TMCBlog.com – Hari pertama sesi uji coba cukup banyak hal-hal baru yang ditampilkan oleh pabrikan kelas MotoGP. Beragam bentuk dan rupa aero fairing, lalu parts motor terbaru yang terlihat kasat mata sampai dengan kiprah para rookie MotoGP yang menarik untuk disimak. Berikut TMCBlog coba merangkum dan menganalisa apa saja yang terjadi di hari pertama Sepang Test 2018.

Dari pabrikan Honda khususnya Repsol Honda Team ternyata sudah pakai livery baru, meskipun belum melakukan ceremony peluncurannya yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Jakarta 20 February mendatang. Memang tidak banyak berbeda tapi bila diperhatikan akan terlihat bagian mana saja yang berbeda.

Honda RC213V livery 2018

Selain livery, parts untuk peningkatan performa pun juga tampak di 3 unit RC213V yang Marc, Dani dan Cal geber seharian kemarin. Itu tuh, knalpot yang spek 2018 lebih besar diameter di ujungnya, dan setelah dipantau langsung diduga kuat knalpot RC213V 2018 sudah tidak mengadopsi model melingkar untuk 2 silinder belakang.

Hasilnya Dani Pedrosa mampu menjadi tercepat meskipun bukan rider pertama yang menembus barrier 2 menit. Sedangkan Marc Marquez memang terlihat seperti kurang push. Diprediksikan Marc tengah menguji parts baru bersama Cal, sehingga waktu test dihabiskan untuk mengumpulkan data feedback, IMHO. Tak lupa HRC menurunkan test rider Aoyama saat private test dan menguji fairing dengan aero kit, sayangnya sampai artikel ini terbit belum ada press release mengenai sensasi fairing bersayap itu. Di hari pertama, Honda memimpin dengan Dani Pedrosa, lalu Marquez di posisi 7 sedangkan Crutchlow ada di posisi 9 setelah sempat terjatuh di pertengahan sesi hari pertama.

Ducati disinyalir kuat sudah menurunkan motor GP18 dengan banyaknya detil bagian motor yang berbeda dari sebelumnya. Mayoritas terlihat beda di bagian sasis utamanya bro. GP18 memang benar jika disebut sebagai evolusi GP17 karena hanya mengalami perubahan minor dari versi tahun sebelumnya, pun demgan demikian terbukti di hari pertama 3 unit GP18 dan 1 GP17 berada di top 5.

Main frame GP18

Dovizioso di posisi 2 lalu rekan setimnya, Jorge Lorenzo di posisi 3 disusul Danilo Petrucci di posisi 4 yang mana ketiganya memakai GP18. Jack Miller yang sejak test Valencia dan private test Jerez bulan Desember lalu bilang kalau dia cocok dengan karakter Ducati pun memberikan fakta dengan bertengger di posis 5 dengan Desmosedici GP17. Belum ada tanda-tanda paket aerodinamika dari Ducati di Sepang ini, atau setidaknya seperti itu sampai hari pertama berakhir. Mungkin akan reveale di hari kedua atau malah saat test Buriram Thailand bulan depan?

Lanjut ke pabrikan Yamaha yang cukup heboh memenuhi media beberapa hari terakhir dengan mundurnya Folger dari kejuaraan dan disewanya Yonny Hernandez ke Monster Tech3 team. Kedua joki pabrikan tampil cukup menjanjikan meskipun Vinales kurang dominan tampil di peringkat atas, namun beda halnya dengan Valentino yang sejak pagi sudah melakukan banyak laps. Vale mengungkapkan bahwa Yamaha benar-benar menjadikan sasis 2016 sebagai benchmark pengembangan YZR M1 spek 2018, dan justru strategi tersebut mengantar Vale lebih relax menghadapi musim ini. Zarco pun tak kalah impresif dengan menghabiskan banyak laps di atas motor yang disebut-sebut M1 hybrid perpaduan 2017 dan bodywork 2018 ini. Dan Yamaha juga ikut menurunkan team test mereka dengan misi menguji winglet fairing yang diduga kuat bisa lolos regulasi teknis ketimbang bentuk aero fairing di Valencia test.

Pabrikan biru lainnya, Suzuki masih belum bisa menggigit rivalnya nih, Ianonne yang jadi rider utama hanya bisa bersaing diluar 15 besar sedangkan Alex Rins mengukir kemajuan yang lebih dari lumayan di posisi 11 timesheet hari pertama. Tak lupa selain dua rider utama pabrikan, Suzuki Ecstar team juga dibantu oleh Sylvain Guintoli selama Sepang test ini.

Alex Rins

Ngomongin KTM dan Aprilia malah lebih menarik dari 4 pabrikan yang dibahas sebelumnya. KTM punya mesin yang bisa dibilang baru secara daleman atau bahasa teknisnya inner parts gitu yah, selain mesin KTM yang menerjunkan 3 rider termasuk didalamnya Mika Kallio sang developer RC16 juga tercyduk mengetes fairing anyar. Silahkan menilai sendiri deh bentuknya mirip sama siapa. Hehehe…

Mika Kallio Aero Fairing KTM RC16

Aprilia pun terlihat membawa RS-GP spek 2018 yang Redding bilang kalau motor di tim barunya ini memilki 70% kadar paket baru. Hmmm… Maksudnya 70% RS-GP yang spek 2018 adalah baru, bukan hanya sekedar perubahan kecil dari RS-GP sebelumnya.

Ini enakan dibahas di artikel terpisah kayaknya yah, supaya lebih mendalam lagi gituh, karena Aprilia kini sudah benar-benar bikin motor yang siap untuk berkompetisi di depan. Meskipun di hari pertama ini belum sanggup merangsek di deretan rider teratas.

Menganalisa para Rookie, Nakagami secara impresif meraih hasil terbaik sebagai pembalap Rookie di MotoGP. Rekan Cal Crutchlow ini menyelesaikan hari pertama di posisi 12 dengan gap waktu 1.237 detik dari Pedrosa.

Morbidelli terlihat lebih banyak beradaptasi dengan beragam setup Honda, Xavier Simeon pun juga sedikit struggling dengan Desmosedici GP16 tunggangannya, sementara Thomas Luthi yang baru sembuh dari cidera belum menemukan chemistry di atas RC213V di hari pertamanya berinteraksi dengan motor MotoGP.

RC213V 2018 Cal Crutchlow

Hari pertama bisa dikatakan lumayan menarik, banyak detil-detil dan informasi yang TMCBlog bilang “Woww” dan akan puanjang kalau dituliskan di satu artikel. Jadi, pantengin terus TMCBlog.com karena kami akan setia memberikan update termutakhir dari gelaran akbar MotoGP 2018.

Nugi TMCBlog

30 COMMENTS

    • Mantep! Ulasan Demi Ulasan Menarik Tentang Info Motogp Selalu Di Suguhkan TMCblog.com
      πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      sehat selalu wak H.Taufik dan Omm Nugie

      Guest
  1. Masih hari pertama, banyak tim masih coba-coba kombinasi aerodinamik, sasis, mesin, dan elektronik. Ducati lebih duluan datang dibanding lainnya,Oom

    Guest
  2. Padahal kata Albesiano Aprilia cuma evolusi,ternyata hampir semua dirubah kayak tempat fuel cap dipindahkan dipojok seat rider itu jadi tangki depan polos nggak ada lubangnya,knalpo berubah,sasis berubah

    Guest
  3. Nuwun wak analisanya, tapi msh kepo gemes nih?!
    Msh banyak yg blm di umbar sama pabrikan…khususnya HRC! Kebiasaan mreka selalu sedikit demi sedikit dan slow but sure πŸ’ͺπŸΌπŸ‘πŸ»

    Guest
    • emang HRC selalu bikin penasaran dan membuat musuh jadi lengah dan terlena.
      penasaran juga sih di hari pertama kemarin marquez nyoba 3 motor yang mesin dan elektroniknya berbeda semua. cuma gak dijelasin 3 mesin yang berbeda apa ada mesin yang bener” baru dari ketiga mesin tersebut atau semua hanya sekedar pengembangan saja.

      Guest
    • @kucing…iya, entah apa yg dilakukan marqez? Biasanya sih HRC ngumpulin sebanyak mungkin data sedetail mungkin dari pebedaan tiap setingan…dan kepo itu itu yg di pake ban bekas dan selalu gitu marquez…makanya tiap test jarang 3 besar!

      Guest
  4. Kalo bahas motojipi emang prefer ke TMC dari blogw lain..
    Cz TMC udah terverikasi dan diakui DORNA sport …
    Klo yg lain cuma comot sana comot sini..

    Guest
  5. hayoo suzuki mana yang digembar gemborin iannone dimedsos nih, tar mbak kevin schwantz ngamuk lagi loh wkwkwk.

    btw ducati pada cepat mungkin karena mereka sudah fokus terhadap 1 motor, beda dengan yang lain masih membandingkan motor 1 dengan yang lain.
    oiya itu si yonny hernandez ngetes m1 tech 3 wearpack dan motornya full sponsor apa gak dipermasalahkan sama sponsor dan timnya di WSBK yak ? kan dia di tech hanya sebatas *disewa* dan punya kontrak dipederici kawasaki.

    Guest
  6. oiya sekalian nanya nih ko stefan bradl gak diturunin sama HRC dalam sesi tes ini wak ? apa bradl dipasang HRC khusus buat tes privat saja ?

    Guest
  7. ducati dan honda sudah menurunkan rest rider beberapa hari sebelum test resmi, hasilnya bisa mengisi di papan atas, semakin penasaran untuk hasil tes hari kedua semoga wak haji diberikan kesehatan untuk terus update beritanya

    Guest
  8. Bagus n keren wak foto2nya sudah setara dng crash.net. maju terus…

    Trus siapa prediksi runner up tahun ini? Kalo yg jurdun mah udah jelas siapa…

    Guest
  9. hrc kenapa gak ganti sih,,,ayooo kembalikan warna birunya lagi lebih dominan…..bosen kebanyakan putih….bringback nsr repsol colour!!!

    wiiih cud2 dah onthe track ini
    berrarti wing aero hammerheadnya guna, hrc sampe ikutan ngetest juga….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here