain yg scra teknik n!bh downforce!! Cara ini lbh safe lbh bnyk angin yg nmbh gaya tekan dg bidang fairing yg lbar..ssuai hukum fisika!!

    Era inner wing bkin mtr jelek…sdkit fungsi

    Guest
  3. gara2 ecu efeknya besar baget,niatnya berhemat malah nambah angaran buat develop winglet..
    dan tambah berbahaya buat pembalap..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here