TMCBlog.com – Sobat sekalian, seusai menjalani sesi ujicoba para rider dijadwalkan melakukan media debrief, dan disaat itulah banyak hal yang bisa diungkapkan pembalap kepada media jurnalis. Sore tadi TMCBlog mengambil kesempatan mendengar penjelasan Valentino Rossi sebagai jawaban atas pertanyaan rekan media di hospitality Movistar Yamaha sirkuit Sepang. Apa saja itu? Lanjut baca aja yuk bro…

Pertama Vale menjelaskan soal pemilihan sasis, pertanyaan dan pernyataan selama ini kan selalu menyinggung ke sasis M1 tahun 2016 karena dinilai lebih baik ketimbang sasis 2017. “Sasis baru sangat mirip dengan sasis 2016. Memang mengambil basis dari sasis 2016, ide pengembangannya pun dari sasis 2016. Tapi kami memodifikasi sesuatu untuk sasis terbaru, juga hari ini saya mencoba satu sasis yang berbeda dan mungkin saja besok saya akan mencoba satu sasis yang baru lagi. Kami bekerja pada sasis karena kami tidak ingin balapan dengan menggunakan sasis 2016, karena itu adalah sasis lama. Saat pengetesan di bulan November kami mencoba untuk memahami apa yang saya suka dari sasis 2016, lalu bagian mana yang memungkinkan bisa bekerja dengan baik dari sasis tersebut. Saya rasa kami telah bekerja cukup banyak untuk sasis terbaru di sini dan kami akan mencoba bekerja lebih jauh lagi dengan menjadikan sasis 2016 sebagai dasar pengembangan. Hari ini merupakan hari yang baik karena saya mendapatkan feeling yang bagus dengan motor, dan saya cukup kompetitif dan juga memiliki pace yang baik, kami improve cukup banyak dengan ban bekas pakai dibanding tahun lalu dan ini sangat penting, tapi seperti yang kalian tau bahwa persaingan akan sangat ketat dan sangat rapat antara kami jadi kami harus terus berkonsentrasi. Saat ini memang baru permulaan tapi kami sudah memulai demgan sesuatu yang sangat baik dan awal yang baik adalah sesuatu yang penting.”

Tahun lalu Yamaha memulai semuanya dengan tidak begitu baik sejak awal dan dipertengahan musim banyak “up and down” dan pada akhirnya Vale mengaku sangat struggling.

Valentino mengaku bahwa hari ini dirinya tidak begitu fit karena mengalami kesulitan dalam bernafas tapi masih dalam kondisi yang oke. Dan ketika ditanya soal fairing model terbaru dengan paket aerodinamika, Vale merasakan perkembangan yang baik karena dibandingkan dengan fairing standar, Aero-fairing memberikan perasaan yang jauh lebih baik pada traksi ban depan ke aspal, tambah lagi dirinya mengaku bahwa dengan aero-fairing kondisi fisik badan menjadi tidak mudah capek karena motor menjadi makin mudah dikendalikan. Dengan tegas sambil tersenyum Vale bilang “I don’t have any negative points” alias aero-fairing tidak memilki sisinnegatif pada M1 2018 yang barusan di tes oleh Yamaha factory.

Mengenai hari ketiga test, Valentino dijadwalkan untuk mencoba simulasi balapan dengan long running dan ban yang akan dipakai untuk balapan. Namun, Vale tidak yakin akan bisa melakukan simulasi race; “Saya memang ingin mencoba simulasi balapan tapi jika saya punya cukup stamina besok, sejujurnya ada sesuatu hal yang akan kami coba esok hari. Akan saya putuskan besok, saya masih akan mencari tau seperti apa kondisi fisik saya esok, jika saya merasa baik akan saya lakukan simulasi balap.”

Terakhir mengenai helm AGV edisi 20 tahun karir Valentino Rossi di grand prix, dirinya mengaku “Oh itu aku lakukan untuk AGV, karena merayakan 20 tahun saya memenangkan kejuaraan pertama dan desain helmnya benar-benar sama. Jadi saya pikir saya harus memakainya beberapa lap mungkin untuk keperluan foto, hahaha.”

So, sudah jelas kan kalau Yamaha tidak serta merta memakai sasis 2016, tapi menggunakan spek 2016 sebagai dasar pengembangan. Ya spare parts dengan teknologi berumur 2 tahun di balapan cabang manapun sudah pasti tergolong barang tua mas bro, hehehe.. Demikian petikan hasil media debrief Valentino Rossi langsung dari sirkuit Sepang Malaysia.

Nugi TMCBlog

18 COMMENTS

  1. ini baru Greatest Of All Time di motoGP , fisik boleh tua tapi semangat dan daya juang nya ga kalah sama yg muda,, yg muda juga jangan mau kalah, MM 93, MV 25, JL 99, DP 26, dan yg lainnya,,

    Guest
  2. gak sabar nunggu balapan di qatar cuy … 😀
    kayanya bakalan seru nih, vale kayanya cukup PD dengan setup tahun 2018 ini … jorge dan dovi kelihatan kompetitif … kalo marc sudah pasti lah …. soalnya doi kan alien …

    Guest
  3. Dear Vale, entah akan seperti apa rasanya nanti ‘akhir pekan’ tanpamu..

    Helmnya semacam bikin gagal move on, udah persiapan merelakan Vale pensiun lalu byarrr, ga rela.
    Haha

    Guest
  4. klau indo “suatu saat”
    jdi tuan rumah motogp, kyakny test pramusim motogp akan d laksanakan d kawasan asean semua nih ….klau benar itu terjadi, unik juga nih asia khususny asean, dikala ajang blap lain kyak F1&WSBK sudah mulai mnjauh dri asia ehhk motogp mlah lebih “merapatkan diri” ke kawasan asia khususny asean…

    Guest
  5. Go Vale sepertinya pendapat soal motornya cukup positif yakin tahun ini bakal kasih perlawanan makin tua makin jadi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here